1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

[ASK] Masalah Pada Daun Basil

Diskusi dalam 'Hama dan Penyakit' dimulai oleh flanes, Okt 10, 2017.

  1. flanes

    flanes Aklimat

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +2
    Mohon pencerahannya, saya sekarang lagi menanam basil (Italian Large Basil Leaf), tapi belakangan ini entah kenapa daunnya ada kayak garis" kuning begitu. Kalau saya lihat di thread

    Penyebab Daun Tanaman Menguning Dan Cara Mengatasinya

    tidak ada yang seperti garis" ini. Tolong dong yang tahu solusinya gimana, apa karena metannya ya? Saya beli metannya di Tr*bus, saya campur metannya dengan vermiculite. Apa gara" vermiculite itu ya? Secara sebelumnya kalau saya nanem basil tanpa campuran vermiculite pasti gak sampek 1 bulan sudah mati, tapi baru kali ini bisa lama haha

    20170922_121550.jpg

    20170922_121603.jpg
     
  2. elza

    elza Aklimat

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Yogyakarta
    Rating:
    +8
    itu kena hama kan, ya?! namanya penggorok daun.
    biasanya di ujung garisnya ada larvanya, ulat kecil warna kuning gitu. kalo dibiarin, lama2 daunnya menggulung atau nempel sama daun terdekat, buat sarang "si larva" yg sdh dewasa.
     
  3. elza

    elza Aklimat

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Yogyakarta
    Rating:
    +8
    Karena penyebabnya serangga, jd nggak ada hubungan dgn metannya.
    Coba pakai insektisida. saya sendiri kurang suka pakai obat pertanian spt itu, cm sering2 semprot tanamannya pakai air biasa. kadang2 campuri sabun cuci piring dan baking soda sedikit saja.
    semoga membantu :angelic:
     
    Diubah terakhir kali: Okt 11, 2017
  4. Pipit0228

    Pipit0228 Aklimat

    Postingan:
    10
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Sidoarjo
    Rating:
    +15
    semprot jus daun pepaya juga ampuh. Kalau pakai baking powder jangan banyak2 nanti daunnya terbakar
     
  5. flanes

    flanes Aklimat

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +2
    Sebisa mungkin gak pakai insektisida gan, basilnya kan rencananya dikonsumsi nanti, apa aman semisal pakai obat" gitu? Kalau daun yang sudah kena gitu dipotong aja ya? Ok nanti saya coba pakai campuran cuci piring

    Kalau boleh tau komposisinya gimana ya? Berapa daun pepaya sama berapa liter air gitu? Menarik untuk dicoba caranya haha. Untuk yang baking powder itu maksudnya di sebarkan di daunnya kah? Atau di metannya gitu?
     
  6. elza

    elza Aklimat

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Yogyakarta
    Rating:
    +8
    Kalo udah ada label bwt pertanian, harusnya tetap aman, selama takaran dan cara pakainya benar. tp memang enaknya nggak usah pakai gituan, yg alami aja.
    maaf, saya ralat sedikit, saya biasanya pakai sabun cuci piring campur baking soda sedikit saja. aplikasinya disemprot ke tanaman. sabunnya bisa diganti lidah buaya karena cuma sebagai perekat. lumayan buat usir serangga :)
     
  7. elza

    elza Aklimat

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Yogyakarta
    Rating:
    +8
    Daun yg kena hama lebih baik dipotong, apalagi kalau masih ada larvanya. Dari segi penampilan juga kurang bagus sih, nggak mungkin dikonsumsi juga :capedeh:

    Hati-hati, kalo udah terlanjur kena. Terakhir saya punya tanaman basil sempat jarang saya urus, akhirnya jd jelek bgt gara2 hama satu itu. Sdh rutin dipangkas tetap ada saja ulatnya.
     
    • Suka Suka x 1
  8. Pipit0228

    Pipit0228 Aklimat

    Postingan:
    10
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Sidoarjo
    Rating:
    +15
    hihihi..aku pakai ilmu ngasal ...:smuggrin: ambil daun pepaya yg sudah tua, kadang 2, kadang 1. Diblender pakai segelas air, saring, semprot. Ampasnya ku tabur di bawah sekalian jadi pupuk. Kalau baking powder, sejumput saja dicampur air 1 liter, semprotin. Dah insya Allah beres @flanes@flanes
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Okt 11, 2017
  9. Anna Ariza

    Anna Ariza Embrioner

    Postingan:
    165
    Poin Piala:
    73
    Lokasi:
    depok
    Rating:
    +303
    hama itu..klo g salah namany leaf miner.. dia bisa nyebar ke tanaman lain.. di kebun q awalny dia cuma di gerbera, trus marigold, ruku2(holy basil sumatra), skrg mulai muncul di petunia :'( padahal dah rajin ngecek n motekin daun2 yg kena. dan kasih pestisida organik juga. yang pasti banget harus rajin di cek dan cepet dipotek daunny trus dibuang di tempat yg jauh ato diplastikin biar g nyebar. Alhamdulillah di gerbera udah g pernah ada, di ruku2 juga, petunia kadang masih ketemu, yg di marigold masih hampir selalu ada selang bbrp hr :'(
     
  10. Pipit0228

    Pipit0228 Aklimat

    Postingan:
    10
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Sidoarjo
    Rating:
    +15
    Keluhan bubun @Anna Ariza@Anna Ariza sama dgn kebuners2 umumnya termasuk sy :) kebetulan rumah saya paling pojok dan mepet sawah. hampir tiap hari para petani itu nyemprot pestisida & kutu2 berlarian ke kebun sy krn sy tdk pernah pakai pestisida kimia. Daun2 bayam, semanggi, selada, basil, semangka, cabe,matahari, mentimun dan yg paling parah kacang2an habis ludes dirusak penggerek daun, ulat & belalang. Belum lagi lalat buah yg suka ngerusak cabe ...sedih nggk karuan:cry: akhirnya berbagai pestisida organik buatan sendiri sy buat . mulai dr pakai minyak goreng, sabun cuci piring, cabe , bawang, daun pepaya, sambiloto, soda kue sudah pernah coba dan saya tetap kalah. Akhirnya sy beli pestisida organik, eh masih tetep kalah :rage: Ya sudahlah, sy pilih diam, sy biarkan kebun itu dirusak sama mereka.dan ternyata suatu hari daun2 sy kembali normal :woot: entah kenapa mereka ngilang dan nggak kembali lg sampai sekarang. Mungkin kalau semakin sy serang, mereka tambah ganas kali ya :roflmao::smuggrin:
    Hehehe
     
    • Lucu Lucu x 3
  11. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    5,176
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,625
    Itu salah satu misteri yang belum terpecahkan sepertinya bubun :roflmao:
     
    • Lucu Lucu x 1
  12. elza

    elza Aklimat

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Yogyakarta
    Rating:
    +8
    Hamanya agak rakus ya. Tp terkadang baru nyerang beberapa daun, tiba2 udh nggak ada. alias kabur sendiri. Hanya menyisakan jejak, yg sumpah bikin penampilan tanaman jd jelek. terutama kalo daun yg kena lumayan banyak.
     
  13. elza

    elza Aklimat

    Postingan:
    11
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Yogyakarta
    Rating:
    +8
    malah nambah ilmu, nambah pengalaman. Jd pernah nyobain berbagai macam pestisida organik. hehe.
     
    • Suka Suka x 1
  14. Anna Ariza

    Anna Ariza Embrioner

    Postingan:
    165
    Poin Piala:
    73
    Lokasi:
    depok
    Rating:
    +303
    iyaa...dari mulus, tiba2 besokny dah banyak aja :(
     
    • Setuju Setuju x 1
  15. Anna Ariza

    Anna Ariza Embrioner

    Postingan:
    165
    Poin Piala:
    73
    Lokasi:
    depok
    Rating:
    +303
    atau jangan2 ada yg nyemprotin tanaman bubun pake pestisida kimia krn kasihan hee..
     
    • Lucu Lucu x 1
  16. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,231
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,340
    Hama penggorok daun / leaf miner.

    Idem.
    Kurang efektif dengan pestisida, karena larva berada di dalam jaringan daun. Karantina tanamannya atau buang dan bakar daun2 yg terserang.
     
    • Suka Suka x 1
    • Setuju Setuju x 1
  17. flanes

    flanes Aklimat

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +2
    Besok harus ngecek'i daunnya satu" nih, saya kira sebelumnya cuma kegores gitu mungkin jadinya kayak gitu haha

    Tak coba nanti pakai semprotan pestisida alami
     
    • Suka Suka x 1
    • Setuju Setuju x 1
  18. Pipit0228

    Pipit0228 Aklimat

    Postingan:
    10
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Sidoarjo
    Rating:
    +15

    Hehe nggak soalnya tanaman saya di kebun belakang rumah & berpagar :joyful:
     
    • Lucu Lucu x 1
  19. Anna Ariza

    Anna Ariza Embrioner

    Postingan:
    165
    Poin Piala:
    73
    Lokasi:
    depok
    Rating:
    +303
    berarti lelah bubun selama ini dah diganti ya :)
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini