1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

5 Metode Budidaya Daun Suji

Diskusi dalam 'Tanaman Hias Daun' dimulai oleh Cynthia Cecilia, Jan 20, 2016.

  1. Cynthia Cecilia

    Cynthia Cecilia Aklimat

    Postingan:
    64
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Surabaya, Indonesia
    Rating:
    +45
    Daun suji merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat, antara lain mengobati disentri, mengobati beri-beri, meredakan rasa nyeri haid, mengatasi kencing bernanah, menghilangkan batuk berdarah, menawarkan racun, menurunkan kolesterol, menangkal radikal bebas, hingga melancarkan pencernaan.

    [​IMG]

    Tak hanya itu saja, daun suji juga mempunyai pigmen warna hijau yang pekat, sehingga banyak digunakan untuk pewarna makanan alami. Selain bisa membuat tampilan warna makanan menjadi cantik, daun suji juga aman bagi kesehatan. Berbeda dengan pewarna makanan sintetis lainnya yang mengandung berbagai macam bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan.

    Daun suji kerap ditanam di pekarangan rumah sebagai aksen penghias rumah karena bentuknya yang bergerombol dan ringkas, sehingga enak dipandang. Banyak orang yang ingin membudidayakan tanaman yang satu ini. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan pembudidayaan daun suji.

    1. Pembibitan

    Langkah pertama utuk melakukan pembudidayaan daun suji adalah dengan pembibitan. Cara ini tergolong cukup mudah dilakukan. Ada dua metode yang dapat dipakai untuk mendapatkan bibit tanaman daun suji, yaitu dengan cara stek batang atau pemisahan tunas yang tumbuh dari induk. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa mencoba cara pemisahan tunas dari induk. Biasanya setelah indukan berusia tua, maka tunas akan tumbuh di pangkal batang. Potong tunas dengan akar yang menempel, kemudian untuk sementara disimpan pada tempat atau ruangan yang lembab dan basah sebelum ditanam. Tujuannya agar pertumbuhan tunas dapat lebih cepat, sehingga bisa tumbuh dengan lebih baik.

    2. Penanaman

    Langkah kedua yang harus dilakukan ialah penanaman. Setelah bibit daun suji siap dipakai, siapkan media tanam yang akan digunakan. Media tanam bisa dibuat dari campuran pupuk kompos atau kandang yang dicampur dengan tanah, perbandingannya sekitar 1 banding 1. Kemudian campurkan media tanam tersebut secara merata. Apabila media tanam sudah siap, Anda bisa langsung melakukan penanaman. Tunas yang telah tumbuh ke media tanam sedalam 5 sampai 10 cm ditanam di dalamnya. Setelah itu, padatkan seluruh tanah kemudian siram dengan air secukupnya untuk mempercepat proses pertumbuhan.

    3. Perawatan

    Langkah selanjutnya setelah selesai ditanam ialah melakukan perawatan terhadap tanaman. Perawatan bisa berupa penyiraman yang dilakukan secara rutin namun tetap secukupnya. Tanaman daun suji termasuk tanaman berkayu yang mudah menyerap air tanah, sehingga air yang disiramkan jangan terlalu banyak, namun tetap cukup. Selain menyiram, Anda juga perlu membersihkan daun-daun yang sudah mengering. Perawatan lainnya ialah dengan cara memberikan pupuk secara berkala sekitar 1 hingga 2 bulan sekali. Anda bisa memakai pupuk organik maupun buatan.

    [​IMG]

    Beberapa langkah di atas dapat dilakukan jika Anda ingin melangsungkan pembudidayaan daun suji. Tanaman ini memang memberikan banyak manfaat, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal.
     
    • Suka Suka x 1
  2. Agus Kurniawan

    Agus Kurniawan Endemis

    Postingan:
    199
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Jember
    Rating:
    +78
    Sayang sekali masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang manfaat Daun suji, sehingga jarang yang membudidayakannya. Soalnya dari sisi keindahannya juga masih kalah dengan tanaman hias daun yang lain.
     
  3. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,165
    Poin Piala:
    695
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +2,557
    cuma dipake jadi pewarna makanan..
    seiring maraknya produk makanan, lebih praktis pake pewarna botolan.
     
  4. Kue Laklak bali Rama

    Kue Laklak bali Rama Aklimat

    Postingan:
    1
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Saya produksi kue laklak Bali Rama,
    Pewarnanya hanya pakai daun suji saja. Tanpa pewarna buatan.
    Rasanya alami dan mantap.
     
  5. Nano

    Nano Kimera

    Postingan:
    918
    Poin Piala:
    123
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +467
    wah di tempatku tumbuh subur cuma belum ada yang memanfaatkan daunnya entar itu sebagai obat ataupun sebagai pewarna makanan.karena perbanyak tanaman Suji ini tergolong mudah.stek batang bisa tumbuh.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...