1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

[ask] Apakah Kurma Bisa Ditanam Di Indonesia ?

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh bagusberkebun, Mei 8, 2015.

  1. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    mantab ya kalo dikembangkan bisa2 negeri ini jadi pengekspor kurma , bukan lagi importir karena kan yang paling bagus yang kurma segar ya
     
  2. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Hahahaha mas muhadimuhadi bisa aja menyambungkan dengan kondisi bekasi yang makin panas, hmmm, mungkin juga karena sering didoakan ya Mas.
     
  3. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Iya, betul banget Mas fendyfendy udah ada banyak yg jual bibit kurma, cuman mungkin perawatannya yang perlu diperhatikan ya Mas, secara curah hujan di Indonesia cukup tinggi, barangkali bisa mempengaruhi
     
  4. bagusberkebun

    bagusberkebun Expert Gardener

    Postingan:
    539
    Poin Piala:
    48
    Rating:
    +98
    Kesimpulannya bisa dikembangkan ya kawan2, tapi yang menjadi pertanyaan apakah rasanya akan sama ? ada yang udah pernah cobain nggak mastah ? khususnya yang di bekasi karena infonya disana udah berbuah, hmmm, nyam nyam
     
  5. fendy

    fendy Kosmopolit

    Postingan:
    534
    Poin Piala:
    133
    Lokasi:
    Nganjuk, Jatim
    Rating:
    +244
    Betul,,, mas @bagusberkebun,
    BTW salam kenal ya
     
  6. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    599
    Poin Piala:
    153
    Rating:
    +320

    Ini gambar dari Mas muhadimuhadi ,kurma yang katanya berbuah di Bekasi
     

    Dokumen Terlampir:

  7. Rizky Nanda G.P

    Rizky Nanda G.P New Gardener

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    6
    Rating:
    +0
    Klo menurut saya sih tanah di Indonesia kurang cocok mas, tapi ada juga yang cocok seperti kata mas FloraManiaFloraMania . Tergantung kebutuhan unsur hara dari tanahnya untuk sang tanamannya. Oh iya kata mas FloraManiaFloraMania di probolinggo sdah ada budidaya kurma ya? Di sebelah mana mas? Saya orang probolinggo tapi kok nggak denger kabar itu ya :D
     
  8. FloraMania

    FloraMania Embrioner

    Postingan:
    1,062
    Poin Piala:
    93
    Rating:
    +251
    Info dari yang saya baca gan..
    Bukan berarti agan tidak tahu berarti tidak ada, mungkin produksinya bukan secara banyak gan..jadi kurang terekspose.

    Klo agan mau tahu lebih jelasnya atau mau ikut berbudidaya kurma, deptan daerah agan mungkin bisa memberi jawaban dan bisa share disini yah gan..
     
  9. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    599
    Poin Piala:
    153
    Rating:
    +320
    FloraManiaFloraMania Probolinggo mana? Saya juga orang Probolinggo, dirumah ada sih tanaman kurma tapi tidak pernah berbuah.
     
  10. FloraMania

    FloraMania Embrioner

    Postingan:
    1,062
    Poin Piala:
    93
    Rating:
    +251
    Kurang tahu juga tepatnya gan RAKUGARAKUGA ..
    Kirain cuman cabe-cabean gan .., ternyata agan juga ada tanaman kurmanya yah ..haha

    Untuk daerah Probolinggo , spertinya cocok untuk budidaya kurma gan..
    Mungkin yang hidbrida kali. CMIIW.
    http://www.bebeja.com/potret-berkebun-kurma/
     
  11. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    599
    Poin Piala:
    153
    Rating:
    +320
    Wah, keren Mas FloraManiaFloraMania ini. Saya aja yang orang Probolinggo tidak tahu soal itu. Nanti tak coba cari info soal perkebunan tanaman kurma di Probolinggo. Kalau dapat ntar saya share di forum ya.........
     
  12. genzizu

    genzizu Endemis

    Postingan:
    211
    Poin Piala:
    33
    Rating:
    +65
    Baru saja semalam makan kurma n ngumpulin bijinya. terus terpikir bisa ga ya ini ditanam n berbuah disini. trus mulai deh buat medianya trus dibiarin. n skrg buka neh forum baca di chitchat mau buat thread malah kebaca ini ge bahas kurma. mang bener bener kebetulan skali. hahaha...
     
    • Suka Suka x 1
  13. muhadi

    muhadi Instar

    Postingan:
    372
    Poin Piala:
    63
    Rating:
    +184
    Ini berarti tanaman kurma di 3 tempat berbeda di Bekasi yang di laporkan/terlihat berbuah..:)
     
  14. Rizky Nanda G.P

    Rizky Nanda G.P New Gardener

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    6
    Rating:
    +0
    @Rakuga: Saya di kedopok mas, smpean prob mana?
    @floramania: thanks infonya gan :jempol:
     
  15. Kolektor Tanaman Bekasi

    Kolektor Tanaman Bekasi New Gardener

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    wah bisa dicoba nih.. kebetulan tinggal di Bekasi
     
  16. ruffy84

    ruffy84 New Gardener

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    saya di sulawesi tumbuh,,tapi kerdil
     
  17. Flo

    Flo Apprentice Gardener

    Postingan:
    201
    Poin Piala:
    21
    Rating:
    +21
    kata adikku pohon korma yg ditanam di pelataran episentrum itu pernah berbuah.. (episentrum nama gedung kantor di daerah kuningan, Jakarta)..

    sama Jakarta Utara, yg deket pantai, panas, berpasir mungkin menyerupai alam aslinya. dikutip dari viva.co.id..

    Keanehan Pohon Kurma di Masjid Keramat Kampung Bandan

    Bayu Adi Wicaksono, Dody HandokoSenin, 23 Maret 2015, 11:57 WIB [​IMG]




    VIVA.co.id - Masjid Keramat Kampung Bandan terletak di Jalan Lodan, Jakarta Utara. Jika lewat Jalan Mangga Dua, belok kiri di pertigaan Ancol dan sekitar satu kilometer sampai di Kampung Bandan. Persisnya berada di Jalan Lodan Raya, di sisi utara jalan Tol Pluit-Tanjungpriuk.

    Di halaman masjid terdapat tiga pohon kurma. Padahal, pohon kurma hanya bisa tumbuh dan berbuah di daerah yang panas seperti di daerah Timur Tengah. Pohon kurma sulit hidup di Indonesia yang beriklim tropis. Jika bisa hidup, jarang ada pohon kurma di Indonesia yang bisa berbuah.

    Selain bisa berbuah, rasa buah kurma ini juga tak kalah dengan kurma dari negeri Arab yang dijual di Indonesia. Rasanya manis, kenyal, yang lebih mengherankan lagi buah kurmanya tidak berbiji sehingga tidak bisa dikembangbiakkan.

    Pohon kurma ini memiliki tinggi lebih kurang lima meter dan berbuah hanya setahun sekali yaitu setiap bulan Ramadan. Namun sayangnya, setiap kali berbuah, tidak banyak. Paling hanya lima tandan.

    "Setahu saya pohon kurma ini hanya berbuah mendekati atau pas Ramadan, padahal bulan puasa kan bulannya berganti-ganti," kata Adek, warga yang tinggal di komplek masjid, Senin 23 Maret 2015.

    Pohon kurma ini menjadi misteri, karena tidak ada yang tahu yang menanam dan sejak kapan pohon kurma ini tumbuh. Habib Alwi yang menjaga masjid tidak tahu pasti siapa yang menanam pohon itu dan kapan pohon ini tumbuh.

    Tapi, ia berpendapat pohon kurma itu tumbuh dengan sendirinya. Sebab sejak zaman Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri, setiap Ramadan tiba, di masjid ini selalu diadakan acara buka puasa bersama dan selalu ada buah kurma.

    "Mungkin pohon kurma itu tumbuh dari biji yang dibuang orang secara sembarangan di lingkungan masjid," katanya.


    Tambahan, pohon korma kalo di daerah Timur Tengah bnyk sekali di pinggir jalan di mana kita bisa metik..mungkin kl d indonesia ibarat pohon mangga atau rambutan hehe..(share dr sobat saya yg bekerja di Dubai)..
     
  18. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,991
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,103
    Bagi arek2 kebuners Jawa Timur atau yg lagi main ke sekitar Pasuruan, bisa mampir nih ke Kebun Wisata Kurma yang baru dibuka 1 Januari 2017 lalu. Letaknya di Sukorejo, Pasuruan, ngga jauh dari jalan raya (kelewat lho kalo dari Malang ke Surabaya). Ratusan pohon kurma ditanam di areal 3,7 hektar.

    [​IMG]
    pic from youtube - Trans7

    Siapa tau bisa ngobrol sama pemiliknya, bpk H.Roeslan, trus ceritain tips nya ya ke kebunpedia :happy:.
     
  19. hari slamet

    hari slamet Aklimat

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Bisal, kok gan, nama nya kurma tropis, dan bisa berbuah hanya 2.5 - 3 th saat di tanam, dan bisa juga di tanam di dlm pot kok.
     
  20. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,991
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,103
    Bisa di pot? kayak gimana itu, pakbun?
    Dan beda kah kurma tropis dengan kurma yg umum kita ketahui dari Arab & sekitarnya.. apa seperti kurma California?
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini