1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

[ASK] Cara merawat tanaman ini

Diskusi dalam 'Tanaman Hias Daun' dimulai oleh henri, Sep 5, 2016.

  1. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    229
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +71
    Tanaman ini tumbuhnya sepertinya lambat sekali atau malah stagnan. Ini 3 pohon disatukan dalam satu pot. Adakah kebuners yang pernah menanamnya. Mohon tips nya. Sekalian kalau tahu nama tanaman ini. Tanaman ini tidak suka simat langsung dan mudah hangus. Thank you in advance 02.jpg
     
    Label:
  2. bRay

    bRay Endemis

    Postingan:
    171
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +83
    Sepertinya jenis aglaonema
     
    • Suka Suka x 1
  3. Juju Juhana

    Juju Juhana Anakan

    Postingan:
    18
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Cimahi
    Rating:
    +5
    iya itu sejenis agloanema, klu 3 batang disatuin kayak nya terlalu padat, mungkin klo masih kecil engga masalah tapi klo tumbuh pucuk baru malah keliatan padet banget. biasanya klo agloanema ga suka sinar matahari langsung, itu setau saya tapi mungkin ada yang lebih faham. salam kenal :smuggrin:
     
  4. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    229
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +71
    @bRay@bRay @Juju Juhana@Juju Juhana Ternyata aglo to. Katanya tanam aglo sulit ya. Terimakasih masukannya. Salam kenal kembali.
     
  5. Hera

    Hera Aklimat

    Postingan:
    51
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +13
    Rutin dipupuk gak @henri@henri ? Biasanya untuk tanaman hias daun diberi pupuk yang kandungan N nya lebih tinggi untuk memacu pertumbuhan daun baru. Apalagi kalau 1 pot berisi 3 pohon nantinya rebutan nutrisi.
     
  6. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    229
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +71
    @Hera@Hera Hmmm...memang enggak dipupuk sih. Tapi waktu ganti pot saya beri kompos + sedikit pasir. Karena mogok saya satukan ketiganya daripada menuhin tempat. Terus saya lupakan dia dan waktu ditengok ternyata masih begitu saja. Justru harusnya metan yang berpasir ato kompos yah?
     
  7. Nano

    Nano Kimera

    Postingan:
    918
    Poin Piala:
    123
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +467
    coba bisa ditambahkan dengan kompos,pengalaman lebih baik dengan kompos dan pupuk kandang,dengan sarat pupuk kompos dan pupuk kandangnya yang sudah jadi,dalam bentuk seperti pasir,sehingga tanaman aman dan bisa langsung diserap sebagai nutrisi tanaman.
    Semoga bisa membantu.
     
  8. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    229
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +71
    Terimakasih masukkannya pabun @Nano@Nano . Saya memang mau ganti metannya cuma nunggu ide ato saran dari kebuners sekalian.
     
  9. Hans Lenno

    Hans Lenno Anakan

    Postingan:
    10
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +3
    pakbun @henri@henri salam kenal. itu tanaman aglaonema costatum kalau tidak salah, hehe...
    memang dia senang ditempat teduh (75-90%) kalo dibandung. serta kelembaban tinggi (benar itu ditaruh dekat bak air / seperti difoto).
    coba medianya pakai (dia menyenangi media yang sedikit asam PH<7) :
    - cocopeat 3
    - 4 sekam bakar
    - 2 humus awi
    - sedikit dekastar daun

    atau kalau tidak mau repot dapat beli media jadi seperti bubun @Kmommy@Kmommy pernah bahas di media tanam aglaonema yang berisikan cacahan pakis.
    rajin pupuk cair 1 minggu sekali, semoga bisa membantu, salam kebuners.
     
    • Suka Suka x 1
  10. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    229
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +71
    Salam kenal kembali pakbun @Hans Lenno@Hans Lenno , terimakasih untuk infonya. Baru tahu namanya Aglaonema costatum ya. Ini tanaman jadul, jaman dulu banget. Nanti dicoba formula metannya, cuma cari humus bambu dimana yah, diganti kompos biasa bisa gak ya. Thx.
     
  11. Hans Lenno

    Hans Lenno Anakan

    Postingan:
    10
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +3
    pakbun @henri@henri kalo saya ada tetangga punya bambu, saya keruk saja bagian tanah bawah nya. tetangga seneng saya bersihin, saya seneng dapat media gratis. haha... ada ditoko pertanian pakbun, malah ada yang jual sudah jadi. pakbun daerah mana nih? kalo daerah bandung bisa cari di cihideung. Bisa pakai kompos juga pakbun.
     
  12. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    229
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +71
    @Hans Lenno@Hans Lenno Wah kayak simbiosis mutualisme yah, saling menguntungkan. Di tempat saya perumahan padat, gak ada yang tanam bambu. Pernah ke Cihideung dulu, banyak yg jual tanaman. Saya juga besar di Bandung, cuma terdampar di Surabaya, jadi tiap hari kepanasan he he.
     
  13. Agil

    Agil Aklimat

    Postingan:
    12
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +12
    Halo gimana tanamannya masih sehat? Oh iya sekedar info, aglaonema dan tanaman aracea lainnya gak bisa tumbuh maksimal dengan campuran media pasir, walau pasir bikin phorus tapi engga bagus. Untuk mempertahankan porositas mending pakai sekam atau kompos yang masih kasar berupa daun busuk etc.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...