1. Ayo beli Kaos Kebunpedia di sini. Bisa dipake mejeng di acara2 pameran tanaman, gath, atau untuk dijadiin profile pic di KP. Yang paling penting, biar kamu kekinian dan punya pengenal identitas sebagai kebuner untuk dunia luar, wkwkwkwk.

    http://www.kebunpedia.com/threads/ready-stock-official-t-shirt-kebunpedia.7034/#post-80036



    Abaikan Pemberitahuan
  2. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/


    Abaikan Pemberitahuan
  3. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

[ask] Apakah Kurma Bisa Ditanam Di Indonesia ?

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh bagusberkebun, Mei 8, 2015.

  1. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Saya dari dulu penasaran apakah kurma bisa ditanam di Indonesia ya, soalnya manfaat kurma itu kan banyak sekali, dan apakah temen2 sudah ada yang pernah coba untuk menanam ? Soalnya ayah saya pernah coba menanam namun belum berhasil.
     
  2. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,730
    Poin Piala:
    660
    Rating:
    +2,489
    Pernah biji kurma yg saya lempar ke kebun akhirnya jadi bibit. Tapi waktu itu saya cabut karena nggak yakin cocok tumbuh di Indonesia, apalagi saya di kota hujan.
    Ternyata belakangan lihat liputan tv, pohon kurma tumbuh sehat berbuah di Bekasi. Di rumah seorg ustadz dan satu lagi di halaman sebuah masjid. Yg di rumah ustadz Hariyono, pohonnya pendek, buahnya banyak. Katanya nggak boleh sering disiram. Bisa2 aja tumbuh di sini, tapi peluang berbuah sangat kecil. Kasusnya mirip sama zaitun. Cmiiw.
     
    • Suka Suka x 1
  3. aling

    aling Apprentice Gardener

    Postingan:
    271
    Poin Piala:
    36
    Rating:
    +44
  4. FloraMania

    FloraMania Embrioner

    Postingan:
    1,062
    Poin Piala:
    93
    Rating:
    +247
    Bisa kok gan, tapi juga tergantung geolokasi nya karena seperti kita tahu kurma biasa tumbuhnya diderah panas, bahkan sekarang udah ada kurma hibrida yang sanggup panen hanya 2,5 tahun dibanding masa normal nya 8-10 tahun sejak masa tanam.

    Setahu yang pernah saya baca, lokasi budidaya kurma di Indonesia sudah ada di Rembang, Probolinggo, Situbondo, dan masih banyak lagi lainnya, sedangkan di luar jawa ada di Madura, Bali Utara, Lombok Tenggara, dan beberapa daerah lainnya.
     
    • Suka Suka x 2
  5. FloraMania

    FloraMania Embrioner

    Postingan:
    1,062
    Poin Piala:
    93
    Rating:
    +247
    Iya gan, budidaya kurma di Indonesia bisa kok, cuman buth extra perhatian..
     
  6. cembor

    cembor Apprentice Gardener

    Postingan:
    228
    Poin Piala:
    33
    Rating:
    +76
    Jangankan kurma, tongkat dan batu bisa jadi tanamanan.
    #kidding
     
    • Suka Suka x 1
  7. aling

    aling Apprentice Gardener

    Postingan:
    271
    Poin Piala:
    36
    Rating:
    +44
    Hahaha si cemborcembor bisa aja, ngomong2 soal kurma,bentar lg kan mau puasa tuh,laku dong kurma, ayo nanem kurma yo hahaha
     
  8. vingarden

    vingarden Endemis

    Postingan:
    206
    Poin Piala:
    33
    Rating:
    +64
    Wah alingaling kalau nanemnya sekarang kpn panennya? :D keburu kelar puasanya hihihi
     
  9. vingarden

    vingarden Endemis

    Postingan:
    206
    Poin Piala:
    33
    Rating:
    +64
    bagusberkebunbagusberkebun kurma bisa kok ditanam di Indonesia. Tapi berhubung habitat asli dari kurma ini di tanah yang kering dan kelembaban rendah, seperti gurun pasir, jadinya kalau di Indonesia cocoknya didaerah yg panas juga seperti yg disebutin mas floramania :)

    Kalau didaerah yg dingin kurang tau bisa maksimal atau tidak, mestinya dengan perlakuan khusus dan pengkondisian sesuai habitat asli bisa juga.
     
    • Suka Suka x 1
  10. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,436
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Bisa....!! Pernah liat....!! Stuju dg pak FloraManiaFloraMania
     
  11. FloraMania

    FloraMania Embrioner

    Postingan:
    1,062
    Poin Piala:
    93
    Rating:
    +247
    cemborcembor hahaha
     
  12. aling

    aling Apprentice Gardener

    Postingan:
    271
    Poin Piala:
    36
    Rating:
    +44
    vingardenvingarden ,iya yah hahahaha,puasa tahun depan and depannya lagi wakakakaka, ayo semangat teman2 berkebunnya hohoho
     
  13. muhadi

    muhadi Instar

    Postingan:
    372
    Poin Piala:
    63
    Rating:
    +176
    Itu samping rumah, tau2 tumbuh pohon kurma. Di perumahan sekitar Bekasi banyak pohon kurma. Di halaman masjid agung Al-Barkah Bekasi, bbrp pohon deret2. Ada yang berbuah juga. Ustadz Hariyono rumahnya kan deketan dengan masjid al Barkah Bekasi. Gak ada hubungannya sih. Tapi kenapa yg di sekitar situ bisa pd berbuah. Tapi minimal ini membuktikan bahwa Bekasi emang panas luarbiasa :)
     
    • Suka Suka x 1
  14. fendy

    fendy Kosmopolit

    Postingan:
    534
    Poin Piala:
    133
    Lokasi:
    Nganjuk, Jatim
    Rating:
    +244
    Wah keren ni, udah deket Ramadhan bahas kurma :D
    Tapi yang minat tanam kurma udah banyak lho yang jual bibitnya
     
  15. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,730
    Poin Piala:
    660
    Rating:
    +2,489
    Nice info mas.. Mudah2an makin baik versi hibrida nya, lebih tahan kelembaban dan curah hujan tinggi, pasti banyak yg mau tanam di Indonesia ya.
     
  16. FloraMania

    FloraMania Embrioner

    Postingan:
    1,062
    Poin Piala:
    93
    Rating:
    +247
    Terima kasih mas, semoga .. Dan kita bisa segera memproduksi kurma sendiri, sebab konsumen dalam negeri lumayan banyak
     
  17. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Nice info Mas, memang sepertinya paling mendukung kalo di daerah panas ya
     
  18. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Iya Mas alingaling ternyata sudah ada beberapa yang menjual bibitnya, keren juga ya
     
  19. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Wah kalo ini memang setuju sekali, soalnya batang singkong aja kalo ditancepin bisa tumbuh kan hahaha
     
  20. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Iya nih kalo nanem sekarang bakalan ga buka2 karna panennya masih lama, itupun kalau sukses ya, hehehe.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini