1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Budidaya Ubi Jalar Itu Mudah Dan Masih Berpeluang Besar

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh handsomemedia, Nov 5, 2016.

  1. handsomemedia

    handsomemedia Aklimat

    Postingan:
    1
    Poin Piala:
    11
    Lokasi:
    Magetan
    Rating:
    +0
    Tanaman ubi jalar untuk istilah lainnya adalah ketela rambat, nama latinnya Ipomoea Batatas L. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan yang hidup pada suhu tropis. Ada banyak jenis dari ubi jalar yang dibudidayakan di Indonesia, melihat dari warnanya yang populer ditanam adalah ubi jalar putih kecoklatan, merah, dan ungu.

    Beberapa jenis ubi jalar yang populer antara lain prambanan, borobudur, mendut, kalasan, ibaraki, cilembu, lampeneng dan georgia.

    Di Indonesia, budidaya ubi jalar mencapai produktivitas paling optimal bila ditanam pada dataran rendah hingga ketinggian 500 meter dari permukaan laut (mdpl). Namun, tanaman ubi jalar ini masih bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian di atas 1000 mdpl, hanya saja jangka waktu untuk pemanenan dari waktu tanam menjadi lebih panjang.

    Memulai Budidaya Ubi Jalar Ungu, Berikut Panduan Lengkapnya!

    Cara budidaya ubi jalar cukup sederhana, namun ada hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan secara kosisten agar hasil yang diperoleh memuaskan. Ada 4 langkah penting yang harus anda perhatikan untuk cara budidaya ubi jalar yang baik dan benar. Metode ini cukup sederhana dan harus menjadi perhatian karena akan berdampak pada hasil panen yang kamu peroleh.

    1. Pemilihan Bibit Yang Baik dan Unggulan

    Untuk pembibitan ubi jalar ada dua cara yaitu dengan cara stek (vegetatif) ada cara dari tunas umbi (generatif). Cara yang dianjurkan untuk hasil yang maksimal adalah dengan cara generatif. Yang harus kamu lakukan pertama adalah mendapatkan bibit unggulan di toko bibit pertanian, carilah bibit yang sudah distandarisasi oleh pemerintah (bibit kualitas super).

    2. Mempersipakan Lahan Tanam

    Tiga bulan sebelum penanaman perlu dilakukan persiapan lahan, persiapan ini yaitu pemupukan lahan dari pupuk-puduk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang.

    Tujuannya agar pupuk yang bercampur dengan tanah sudah berupah menjadi unsur-unsur hara yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

    Jika pemupukan dilakukan saat penanaman, justru hasilnya akan tidak maksimal. Nutrisi yang ada pada tanah belum siap untuk dikonsumsi bibit ubi jalar, dan saat ini adalah saat penguraian pupuk yang menyebabkan tanah panas. Tanaman akan tidak sehat dan layu.

    3. Penanaman Ubi Jalar Yang Baik dan Benar

    Jika kamu sudah menyiapkan bibit ubi unggulan, setelah dipersiapkan sedemikian rupa hingga tumbuh tunas-tunas bibit baru. Tunas tanaman itu di lebaskan dari umbinya, (agar akar muncul waktu persiapkan umbi di taruh diatas permukaan yang sedikit).

    Tunas tanaman dari umbi inilah yang akan di tanam di lahan, pastikan sudah ada sedikit akan yang keluar.
    Cara yang benar penanaman bibit dilakukan dengan cara yang halus, pertama-tama dari tanah bedengan digali sedikit dengan alat tanam ringan, taruh bibit pada tanah yang telah dilubangi tersebut. Lalu timbun bibit dengan cara yang halus pula. Kemudian setelah semua bibit selesai ditanam tahap berikutnya adalah penyiraman.

    Pada awal penanaman usahakan tanah selalu lembab dan basah penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari pada setiap bibit yang sudah ditanam pada bedengan. Jika ditemui intensitas hujan didaerah lahan tanaman cukup tinggi, tidak perlu dilakukan penyiraman. Jika kadar air hujan terlalu banyak, kamu wajib menguranginya agar kadar kelembaban tanah tetap terjaga.

    4. Perawatan dan Persiapan Panen

    Setelah 3 minggu berjalan jika ditemui ada bibit yang mati, gagal tumbuh atau layu segera lakukan penyulaman dengan mengganti bibit yang gagal tumbuh tadi dengan bibit baru. Penyulaman ini dibarengi dengan kamu merawat tanah dan membersihkan gulma yang tumbuh pada bedengan yang disediakan buat tanaman ubi jalar.


    Usia 4 minggu setelah masa tanam, dilakukan perawatan berupa penggemburan tanah dengan cara membongkar sedikit demi sedikit disekitar pangkal tanam dari ubi jalar, radius jaraknya sekitar 10 cm dari pusat akar tanaman. Hal ini dimaksudkan agar tumbuh tanaman tidak menjalar kemana-mana, dari pengalaman para petani dengan cara ini, hasil pertumbuhan optimal, rapi dan umbi yang dihasilan cukup besar.

    Pada usia 6-9 minggu tanah yang dibongkar tadi ditutup kembali sambil merapikan akar-akar yang menjalar keluar dari jalr penanaman. Jika konsentrasi pertumbuhan umbi diatur terpusat pada pangkal akar, umbi akan tumbuh berukuran besar-besar.

    Seminggu setelahnya sipa di panen.
     
  2. rushboy.online

    rushboy.online Endemis

    Postingan:
    424
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +37
    ubi madu gmn ya
     
  3. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    saya sedang mencoba budidaya ubi jalar dipolibag menggunakan umbi sebagai bibitnya, 1 polibag sudah terisi 2 batang tanaman dari 2 potongan ujung umbi yang saya semai.
    ceritanya waktu itu saya beli ubi, karena ujungnya biasanya berserat saya potong lalu saya letakkan dimedia tanam dengan harapan akan muncul tunas, setelah 2 minggu muncul tunas yang saya pelihara hingga sekarang, sudah hampir 1 bulan saya tanam, kira-kira berapa bulan lagi ubi bisa dipanen?
    kondisi tanaman sehat wal afiat tak kurang satu apapun, tidak ada hama, kondisi media cukup gembur karena menggunakan sekam kering dan kompos, sinar matahari cukup, pengairan juga cukup, tidak basah dan tidak kering.
    berapa umur tanaman dari tanam hingga panen?
     
  4. fransiskus

    fransiskus Endemis

    Postingan:
    286
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    pontianak
    Rating:
    +78
    cara bikin.umbi ubi kluar akar gimana ya?sy penasaran...mw nanem tpi ga tw gimana mulainya
     
  5. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    mau cepet keluar akar ya ditarik, uji coba yang saya lakukan bukan cuma umbi, kentang juga berhasil tumbuh cuma nantinya gak tahu bisa keluar umbi gak.
    mau yang alami, biarkan ubi mentah lho ya jangan yang sudah dimasak, biarkan ubi sampai muncul tunas, kemudian potong bagian bawah tunas lalu letakkan di media tanam atau rendam air saja hingga tumbuh akar, air itu penumbuh akar alami.
    lihat nih hasilnya @fransiskus@fransiskus
    Untitled-1.jpg
    akarnya tidak terlihat, ada dibawah umbi kalau dibalik baru terlihat, sekarang sudah tinggi dan mulai distek untuk perbanyakan.
    ini jenis ubi kuning.
     
  6. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    215
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +66
    Saya juga tanam ubi ungu di pot. Ternyata menghasilkan umbi juga, cuma rasanya hambar. Memang kurang dirawat sih. Yang saya pernah baca orang menanamnya di karung dan hasilnya bagus.
     
  7. fransiskus

    fransiskus Endemis

    Postingan:
    286
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    pontianak
    Rating:
    +78
    ohhh gtu y pakbun?cara stek perbanyak lagi mank bs dari tumbuhan yg uda tmbuh?n nrp.lama ya sampe kluar umbi? :D
     
  8. fransiskus

    fransiskus Endemis

    Postingan:
    286
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    pontianak
    Rating:
    +78
    pot segede apa pakbun @henri@henri ?kalau kentang apa sama perlakuannya pakbun @herbamart@herbamart ?
     
  9. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    hla ini cerita yang ditunggu-tunggu, "kapan panennya" @fransiskus@fransiskus
    menurut cerita nenek moyang, tanaman ubi jalar akan dipanen 3 - 4 bulan setelah tanam
    3 bulan jika harga sedang naik sehingga buru-buru dipanen
    4 bulan jika harga anjlok mau dipanen juga males, kadang tanaman sudah berbunga dan daun mulai menguning
     
  10. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    kentang sedang dalam tahap pengawasan, baru bertunas dan belum siap dipindah kemedia yang lebih luas
     
  11. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    215
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +66
    @fransiskus@fransiskus Pot nya diameter 40 cm. Wah aku tidak memperhatikan berapa bulan panennya. Ada mungkin 3 bulan sih. Pohonnya mudah sekali tumbuh, terus menjalar kemana2. Dimana saja mau tumbuh. Yang saya baca kentang bisa berumbi di ketinggian minimal 300 m dpl. Tapi saya sendiri belum coba, karena saya di 0 dpl
     
  12. henri

    henri Endemis

    Postingan:
    215
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +66
    Ini ide tanam ubi jalar di karung dari gugel ubi jalar.jpg
     
  13. fransiskus

    fransiskus Endemis

    Postingan:
    286
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    pontianak
    Rating:
    +78
    sy kmrn.beli.kentang uda brtunas salah satu.matanya...kata temen cb aja potong 1/3 bagian n tanam.apa bs pak?n apakah sisa kentang msh bs di makan?

    IMG20161108070059.jpg
     
  14. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    keterangan dari teman-teman petani kentang didaerah dieng dan saya saksikan sendiri, kentang yang sudah afkir atau sisa bibit biasanya dibuang dipinggir sungai, kadang ada kita lihat ada penampakan makhluk yang sedang duduk mengupas kentang didekat tumpukan kentang afkir. katanya sih setelah dikupas, dicuci, dibungkus, terus dijual di pasar.
    makanya jangan heran jika kita temukan di pasar ada kentang berukuran kecil-kecil sudah dikupas, walaupun tidak semua seperti itu tapi menurut cerita masyarakat sana ya seperti itu.

    intinya, kentang masih bisa dikonsumsi walaupun sudah tumbuh anakan
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...