1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Cara Menanam Lidah Buaya Langsung Di Tanah

Diskusi dalam 'Tanaman Obat' dimulai oleh Siti Aliyah, Jan 21, 2016.

  1. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
    unduhan.jpg

    Aloe vera atau yang lebih dikenal sebagai lidah buaya merupakan tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Awalnya tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman liar, namun seiring berjalannya waktu lidah buaya lebih dikenal sebagai tanaman hias. Lidah buaya sangat mudah berkembang biak walaupun ditanam di lahan kritis atau kurang subur. Tanaman lidah buaya dapat dibudidayakan sebagai tanaman hias sekaligus juga sebagai tanaman herbal. Di Indonesia sendiri, tanaman lidah buaya sangat mudah ditemukan. Selain dapat ditanam di dalam pot, lidah buaya juga dapat langsung ditanam di tanah atau pekarangan rumah kebuners semua. Untuk menanam lidah buaya langsung di tanah tidak terlalu sulit, kebuners hanya perlu menyiapkan lahan untuk tempat menanam lidah buaya beserta dengan bibitnya. Sebelum lanjut ke tata cara penanaman lidah buaya, ada baiknya kebuners mengetahui manfaat dari tanaman lidah buaya ini.
    Manfaat Lidah Buaya

    Seperti yang kebuners ketahui, tanaman yang berwarna hijau ini kaya akan manfaat bagi kesehatan dan dapat juga digunakan sebagai obat. Hal ini dikarenakan lidah buaya atau aloe vera ini mengandung berbagai zat seperti Polymannans, Mannans Asetat, dan Antrakulnon. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya : unduhan (1).jpg

    1. Sebagai detoksifikasi atau mentralisir racun yang terdapat di dalam tubuh.

    2. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam lidah buaya mampu mengatasi stress yang dialami oleh kebuners loh.. caranya dengan meminum jus dari lidah buaya.

    3. Lidah buaya juga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

    4. Bagi penderita diabetes, dengan meminum jus lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gulanya.

    5. Lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka, mulai dari luka bakar, luka lebam dan luka dalam.

    6. Bagi kebuners yang merasa kulitnya kering, bisa nih pakai lidah buaya, niscaya kulitnya bisa menjadi lembab. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

    7. Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut dan ketombe.

    Cara Menanam Lidah Buaya

    Setelah kebuners membaca manfaat dari lidah buaya, berikut ini cara menanam tanaman lidah buaya :

    1. Langkah pertama, kebuners harus siapkan lahan kosong yang digunakan untuk menanam lidah buaya.

    2. Siapkan juga calon bibit lidah buaya.

    3. Setelah itu, gali tanah yang digunakan untuk menanam lidah buaya dengan ukuran 20 x 20 cm.

    4. Masukkan pupuk organik atau pupuk kompos ke dalam tanah yang sudah digali. Perlu diingat nih kebuners, pada tanaman baru sebaiknya jangan memakai kotoran kambing, sebab akan menimbulkan panas.

    5. Selanjutnya tanam lidah buaya yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu siram dengan air.

    Setelah satu minggu lidah buaya ditanam perhatikan daun lidah buaya yang paling luar, apakah daun tersebut layu atau tidak. Apabila layu maka ada kemungkinan akar lidah buaya ini terserang hama. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mencabut tanaman lidah buaya, dan melihat penyebabnya. Apabila akar tanaman lidah buaya ada yang busuk, maka potong akar tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya. Setelah itu lidah buaya dapat ditanam kembali.

    Umumnya dalam satu bulan setelah lidah buaya ditanam akan tumbuh tunas baru di samping tanaman lidah buaya. Tunas tersebut dapat dijadikan sebagai bibit lidah buaya baru.

    Nah, gimana? Gampangkan kebuners menanam lidah buaya. Jadi kebuners bisa menanam lidah buaya sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman herbal.
     
    • Suka Suka x 4
  2. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    Yang nomor 3 itu, kalau tanamnya dari stek daun lidah buaya caranya bagaimana?
     
  3. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
    kalau dari stek daun, tanamya cuma separuh bagian lidah buayanya aja
     
  4. Maulida Rahmi

    Maulida Rahmi Instar

    Postingan:
    261
    Poin Piala:
    53
    Lokasi:
    Lhokseumawe
    Rating:
    +90
    bibit lidah buaya itu gimana ya mba?? anakannya ya?
     
  5. ditrias

    ditrias Endemis

    Postingan:
    228
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +99
    wah ada info lidah buaya, makasih sis manfaat bgt ;)
     
  6. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    Separuh itu maksudnya gimana ya? Apakah sebagian dibenamkan ke tanah/media?
     
  7. Bagus23

    Bagus23 Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +25
    @Siti Aliyah@Siti Aliyah untuk : apakah daun tersebut layu atau tidak. Apabila layu maka ada kemungkinan akar lidah buaya ini terserang hama. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mencabut tanaman lidah buaya. Apabila akar tanaman lidah buaya ada yang busuk, maka potong akar tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya.
    => Nah jika daun yg Layu hnya satu buah, bgmana dengan bagian daun yg lainnya setelah akar di potong?
     
  8. maryam

    maryam Endemis

    Postingan:
    182
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Kebun Pemula
    Rating:
    +96
    .. Bisakah lidahbuayalampot @Siti Aliyah@Siti Aliyah? Apa aja yg hrs dperhatikan untuk yg di dlm pot?
     
    • Jenius! Jenius! x 1
  9. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
  10. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
    Sama sama sis @ditrias@ditrias :D senang bisa berbagi info yg bermanfaat kepada kebuners
     
  11. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
  12. spirit™

    spirit™ Embrioner

    Postingan:
    742
    Poin Piala:
    83
    Lokasi:
    1.55849,103.635994
    Rating:
    +477
    kl di pontianak banyak banget loh yang jual jus lidah buaya. rupanya banyak khasiatnya jg selain enak rasa jusnya
     
  13. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
    Daun yg layu itu dibuang mas @Bagus23@Bagus23 biar nggak nular ke daun yg lainnya, kalau udah gitu dibiarin tumbuh sambil terus diperhatiin perkembangannya takut ada hama yg ngerusak tanaman lidah buayanya
     
    • Setuju Setuju x 1
  14. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
    Iya bisa ditanam di dalam pot @maryam@maryam yg perlu diperhatiin itu ganti pot kalau lidah buayanya udah tumbuh besar
     
  15. Siti Aliyah

    Siti Aliyah Endemis

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    di Barat Pulau Jawa
    Rating:
    +93
    wah saya sendiri malah belum pernah coba jus lidah buaya :D
     
    • Baik Baik x 1
  16. Emy Ade

    Emy Ade Instar

    Postingan:
    246
    Poin Piala:
    63
    Lokasi:
    singaraja
    Rating:
    +196
    Gimana cara mengolahnya jd jus ya. Soalnya lidah buaya banyak tumbuh diemperan rmhku.
     
    • Suka Suka x 1
  17. spirit™

    spirit™ Embrioner

    Postingan:
    742
    Poin Piala:
    83
    Lokasi:
    1.55849,103.635994
    Rating:
    +477
    wah ga ngerti juga tuh. Rasanya kayak kita minum cincau gitu tp lbh seger lagi. Mungkin @intan gunawan@intan gunawan ngerti tuh soale asal kalbar
     
  18. intan gunawan

    intan gunawan Endemis

    Postingan:
    202
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +143
    ngaraanngggg, siapa yg asal kalbar
     
  19. nopitang

    nopitang Kosmopolit

    Postingan:
    811
    Poin Piala:
    153
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +619
    lidah buaya bau ketekk,, tapi manfaatnya banyak terlebih untuk kecantikan :D
     
    • Lucu Lucu x 1
  20. spirit™

    spirit™ Embrioner

    Postingan:
    742
    Poin Piala:
    83
    Lokasi:
    1.55849,103.635994
    Rating:
    +477
    loh keluarganya kan banyak yg dari sono

    kabuurrrr

    [​IMG]
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini