1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Membuat Kompos Sendiri Dengan Keranjang Takakura

Diskusi dalam 'Tips Berkebun' dimulai oleh Rudy The, Mar 7, 2016.

  1. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,317
    Poin Piala:
    170
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +938
    iya benar pabun @Lukmansundharu@Lukmansundharu
    molnya pke tape dilarutkan sama gula dan air.
    ayo semangat pabun,
    klo yg kemarin gagal,coba buat baru lagi.:)
     
  2. Lukmansundharu

    Lukmansundharu Aklimat

    Postingan:
    64
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    Surabaya
    Rating:
    +8
    itu yg di artikel ada larutan gula dan larutan garam. Dipakai salah satu atau keduanya di mix sama-sama dengan media nya?
     
  3. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,317
    Poin Piala:
    170
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +938
    Pakai keduanya,di mix pabun @Lukmansundharu@Lukmansundharu
    Perhatikan tingkat kelembapanny,jgn trll lembek.
    Dedak sama sekam perbandingannya 1:1
    Semoga berhasil..
     
  4. jihan

    jihan Aklimat

    Postingan:
    34
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    surabaya
    Rating:
    +29
  5. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,809
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,464
    Asal mikroba baik di komposnya masih hidup. Boleh2 aza tuh.
     
  6. jihan

    jihan Aklimat

    Postingan:
    34
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    surabaya
    Rating:
    +29
    Tapi kebanyakan pasti mikrobanya sudah tidak ada...
    Okey saya akan mencoba...mol tape dulu:)
     
  7. Lukmansundharu

    Lukmansundharu Aklimat

    Postingan:
    64
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    Surabaya
    Rating:
    +8
    apa seperti ini ya hasil biang komposnya? Biang.jpg
     
  8. nugrahini

    nugrahini Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +2
    saya suka ini, mau coba ya,
     
  9. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,066
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,142
    Coba saja pakbun @nugrahini@nugrahini saya sudah membuktikan sendiri ... hasilnya memuaskan

    Itung itung dibuang sayang jd dimanfaatkan

    IMG20160509070427.jpg
     
  10. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,066
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,142
    Iya seperti itu pakbun ..kalau dah jd angin anginkan dulu biarkan ... sambari menunggu tanaman liar itu tumbuh ... nah kalau ada tanaman liar tumbuh media siap digunakan
     
  11. Lukmansundharu

    Lukmansundharu Aklimat

    Postingan:
    64
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    Surabaya
    Rating:
    +8
    @Ebenks@Ebenks, berarti hrs dibiarkan dulu sampai tumbuh tanaman liar ya baru bisa dipakai? saya kira langsung pakai setelah 5 hari. itu tanaman tomat ya pakbun? bagaimana ya caranya untuk menghilangkan ulat2 nya?
     
  12. Sanikem

    Sanikem Anakan

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +1
    Baru tau kalau garam bisa dibuat menjadi agen starter kompos...
    kirain hanya sesuatu yang manis seperti gula pasir, gula merah, ataupun sesuatu yang mengandung karbohidrat.
     
  13. Sherman

    Sherman New Gardener

    Postingan:
    20
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Ilmu ini sangat bermanfaat cara buatnya sederhana tetapi manfaatnya sangat luar biasa dan bisa mengatasi sampah organik, mudah juga untuk menerapkannya saya mau coba ah
     
  14. Lukmansundharu

    Lukmansundharu Aklimat

    Postingan:
    64
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    Surabaya
    Rating:
    +8
    saya udah coba beberapa hari ini ternyata emang berhasil kok, terima kasih buat pakbun bubun yang udah share. biar gak merasa jorok, mungkin di dapur perlu disiapkan 2 tempat sampah yang satu anorganik yang satunya organik ( yang akan dipakai buat takakura ) jadi tidak perlu sampai mengobok-obok tempat sampah dl hehehe
     
  15. Sherman

    Sherman New Gardener

    Postingan:
    20
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Klo larutan fermentasi gula kita berikan langsung ketanaman efeknya gimana ya, kira-kira bisa gak, sebelum diberikan tentunya diencerkan terlebih dahulu dengan air agar tidak terlalu boros
     
  16. Tats

    Tats Aklimat

    Postingan:
    14
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Grobogan
    Rating:
    +5
    Kalo aku pernah buat pake em4. Cmn seminggu sdh jadi komposnya. Terasi sama gula merah direbus kalo udah dingin dtambah em4( biangnya).
     
  17. Sherman

    Sherman New Gardener

    Postingan:
    20
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Bubun Tats mantap resepnya sederhana dan mudah diaplikasikan, dan waktunya juga gak lama, bagaimana klo pengurainya kita buat sendiri mungkin lebih murah lagi dan memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita jadi ramah lingkungan
     
  18. Sherman

    Sherman New Gardener

    Postingan:
    20
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Bubun Tats mau tanya nich, ukuran masing-masing bahan berapa, terasi berapa, gula merah berapa, air untuk merebusnya berapa dan setelah jadi bisa untuk membuat kompos berapa banyak
     
  19. EJA

    EJA Endemis

    Postingan:
    52
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    Cilacap
    Rating:
    +52
    Terima kasih pabun @Rudy The@Rudy The atas informasinya, sangat membantu.. kebetulan saya baru mau memulai pembuatan kompos dg memanfaatkan limbah rumah tangga..
     
  20. pagi pom pom

    pagi pom pom Anakan

    Postingan:
    22
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +2
    o lebih enak pake daun jambu batu untuk membuat telor pindang bubun..boleh dicoba tu
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...