1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Cara Menanam Pakcoy/pak Choi Yang Baik Dan Benar

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh obatpertanian, Des 13, 2013.

  1. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,384
    Poin Piala:
    325
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,591
    Pakcoy/Pak Choi atau Brassica Chinensis adalah sebuah sayuran yang masih berkeluarga dengan Brassicaceae. Sayuran Pak Choy ini masih satu golongan dengan sawi dan sering sekali disebut dengan berbagai nama seperti sawi sendok, sawi manis atau sawi daging karena memiliki pangkal sayur yang tebal dan lembut seperti halnya daging. Sayuran ini biasanya digunakan dalam bahan sup atau penghias makanan.

    Awalnya, sayuran ini sangat populer di kawasan China namun kemudian menyebar ke berbagai negara salah satunya Indonesia sebagai bahan untuk membuat masakan yang lezat. Saat ini masakan yang berasal dari Sayuran Pak Choy tidak hanya didominasi oleh warga yang berasal dari China namun orang Indonesia dan negara lainnya juga mulai menyukainya mengingat lezat dan bermanfaatnya sayuran ini.

    [​IMG]

    Berikut beberapa kelebihan dari Pak Choy ini sehingga cocok untuk dibudidayakan ;

    - Banyaknya kandungan gizi

    - Bahan masakan yang lezat

    - Nilai Ekonomis yang  tinggi

    - Masa tanam yang pendek

    Karena berbagai kelebihan inilah maka akhirnya banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan Pak Choy, selain nilai ekonomisnya cukup tinggi masa tanam yang relatif pendek membuat sayuran ini bisa cepat untuk dipanen dan menuai hasil.

    Jika Anda tertarik untuk membudidayakan sayuran ini maka berikut kami tampilkan beberapa tips dan cara menanam Pakcoy/Pak Choi yang baik agar memiliki hasil yang optimal ;

    1. Syarat Tumbuh

    Sayuran Pak Choy bisa hidup dalam berbagai tempat tropis maupun subtropis, daerah baik dataran tinggi maupun rendah, namun yang perlu diperhatikan untuk media pertumbuhan Pak Choy adalah media tanah haruslah subur, setidaknya memiliki unsur hara yang masih cukup baik. Tanah harus memiliki pancaran  sinar matahari yang baik serta cukup air.

    2. Persiapan Lahan

    Gemburkan tanah yang akan menjadi media penanaman Pak Choy, gali tanah dengan kedalaman antara 20 sampai dengan 30 cm. Lalu buatlah sebuah bedengan yang nanti akan menjadi media tanam Pak Choy, bedengan yang akan dibuat haruslah berupa bedengan dengan bedengan dengan lebar 2 meter, dengan panjang menyesuaikan dengan panjangnya lahan.

    Di antara sela bedengan buatlah sebuah saluran air atau drainase yang memiliki lebar kurang lebih 50 cm untuk kelancaran air agar tidak menggenangi bedengan saat musim hujan. Setelah bedengan selesai dibuat maka ratakan bagian permukaan bedengan kemudian berikan pupuk kandang pada media tanam agar tanah menjadi lebih subur. Perhitungan pupuk kandang yang digunakan adalah 7 sampai dengan 10 ton pupuk untuk media lahan seluas satu hektar. Setelah diberi pupuk berikan air agar tanah menjadi padat dan pupuk bisa menyerap dengan baik.

    [​IMG]

    3. Proses penanaman

    a. Persemaian

    Untuk menaman sayuran Pak Choi bisa dengan bibit atau disemaikan terlebih dahulu, jika disemaikan maka digunakan bedengan terpisah dari bedengan utama untuk menyemaikan bibit hingga berdaun. Media tanam bedengan adalah tanah yang halus dan gembur dicampur dengan pupuk kompos dengan komposisi 1:1.

    Agar lebih maksimal sebelum benih ditabur untuk persemaian, bibit harus direndam terlebih dahulu dalam sebuah larutan yang berasal dari Previkur N dengan konsentrasi 0.1. Rendam bibit dalam larutan kurang lebih selama 2 jam lalau bibit yang sudah direndam kemudian dikeringkan.

    b. Bibit

    Jika akan menanam sayuran Pak Choy langsung dengan bibit maka dibutuhkan bibit Pak Choy dengan kisaran antara 1.5 sampai dengan 2 Kg per hektarnya. Penanaman dilakukan dengan cara menaburkan benih dengan jarak sekitar 9x9cm. Dalam setiap titik tanam jangan hanya menaburkan satu bibit namun bisa juga dengan memberi 2-3 biji tanam, hal ini untuk menghindari kurang berkembangnya satu benih sehingga dengan memberikan 2-3 bibit maka jika ada satu benih yang kurang berkembang masih bisa digantikan oleh bibit lainnya.

    4. Perawatan Tanaman

    Perawatan tanaman untuk sayuran Pak Choy hampir sama dengan sayuran pada umumnya, seperti ;

    a. Pemupukan

    Pemupukan pada tanaman Pak Choy dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan porsi sebanyak 300 kg per hektar. Pupuk ini ditaburkan saat tanaman berumur 12 hari sejak awal tanam.

    b. Pengendalian hama dan penyakit

    Berbagai hama yang biasa datang menghinggapi Pak Choy adalah ulat, kutu loncat, kumbang, Siput. Pengendaliannya dengan cara menyemprotkan pestisida yang aman untuk tanaman.

    c. Pengairan

    Agar tanaman Pak Choy selalu segar dan tumbuh dengan subur maka Pak Choy perlu untuk disiram dengan kisaran waktu teratur dan secukupnya.

    d. Perawatan lainnya

    Perawatan lainnya meliputi perawatan dari gulma, perawatan bedengan dan drainase agar tetap menjadi media lahan yang baik bagi Pak Choy.

    5. Panen

    Sayuran Pak Choy sudah bisa dipanen dengan baik saat tanaman berumur 28 sampai dengan 30 hari dari waktu penanaman awal. Namun semua tergantung dari perawatan, cuaca dan bibit. Sayuran Pak Choy yang sudah memiliki syarat untuk dipanen memiliki bagian pangkal sehat, daun tumbuh subur dan hijau serta tanaman menunjukkan pertumbuhan yang serempak dan merata.

    [​IMG]

    Untuk memanen bisa dengan mencabut dari akar dengan hati-hati atau bisa juga dengan mengambil sebagian pangkal. Hati-hati saat akan dipanen karena bagian pangkal dan daun akan rawan rusak, daun dan pangkal yang mulus akan memiliki nilai ekonomis lebih.

    Sementara pangkal dan daun yang rusak atau tergores memiliki nilai ekonomis yang berkurang, jadi harap berhati-hati dalam memanen dan menyimpan Pak Choy. Pak Choy yang sudah dipanen dikumpulkan di tempat yang teduh, jangan terlalu lama disimpan di ladang namun segera bawa ke tempat penyimpanan yang memiliki iklim yang sejuk, dan tidak terkena sinar matahari langsung yang dapat merusak kesegaran Pak Choy.
     
    Diubah terakhir kali oleh moderator: Mei 16, 2016
  2. Ananta Bayu

    Ananta Bayu Aklimat

    Postingan:
    12
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +4
    Previkur N itu apa bisa dibeli atau membuat sendiri pakbun ? mohon penjelasan lebih lanjut .. ? :senyum3:
     
  3. lullu

    lullu Instar

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    53
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +124
    permisi bantu ya mincalv...

    ini previcur , pakbun @Ananta Bayu@Ananta Bayu
    ada di toko pertanian

    IMG_5082.JPG
    maap fotonya jelek. semoga masih bisa di identifikasi :senyum:
     
  4. rushboy.online

    rushboy.online Endemis

    Postingan:
    422
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    permukaan bumi
    Rating:
    +37
    gambar gk keluar napa ya?
     
  5. lullu

    lullu Instar

    Postingan:
    204
    Poin Piala:
    53
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +124
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...