1. Ayo beli Kaos Kebunpedia di sini. Bisa dipake mejeng di acara2 pameran tanaman, gath, atau untuk dijadiin profile pic di KP. Yang paling penting, biar kamu kekinian dan punya pengenal identitas sebagai kebuner untuk dunia luar, wkwkwkwk.

    http://www.kebunpedia.com/threads/ready-stock-official-t-shirt-kebunpedia.7034/#post-80036



    Abaikan Pemberitahuan
  2. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/


    Abaikan Pemberitahuan
  3. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

[ASK] Perbedaan Tanaman Bidara/Widara dengan Putsa/Phutsa/Apel India?

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh RAKUGA, Okt 31, 2015.

  1. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +302
    Tanaman Bidara/Widara dengan Putsa/Phutsa/Apel India, sekilas tampak mirip ya? Tapi apakah memang benar tanaman ini berbeda atau sama saja hanya beda namanya?
    Colek master Rudy TheRudy The calvincalvin
     
  2. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,202
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,946
    Bukan hanya mirip tapi masih satu genus. Biasanya pohon bidara dipakai sebagai batang bawah jika ingin menyambung dgn bibit apel putsa.
    Perbedaan yg menonjol :
    1. Bidara memiliki duri yg lebih banyak dari apel putsa. Apel putsa cenderung tdk berduri
    2. Buah apel putsa jauh lbh besar dari buah bidara.
    3. Pertumbuhan bidara lbh cepat dan daunnya lbh besar dan berwarna hijau muda. Putsa pertumbuhan lbh lambat, daun lbh kecil, berwarna hijau tua.

    So, jika menanam apel putsa, tiba2 dari batang bawahnya tumbuh subur tanaman yg mirip, tapi berduri banyak dan daun lbh besar. Itulah bidara.

    Semoga bisa menjawab penasarannya.
     
    • Jenius! Jenius! x 1
  3. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +302

    Rudy TheRudy The mantap, itulah yang sekarang terjadi sama tanaman putsa q. Batang bawahnya muncul tunas tanaman yang mirip dengan batang atasnya. Tapi yang tunas baru ini sudah mendahului tanaman yang dari batang atasnya. Duri dari tunas batang bawah ini juga panjang2 & lebih banyak dibandingkan dengan yang batang atasnya.
    Dari penjelasan sampean di atas, muncul pertanyaan baru.
    1. Apakah boleh tunas bawah dari bidara ini dipelihara bersamaan dengan tanaman putsa yang berada di batang atasnya?
    2. Untuk rasa buahnya, lebih enak mana? Putsa atau bidara?
    3. Jika dipelihara bersamaan, apakah nantinya mempengaruhi rasa dari buah putsa tersebut?
    Thanks master atas jawabannya......
     
  4. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,202
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,946
    1.Sebaiknya bidaranya dipangkas saja. Jika dibiarkan, karena posisi cabang bidara lbh dekat dgn akar, so nutrisi lbh byk diserap oleh cabang bidara. Pangkas saja, setelahnya olesin getah atau ter supaya tdk tumbuh lagi.
    2. Rasa jelas enak putsa. Bidara lbh kecil dan tdk terasa seperti apel. Hambar. Jika dibiarkan bidaranya, buah putsanya tdk akan optimal, karena kalah bersaing.
    3. Point 3 sdh terjawab di point 2.
    4. Saya bukan master. Sama2 masih belajar. Kelebihan saya hanya kebetulan saya praktisi di lapangan. That's all. 😊😊😊
     
  5. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +302

    Siap Laksanakan, thanks atas jawabannya.
     
  6. Pualam

    Pualam Embrioner

    Postingan:
    361
    Poin Piala:
    73
    Lokasi:
    Pangkalpinang
    Rating:
    +228
    Maaf Pak, jika memang bidara sering dipakai sbg batang bawah buat okulasi putsa, apakah bidara tersebut bidara arab atau BIDARA SIDR?
    Thx b4.
     
  7. green

    green Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    wib
    Rating:
    +19
    setau saya daun bidara lebih kecil dan bersusun justru daun putsa yang lebih lebar?apa ntar nggak salah motong pak?
     
    • Setuju Setuju x 1
  8. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +302
    Saya sudah pernah lihat bidara & apel india. Mungkin dengan gambar bisa menjelaskan

    BIDARA SEPERTI INI
    daun bidara ok.jpg

    APEL INDIA / PHUTSAN SEPERTI INI
    Putsa 09.jpg
     
    • Suka Suka x 2
  9. Pualam

    Pualam Embrioner

    Postingan:
    361
    Poin Piala:
    73
    Lokasi:
    Pangkalpinang
    Rating:
    +228
    Oke, Thx.
     
  10. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    nice info. kebetulan lagi dapet putsa
     
  11. dzaky fazli

    dzaky fazli Aklimat

    Postingan:
    13
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +7
    Pak Rudy kualitas rasa apel enak Mana Yg batang apel asli atau batang sambungan dgn pohon bidara,Matur suwun sblmnya
     
    • Suka Suka x 1
  12. Nano

    Nano Kimera

    Postingan:
    937
    Poin Piala:
    123
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +492
    klo buah Bidara itu enak dimakan tidak yaa? pengen tahu saja,kebetulan putsa ku sudah mulai berbuah niih,dan saya perhatikan selalu keliar tunas baru di bagian batang bawah,tpi selalu saya buang agar pertumbuhan putsa nya tidak terganggu.
     
  13. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    pernah baca sih enggak, tapi blum pernah buktiin
     
  14. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    bidara durinya panjang2 pake banget kalo putsa kecil2 di ketiak daun
     
  15. Nano

    Nano Kimera

    Postingan:
    937
    Poin Piala:
    123
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +492
    terima kasih bubun @lilac@lilac atas info nya
     
  16. ismiatun iskandar

    ismiatun iskandar Aklimat

    Postingan:
    1
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Kalo menurt ku malah enak bidara ada manis2 asem dikit.. putsaku kok rada hambar ya...
     
  17. wawan kurniawan

    wawan kurniawan Aklimat

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    11
    Lokasi:
    Ciputat
    Rating:
    +0
    Dimna biasanya saya bisa dapat kan bibit pohon bidara? Apakah dsini. Ada yang mau bagi bibit pohon bidara
     
  18. Nano

    Nano Kimera

    Postingan:
    937
    Poin Piala:
    123
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +492
    Untuk buahnya bisa beda tidak yaa?bentuk buahnya,dan rasanya?
     
  19. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +302
    Buahnya tentu sangat berbeda. Bidara buahnya kecil & rasanya masam pahit, sedangkan apel india / putsa buahnya lebih besar, tekstur dagingnya lebih renyah & tentu saja rasa buahnya manis segar mirip rasa buah jambu air.
     
  20. Masroni

    Masroni Aklimat

    Postingan:
    19
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Indramayu
    Rating:
    +4
    Kalau dilihat dari ciri bunga dan daunnya kira-kira saya pelihara futsa apa pelihara bidara yah... mohon diterawang Akut17.jpg
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini