1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Cara Menanam Jagung Yang Baik Dan Benar

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh obatpertanian, Agu 18, 2013.

  1. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,658
    Kini kami akan menulis artikel tentang Cara Menanam Jagung Yang Baik Dan Benar. Jagung, adalah makanan yang mempunyai banyak manfaat, selain mempunyai karbohidrat sebagai pengganti nasi, jagung juga bisa di konsumsi sebagai sayuran.

    [​IMG]

    Sebelum menanam jagung, harap perhatikan lokasi untuk menanam jagung, agar nantinya menghasilkan produksi yang maksimal. Tanaman jagung sangat memerlukan cahaya matahari, karena memiliki tingkat fotosintesis yang cukup tinggi. Oleh karena itu lokasi yang baik untuk budidaya tanaman jagung adalah areal yang terbuka berupa sawah atau ladang. Selain itu sebaiknya area untuk menanam jagung tidak terdapat genangan air, namun memiliki kadar air yang cukup.

    Pada dasarnya semua jenis tanah dapat ditumbuhi oleh tanaman jagung, namun sifat tanah yang paling baik untuk jagung adalah yang drainasenya lancar, subur dengan humus dan mempunyai pupuk yang cukup untuk persediaan tumbuh tanaman jagung.

    Iklim suatu daerah juga turut berperan dalam menentukan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung. Iklim yang tidak mendukung, misalnya banyak hujan badai dan angin ribut, akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman jagung.

    Tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik dan berkualitas pada daerah yang beriklim sejuk yaitu 50 derajat LU sampai 40 derajat LS dengan ketinggian sampai 3000 meter dari permukaan laut.

    Derajat keasaman tanah juga berpengaruh dalam pertumbuhan jagung, derajat keasaman tanah dipengaruhi oleh banyaknya kandungan unsur kimia dalam tanah serta kadar air dalam tanah tersebut.

    Sebaliknya tanah yang kering berkapur dengan kadar air yang sedikit akan lebih bersifat basa. Untuk tanaman jagung sebenarnya mampu beradaptasi pada lingkungan dengan derajat keasaman antara 5,5 sampai 7.

    Tanaman jagung memerlukan air terutama untuk pertumbuhan dan perkembangbiakkan. Jadi sebaiknya penanaman jagung diawali pada saat musim hujan mulai tiba. Karena pada saat musim hujan tanah dalam keadaan lembab sehingga tanaman tidak kekurangan air dan proses fotosintesis yang dilakukan untuk beraktifitas dan berproduksi bisa berjalan dengan baik.

    Intensitas cahaya yang banyak dan cukup sangat dibutuhkan untuk berfotosintesis, selain itu juga untuk berproduksi, karena tanpa intensitas cahaya yang cukup, bunga tidak dapat menjadi buah.

    Suhu yang paling baik untuk pertumbuhan jagung adalah antara 21-30 derajat celcius. Sedangkan untuk proses perkecambahan jagung, yang paling tepat adalah antara suhu 21-27 derajat celcius.

    Ada 2 cara untuk menanaman jagung, yaitu:

    1. Multikultur

    Multikultur adalah penanaman lahan dengan banyak jenis tanaman yang berbeda-beda secara bersama-sama. Misal, dalam satu waktu pada suatu lahan ditanami jagung, ketela pohon, dan kacang tanah. Cara ini bertujuan agar kesuburan tanah tetap terjaga.

    2. Monokultur

    Monokultur adalh menanami lahan hanya dengan satu jenis tanaman secara berselang seling, atau bergantian.

    Pemberian pupuk dilakukan setelah tanaman jagung berumur 2 minggu, dengan cara ditaburkan pada tanaman jagung. Kemudian pemberian urea dilakukan setelah tanaman jagung berumur 40 hari, dengan tujuan meningkatkan jumlah dan kualitas tongko jagung.

    Pembuangan bunga jantan dilakukan setelah 40 hari penanaman, ini bertujuan agar tongkol jagung menjadi lebih besar dan lebih banyak.

    Pengendalian hama dan penyakit pada jagung dilakukan agar tanaman jagung tidak mengalami gangguan kesehatan, yang akhirnya mengganggu hasil produksinya. Hama dan penyakit yang perlu di kendalikan diantaranya:
    • Ulat daun
    • Lalat bibit
    • Ulat agrotis
    • Penggerek daun
    • Penggerek batang
    • Ulat tongkol
    Sekian artikel tentang Cara Menanam Jagung Yang Baik Dan Benar ini, semoga bisa menjadi referensi bagi para petani yang akan menanam jagung.
     
    Diubah terakhir kali: Mei 16, 2016
  2. caratupa

    caratupa Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Dimana langkah-langkah cara menanam jagungnya? Bagusnya kalau ada penjelasan merinci mengenai cara menanamnya bagi pemula
     
  3. caratupa

    caratupa Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Gimana langkah-langkah bercocok tanamnya? Maksudnya untuk seorang pemula sangat membutuhkan langkah detailnya
     
  4. Yanu E Rahmad

    Yanu E Rahmad Anakan

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Untuk jagung hibrida apa ada perbedaan hasil tonasenya ...Pada lahan sawah dengan lahan pengunungan ??
     
  5. nugroho

    nugroho Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Baiknya bibit dari toko direndam dulu apa tidak?
    Oh ya jagung jenis apa ya yg bisa dipanen setelah 2 bulan (60hari smt)
     
  6. rushboy.online

    rushboy.online Kimera

    Postingan:
    899
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +112
    saya nanam jagung pake kohe ayam saja ituh, bagi saya jago masi kuat lawan penyakit gk sperti tanaman lain yg gampang banget sakit heehehe

    jagung salah satu tanaman favorit karna tidak perlu perawatan

    thx
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini