1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Budidaya Jamur Tiram di Rumah Kumbung

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh Emy Ade, Okt 31, 2016.

  1. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    Selamat Malam Kebuners..
    Pada thread ini saya mau berbagi cara budidaya jamur tiram di rumah kumbung. Berikut caranya untuk yang tertarik budidaya jamur tiram...:tersipu:

    BUDIDAYA JAMUR DI RUMAH KUMBUNG
    Oleh : Emy Ade

    2.png

    Jamur merupakan tanaman yang tidak memiliki klorofil. Berkembang biak dengan spora, yang letaknya pada bilah-bilah jamur.Ada ribuan jenis jamur. ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Contoh yang merugikan seperti panu, yang menguntungkan seperti pada pembuatan tempe. Yang bisa dikonsumsi misalnya jamur tiram, jamur kuping dan jamur merang. Saat ini yang bisa dikonsumsi sudah bisa dibudidayakan. Karena kelezatan daging jamur tiram memikat masyarakat, maka kebutuhan akan jamur tiram meningkat. Kandungan lemak lebih rendah sehingga terhindar dari resiko terkena stroke. Juga kandungan protein tinggi dan kaya akan serat. Nilai gizi yang terkandung antara lain : karbohidrat, mineral, kalium, kalsium, fospor, zat besi, vitamin B1, B2 dan vitamin C. Bentuk jamur tiram agak bulat, lonjong dan melengkung menyerupai cangkang tiram.
    Jamur tiram bisa diolah menjadi berbagai menu masakan sehingga kebutuhan akan jamur tiram meningkat. Dan karena hal ini, banyak orang yang melirik cara budidaya jamur tiram untuk home industry. Untuk meminimalkan kegagalan maka saya melakukan budidaya jamur tiram di Rumah Kumbung. Jadi bibit sudah ada yang menjual tinggal pemeliharaan saja di kumbung.
    Bahan-bahan untuk membuat metan berupa serbuk gergaji, bekakul, kapur dan gips. Metan yang telah dicampur. Selanjutnya ditempatkan dalam kantong plastik 2 kg yang ujungnya diberi ring tempat tumbuh jamur tiram. Kemudian disumbat menggunakan kapas, barulah dilakukan pengukusan lalu dilakukan pendinginan. Setelah dingin baru dilakukan penanaman spora.

    [​IMG]
    Inilah yang disebut baglog jamur tiram. Baglog jamur tiram dikatakan berhasil jika misellium sudah tumbuh diseluruh bagian baglog.
    Sebagai pemula harus tahu apa yang dilakukan dan bagaimana cara mengatasi agar kegagalan kecil. Cara mengatasinya :

    1. Belilah bibit ditempat yang sudah ada refrensinya, di tempat instansi yang sudah dapat dipercaya.
    2. Pilih bibit yang sudah tumbuh minimal 75 %.
    3. Pilih bibit yang berkualitas sehingga hasil panen bisa maksimal. Tandanya misellium sudah penuh dan merata.
    4. Cari informasi ke petani jamur yang sudah berhasil.

    Yang harus dipersiapkan untuk budidaya jamur tiram adalah : Kumbung, Rak Jamur, Baglog Jamur, Alat pengukur suhu dan kelembaban, Air, Sprayer, Pisau Cutter, Alat pembersih tangkai jamur.

    Kumbung adalah bangunan tempat khusus membudidayakan jamur konsumsi. Tempat tumbuh jamur tiram harus terlindungi dari panas dan hujan. Juga untuk menghindari kontaminasi spora jamur lain yang tidak diharapkan. Sketsa bentuk kumbung bervariasi,

    [​IMG]


    kalau kumbungku seperti ini

    [​IMG]
    Screenshot_2016-10-28-10-48-10-1-240x314.jpg

    Setelah kumbung tersedia, buatlah rak-rak tempat menaruh baglog jamur tiram. Bisa dibuat dari bambu untuk meminimalisir biaya, atau dapat dari bahan lainnya. Tiap rak berisi 3-5 tingkat. Lebar rak sepanjang baglognya. Di antara rak-rak tersebut, terdapat ruang tempat melintas yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan jamur dan saat panen jamur.

    Cara menyusun baglog pada rak dengan cara :
    • Vertikal : Lubang baglog menghadap ke atas
    • Horisontal : Lubang baglog menghadap ke samping
    Keduanya mempunyai sisi kelebihan masing-masing.

    Hal-hal yang harus diperhatikan kondisi di kumbung dalam keadaan baik sehingga jamur dapat tumbuh dengan baik, seperti :
    Kelembaban : Kandungan air disekitar kumbung sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan jamur. Jamur tiram memerlukan kelembaban 80-90% untuk tumbuh buah (dikontrol dengan hidrometer).
    Cahaya : Jamur tiram tidak bisa tumbuh bila gelap dan juga bila terkena sinar matahari langsung. Jadi perlu cahaya secukupnya untuk merangsang pertumbuhan jamur.
    Udara : Jamur memerlukan oksigen untuk tumbuh. Oksigen yang kurang menyebabkan tumbuh buah akan tumbuh kerdil dan ridak bisa terbentuk tumbuh buah. Maka jendela kumbung perlu dibuka 1-2 jam/hari.

    Kumbung perlu ventilasi yang baik dan perlu di pasang termometer dan hidrometer untuk mengukur suhu dan kelembaban ruangan.
    Salah satu cara mengatasi suhu dan kelembaban dengan melakukan pengabutan air menggunakan sprayer. Frekuensi pengabutan tergantung cuaca. Saat musim hujan cukup 1 kali/hari, dan saat musim kemarau bisa 2-3 kali/hari.

    HAMA DAN PENYAKIT
    Budidaya jamur tiram dikumbung juga tak lepas dari gangguan gulma, hama dan penyakit. Gulma dikarenakan pada proses pembibitan tidak steril. Misalnya tumbuh misellium yang tidak diinginkan, juga misellium tidak bisa tumbuh karena habis termakan gulma.
    Hama terjadi karena saat jendela dibuka atau melalui lubang-lubang kecil/ tidak terdeteksi, misalnya rayap, lalat dan laba-laba. Rayap akan memakan metan dan misellium jamur. Rayap dapat dikendalikan melalui penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Lalat menaruh telur pada metan dan setelah jadi larva lalat akan memakan misellium. Pengendalian ulat dengan mengatur sirkulasi udara dan menghentikan penyiraman.
    Laba-laba akan memakan misellium tubuh buah jamur. Pengendaliannya dengan rajin membersihkan sarang laba-laba pada ruangan kumbung.

    Penyakit pada jamur seperti fungi, kapang, bakteri dan virus. Jamur yang terserang menjadi berlendir dan membusuk sehingga tidak dapat di panen. Jadi belilah bibit jamur di tempat yang sudah ada referensinya untuk meyakini kesterilan penyiapan bibit jamur.
    Jagalah kebersihan kumbung dari metan yang berceceran agar tidak tumbuh fungi atau lainnya. Lakukan penyemprotan insektisida/fungisida sesuai dosis. Bersihkan pangkal jamur yang tertinggal karena dapat menimbulkan hama kepik/ulat.

    PANEN
    Bila baglog yang 75 % telah putih semua 100% maka kapas penutup bisa dicabut. Satu atau dua bulan setelah itu bakal buah akan tumbuh. 2-3 hari setelah bakal buah muncul sudah bisa di panen. Panen dilakukan setiap hari. Batas waktu berbuah selang 1-2 minggu/log.
    Screenshot_2016-11-04-08-42-49-1-240x324.jpg
    Satu log bisa panen 4 hingga 6 kali. Sekali panen per baglog beratnya 0,6 s/d 0,8 ons. Pemanenan jamur tiram dilakukan secara manual dengan tangan atau pakai alat yang tajam. Panen yang tepat sebelum pukul 10.00 atau di sore hari sebelum pukul 17.00 dan akan berpengaruh pada berat jamur.

    Screenshot_2016-11-04-08-43-05-1-1-240x323.jpg
    Baglog jamur setelah panen pertama dilakukan penorehan T dikedua sisinya.


    PASCA PANEN
    Jamur yang sudah dipanen harus segera dibersihkan dari kotoran yang menempel. Untuk skala rumahan seperti saya bisa langsung dipasarkan berupa jamur segar ke pasar. Dan orang lebih menyukai jamur segar dijual per Kg ataupun dibungkus dalam kemasan. Pengolahan jamur tiram bisa diolah jadi berbagai menu seperti : ditumis, di sate jamur, bakso jamur, es jamur tiram, krispi jamur, sup jamur, pepes jamur, kare jamur, rendang jamur, jamur suwir pedas dan lain sebagainya.

    [​IMG]
     
    • Suka Suka x 3
    • Jenius! Jenius! x 2
    Diubah terakhir kali oleh moderator: Nov 4, 2016
  2. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    5,689
    Poin Piala:
    1,585
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +4,830
    Ini dia pakar jamur tiramnya muncul.

    Sekarang harga pasaran berapa sekilo nya bubun @Emy Ade@Emy Ade ?
     
  3. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    He...he... pakar sih belum bubun @Guradisu@Guradisu . Harga jamur tirm ruk bln spt ini ya lumayan naik (krn cuacaa panas,jd bakal buah sedikit). Sy jual rp 30000/kg. Klu biasanya cuman rp 14000/kg. Harga baglog nya rp 5000 (belum termasuk ongkir d upah menaik turunk baglog.
     
    • Suka Suka x 1
  4. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
  5. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    • Suka Suka x 1
  6. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,440
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,069
    Wah...nice share bubun @Emy Ade@Emy Ade
    Saya juga salah satu penggemar jamur chrispy ,coba rumah aku dekat pasti beli yg fresh dari bubun:roflmao:
    Log jamur ini juga salah satu media yg bagus untuk budidaya cacing.
    Sampai tahap panen kira kira butuh waktu berapa lama ya bun?
    Terbayang betapa harus telatennya..:angelic:
    Kalo semut...kira2 suka mampir gak???
     
  7. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    Dr baru sekesai strilisa/ pengukusa/pendinginan itu perlu waktu kurang lebih 2 ~ 3 bln baru bakal buah tumbuh. Banyak hama bubun @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra , semut paling gemar merusak baglog. Klu dah ada semut alamat baglog jd kosong,ya rugi deh (hik). Mk dijaga dr serangan semur,rayap, cacing(krn tdj steril saat membuat).
     
    • Setuju Setuju x 1
  8. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,440
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,069
    Hehehe.... trnyata kasusnya sama kayak kascingku.suka di hampirin semut.
    Saya pernah berkunjung jg ke tempat budidaya gt..Ruangannya benar2 hangat.
    itu kira2 suhunya berapa derajat bun @Emy Ade@Emy Ade
    Kayaknya memang harus tahu ilmunya dulu baru bsa praktek...:laugh:
     
  9. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    Bubun @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra , suhu yg baik tuk jamur tiram kisaran 23 ~ 28 derajat celsius,tp tuk bisa tumbuh bakal buah perlu suhu 13 ~ 15 derajat celsius. Hama semut bisa diatasi dg menjaga kebersihan kumbung.
     
    • Suka Suka x 1
  10. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    3,218
    Poin Piala:
    400
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +2,345
    Hush jangan colak colek. Bikin ngiler :hungry: :drool:
    Aq sering bikin jamur kentucky (jamur crispy) sekilo bisa habis sekali makan sama suami huehehe :smuggrin:
     
    • Suka Suka x 1
  11. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    Sama bubun Yanti, sy sklg jg suka mk jd pingin mendalami, e.....malah jd petani jmr (walau kecil2an). Ada tambahan tuk uang dapur. Ayo bubun ikutan, tak perlu lahan luas kan pakai rak spt buat rak buku aja.
     
    • Suka Suka x 1
  12. C4e54r

    C4e54r Endemis

    Postingan:
    63
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Cinere
    Rating:
    +16
    Satu log bisa panen 4 hingga 6 kali. Sekali panen per baglog beratnya 0,6 s/d 0,8 ons. Pemanenan jamur tiram dilakukan secara manual dengan tangan atau pakai alat yang tajam. Panen yang tepat sebelum pukul 10.00 atau di sore hari sebelum pukul 17.00 dan akan berpengaruh pada berat jamur.

    Lihat lampiran 10832
    Baglog jamur setelah panen pertama dilakukan penorehan T dikedua sisinya.


    PASCA PANEN
    Jamur yang sudah dipanen harus segera dibersihkan dari kotoran yang menempel. Untuk skala rumahan seperti saya bisa langsung dipasarkan berupa jamur segar ke pasar. Dan orang lebih menyukai jamur segar dijual per Kg ataupun dibungkus dalam kemasan. Pengolahan jamur tiram bisa diolah jadi berbagai menu seperti : ditumis, di sate jamur, bakso jamur, es jamur tiram, krispi jamur, sup jamur, pepes jamur, kare jamur, rendang jamur, jamur suwir pedas dan lain sebagainya.

    [​IMG][/QUOTE]

    Panen /1 baglog brt segitu....? Kok ringan y....
    Sy bs 0.8-5 ounces (yg 5 ounces hanya 1x), dgn rata2 1ounce.

    Es jmr tiram.... Enak kah?
     
  13. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    @C4e54r@C4e54r berat panen per log itu rata2 lho. Klu diambil baru pertama panen bisa 1,50 ons lho. Tp sy rata2kan. Kasian klu sy bilang 1,50 ons trus hasil selanjutnya tdk kan kecewa d 1 log sy bilang bisa 8 smp 10 kali panen (bisa lebih kecewa lg). Ambil yg kenyataan. Krn tuk bisniis shg dpt menghitung berapa keuntungan klu ikut berbisnis spt ini. Krn sy dulu korban gombal spt diatas @C4e54r@C4e54r ,maaf ya kita ambil yg terjelek klu kita memulai bisnis,biar tak jatuhnya sakit.
     
  14. C4e54r

    C4e54r Endemis

    Postingan:
    63
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Cinere
    Rating:
    +16
    Ok.
    Sy tanya justru sy di bidang sama. _/\_ :smuggrin:

    Soal es gimana? Enak? Sy bnran br dengar.....
     
    Diubah terakhir kali: Nov 11, 2016
  15. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    248
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +206
    Oya. Mks ya atas kritiknya. Itu hal sy tulis hanya rata2. Mg @C4e54r@C4e54r bisa maklum. Dan klu ada yg tak sesuai mohon di maafk. Sy senang bisa berbincang. Eh ya dicoba buat es jamur tiram, enak kok. Jmr tiram di seduh dulu baru diolah jd es, entah es campur atau es cream..ayo dicoba.
     
    • Suka Suka x 1
  16. C4e54r

    C4e54r Endemis

    Postingan:
    63
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Cinere
    Rating:
    +16
    Bubun @Emy Ade@Emy Ade , tdk, tdk ad yg perlu minta maaf. Sy tdk niat nyela jg soal bobot. Hanya mrs kshan n bingung kalo cape2, cm berbobot segitu. Yg sy pkr, dr penggambaran spt sdh biasa/ahli, tp hsl kcl. :banghead::arghh: _/\_
    Hal lain2 akurat. :jempol: :jempol:
    Soal es..... :smuggrin: ntar dulu ah. Yg terbayang tdk matching rasanya....:shy:
     
    • Suka Suka x 1
  17. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    3,218
    Poin Piala:
    400
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +2,345
    Masih agak terlalu berat buat saya bun. Hehe.
    Pelan pelan. Sekarangvaq lagi coba belajar hidroponik aneka sayuran dulu bun ;)
     
    • Suka Suka x 1
  18. andijihad

    andijihad Endemis

    Postingan:
    60
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Dunia Hijau
    Rating:
    +19
    salam.
    oh iya budidaya jamur tiram ini sepertinya menarik.
    ada gak perkiraaan biayanya untuk membuat usaha budidaya jamur tiram.
    mulai dari dari alat dan bahan sampai ke pasca panen. :D
    @Emy Ade@Emy Ade dan semuanya :)
     
  19. mochamad syafrudin

    mochamad syafrudin Aklimat

    Postingan:
    51
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    serang
    Rating:
    +10
    Saya mau belajar dong "budi daya jamur tiram" terimakasih sharing ilmunya pabun / bubun
     
  20. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    23
    Rating:
    +20
    Threadnya lagi pas nih ama saya yang baru coba2 tanam jamur tiram di rumah. Kondisi penempatan baglog saya sbb :
    Saya meletakkan baglog nya dibawah rak2 tanaman saya di halaman rumah. Untuk suhu di kisaran 23 C malam, siang di kisaran 32 C, kena matahari kira2 1jam pada pagi hari. Kalau hujan, kena rembesan hujan sedikit. Beberapa baglog sudah pernah panen 2x. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah ideal penempatan baglog disana ?
    2. Baglog yang baru (baru mau tumbuh misellium), juga saya letakkan disana (kena sinar dan cahaya) dan misellum tumbuh baik (baglog sudah putih semua) dibandingkan yang saya tempatkan di tempat yang kurang cahaya tapi lembab. Yang mau saya tanyakan, misellium sebaiknya ditempatkan di tempat yang kurang cahaya atau kena cahaya ?

    Demikian pertanyaan saya, thx atas respon, jawaban dan tanggapannya bubun @Emy Ade@Emy Ade .
     
    • Suka Suka x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini