1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

[Ask] Kenapa pakcoy menguning?

Diskusi dalam 'Forum Hidroponik' dimulai oleh Rully Danna, Jan 10, 2017.

  1. Rully Danna

    Rully Danna Aklimat

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Selamat sore, Pakbun & Bubun. Mhn pencerahannya. Pakcoy ku kenapa menguning ya? Apakah terjadi defisiensi unsur. Ppm di 1200.

    Liat di tabel ciri2 nya kurang unsur ca. 2 hari yg lalu telah di berikan yara calsinit dgn perbandingan 2gr/liter air.
    P_20170110_181311.jpg P_20170110_181340.jpg P_20170110_181413.jpg
     
    Label:
  2. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,067
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,144
  3. Rully Danna

    Rully Danna Aklimat

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Trims om momod..
     
  4. Hydro Gardens

    Hydro Gardens Instar Expert Staff

    Postingan:
    165
    Poin Piala:
    60
    Lokasi:
    Jakarta Selatan
    Rating:
    +215
    kalau pake nya sdh abmix sih yang terpenting di kontrol pHnya aja... kalau pH sudah sesuai range kemungkinan suhu air nutrisi hangat atau panas ....
     
  5. Rully Danna

    Rully Danna Aklimat

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Nutrisi sudah abmix om, ph sepertinya msh dlm range aman. Sepertinya suhu air ya om. Tandon pake sterofoam. Kalo tengah hari suhu bisa 29-30C. Suhu di daerah saya rada extreme om
     
  6. rushboy.online

    rushboy.online Instar

    Postingan:
    488
    Poin Piala:
    48
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +42
    kallo masi bawa 40*c masi aman deh masbro, kurang sinar x itu heheh...
     
  7. Rully Danna

    Rully Danna Aklimat

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Simat dari pagi sampe jam 1 siang om. Yg buat bingung 1 jalur gully gak semuanya kuning om.
    P_20170111_174157.jpg 1484131405371-179696710.jpg
     
  8. rushboy.online

    rushboy.online Instar

    Postingan:
    488
    Poin Piala:
    48
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +42
    pagi jam 6-9 mosok bisa kena simat??? paling mulai dari 9-13 yg beneran kena, setau saya sayur jenis ini butuh sinar yg banyak beda dengan selada

    suhu 30*c itu adem loh masbro, simat yg bener itu 35*c ++ tergantung masbro dmn dan nilai luxs di atas 100k lebih

    tp bisa karna benih lama atau repack juga bisa, kualitas menurun menurut saya

    lagian kuning2 juga sama kok rasa nya heheeh
     
  9. Rully Danna

    Rully Danna Aklimat

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Hihihi.. Siap om. Coba bbrp hari ini ane pantau perkembangannya. Tadi baru benerin aliran air nya krn selang pe sdh kotor. Ntar di report di sini hasilnya
     
  10. rushboy.online

    rushboy.online Instar

    Postingan:
    488
    Poin Piala:
    48
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +42
    gully bikin sendiri ya, keren banget hehehe
     
  11. Rully Danna

    Rully Danna Aklimat

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Hihihihi biar murmer om. Akhirnya gully nya dimodifikasi dr talang air. Cuma repot om, gk praktis. Akhirnya pake pipa pvc biar simple
     
  12. anggalih

    anggalih Aklimat

    Postingan:
    67
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +16
    Benar pakbun @Hidro Gardens, pengalaman saya kemarin pakcoy serta kangkung menguning karena PH ketinggian
     
  13. rushboy.online

    rushboy.online Instar

    Postingan:
    488
    Poin Piala:
    48
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +42
    ph air saya 8 tp stelah kena nutrisi turun stabil di 6 masbro, ph 7 kena nutrisi juga jatuh ke 6 klo suda campur nutrisi hehe
     
  14. Hydro Gardens

    Hydro Gardens Instar Expert Staff

    Postingan:
    165
    Poin Piala:
    60
    Lokasi:
    Jakarta Selatan
    Rating:
    +215
    Jika pH dan Nutrisi sudah mencukupi menurut kita dan tanaman masih kuning juga air nutrisi suhu nya terjaga dgn baik tanaman akan sehat,,, ada bbrp faktor yg perlu dilihat matahari kurang juga, bisa juga kurang karena FOTOSINTESIS kurang berjalan dgn baik... tapi pengaruh yg paling besar adalah dari pH dan suhu air karena unsur2 hara tanaman tidak dapat diserap dengan baik oleh tanaman .... nah hidroponik ini kelebihan nya disini pH dan suhu air bisa kita atur berbeda dengan yang di tanah pH tidak bisa serta merta kita perbaiki.....

    pH ketinggian itu bukan hanya karena besar tapi dihitung dari range kebutuhan pH ... 6.8 juga bisa disebut tinggi karena 1 derajat itu /100
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...