1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Cara menanam murbei?

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh danielferdian, Nov 9, 2016.

  1. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    41
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +17
    Dear Pakbun dan Bubun, minta petunjuk, arahan, masukan dong cara merawat tanaman murbei. Dari perawatan, penyakit n penanganan nya, pembuahan, dll. Makasih sebelumnya.

    Nb: dl belinya dari pakbun @calvin@calvin .
     
    Label:
  2. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    penjual umumnya lebih paham, dan biasanya disertakan cara perawatannya, dalam bentuk post di situsnya atau dalam lembaran kertas, jika semua tidak ada yang bisa menjawab yaaa google.
     
  3. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,833
    Poin Piala:
    228
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +1,047
    murbei punyaku aku biarin aja subur2 aja. berbuah juga sepertinya alami
     
  4. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    41
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +17
    Tanam di pot ato lsg tanah ? Di ketinggian brp dpl bubun? Udh brp umur tanamannya?
     
  5. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,833
    Poin Piala:
    228
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +1,047
    di pok uk 30 buat 2 pohon. tmptku 0-10 dpl. usia sepertinya baru beberapa bulan udah berbuah tp buahnya kecil2. sepertinya memang jenis yg kecil. maklum dikasih hehehe. kemarin udah merah2. td sore aq cari ga ada. entah kemana tuh buahnya :roflmao:. kalo udah item enak, asam manis. tapi kalo masih merah rasanya asem
     
    • Suka Suka x 1
  6. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,223
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +854
    Setuju bgt,
    Murbei gak rewel kok,
    Sangat cocok di dat rendah
    Punyaku ,aku tanam di tanah.subur2 saja...
    Yg penting full sun.
    CYMERA_20161118_150842.jpg
     
  7. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,833
    Poin Piala:
    228
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +1,047
    punyaku buahnya kecil kecil

     
  8. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,223
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +854
    Mungkin beda jenis kali bun @lilac@lilac
    punya tetanggaku jg kecil2 buahnya pdahal pohonnya jg udah besar..

    Atau semakin banyak buahnya jadi semakin kecil jg ukurannya..
    klo punyaku berbuahnya gak banyak sich...:)
     
  9. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    Pernah punya tanaman ini di sekeliling kolam ikan jumlahnya sekitar 15 pohon
    Disini tanaman ini namanya : karatau
    Langsung ditanam di tanah, dekat dengan air tapi ga lembab
    Berbuah selalu continiu, tanpa pemupukkan, sesekali pernah di semprot pestisida sisa menyemprot sayuran di kebun oleh ayah
    Daunnya gampang didatangi ulat dan serangga
    ukuran buahnya kecil, hitam manis sedikit keasaman
    Dulu sering manjat keatas pohonnya untuk meraih buah nya yang jauh dibagian pucuk pohon.

    **Kenangan masa kecil,
    Maaf,, saya tak tahu cara ngrawatnya :p
     
    • Lucu Lucu x 2
  10. yati ernawati

    yati ernawati Anakan

    Postingan:
    6
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Di rumah temen yang tempatnya persis beberapa meter dari kebun raya cibodas punya pohon ini. Gak dirawat. Di biarkan begitu saja tapi selalu berbuah banyak di musim penguhujan.menurut aku sih tergantung cuacanya kali hehehe
     
  11. Ant's

    Ant's Anakan

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +1
    Hai semuanya.. biasanya murbei saya lakukan pemangkasann untuk memancing keluar bunga nya... penyiraman secukupnya dan sinar matahari yg bnyk... usahakan melakukan pembesaran batang dgn cara pemupukan yg teratur agar kwalitas buah bisa lebih besar dan bagus.. semoga bermanfaat.. salam..
     
  12. ningsihijot

    ningsihijot Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +8
    coba ah tanem murbei juga
     
  13. ningsihijot

    ningsihijot Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +8
    murbei saya mati.
     
  14. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,833
    Poin Piala:
    228
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +1,047
    perbandingan di tempatku. dataran rendah. suhu minimal 27c-34c kalo kemarau
    1. fullsun - tanaman cenderung kerdil dan daun agak kuning. pokoknya kaya antara hidup segan, mati ga sudi. dikasih pupuk npk n kompos. sudah berbuah 2x selama 1 thn
    2. teduh krn ada pohon mangga tetangga tp dapet matahari pagi dan siang ga terlalu terik, kena hujan juga - tanaman lebih besar, daun lebih besar dan subur tp blum berbuah
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Jan 14, 2017
  15. ningsihijot

    ningsihijot Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +8
    Murbei aku ga jadi mati. Tumbuh tunas daun banyak. Hehe. Sukurlah. Pengen banget bisa makan murbei
     
  16. ningsihijot

    ningsihijot Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +8
    Besok mau beli asem tamarin. Ama bunga pancawarna. Wah bagus juga ya bunga pancawarna.
     
  17. ningsihijot

    ningsihijot Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +8
    Murbei saya ga jadi mati. Tadi saya liat ada tunas daun barunya. Sukurlah. Saya pegen bgt nyobain makan murbei
     
  18. ningsihijot

    ningsihijot Aklimat

    Postingan:
    42
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +8
    Bulan depan mau beli asem tamarin ah. Dulu waktu kecil. Asem gitu dijajanin cepe.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...