1. Ayo beli Kaos Kebunpedia di sini. Bisa dipake mejeng di acara2 pameran tanaman, gath, atau untuk dijadiin profile pic di KP. Yang paling penting, biar kamu kekinian dan punya pengenal identitas sebagai kebuner untuk dunia luar, wkwkwkwk.

    http://www.kebunpedia.com/threads/ready-stock-official-t-shirt-kebunpedia.7034/#post-80036



    Abaikan Pemberitahuan
  2. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/


    Abaikan Pemberitahuan
  3. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Membuat Pupuk Kascing Skala Rumahan

Diskusi dalam 'Tips Berkebun' dimulai oleh Hezty AzZahra, Apr 29, 2016.

  1. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Hai kebunners,,,!!Pabun dan Bubun yang Baik ...:)

    Setelah berhari-hari bergelut dengan kesibukan rutin,yang tidak pernah ada habisnya:cry:,akhirnya baru sekarang bisa terrealisasikan nulis threadnya...
    (sekalian belajar jadi penulis,walaupun masih jauuuhhh dari sempurna...:banghead:).

    Sebelum kita membahas panjang lebar tentang kascing,
    Pasti diantara teman-teman semua sudah tidak asing lagi dengan cacing.
    Makhluk kecil ini sangat berperan penting dalam proses penguraian sampah sampah organik yang sangat berguna untuk menyuburkan tanah.

    Bisa dibayangkan apa jadinya dunia ini tanpa cacing,,,pasti dunia akan penuh dengan tumpukan sampah.
    Itung-itung memanfaatkan sisa dapur yang tidak bisa ditanam.
    Kok tiba-tiba jadi kepikiran cacing???
    Dapat inspirasi dari mana sich??
    Inspirasi muncul ,gara-gara main ke rumah tetangga yang notabennya peternak cacing.
    Setelah Ngobrol tentang cacing,, kok saya jadi tertarik ingin mencoba.

    Kenapa Harus repot-repot membuat kascing sendiri,tinggal beli jadi juga banyak yang menjual,,
    Min @calvin@calvin jual atau gak yah ??hilarious

    Iya juga sich tapi karena ingin memanfaatkan sampah dapur sekalian belajar triall &error

    Gak ada ruginya juga mencoba...
    Sebelum kita lanjut ke proses pembuatan Kascing ,apa kebunners sudah tahu
    “apa sich Pupuk kascing itu??”

    Yup Anda benar....!!
    Pupuk kascing atauBekas cacing
    Adalah pupuk yang berasal dari bahan bahan organik yang telah mengalami proses penguraian dan dimakan oleh cacing.
    Jadi kalau mau mendapatkan kascing ya harus mengembangbiakkan cacing dulu.
    Omg....
    Jangan-jangan malah ada kebunners yang takut sama cacing?? modly @Kmommy@Kmommy berani kan sama cacing...??

    Kelebihan pupuk kascing

    · Pupuk kascing dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.
    · Murni organik.Dan apabila dipakai secara terus menerus tidak akan merusak tanah,malah semakin menyuburkan tanah.(Berbanding terbalik dengan penggunaan pupuk kimia)
    · Sebagai Bio-Pestisida.Mikro organisme yang dikandung dalam pupuk kascing men stimulasi organisme pada tanaman yg bekerja sebagai pencegahberbagai jenis serangga dengan meningkatkan enzym chitinase.
    · Penghilang jamur pada tanaman atau buah.
    CYMERA_20160430_100657.jpg
    Dan masih banyak lagi manfaatnya,,

    Colek coach @Rudy The@Rudy The

    Udah pernah di bahas juga
    Di sini dan sini

    Cacing yang digunakan pun bukan sembarang cacing,tapi ada jenis cacing yang populer dikembangkan adalah jenis Lumbricus Rubellus.

    kascing cacing.jpg
    Cacing jenis ini adalah cacing yang bisa beradaptasi dengan baik serta bisa hidup dalam populasi yang padat sekalipun.

    Awalnya saya mau memakai cacing Tanah asal saja...
    (Cacing cari di kebun belakang)
    Tapi ada yg bilangin cari bibit asli saja,alasannya karena cacing tanah biasanya gampang stress....
    Suka Jalan-jalan.
    Kayak modis @Guradisu@Guradisu :facepalm:

    Oh No....!!!
    Kalo Cacingnya pada kaburrr truss kapan Kascingnya jadi....hihihi...:roflmao::happy:

    Sebelum membahas Tahap Budidaya
    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara cacing:

    · Membuat Rumah cacing Tanah.

    Rumah Cacing,tergantung kreativitas kita saja,karena masih skala rumahan jadi memakai keranjang buah dengan alasan gampang dipindah-pindah,tapi untuk skala bisnis bisa memakai rak kayu.
    Lahan+Seadanya.jpg
    · Mempersiapkan Media atau Lingkungan cacing.
    Syarat utama media yang baik harus Gembur,organik dan Lunak
    Contoh:Log jamur,Tanah humus,cocopeat,serbuk kayu,cacahan batang pisang.

    · Mempersiapkan Makanan yang dibutuhkan.
    Makanannya bisa berupa limbah organik rumah tangga,limbah kotoran hewan.
    graphic-what-to-feed-worm-bin.jpg
    · Mempersiapkan Bibit Cacing.

    · Perawatan Rutin.
    Menjaga kebersihan lingkungan,dengan mengantisipasi adanya hewan-hewan predator.

    Yuk Langsung ke TKP.....
    Bahan yang dibutuhkan:

    kascing bahan.jpg

    • Keranjang buah
    • Kotoran Sapi yang telah kering.Cacahan batang pisang
    • Bibit Cacing (250gram)
    • Cocopeat
    • Air
    • Karung beras/plastik hitam.
    • Ampas Tahu.(Bisa diganti sayuran apa aja yang ada di dapur)
    • Lakban atau tali rafia.
    Cara pembuatan...

    1. Alasi dulu keranjang buah dengan karung atau plastik hitam,Beri lakban pada bagian ujung-ujungnya) hal ini bertujuan agar media hidup cacing nantinya tidak tercecer.

    2. Campurkan kotoran sapi kering,cocopeat dan cacahan batang pisang.Campuran ini nantinya sebagai media hidup untuk cacing.
    CYMERA_20160428_190901.jpg

    3. Siram bahan campuran diatas dengan air. (Dikira-kira saja takaran airnya,jangan terlalu kering ataupun lembek)
    kascing 2.jpg

    4. Pindahkan media tersebut kedalam keranjang buah yang sudah dialasi karung.
    5. Masukkan bibit cacingnya,sedikit saja dahulu,tebar secara merata pada media.Tunggu sekitar 3 menit sampai cacing masuk kedalam media.Jika cacing sudah masuk semua berarti medianya cocok,Masukkan lagi sisanya.
    kascing 3.jpg

    6. Tunggu sampai semua cacing masuk.

    kascing 4.jpg
    Berikan makanan berupa ampas tahu,Sebenarnya banyak alternatif makanan lainnya seperti sisa-sisa sayur/buah,tapi harus di blender terlebih dahulu.
    7. Tutup dengan pelepah pisang,Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban media.
    CYMERA_20160428_191600.jpg
    8. Simpan kotak buah tersebut di tempat yang teduh,tidak terkena panas matahari ataupun hujan.

    Nah Proses pengembangbiakan cacing Sudah setengah jadi,Tinggal tunggu 1 bulan lagi untuk panen cacing dan Kascingnya.Mohon Doa Semoga berhasil yah teman-teman,

    Hal yang perlu diingat dalam memberi makan cacing adalah:

    · Minimal setiap hari cacing harus diberi makan.Takaran makanannya,jika bibitnya 250 gram berarti dalam sehari cacing akan menghabiskan makanan 250 gram juga.
    · Hindari memberi makanan berupa kulit jeruk,karena cacing tidak tahan terhadap asam.
    · Jangan sekali-kali memberikan garam yah...bisa2 tewas seketika.:nailbiting:
    · Sampah dapur bisa sbg makanan tapi harus dihaluskan/di blender terlebih dahulu.
    · Jangan sampai terkena percikan air hujan,,Air hujan=Asin.Bisa-bisa cacingnya kabur...

    Sekian yah teman-teman pembahasaannya nanti akan terus saya update perkembangannya.
    Salam sekop.:)
     
    • Suka x 14
    • Jenius! x 7
    • Informatif x 2
    • Kreatif x 1
    • Optimistis x 1
    Diubah terakhir kali: Mei 4, 2016
  2. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Update 8 Mei 2016

    Hai kebunners....pabun bubun semua...
    Sudah seminggu sejak penangkaran...(je ile bahasanya:banghead:)
    Benar kata mod @Piko@Piko predator semut...
    Di awal-awal, rumah cacing sempat didatangi kawanan semut Merah...
    waw...:nailbiting:
    Tapi untungnya buru2 dech saya usir..

    Besoknya langsung eksekusi buat kaki2 untuk keranjang,,,dan kakinya dicelupkan oli.

    Trik ini benar2 berhasil,sudah tidak ada lagi kawanan semut yang mampir...
    CYMERA_20160508_111342.jpg

    Waktunya memberi makan...:happy:

    Makanannya berupa sayuran sisa dapur yang saya blender...
    CYMERA_20160502_193556.jpg
    Saring,supaya kadar airnya berkurang...
    Lalu tebarkan di dalam keranjang...
    dan tutup dengan tanah..(ini bertujuan agar tidak mengundang lalat)
    Tapi tetap saja,setelah 2 hari muncul belatung,,,
    kaburrrrr....:arghh::tidaksenang:
    Paling geli liat belatung,

    Berarti sayuran yang kemarin saya blender sudah terkontaminasi telur lalat...dan menetas pula di sana.:hiks:

    Hari ini makanannya aku ganti pke pur Ayam +nasi basi yg sebelumnya aku campur dengan air...
    CYMERA_20160508_111250.jpg
    Ini ngintipin cacing yang bersembunyi di bawah pelepah pisang..
    IMG-20160508-WA0000.jpg

    Sekian dulu yach teman2...
    Nanti akan terus saya update sampai benar2 jadi pupuk kascingnya...:tersipu:
    Semangat...45!!
    Salam sekop:jempol:
     
    • Suka Suka x 4
    • Jenius! Jenius! x 2
    • Lucu Lucu x 1
    Diubah terakhir kali: Mei 8, 2016
  3. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Update 17 Agustus 2016

    Hallo pabun dan bubun semua.
    Merdeka..!! Selamat merayakan hari kemerdekaan untuk negeri tercinta Indonesia...!

    Karena berbagai alasan jadinya belum sempat udate perkembangan cacing.:banghead:
    Padahal sudah berbulan-bulan berlalu loh yach,harap dimaklumi ya teman-teman.Karena kesibukan yang menumpuk,pas mau post ada aja kendalanya..:menyeringai::facepalm:
    padahal udah sering juga diingetin modis @Guradisu@Guradisu

    Back to Topik,
    Setelah 2,5bulan berlalu,waktunya untuk panen...
    kenapa harus dipanen?karena media yang sebelumnya digunakan sudah tidak ada nutrisinya lagi,waktunya mengganti dengan yang baru.Kalau tidak diganti maka cacingnya akan kurus-kurus kurang gizi.:laugh:
    Lagipula untuk memberikan ruang pada cacing biar gag terlalu padat.

    Sebelumnya sudah niat banget pas panen mau pakai lampu..
    Cacing akan menjauhi cahaya.Jadi disitulah panennya.

    Tapi prakteknya kok gag bisa efektif...
    Ada juga yang menyarankan untuk membuat semacam saringan pasir...
    tapi saya berfikir lagi nanti apa cacingnya gag akan stress atau bahkan mati kalau diputar-putar begitu.

    Akhirnya cari cara teraman saja,diambilin manual pake tangan...Meskipun agak lama juga sich prosesnya.
    Setelah cacingnya diambil,beginilah penampakannya,

    ujicoba4.jpg
    Kascing kasar diayak lagi agar halus.
    Sebenarnya gag diayak juga gpp tapi biasanya masih ada telur2 cacing yang tertinggal.

    [​IMG]


    ujicoba5.jpg

    Inilah jadinya...
    Hampir mirip dengan kompos ya teman2...:)
    Kalau yang medianya dari log jamur lain lagi...teksturnya lebih gembur halus dan ringan.

    Nah setelah itu saya mencoba ujicoba pupuk kascing pada bibit pepaya yang saya semai.
    Dosisnya 5sendok makan per tanaman.
    setelah 2minggu pertumbuhannya sangat pesat.

    ujicoba1.jpg

    ujicoba6.jpg

    Dan satunya lagi tanpa pupuk kascing dengan media dan tempat yang sama

    uji coba2.jpg

    Woww...:nailbiting:
    Sangat berbeda sekali kan pertumbuhannya.
    Padahal metan dan tempatnya sama.

    Jadi kesimpulan saya,Pupuk kascing benar benar nyata bisa diandalkan sebagai pupuk organik yang murah dan ramah lingkungan.
    Kalau tidak percaya silahkan dibuktikan sendiri...:):laugh:

    Mungkin pada percobaan selanjutnya saya akan membuat apartemen kascing seperti saran dari coach @Rudy The@Rudy The
    Tapi memakai box styroafoam bekas.
    Semoga segera terlaksana ya teman teman..:happy::)

    Terimakasih teman2 sudah mau mampir di thread ini,jangan lupa kasi saran dan kritiknya ya..atau sekedar berbagi pengalaman.
    Salam sekop:jempol:
     
    • Suka Suka x 4
    • Jenius! Jenius! x 2
    Diubah terakhir kali: Agu 17, 2016
  4. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    (coming soon)
     
    Diubah terakhir kali: Agu 17, 2016
  5. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,602
    Poin Piala:
    710
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +2,816
    Sedaaaaap sekaleeee thread ini.
    Kayaknya kali ini @tokomojo@tokomojo kibarkan bendera putih aja.

    Aku kok bagian suka stress trus jalan2 ke sana ke mari manajer @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra ? Hahahaha....

    Ga sabar nunggu updet nya.
     
    • Setuju Setuju x 1
  6. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,386
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,618
    Saya setuju banget sama Modis.. @tokomojo@tokomojo kibarin bendera putih deh sama bubun Hezty kali ini

    Super pake banget. I like this! Bisa-bisa di-featured nih threadnya :jempol:
     
  7. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    773
    Poin Piala:
    160
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +825
    Ikut nyimak ya bu bun ... Sambil menggelar kasur malas, hidupin kipas angin dan siapkan kopi plus cemilan :happy:

    Btw... Teryata bu bun ga mampir lagi, karena lagi sibuk nyiapin thread ini ya :)
     
  8. tokomojo

    tokomojo Kosmopolit

    Postingan:
    1,016
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +865
    terus aja di kompor2in.... :licik:
    btw, mbak @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra kali ini langsung nonjok didepan lhooo... :dead:
     
    • Lucu Lucu x 1
  9. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,386
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,618
    Iya kompor mode on haha.. threadnya bubun Hezty yang ini di-featured ya, congratulations :jempol:
     
    • Suka Suka x 3
  10. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,726
    Poin Piala:
    660
    Rating:
    +2,489
    Sip.. bubun @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra :jempol:. Sering disebut2 nih kascing, ternyata cukup mudah dan murah ya pengembangbiakannya. Alternatif ampas tahu bisa diganti tahu biasa yg dihancurkan, bubun?

    Itu yg di foto #1 dan #3 tangannya bubun, yg pegang cacing?:nailbiting:. Saya ngga takut sih sama cacing, malah senang kalo menemukan mereka ada di metan tanaman kita. Tapi eh.. kadang masih geli2 gitu, terutama yg gede banget :laugh:.

    Mudah2an pas modmuh @muhadi@muhadi mampir, bisa nambahin cerita kascing juga nih..

    Cacing sahabat pekebun.:jempol:
    Sahabat koboker juga ngga sih, pakbun @JajukPrazz@JajukPrazz ? (ikannya ada yg doyan cacing?).
     
    • Suka Suka x 1
  11. JajukPrazz

    JajukPrazz Koboker

    Postingan:
    712
    Poin Piala:
    135
    Lokasi:
    atas pohon beringin
    Rating:
    +993
    hehehe.. bagus threadnya.. kali ini setuju ternyata memang gada apa2nya @tokomojo@tokomojo .. (nyumbang komporrr xixixi) @Kmommy@Kmommy, cacing sahabat koboker? kalo dalam bentuk cacing beku iya jelas itu pakan penuh gizi dan nutrisi buat ikan..tapi tidak kalo cacing hidup, disamping bisa menyebarkan virus / bibit penyakit juga merusak pemandangan (geuleuh..) ... lanjutkan update terus @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra :jempol::jempol:
     
    • Lucu Lucu x 3
    • Suka Suka x 1
  12. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Hahaha..... yang paling aktif & suka jalan2 di Kp,suka jagain cafe sampe tengah mlm pasti modis @Guradisu@Guradisu
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Apr 30, 2016
  13. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Wah...ini saya juga masih belajar min @calvin@calvin
    Barangkali ada teman2 yg lain bisa kasih saran+idenya..:)
    Gak lah....pabun @tokomojo@tokomojo aq tidak sesadis itu,,,
    Langsung Tabrak pake kontener ckckck....:jahil:
     
    • Lucu Lucu x 2
    • Suka Suka x 1
  14. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Hahaha.....
    ach kemarin2 memang agak sibuk pabun @Edi Surya@Edi Surya
    Ampas tahu klo diganti sama tahunya asli malah bagus modly @Kmommy@Kmommy
    Pake nasi basi pun boleh asal tambahin sedikit air aja..
    iya nich colek mod @Piko@Piko juga...
    Barangkali bisa berbagi pengalaman...

    Iya itu tangan aq yg pegang,,,abis parah suami suruh pegang malah geli katanya..:banghead::roflmao:
     
    • Suka Suka x 2
  15. tokomojo

    tokomojo Kosmopolit

    Postingan:
    1,016
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +865
    sudah 3 orang.... sudah setengah hangat kompornya....
     
    • Lucu Lucu x 3
  16. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    ayolah pabun @tokomojo@tokomojo
    Mana nich karyanya....!!
    Jangan2 masih otw lagi:roflmao:
     
    • Setuju Setuju x 1
    • Lucu Lucu x 1
  17. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    773
    Poin Piala:
    160
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +825
    Boleh kah cacing nya untuk ternak ku ini? :D

    FB_IMG_1446334890576.jpg
     
    • Lucu Lucu x 3
  18. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Hahaha.....
    Bagus lowh pabun kandungan nutrisinya!!!
    Ayamnya pasti cepet gede tar:roflmao:!!
    Selain itu sbg Makanan ikan,
    colek si tukang ikan ah.. @Yakitate Japan@Yakitate Japan
     
  19. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,602
    Poin Piala:
    710
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +2,816
    Kok nulis aku sekarang jadi aq... kayak coach? Hahahah..
     
    • Lucu Lucu x 2
  20. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,435
    Poin Piala:
    215
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,047
    Hahaha...
    Ketularan.....:roflmao:hilarious
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini