1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Membuat Pupuk Kascing Skala Rumahan

Diskusi dalam 'Tips Berkebun' dimulai oleh Hezty AzZahra, Apr 29, 2016.

  1. Akardahan

    Akardahan Kimera

    Postingan:
    328
    Poin Piala:
    110
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +331
    Suami aku sempat tertarik nih sama ternak cacing. Cuma belum ngerti dan belum ada lahannya.
    BRB kutarik dia suru baca, sukur2 mau ikutan.
     
    • Suka Suka x 2
  2. pohonmania

    pohonmania Embrioner

    Postingan:
    284
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    bogor
    Rating:
    +152
    Emang klo lgsg ambil aja tnh kascing di kbn g bgs buat pupuk? Soalnya d kbn jati dkt rmh ada tnh,,grundul2 gitu,,klo diambil cacing keluar jg gde2 bngt,,
     
  3. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Ayo.. bubun dikomporin juga suaminya,,,
    Klo skala bisnis Lumayan lowh omsetnya,,sekalian bisa manfaatin kascingnya...
    pake lahan seadanya juga bisa lowh...
    Garasi.jpg
     
    • Suka Suka x 3
  4. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Bisa aja dijadikan pupuk,,
    Mungkin =Tanah humus. bubun @pohonmania@pohonmania
    Klo asli budidaya nanti kan kandungan unsur hara dari kascingnya bisa beragam,tergantung kita kasih makannya apa..:)
    cmiw
     
    • Suka Suka x 2
  5. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    2,672
    Poin Piala:
    245
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +1,868
    Tunggu... Cacing itu dijual buat apa..? Buat pakan ikan..? Ataw bahan baku obat obatan..!? Beli bibitnya dimana..?!
    Sama ga sama cacing sawah yang gede gede buanget itu.?

    Btw.. Aq suka banget nangkepin cacing. Rasanya glenyer glenyer gimanaaa gitu. Hehe
     
    • Lucu Lucu x 1
  6. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Biar lebih jelas liat bagan brikut ya Bubun @Y@NTI@Y@NTI

    CYMERA_20160430_183212.jpg
    Kata tetanggaku klo yg untuk obat tyfus medianya dari cocopeat+log jamur alasannya biar lebih bersih.
    klo yg untuk pakan ternak Medianya bisa limbah dapur atau kohe sapi.
    Belinya yach di peternak cacing.
    klau sama gak? jelas beda bun.
    Cacing yang kita tangkap d sawah belum tentu bisa buat obat,dan kalaupun mau kita ternakkan sangat susah beradaptasi dengan lingkungan baru,bisa2 koit duluan :smuggrin:
     
    • Suka Suka x 2
    • Informatif Informatif x 2
  7. tokomojo

    tokomojo Moderator

    Postingan:
    1,017
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +857
    oke, 4 sudah...
     
  8. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    2,672
    Poin Piala:
    245
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +1,868
    Tenang pakbun @tokomojo@tokomojo aq masih dipihak mu. Jangan mau kalah. Kamu pasti bisa. Semangaaaat.!!!
    # ngerayu dikit biar cepat dikirimin pikoknya :roflmao:
     
  9. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    2,672
    Poin Piala:
    245
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +1,868
    Ooh... Wah banyak juga konsumen si cacing.
    Wah kirain sama kaya yang suka ugat uget disawah.
     
  10. Piko

    Piko Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    611
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +432
    Cuma sekedar menambahkan ya, Bu. Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap rak cacing terbebas dari jalur semut. Apabila ada satu saja semut yang mampir ke media cacing, kalau dibiarkan maka alamat cacing di dalam rak bakal lenyap.

    Paling mudah adalah melapisi kaki-kaki rak dengan oli dan pastikan rak tersebut tidak menempel ke tembok atau benda lain yang memungkinkan semut untuk masuk ke media. Selain semut, tikus dan unggas (ayam, burung, angsa, dll) juga musuh yang harus diwaspadai karena mahluk - mahluk tersebut dapat menghabisi cacing dalam jumlah besar. Masih banyak sih predator cacing ini, namun biasanya hanya makan sebagian kecil saja...seperti kelabang dan kumbang tertentu.
     
    • Suka Suka x 3
    • Informatif Informatif x 1
  11. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Mod @Piko@Piko Benerr....:jempol:
    Ini tadi abis usirin semut....
    Besok dech eksekusi buat kaki2 untuk keranjang.
    ini tadi pkein kapur semut...!!
    Sementara masih itu kendala yang saya temui :banghead:
     
    • Suka Suka x 1
  12. tokomojo

    tokomojo Moderator

    Postingan:
    1,017
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +857
    dulu di kota mojokerto sempat booming seminar2 budidaya cacing seperti ini..
    lha daripada mahal2 ikutan seminar...
    disini sudah ada pakarnya yg kasih sharing gratisss...
     
    • Setuju Setuju x 3
    • Baik Baik x 1
  13. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,707
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,363
    Maap baru sempet berkunjung. Langsung aza tambahannya. Biar kgk kebanyakan basa basi.
    1. Hati2 dengan cairan sisa sayuran. Jgn merendam cacing. Cacing tdk boleh terendam air. Mati. Jadi lbh bagus jika rumahnya dibuat seperti apartemen. Yg plg atas utk makanan. Yg kedua utk tempat cacing. Yg ketiga utk tampung cairan. Cairannya jgn dibuat. Campur dgn kompos beri air. Pake aerator. Esok harinya jadi yg disebut: compost tea. :laugh: . Pupuk cair nomor wahid.

    2. Hati2 memilih makanan cacing. Jgn yg berbau nanti mengundang lalat dan tikus. Itu juga maksud blender sayuran harus dipendam. Lalu tempatkan pakan di tempat yg tetap. Biar cacing tahu tempat pakannya.

    3. Selain kascingnya memang betul cacingnya sendiri sering dimanfaatkan utk : obat typhus perusahaan farmasi dan kecantikan. Caranya: cacingnya dikeringkan lalu dioven dgn suhu tertentu. Baru didapat tepungnya.
    Cara memanen cacing : menggunakan lampu. Cacing akan lari menjauhi cahaya lampu. Di sanalah tempat panennya.
    Di dekat lokasi mas @Piko@Piko ada tuh yg sdh menjual hasil cacing kering dan kascing. Di daerah Cikole Lembang.

    4. Pengembangan: di Australia bisnis cacing adalah bisnis menguntungkan. Mereka sdh berusaha skala besar. Hasilnya : kascing/casting dipakai utk campuran pupuk organik. Sedangkan cacingnya sendiri dipakai utk perusahaan kosmetik dan plg terbesar umpan pancing. Di sana ada musim tertentu orang pergi memancing.
    Di indonesia mungkin bisa dipikirkan sebagai bahan tambahan pakan ternak.

    5. Seberapa hebat sih pupuk kascing sendiri. Jika ada yg ingat dulu saya pernah beri hadiah metan utk semai utk yg jawab kuis. Klau tdk salah pemenangnya dari pontianak. Dan telah kirim testimoni dipakai utk tanam cabai. Salah satu bahan yg saya pakai: kascing:laugh:.

    Semoga bermanfaat
     
    • Suka Suka x 2
    • Setuju Setuju x 1
    • Jenius! Jenius! x 1
    • Informatif Informatif x 1
  14. Ahmad Muchlas

    Ahmad Muchlas Endemis

    Postingan:
    64
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Pare
    Rating:
    +38
    • Suka Suka x 2
  15. Piko

    Piko Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    611
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +432
    Ironisnya, setahu saya lebih banyak pupuk ini diekspor ketimbang digunakan di negeri kita sendiri. Petani dan Pekebun di kita masih lebih suka atau istilahnya sudah membudaya pakai pupuk kimia. Dan tahulah sendiri tipikal orang Indonesia kalau sudah terbiasa dari dulu begitu ya susah plus malas mau mencoba sesuatu yang baru padahal dengan membudidayakan cacing ini bisa banyak hemat biaya dan proses daur ulang sampah lebih efisien.

    Oh iya, saya pernah mendatangi salah satu teman di Bandung yang rumahnya serba daur ulang. Septic tank diisi ikan lele dan nila. Sementara dia juga pelihara kelinci dimana kotoran kelinci ini dicampur dengan sampah organik hasil dapur untuk pakan cacing. Kotoran cacingnya dan air kencing kelinci lalu diaplikasikan untuk pemupukan sayuran. Lha trus sayurannya ketika panen dimakan lagi sama teman saya plus lele dan ikan nila juga. Makanya saya takjub sekaligus bingung melihat siklus makan siang dan malamnya dari WC sendiri hilarioushilarioushilarious
     
    • Suka Suka x 4
    • Lucu Lucu x 2
    • Bingung Bingung x 1
  16. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Setuju mas @Piko@Piko
    Tetangga saya sudah membuktikan hasil panen juga tetap bagus tanpa ada embel2 pupuk kimia.
    Cuma pakai kascing yang ditebar ke lahan.
    Aih..... Saya juga punya rencana pelihara kelinci,,:)
    Wah..Andai semua orang Indonesia berfikir begitu....!!Pasti bisa hemat uang blanja....:roflmao::)
     
    • Lucu Lucu x 1
  17. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Ini dia yang saya tunggu2,:)
    akhirnya mampir juga coach @Rudy The@Rudy The
    Tanpa Basa Basi:smuggrin:
    Like this.
    Masih pilih2 jenis sayur untuk makanan,
    compost tea kok saya baru denger yach...!!
    Patut di coba nich.....:)
     
  18. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,240
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +864
    Setuju......
    Gak pake seminar langsung ke tkp.:)
     
  19. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,707
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,363
    Hayu atuh urang mulai !!:laugh:
     
  20. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,707
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,363
    Compost tea umum di luar. Sayang di sini jarang pakai.
    Sebenarnya buatnya mudah. Cairan kascing ditambah kascing direndam di dalam air. Trus diberi oksigen via aerator ikan semalaman. Esok pagi2 siram ke tanaman. Murah meriah. Apalagi diaplikasikan bersamaan urine kelinci. Makyuss.... (kata tanaman lho):nailbiting:
     
    • Lucu Lucu x 2
    • Suka Suka x 1
    • Setuju Setuju x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...