1. Ayo beli Kaos Kebunpedia di sini. Bisa dipake mejeng di acara2 pameran tanaman, gath, atau untuk dijadiin profile pic di KP. Yang paling penting, biar kamu kekinian dan punya pengenal identitas sebagai kebuner untuk dunia luar, wkwkwkwk.

    http://www.kebunpedia.com/threads/ready-stock-official-t-shirt-kebunpedia.7034/#post-80036



    Abaikan Pemberitahuan
  2. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Cara Menanam Kacang Hias Si Penutup Tanah

Diskusi dalam 'Tanaman Hias Daun' dimulai oleh Emaktani, Apr 23, 2016.

  1. Emaktani

    Emaktani Endemis

    Postingan:
    111
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +84
    Salam kebuners semua

    Saya masih newbie banget jika ada kekurangan mohon masukannya ya

    Bermula ketika menempati hunian baru yang terpikir adalah betapa gersangnya rumah ini, tanah yang ada hanya tertutup pecahan tembok yang berserakan dan ilalang. Ide yang terlintas adalah mencari tanaman penutup tanah, setelah bertanya ke penjual tanaman ternyata harga rumput cukup mahal dan menguras kantong. Inginnya yang murah mudah dan ada keuntungan tambahannya.

    Hingga tak sengaja berkunjung ke rumah saudara yang halamannya ditanami pintoi( kacang hias )ini. Akhirnya saya membawa beberapa ranting tanaman tersebut. Cara menanamnya cukup mudah dan termasuk tanaman bandel. Tanaman ini pun sangat bagus buat tanah karena menyuburkan tanah, mengindari tanah dari erosi dan rumput liar pun tidak mau muncul lagi. Karena rumah pinggir sungai jadi saya langsung senang sekali pada tanaman ini, dan tidak perlu menyabuti rumput lagi. Tapi lebih senang karna dapatnya tanpa mengeluarkan biaya.

    Tanaman ini secara sekilas mirip dengan kacang tanah, serupa tapi tak sama. Tanaman ini merambat dan berbunga kuning cerah pagi hari. Perpaduan hijau dan kuning menyejukkan pandangan.

    Baiklah berikut langkah - langkahnya penanaman serta persiapannya.

    A. Persiapan tanaman
    - Siapkan batang pintoi yang akan ditanam
    - Karena batangnya menjulur panjang sebaiknya dipotong pendek- pendek sekitar 5cm
    - Sebaiknya dipotong diantara dua daun karena biasanya dari bawah daun akan keluar akarnya
    - Jika belum akan ditanam potongan dapat direndam dalam air agar tetap segar
    - Dapat ditambahkan pada air rendaman bawang merah yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan akar lebih cepat.

    B. Persiapan media tanam
    - Area tanah yang akan ditanami sebaiknya dibersihkan dari sisa bahan bangunan
    - Buat alur air atau kemiringan tanah agar air mudah mengalir tidak tergenang
    - Gemburkan tanah dengan mencangkul ringan lalu campur dengan pupuk kandang dan sekam
    - Biarkan tanah selama dua hari dan jangan lupa disiram
    - Buat alur atau garis tanam saya buat antara garis setelapak tangan, tujuannya supaya tanaman rapi dan rapat

    C. Proses penanaman
    - Pada alur tanam buat lubang tidak terlalu dalam
    - Masukkan batang pintoi pada lubang tersebut, tetapi tidak tegak namun rebah (tegak lurus dengan daun)
    - Tutupi batangnya dengan tanah dan yang tersisa dipermukaan tanah adalah daunnya
    - Lakukan pada semua sisa batang yang ada
    - Beri jarak pada setiap lubang sesuaikan dengan luasan tanah dan ketersediaan bibit.
    - Setelah selesai jangan lupa disiram secara rutin
    - Sebaiknya dilakukan penanaman saat musim hujan, bisa dilakukan pada musim kemarau dengan intensitas penyiraman rutin pagi dan sore hari.
    - Untuk mendapatkan tanaman yang rapat menutup tanah membutuhkan waktu kurang lebih 5 bulan
    - Untuk membuat bibit baru cukup ambil batang yang telah tumbuh sempurna dan panjang

    Ini adalah foto di halaman setelah 2 bulan tanam, kebetulan musim hujan jadi cepat tumbuhnya
    image.jpeg

    Dan yang ini sudah rapat dan berumur lebih dari 6 bulan

    image.jpeg

    Tanaman ini tetap bisa diinjak, tapi kalau sayang menginjaknya terlebih dahulu siapkan jalan setapak ataupun titian berpijak.

    Selamat mencoba dan menikmati keindahan daun dan bunganya. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya, saya akan coba menjawab, karena saya juga masih belajar kita sama-sama mencari tahu dan mari kita berbagi pengalaman.
    Salam cangkul
     
    • Suka Suka x 3
    • Jenius! Jenius! x 1
  2. tokomojo

    tokomojo Moderator

    Postingan:
    1,019
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +863
    bisa dimakan?
     
  3. Kakak Z-A

    Kakak Z-A Embrioner

    Postingan:
    604
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    Pekanbaru
    Rating:
    +398
    Akhirnya tau namanya :D 31.jpg
     
    • Suka Suka x 2
  4. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,068
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,145
    Lha kacang hias kok dimakan dibuat pupuk buat gantiin urea sama halnya azola pinata ...
     
  5. Emaktani

    Emaktani Endemis

    Postingan:
    111
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +84
    Setau saya sampai saat ini tidak bisa dimakan sama manusia tapi ayam bisa memakannya, soalnya ayam tetangga pada suka makanin bunganya,,
     
  6. Emaktani

    Emaktani Endemis

    Postingan:
    111
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +84
    Nanam juga ya bubun? Bagus ya kalau pagi seger liat tanamannya,

    @Ebenks@Ebenks mungkin pakbun @tokomojo@tokomojo mau nyobain ngelalap, hehe
     
  7. tokomojo

    tokomojo Moderator

    Postingan:
    1,019
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +863
    nah itu maksud saya, kok sepertinya seger karo dilalap..
     
  8. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,499
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,307
    Wah bubun @Emaktani@Emaktani sama deh dgn saya, toss mak! dulu pertama punya rumah yg ditanam ya kacang hias ini, saya nyebutnya kacang-kacangan. Karena itu dia.. baca2 bisa menyuburkan tanah (halaman terkena bahan2 bangunan, bekas adukan semen dll., saat rumah dibangun).
    Sekitar setahun kemudian baru saya ganti rumput. Tapi lama lho bener2 melenyapkan si kacang hias.. ada lagi ada lagi.:laugh:
     
  9. Emaktani

    Emaktani Endemis

    Postingan:
    111
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +84
    Monggo dicobain, kandungan protein tanaman ini tinggi loh,

    @Kmommy@Kmommy yuk kita tos hi5, ternyata ada kawannya juga yang senasib,ga sayang kah saat membersihkannya?ketika saya mau memangkas aja nyari2 tetangga yang mau menanamnya tapi ga ada yang mau mereka lebih suka ngeliatnya aja.
    Mungkin yang tersisa adalah biji2 nya yang tersebar jadi numbuh terus deh. Mati satu tumbuh seribu, hehe
     
  10. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,499
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,307
    Hahaa.. iya betul! Bandel. Sebenernya lebih enak ngurusnya.

    Rumput lebih rewel (drainase, full sun) sementara kacang hias ini oke2 aja di segala suasana.:jempol:
     
  11. Emaktani

    Emaktani Endemis

    Postingan:
    111
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +84
    :happy::happy:
    Memang deh bandelnya te op be ge te ya, plus plusnya pun banyak :)

    Ga nyesel modly ganti rumput? Yuk balikan lagi aja ma kacang hias,, hihihi:happy:
     
  12. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    325
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,604
    akhirnya jadi juga thread berkualitasnya. Ini contoh thread share dan bubun @Emaktani@Emaktani berhasil. Thank you bubun :happy:
     
    • Suka Suka x 1
  13. Emaktani

    Emaktani Endemis

    Postingan:
    111
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +84
    Youre welcome pakbun
    Hehe percobaan perdana, semoga selanjutnya bisa lebih baik, mohon bimbingannya :)
     
    • Optimistis Optimistis x 1
  14. Linda ps

    Linda ps Anakan

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Mau dong tanaman ini,di mana ya boleh bibit nya?apa ada yg jual bibit bijinya?please help me..
     
  15. Roqim Fighter

    Roqim Fighter Aklimat

    Postingan:
    1
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    Kalo menurut saya bunganya bisa dimakan,. Saya pernah makan bunga kuningnya, dan rasanya tidak menyakitkan lidah,. Kata guru saya, bunga yang rasanya tidak menyakitkan lidah, berarti itu bisa di makan,. :)
     
  16. Matt

    Matt Endemis

    Postingan:
    183
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +63
    Bunga dafodil tidak menyakitkan lidah Pakbun kalo dimakan. Dan karena itulah ada beberapa pelajar di Inggris memasukkan bunga ini ke dalam makanan saat ada kelas memasak. Akhirnya banyak yang harus dilarikan ke RS.
    Begitu juga dengan biji kasturi. Mengandung racun dan bisa membunuh manusia.

    Bunga angel trumpet, tidak menyakitkan lidah juga, tapi mengandung racun yang mengakibatkan halusinasi parah, menyebabkan kematian, dan racunnya bisa diserap oleh kulit.
     
  17. Nano

    Nano Kimera

    Postingan:
    920
    Poin Piala:
    123
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +469
    biasanya di tempat jual tanamana hias ada kok yang jual bibit ini,dan biasa di perbanyak dengan stek batang.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...