1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Cara Menanam Alpukat Dengan Biji

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh calvin, Mei 3, 2016.

  1. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Pada thread ini kita akan belajar cara menanam alpukat dengan biji dengan bantuan tusuk gigi alias toothpick :D

    Alpukat, atau nama lainnya alligator pear, merupakan buah yang dinikmati oleh dunia, dari jus alpukat favorit saya sampai sushi yang juga makanan favorit saya (rakus amat ya) menggunakan alpukat sebagai bahan baku. Buah alpukat dikabarkan bahwa memiliki efek yang sehat untuk jantung. Minyak alpukat sendiri sekarang digunakan oleh banyak ilmu medis, termasuk dermatological. Kabar terbaru, alpukat memiliki efek positif terhadap penyembuhan penyakit osteoarthritis.

    Dalam 3,5 ons buah alpukat mengandung kira-kira 160 kalori, 2 gram protein, 15 gram lemak tak jenuh, serta sedikit kandungan karbohidrat, sehingga alpukat dikategorikan sebagai buah rendah kalori yang ramah.

    Tapi yang paling penting, adalah rasa alpukat yang unik dan tidak bisa disamai oleh buah lainnya. Saya sendiri suka kalau alpukat matang dikeluarkan isinya lalu dicampur susu manis dan kopi, lalu diaduk. Enak pake bingits, belum lagi masuk kulkas sebelum disantap :hungry:

    Ok kebanyakan intro kali ya :joyful:

    Berikut cara tanam alpukat dari biji
    1. Belah dua alpukat dengan pola memanjang, hati-hati jangan sampai mengenai bagian biji
    2. Bijinya dicuci dengan air hangat, jangan gunakan sabun. Jangan sampai membuat kulit bijinya yang berwarna cokelat terlepas. Cuci sampai bijinya tidak terasa licin lagi (daging alpukatnya sudah lepas..pas...pas!)
    3. Ambil 4 buah tusuk gigi
    4. Pegang bijinya dengan satu tangan, lalu tangan lainnya menusukkan 4 buah tusuk gigi tersebut (dari 4 arah berbeda), tusuk ke arah inti biji, jangan terlalu dalam yang penting dirasa-rasa bahwa 4 tusuk gigi tersebut sudah mampu menahan beban tubuh saya (eh beban tubuh biji alpukat itu maksudnya) apabila ditaruh di gelas atau toples berisi air agar tidak tenggelam.
    5. Ambil gelas, isi air yang hangat, lalu taruh si biji yang sudah tertusuk-tusuk (kasihan) oleh 4 tusuk gigi tadi. Bagian biji yang lebih bulat yang terendam dalam air.
    6. Pastikan bawah biji tersebut terendam air dalam gelas atau toples terbuka tadi secara terus menerus, letakkan pada tempat yang bersuhu kamar, jangan diganggu-ganggu si bayi tanaman bakal muncul mulai dari akarnya.
    7. Sebaiknya ganti airnya setiap 1-2 hari. Tujuannya adalah agar jamur dan bakteri tidak bisa berkembang dan merusak biji kita (maksudnya biji alpukat)
    8. Pastikan bawah biji terendam air
    9. Bersabarlah menunggu akar terbentuk. Akar biasanya akan keluar dalam 2-3 minggu
    10. Kulit biji akan mulai mengering, berkerut, dan terlepas sendiri selama proses, ini sangat normal tidak perlu khawatir
    11. Seedling akan tumbuh dari atas biji
    12. Ketika seedling sudah tumbuh sampai 15-18 cm, potong dia jadi 7-8 cm lagi untuk merangsang pertumbuhan yang baru dan lebih baik
    13. Ketika sudah sampai 15-18 cm lagi setelah pernah dipangkas, ini saatnya kita menanam si baby alpukat, keluarkan dari air dan pelan-pelan buang tusuk giginya.
    14. Pindahkan ke tanah.
    Jika masih belum mengerti poin dan step di atas, silakan lihat infografik di bawah ini. Sengaja ditaruh paling bawah biar bacanya nyimak pelan-pelan dari atas entar terakhir baru dapat pencerahan in case masih bertanya-tanya selama proses memahami (cieee.. serius amat)

    cara-menanam-alpukat-dari-biji.jpg

    Semoga bermanfaat :jempol:

    Btw kalau ada yang sudah berhasil pakai teknik ini, share fotonya dimari ya (waktunya mimin nagih :p)
     
    • Suka Suka x 2
    • Informatif Informatif x 1
  2. Kakak Z-A

    Kakak Z-A Embrioner

    Postingan:
    596
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    Pekanbaru
    Rating:
    +399
    Beli alpukatnya dulu berarti min :D
     
  3. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Iya borong segudang ya bun :D
     
    • Lucu Lucu x 1
  4. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    wah banyak tuh di polybag,nanti tak lampirkan bukti otentik nya...
     
  5. Lillea

    Lillea Aklimat

    Postingan:
    53
    Poin Piala:
    23
    Rating:
    +29
    Atas sama bawah biji sama ga min? Maksutnya kl kebalik bakalan gagal ga? :capedeh:
     
  6. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Berarti menanam alpukat dari biji tapi langsung di polybag ya? Wah boleh tuh pakbun ditunggu fotonya :jempol:
    Beda bubun. Biji alpukat tidak bulat sempurna. Pastikan yang lebih lancip bagian atas. Yang lebih bulat bagian bawah :)
     
  7. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    iya min tinggal isi metan,kubur setengah biarkan dia tumbuh,kmaren pas mindahin bibit manggis,jeruk,durian,banyak yang ke injak2..
     
    • Suka Suka x 2
  8. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Wah bisa share nih disini memang tempatnya topik ini pakbun. Kalau besok pas mau foto kalau ada sedikit penjelasan lanjutan info dong pakbun. Keren banget banyak sekali tanaman di kebun pakbun :jempol:
     
  9. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    ok siap 86 min,nyari kesempatan dalam kesibukan...:D
     
    • Suka Suka x 1
  10. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,436
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +1,048
    Bantu jawab...
    Gak sama bun @Lillea@Lillea Bagian atas yg agak lancip.klo kebalik ya gak bakal Numbuh....:)
    CYMERA_20160503_192030.jpg
    Saya pernah coba min @calvin@calvin tapi gak ada dokumentasinya...:banghead:

    Menurut saya trik ini ada beberapa kendala misalnya:
    -Biji yang tidak mau berkecambah
    -Biji terinfeksi bakteri, biasanya karena adanya luka bekas potongan, sehingga biji mengeluarkan lendir, dan lama lama menjadi busuk:(
    -Biji terinfeksi cendawan, biasanya karena ada sisa daging buah, ada luka sebelumnya,atau lingkungan yang kurang bersih.
     
    • Suka Suka x 4
    • Jenius! Jenius! x 1
    • Baik Baik x 1
  11. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Terimakasih sudah bantu jawab bubun. Bubun Hezty sangat membantu gambarnya :jempol:

    Iya benar makanya harus dicuci bersih bijinya biar tidak keburu infeksi sebelum tumbuh. Dan tidak boleh terluka kulit bijinya sesuai penjelasan di atas..
     
  12. yessi

    yessi Embrioner

    Postingan:
    457
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    karawang
    Rating:
    +265

    Sy pernah buat yg seperti ini, caranya persis bgt spt yg di atas, tp udh 3 minggu ga numbuh2, hhmmm jd penasaran, jd pengen coba lagi, kan motto sy, skali gagal 1000 kali berhasil...yeahhh
     
    • Optimistis Optimistis x 1
  13. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Ayo bun dicoba lagi, bangkit dan nanti akhirnya sukses juga :jempol:
     
    • Suka Suka x 1
  14. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,720
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,274
    Kalo di kampung saya, alpukat bukan buah tapi sayuran.
    Ga pernah ada yg bikin juice alpukat, taunya dicampur ke makanan atau salad hilarious :roflmao: hilarious
     
  15. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,827
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +2,922
    Nice share, mincalv...:jempol:
    Pohon alpukat ini kan tinggi gede ya (dulu ada di kebon nenek). Apa mungkin dibuat tabulampot utk yg tumbuh dari biji?

    Modis @Guradisu@Guradisu : kampungnya di Mexico bukan? hehe, langsung bayangin guacamole nih...:joyful:
     
    • Lucu Lucu x 3
  16. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,720
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,274
    eh iya..
    sekalian manggil pakar tabulampot ah biar rame.. modmiiiiiiiiiiirrrr @RAKUGA@RAKUGA
     
    • Setuju Setuju x 1
  17. Nano

    Nano Kosmopolit

    Postingan:
    950
    Poin Piala:
    153
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +507
    wah teknik ini pernah saya prantekkan dan alhamdulilah semua berhasil dengan baik,namun masih terkendala untuk proses penyambungan,seperti yang pernah saya buat Thread agar alpokat cepat berbuah,
    agar lebih mempersingkat untuk berbuah,dari 8 pohon,saya coba sambung pucuk 7 pohon,semuanya gagal,malah ada yang mati satu,6 yang lain tumbuh tunas baru,rencana akan saya sambung pucuk dan tempel mata tunas , tapi karena pohon indukan sedang banyak buanganya,nanti saja menunggu bila selesai berbuah.
    Untuk bibit alpukat di foto semua melalui proses seperti apa yang di sampaikan PakBun @calvin@calvin ,malah ada yang bisa bertunas 2,sengaja saya biarkan agar bila sudah banyak akar bisa kita pisahkan sehingga 1 biji alpukat bisa dapat 2 calon pohon sekaligus.
    pernah saya buat percobaan,dengan teknik di atas dan langsung saya tanam biji pada polybag hasilnya,jauh lebih subur dengan teknik yang di atas.

    W3430_IMG_20160503_164358.jpg
     
    • Suka Suka x 5
  18. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,285
    Poin Piala:
    1,485
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +3,460
    Bisa dibuat tambulampot, tapi dari sambung stek. Klau lgs biji. Ngelancir.:whistling:
     
    • Suka Suka x 1
  19. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,633
    Wah guacamole, ngiler mode on.. saya tidak pernah makan, Mommy udah pernah? :(
    Berarti yang langsung di polybag pertumbuhannya lebih oke dibandingkan melalui cara di atas ya.. Nice share Pakbun Nano :jempol:
    Ngelancir gimana Pakbun Rudy? Maksudnya kalau dari biji lama buahnya ya?
     
  20. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    591
    Poin Piala:
    153
    Rating:
    +308
    Ada beberapa jenis alpukat yang bisa dibuat tabulampot, salah satunya yaitu alpukat mentega... tapi meski bisa dijadikan tabulampot tetap harus pakai pot berukuran besar kalau bisa pakai drum & mungkin bisa setinggi 3 atau 4 meter. Usahakan bibit yang ditanam berasal dari cangkok atau dari sambung, karena kalau dari biji selain butuh waktu lama untuk berbuah juga tidak akan berbuah jika belum berumur di atas 5 tahun & tentunya pohonnya nanti akan tumbuh tinggi jadi tidak proporsional lagi dengan ukuran potnya.
     
    • Suka Suka x 2
    • Jenius! Jenius! x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini