1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Cara Budidaya Dan Menanam Buah Manggis Dalam Pot

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh sigit, Jun 1, 2015.

  1. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,634
    Tanaman manggis berasal dari daerah semenanjung Malaysia. Pusat sumber plasma nutfah di Malaysia dan Kalimantan Timur. Daerah penyebarannya meliputi Negara-negara di kawasan ASEAN seperti Thailand, Indonesia, Myanmar dan Fillipina. Nama ilmiah dari buah manggis sendiri adalah Garnicia Mangostana.

    Tanaman manggis pada saat ini merupakan tanaman yang mulai dikembangbiakkan lagi. Pecinta pohon buah-buahan kini lebih menyukai menanam pohon di pekarangan rumah atau bahkan dalam pot. Ini karena manggis merupakan buah yang dapat berbuah dengan cepat.

    Bentuk dari buah manggis sendiri adalah semi bulat. Karena terbentuknya tidak melalui persarian, maka buah manggis adalah golongan buah parthenocarpis. Kulit buahnya tebal berwarna merah ungu bila sudah mulai menua. Kulitnya juga mengandung getah pahit yang warnanya kuning.

    [​IMG]

    Buah yang telah matang akan berwarna merah kecoklatan dengan bekas kepala putik berwarna merah kehitaman. Buah mempunyai 4 hingga 8 segmen sama dengan banyaknya cabang kepala putik. Setiap daging buah memiliki biji yang besar dan ruas.

    Bagian-bagian dari tanaman manggis mempunyai banyak kegunaan. Kulit kayu dari batang buah manggis dapat digunakan sebagai obat tradisional. Kulit manggis juga mengandung zat kimia yang bersifat antibiotic yang baik bagi tubuh dan kulit. Dan buahnya sendiri sangat baik dikonsumsi karena banyak mengandung vitamin.

    Satu pohon manggis yang sudah dewasa dan siap panen dapat menghasilkan 200-500 buah. Pohon manggis sedniri dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian dataran rendah hingga di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut. Pada umumnya manggis membutuhkan daerah yang cukup panas untuk bisa tumbuh dan hidup.

    Selain dibudidayakan lewat penanaman pohon di lahan yang luas, manggis ternyata bisa juga ditanam di dalam pot atau biasa dikenal dengan istilah tabulampot (tanaman buah dalam pot). Inovasi penanaman dalam pot memang sudah banyak dilakukan oleh para pecinta tanaman buah yang ada di Indonesia. Ada beberapa macam buah yang kerap ditanam di dalam pot seperti jeruk, apel, rambutan dan tentu saja manggis.

    Bauh manggis sendiri ternyata juga bisa berbuah ketika ditanam di pot. Inovasi ini sangat berguna bagi para penghobi dan pecinta buah yang satu ini. Untuk lebih mudahnya, berikut ini cara menanam buah manggis dalam pot.

    I. Menyiapkan Bibit

    Hal pertama yang musti dilakukan adalah menyiapkan bibit manggis yang akan ditanam. Terdapat dua jenis bibit tanaman yaitu bibt hasil dari perbanyakan generatif dan juga bibit dari hasil perbanyakan vegetatif. Untuk penanaman manggis dalam pot, pilihlah bibit vegetatif. Kelebihan dari bibit vegetatif adalh sifat tanamannya bisa dipastikan. Selain itu, bibit vegetatif juga dipercaya mampu berbuah lebih cepat.

    II. Media Tanam

    Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam. Media tanam dari tanaman buah dalam pot sendiri sangat bermacam-macam. Media tanam musti sanggup menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Media tanam yang direkomendasikan untuk penanaman buah manggis dalam pot adalah campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Siapkan pula pecahan genting atau sabut kelapa yang nantinya akan diletakkan di dasar pot.

    [​IMG]

    III. Pot

    Setelah bibit dan media tanam sudah siap, selanjutnya adalah menyiapkan pot yang digunakan sebagai tempat untuk menanam. Banyak jenis pot yang bisa digunakan, namun yang paling baik adalah pot yang terbuat dari tanah liat. Pot dari tanah liat memiliki pori-pori yang mampu menjaga kelembapan dan temperature media tanam yang digunakan. Sediakanlah pot tanah liat sesuai kebutuhan.

    IV. Penanaman

    Langkah penanaman dimulai dengan pencampuran media tanam yang terdiri dari tanah, kompos dan arang sekam. Masukkan pecahan genting atau sabut kelapa pada dasar pot. Kemudian masukkan campuran media tanam yang sudah dicampurkan ke dalam pot tanah liat yang sudah disiapkan. Pengisian media tanam hanya sampai setengah saja dari tinggi pot. Masukkan bibit tanaman manggis yang sudah disiapkan. Kemudian masukkan lagi campuran media tanam untuk menutupi bagian pankal batang dari bibit.

    Setelah selesai, padatkan media tanam di sekitar pangkal batang bibit. Siram langsung dengan air untuk mendapatkan kelembapan. Setelah itu, tempatkan tabulampot di tempat yang teduh untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Tabulampot buah manggis sudah jadi.

    Demikian tadi cara sederhana untuk menanam buah manggis dalam pot. Cara ini bisa digunakan untuk mendapatkan buah manggis yang ditanam ke dalam pot. Setelah proses penanaman telah usai, langkah selanjutnya adalah proses perawatan.

    Proses perawatan sendiri meliputi penyiraman, pemupukan hingga pengendalian hama dan penyakit. Proses perawatan ini wajib dilakukan supaya bisa menghasilkan tabulampot yang diinginkan. Perawatan secara teratur juga akan memberikan kualitas buah yang baik.

    Untuk penyiraman, waktu yang dianjurkan adalah pagi dan sore hari. Khusus untuk musim penghujan, penyiraman hanya akan dilakukan jika pot terlihat kering saja. Penyiraman baiknya menggunakan selang air. Jika tidak punya selang air, bisa menggunakan gayung.

    Proses perawatan yang juga merupakan proses terpenting adalah pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk memastikan tabulambot berbuah bagus. Pemupukan pertama dilakukan satu bulan setelah tanam. Selanjutnya bisa 2-3 bulan sekali. Baiknya menggunakan pupuk organik untuk tabulampot. Bisa memilih antara pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk kimia menjadi opsi terakhir saja.

    Selanjutnya adalah proses perawatan untuk mengendalikan hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang adalah ulat bulu. Ulat bulu biasanya menyerang bagian daun yang masih muda. Untuk penyakit, manggis sering terkena penyakit hawar daun yang disebabkan oleh cendawan.

    [​IMG]

    Untuk mengatasi hama dan penyakit, kita bisa menggunakan cara manual seperti memungut ulat bulu yang menempel. Jika hama dan penyakitnya parah, kita bisa menggunakan semprotan pestisida. Penyemprotan dengan pestisida kimia sendiri menjadi opsi terakhir.

    Buah manggis yang ditanam dalam pot dapat berbuah setelah 3-6 bulan. Buah manggis dalam pot yang siap dipanen, umumnya berwarna merah kehitaman. Manggis yang akan dipanen harus diambil dengan hati-hati. Karena jika salah dalam proses pengambilan dapat menyebabkan memar dan timbulnya warna cokelat pada buah.

    Budi daya manggis dalam pot ini mempunyai prospek yang cukup cerah. Dibandingkan dengan pohon, pot tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas. Jika memilih menggunakan pot, kita bisa menekan pengeluaran dalam hal lahan yang digunakan untuk menanam.
     
    Diubah terakhir kali: Mei 16, 2016
  2. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +20
    pakbun @calvin@calvin , apakah ada ukuran diameter pot clay nya ? karena susah juga nyari pot clay besar, apakah bisa pakai pot plastik ?
     
  3. Charismata Sophia

    Charismata Sophia Instar

    Postingan:
    169
    Poin Piala:
    60
    Lokasi:
    Bali
    Rating:
    +138
    Ini sebenernya thread yang harusnya bisa jadi bagus.
    Tapi kurang peminat, apa mungkin karena isinya terlalu panjang? :p haha.

    @danielferdian@danielferdian kalo menurut saya, pake aja pot plastik kalo susah nyari yang clay.
    kalo diameter, mungkin semakin besar semakin baik? haha.

    Ini benar2 menarik, soalnya aku baru tau kalo manggis bisa dijadikan tabulampot.
    Dan berbuahnya dalam 3-6 bulan lagi.
    Itu sangat cepat.
     
  4. D'LIA NURSERY

    D'LIA NURSERY Endemis

    Postingan:
    67
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Probolinggo & purwakarta
    Rating:
    +32
    Wah menarik sekali. Kebetulan saya tinggal di purwakarta jawa barat. ada salah satu tempat yang merupakan penghasil manggis. Om mod @calvin@calvin dan bunbun @Charismata Sophia@Charismata Sophia untuk tanaman manggis cangkok, umumnya butuh waktu berapa lama untuk berbuah jika di tanam di pot.
     
  5. Matt

    Matt Instar

    Postingan:
    280
    Poin Piala:
    63
    Rating:
    +111
    Kalo tidak diquote bisa menjawab tidak yah? :D :D

    Menurut artikelnya,

    Tapi saya sebenarnya ragu. Masak yah bisa secepat itu? Dikasi nutrisi apa, atau apa sebetulnya bibit yang dipindahkan ke pot sudah berusia beberapa tahun? :D

    Kalau tanam di tanah, biasanya cara mempercepat berbuah dengan memperbanyak akar tanamannya. Manggis terkenal lama berbuah karena akarnya sedikit, jadi lama menyerap nutrisi dari tanaman, begitu seingat saya.
     
    • Suka Suka x 1
  6. Matt

    Matt Instar

    Postingan:
    280
    Poin Piala:
    63
    Rating:
    +111
    Benar bubun. 3-6 bulan itu sangat cepat. Saya sangat tertarik. Kita bisa memulai budidaya manggis besar-besaran kalau tabulampot bisa menjadi solusi tanaman manggis yang lama berbuah. Karena di tempat saya, di Bali, di pasar tradisional saja harga manggis 25 ribu/kg. Sementara di supermarket di mall, 70 ribu/kg, dan laku! Karena dianggap buah sangat eksotis yang sulit didapat.
     
  7. D'LIA NURSERY

    D'LIA NURSERY Endemis

    Postingan:
    67
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Probolinggo & purwakarta
    Rating:
    +32
    Silahkan menjawab, siapapun boleh.....:) terus cara memperbanyak akar manggis bagaimana?
     
  8. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +20
    boleh nih tar beli bibit manggis deh. lsg di praktekkan aja. hahaha.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini