1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Menanam Strawberry Dari Stolon (sulur)

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh Edi Surya, Apr 26, 2016.

  1. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    Bismillahhirrahmanirrahiim ...
    Ditengah kesibukan harian menjalani rutinitas yang tidak ada kesudahannya, Alhamdulillah ... saya masih bisa berkesempatan untuk membuat thread ini. Dengan harapan semoga thread ini bisa bermanfaat bagi yang membaca, serta bisa ada datang umpan balik sebagai bahan koreksi dan tambahan ilmu buat saya.

    Pada thread ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman cara sederhana yang saya lakukan berkebun strawberry / stroberi khususnya dengan perbanyakkan dari stolon ( sulur) denngan media tanam tanah dalam polibag, dengan memanfaatkan teras dan halaman pekarangan rumah yang luasnya tak lebih dari 1.5 x 6 Meter. Daerah saya dataran tinggi kira kira ketinggian: 1000 - 1100 mdpl, disini bisa kelihatan gunung Merapi dan Singgalang.

    1. Bertemu lagi dengan si Fragia

    Tahun 2005 silam, itulah saat pertama kalinya keluarga kami bertemu dan menanam stroberi di dalam pot. Saat itu tanaman ini lagi booming di dusun kami, 3 dari 4 rumah pasti ada yang menanam stroberi. Tidak tahu juga asal muasal tanaman ini datang dan siapa yang membawanya, tapi yang kami tahu tanaman ini bisa berkembang dengan cepat dan perawatan nya tak begitu susah.
    Saat itu pengetahuan tentang stroberi sangatlah minim, tidak ada buku ataupun internet seperti sekarang, satu satunya informasi saat itu adalah sebuah majalah Trub*s yang dibeli oleh kakak saya yang salah satu isinya adalah tentang budidaya stroberi, tapi sayangnya yang di bahas terbatas berkebun stroberi dalam skala perkebunan dan tidak membahas skala kecil / rumahan. Dan juga disana dibahas tentang pemberian pungisida dan pestisida yang tentu saja asing bagi kami.
    Dulunya saya paling suka stroberinya dibikin untuk campuran susu dingin, apalagi di minum saat panas terik tengah hari :depressed:
    Tahun 2007, Maret tanggal 05. Gempa meluluh lantahkan semuanya. Banyak dari rumah di dusun kami hancur dan rusak parah,, begitu juga dengan tanaman nya. Kami sibuk dalam masa rekonstruksi dan kami lupa ... Mungkin karena ada hal lain yang lebih penting.
    Tahun 2014 akhir,, ketika si kecil begitu suka nya sama buah stroberi.. dan niat istri untuk membeli dan merawat tanaman ini. Untuk apa beli, karena di rumah kakak dan sepupu saya banyak tanaman ini. Dan begitulah ... Berkebun stroberi lagi :)

    2. Berkenalan lebih lanjut dengan stroberi

    Tak kenal maka seringnya gagal :p Sebelum kita ke topik utama, tidak ada salahnya jika kita tahu dulu tentang seluk beluk stroberi, dimana file ini saya ambil dari sebuah web yang saya lihat isi nya bisa dipercaya, dan sering kali ini jadi bahan acuan bagi saya, dengan catatan tidak 100% saya aplikasikan :)

    1.JPG

    2.JPG

    3.JPG

    4.JPG

    5.JPG

    6.JPG

    7.JPG

    8.JPG

    9.JPG


    Jika sudah mengenalnya,, pasti kita akan memperlakukannya dengan baik. Semoga stroberinya balas budi ... Dan hasilnya juga nanti akan baik :)



    Colek mereka yang ada di lingkar perstrawberryan
    @Herry Lie@Herry Lie @Hide@Hide @Emy Ade@Emy Ade @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra @Hindun Smith@Hindun Smith @eff007@eff007 @nopitang@nopitang @Yuhara@Yuhara @whitecoatgirl@whitecoatgirl @min2min@min2min
    Dan mohon maaf jika ada rekan2 senior lainnya yang tak tersebutkan namanya :)
     
    • Suka Suka x 8
    • Jenius! Jenius! x 1
    Diubah terakhir kali: Mei 2, 2016
  2. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    3. Peralatan

    Berikut adalah peralatan yang biasa saya gunakan dalam berkebun:

    - Sekop dan Garpu tanah
    Kegunaan untuk mengambil dan mengaduk tanah serta untuk memisahkan batu / kerikil

    PhotoGrid_1460380464673%2000.jpg

    - Penyiram tanaman
    Kegunaan untuk menyiram tanaman

    PhotoGrid_1460380288926%2000.jpg

    - Kayu / Sumpit bekas
    Kegunaan untuk menggemburkan tanah dan mengontrol pourus media tanam

    PhotoGrid_1460452643831%2000.jpg

    -Gunting
    Kegunaan untuk memangkas / memotong daun, sulur dan bunga pertama serta bakal buah yang layu ( tak produktif )

    (belum ada gambar)

    - Sendok teh
    Kegunaannya adalah sebagai alat dalam proses pemupukan kimia, dimana berfungsi sebagai pengaduk pupuk menjadi pasta dan takaran pemberian pupuk ke media tanam.

    (Belum ada gambar)


    4. Bahan

    Berikut adalah bahan yang saya gunakan di dalam berkebun :

    - Polybag / polibeg
    Sebagai wadah media tanam, ukuran bisa disesuaikan kebutuhan. Tapi saya gunakan polibeg yang ukurannya bisa untuk media tanam tingginya minimal 15 cm dan diameter minimal 12 cm. Faktor utama pemilihan ukuran polibeg: akar stroberi panjang bisa mencapai 40 cm an,, makin tinggi ukuran polibeg makin baik. Jarak pemupukan paling dekat 5 cm dari pangkal batang, buah stoberi jangan menyentuh tanah baiknya menjulai ke luar bawah polibeg.

    PhotoGrid_1460452767637%2000.jpg

    Berikut sedikit panduan tentang ukuran polibeg

    IMG_20160426_032305.JPG

    - Media tanam
    Campuran tanah dari area persawahan dengan pupuk kotoran ayam petelur perbandingan 1:1
    (Untu pembahasan, silahkan lihat pembahasan Point No. 6 : Persiapan Media Tanam )

    IMG_20160424_125703.jpg

    -Sulur Stroberi
    Diambil dari induk / tanaman stroberi dewasa

    IMG_20160424_140236.jpg

    -Minuman / Kopi
    Kalau mau bekerja,, jangan lupain yang ini

    PhotoGrid_1460452841392%2000.jpg
     
    • Suka Suka x 4
    • Setuju Setuju x 2
    Diubah terakhir kali: Jun 22, 2016
  3. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    5. Perbanyakkan dengan sulur

    - Carilah dan persapkan tanaman stroberi dewasa yang sudah mempunyai sulur,
    - Jika dengan membeli tanaman stroberi dewasa, pilihlah stroberi yang sehat dan banyak mempunyai sulur, jangan tergiur oleh stroberi yang banyak buah / bakal buah yang ditawarkan oleh penjualnya.
    -Siapkan polibeg kecil / wadah plastik yang berisi tanah untuk media tumbuh sulur stoberi

    IMG_20160424_125755.jpg IMG_20160410_163105.jpg IMG_20160410_163048.jpg

    - Jika sulurnya sudah mempunyai akar kuat dan daun minimal 3 lembar atau berusia sekitar 10 - 14 hari, siapkan media tanam yang lebih besar atau tempat pindah sulur. Saya biasanya punya pot khusus untuk tempat sulur sebelum dipindahkan ke polibeg ukuran besar

    PhotoGrid_1460381583980%2000.jpg

    - Jika pertumbuhan daunnya bagus, selanjutnya sisa sulur yang masih menempel ( gagang) di potong dengan gunting.
    - Polibeg atau pot khusus yang berisi sulur diletakkan di tempat teduh, baiknya jangan terkena matahari terik siang hari sampai dengan sore hari.
     
    • Suka Suka x 3
    Diubah terakhir kali: Jun 22, 2016
  4. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    6. Persiapan Media Tanam

    Pada bagian persiapan media tanam,, saya membagi kepada dua kelompok:
    A. Media tanam untuk anakan dan pertumbuhan sulur
    Disini media tanam terdiri campuran tanah humus dari area persawahan dengan pupuk kotoran ayam petelur perbandingan 1:1, baiknya setelah di aduk media tanam ini didiamkan dulu ditempat teduh selama 7 - 10 hari.
    B. Media tanam untuk tanaman stroberi dewasa
    Sama dengan point A, tetapi ada tambahannya: dibagian tengah media tanam di campur dengan irisan kulit pisang masak kira kira satu genggam orang dewasa. Diamkan ditempat teduh selama 7 - 10 hari.

    Catatan untuk menyiapkan media tanam:
    - Hindari menggunakan kotoran sapi untuk campuran media tanam
    - Hindari menggunakan tanah lokasi pembakaran sampah,, terutama lokasi yang tanahnya banyak sampah plastik yang ikut terbakar
    - Jika menggunakan pupuk dari kotoran ayam yang diambil langsung dari kandang, baiknya di rendam dulu dalam air sekitar 1 jam
    - Jika menggunakan pupuk dari kotoran ayam yang beli, baiknya pilih yang kering , tidak ada bau menyengat, dingin serta tidak ada uap nya. Jika ada bau atau uapnya, angin anginkan hingga dingin dan tidak ada lagi bau menyengat ( bisa butuh waktu 2 - 3 hari)
    - Saat dalam masa diam, buang jika ada gulma yang tumbuh. Jika ada tumbuh lumut, gemburkan media tanam dan jemur dibawah sinar matahari.
    - Media tanam harus pourus, polibeg bisa ditambah lobangnya jika diperlukan.

    7. Lokasi dan Penempatan

    Untuk tanaman stroberi dewasa yang sudah memilki tingkat harapan hidup diatas 90%, tetapi belum dalam masa berbunga / berbuah, saya letakkan di tanah dan bisa juga di alas dengan kayu atau bambu.
    PhotoGrid_1460379005043%2000.jpg

    Untuk tanaman stroberi dewasa yang sudah dalam masa pertumbuhan bunga / buah ditempatkan di atas teras dan rak tanaman. Untuk tanaman di atas teras, itu terletak di bawah atap tapi saat hujan itu terkena tempias air hujan.

    PhotoGrid_1460379091197.jpg PhotoGrid_1460378815033%2000.jpg

    Rak tanaman bambu diatas adalah hasil karya sendiri :D walaupun jelek tapi telah berjasa menyelamatkan buah stroberi dari serangan slug dan keong bekicot.

    Berikut salah contoh rak tanaman yang saya nilai cukup bagus dan bisa direkomendasikan

    PhotoGrid_1460385447232%2000.jpg
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  5. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    8. Penyiraman

    Jika anda telah membaca seluk beluk stroberi (Point 2.), berarti tentu sudah tahu kalau stroberi membutuhkan air selalu ,, tetapi bukan berarti dalam keadaan air tergenang.
    Kekurangan air menyebabkan tanaman jadi layu hingga mati, jika air tergenang menyebabkan tanaman jadi busuk dan akhirnya juga mati.

    Penyiraman dilakukan 1 - 2 kali sehari, terutama untuk stroberi dewasa yang sudah berbuah tidak boleh kekurangan air karena akan berpengaruh terhadap kontinuitas produksi buah.
    Frekwensi penyiraman bisa dipelajari / disesuaikan dengan kebutuhan, terutama disaat musim penghujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

    Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat penyiraman :
    - Gunakan gayung atau gembor penyiram tanaman, hindari menggunakan slang penyiram tanaman dengan tekanan pompa yang kuat.
    - Saat stroberi sudah berbunga / berbuah, harus ekstra lagi didalam penyiraman , supaya kelopak bunga jangan rontok sebelum waktunya. Baiknya cukup media tanam yang di siram.
    - Gunakan air sumur yang tawar, jika menggunakan air pdam baiknya di endapkan dulu minimal selama satu malam. Saat ini saya menggunakan air sumur bor yang tawar tidak berasa bewarna dan berbau.
    - Saat penyiraman tanaman, perhatikan apakah ada media tanam yang kurang pourus. Untuk selanjutnya digemburkan dan diperbaiki sistim pourus nya.

    9. Pembuangan Gulma

    Tujuan nya adalah untuk menghilangkan gulma yang tumbuh di media tanam, sehingga pupuk dan unsur hara hanya untuk tanaman stroberi serta akar gulma tidak mengganggu akar stroberi.
    Caranya dengan mencabut gulma sampai dengan ke akarnya, hati hati saat mencabut gulma yang terlalu dekat ke batang stroberi.
    Frekwensi : tidak rutin, bila ditemukan gulma

    10. Penggemburan Media Tanam

    Tujuannya untuk memperbaiki pourus media tanam bagian atas.
    Caranya : dengan menggunakan stick kayu / sumpit bekas, tusuk dan congkel tanah disekitar batang tanaman stroberi dengan kedalaman sekitar 3 - 5 cm. Lakukan dengan pelan dan hati hati, jangan sampai akar stroberi dan pupuk yang tertanam didalam tanah ikut tercongkel.
    ( Baca tentang pemupukan point no. 14 )

    Frekwensi pengerjaan : bila dirasa perlu

    PhotoGrid_1460381220762%2000.jpg

    11. Pengontrolan Pourus Polibeg

    Tujuannya agar polibeg selalu mempunyai sistim drainase / pourus yang baik. Selain penggemburan yang membantu sistim pourus menjadi lebih baik, ada satu lagi cara yaitu dengan menusuk bagian samping dan bawah polibeg sehingga air yang tertahan di bagian bawah bisa keluar.
    Frekwensi pengerjaan : bila dirasa perlu

    PhotoGrid_1460381330310%2000.jpg
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Jun 22, 2016
  6. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    12. Penyulaman

    Penyulaman bisa juga disebut sebagai penggantian tanaman yang mati, layu atau tidak tumbuh seperti yang diharapkan.
    Berikut ini beberapa perlakuan terhadap tanaman yang di sulam:
    - Stroberi mati, tanaman di cabut dan selanjutnya di buang di tempat yang jauh atau dibakar
    - Stroberi layu, tanaman ini masih punya harapan hidup. Bisa di buang dan di ganti dengan tanaman baru, jika harapan hidup cukup tinggi baiknya tanaman ini di karantina / di letakan pada lokasi tertentu untuk menghindari kemungkinan ada nya penularan penyakit.
    - Stroberi kerdil, tanaman ini dipindahkan ke media tanam yang baru yang kandungan unsur hara / organiknya lebih baik.
    - Stroberi bertunas banyak, tanaman jenis ini biasaanya usia nya sudah tua dan kurang produktif. Tanaman ini di bongkar dari media tanam dan dipisahkan menjadi beberapa tanaman baru

    Catatan :
    Periksa juga media tanam yang di tumbuhi oleh stroberi yang disulam tersebut, apakah kurang porus, tanah bagian bawah polibeg padat atau terlalu becek

    13. Pemangkasan

    Pemangkasan bisa menggunakan gunting dan pisau tajam.
    Frekwensinya disesuaikan dengann kebutuhan.

    Ada empat jenis pemangkasan yang biasa saya lakukan disini:
    - Pemangkasan daun
    Tujuannya adalah untuk memotong daun yang tidak di harapkan antara lain : daun sudah tua, daun terserang hama, daun stroberi terlalu rimbun. Sehingga hal tersebut menyebabkan pertumbuhan stroberi tidak fokus ke buah serta bisa menyebabkan media tanam tidak terkena sinar matahari yang berakibat bersarang nya binatang dan tumbuhnya jamur. Serta agar daun stroberi tidak menutupi buah stroberi terkena sinar matahari langsung.
    Hindari pemangkasan ekstrim terhadap tanaman.

    - Pemangkasan bunga pertama
    Jika stroberi telah mulai berbunga dengan perkiraan umur 2 - 3 bulan, baiknya bunga stroberi ini dipotong. Karena bunga pertama ini sering kali hasilnya tak maksimal dimana buahnya juga kecil serta mudah layu dan rontok.
    Tujuannya adalah agar nantinya bunga kedua yang muncul dengan perkiraan umur 4 - 5 bulan lebih bagus dan banyak .

    - Pemangkasan sulur
    Jika stroberi telah mulai berbunga dan berbuah pada usia 4 - 5 bulan, supaya nutrisi tanaman fokus ke buah, maka daun & sulur stroberi tumbuh harus di pangkas.

    -Pemangkasan tunas baru
    Jika ditemukan tunas stroberi yang tumbuh kebagian samping tanaman stroberi ( seperti pohon pisang) maka hal ini perlu di waspadai karena bisa menyebabkan stroberi tak kan pernah berbuah. Maka oleh sebab itu perlu dilakukan pemotongan tunas stroberi sehingga yang ada hanya tanaman utama saja.

    14. Pemupukan

    Bertujuan untuk memberikan makanan dan nutrisi tanaman stroberi.
    -Pemupukan kimia
    Pemupukan kimia bisa dilakukan saat tanaman stroberi berusia minimal 2 bulan.
    Saat ini saya menggunakan pupuk NPK Mutiara, dengan cara pemupukkan sebagai berikut:
    * Siapkan pupuk NPK sebanyak 250 gram didalam wadah plastik / ember dan tambahan sedikit air, aduk pupuk sampai terbentuk seperti pasta.
    * Buat lobang disekitar tanaman stroberi dengan jarak sekitar 5 cm dari pangkal batang tanaman dan kedalaman 1- 2 cm,selanjutnya masukan pupuk NPK yang telah berbentuk pasta sebanyak 1/4 s.d 1/3 sendok teh.
    * Tutup lobang dengan tanah dan tandai tanah lokasi pupuk tersebut, yang bertujuan agar tidak terbongkar / tercongkel saat penggemburan, serta jika ada sulur yang menempel tidak diletakkan dilokasi tersebut yang berakibat sulur menjadi layu.
    * Frekwensi pemupukan 1 kali 3 - 4 minggu

    - Pemupukan organik
    Tujuan sama yaitu untuk makanan dan nutrisi tanaman stroberi, tetapi pupuk ini berasal dari bahan organik yang ada disekitar kita.
    Diberikan untuk tanaman yang telah bisa dipindahkan ke polibeg untuk tanaman strberi dewasa dan untuk anakan dari sulur yang telah punya harapan hidup yang besar.
    Berikut adalah beberapa bahan organik yang pernah digunakan sebagai pupuk stroberi:
    * Air cucian beras
    * Air cucian lauk : ikan, ayam dan daging ( teman yang pernah lakukan)
    * Dedak dan air rendaman dedak
    * Kulit pisang masak ( dibuat lobang dimasukan pupuk dan ditutup )
    * Pupuk kandang dari kotoran ayam kampung
    * Pupuk kandang dari kotoran ayam petelur

    Frekwensi pemupukan : sesering mungkin dan bila dirasa perlu
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Jun 22, 2016
  7. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    15. Hama dan Penanganannya

    Disini saya mengartikan hama adalah semua binatang dan yang ada disekitar tanaman yang mengganggu terhadap media tanam dan stroberi itu sendiri.
    Selama berkebun ada beberapa hama yang sering saya temui:

    - Ulat bulu
    Ulat bulu..., ya itulah namanya di daerah kami,mungkin di daerah lain punya nama sebutan masing2 .
    Serangan :
    Ulat bulu ini memakan daun stroberi yang tua / lama sehingga dapat menyebabkan daun stroberi menjadi rusak total, sehingga proses fotosintesis dan pertumbuhan stroberi jadi terganggu.
    Kondisi :
    Ulat ini banyak ditemukan pada musim penghujan dan suka bersembunyi di tempat gelap dan di semak belukar di sekitar kebun stroberi.
    Penanggulangan:
    Patroli dan ronda terutama menjelang malam hari. Periksa di sela2 polibeg apakah ada ulatnya bersembuyi disitu. Penyiangan dan pembersihan gulma serta semak belukar disekitar kebun. Langkah terakhir adalah dengan penyemprotan dengan pestisida.

    PhotoGrid_1460380770389%2000.jpg

    - Keong / Bekicot
    Serangan :
    Bekicot ini memakan daun dan buah stroberi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan daun dan buah / bakal buah stroberi
    Kondisi :
    Bekicot ini banyak ditemukan pada daerah lembab baik musim panas dan musim penghujan. Bekicot suka bergerak dan mencari makan pada saat gelap, serta di siang hari disaat cuaca mendung sampai dengan hujan.
    Penanggulangan :
    Bersihkan wilayah yang diduga sarang bekicot disekitar kebun ( area teduh / lembab). Periksa bagian bawah dan samping polibeg tanaman. Taburkan garam ditanah sekeliling kebun. Siram air detergen disekitar kebun.
    Posisikan polibeg tanaman stroberi lebih tinggi dari permukaan tanah, bisa diletakkan di atas rak tanaman, teras rumah dan balkon rumah di lantai dua
    Catatan : Penggunaan Pestisida ( tidak dibahas )

    PhotoGrid_1460380631095%2000.jpg

    - Slug / Siput Telanjang

    Slug atau siput telanjang, atau didaerah kami dikenal dengan nama"Ulat Panser". Untuk daerah lain, pasti punya nama nya masing masing.
    Serangan :
    Slug memakan buah stroberi yang sudah berwarna putih hingga merah masak.
    Kondisi :
    Slug berkeliaran pada malam hari terutama disaat cuaca hujan dan udara lembab.
    Slug suka bersembunyi di sela samping dan bawah polibeg, serta di semak belukar, susunan kayu dan batu yang kondisinya lembab disekitar kebun.
    Penanggulangan :
    Sama dengan penanggulangan keong/bekicot.

    PhotoGrid_1460381038674%2000.jpg

    - Belalang

    Serangan :
    Belalang memakan daun stroberi terutama daun yang sudah tua, menyebabkan daun tersebut banyak berlobang. Tampilan tanaman jadi kurang menarik.
    Kondisi :
    Belalang berkeliaran di siang dan malam hari terutama pada cuaca tidak hujan.
    Belalang datang pergi sesuka hati
    Penanggulangan :
    Pembuatan green house untuk tanaman sroberi
    Pemberian jaring di sekeliling tanaman
    Penyemprotan pestisida ( tidak di bahas )

    ( Belum ada photo )

    - Semut

    Serangan :
    Sejauh ini saya melihat belum ada serangan fatal terhadap tanaman. Tetapi kemungkinan ada dampak negatif kehadiran semut disana : share ilmu dari KP juga, semut bisa membawa penyakit lain, misal kutu putih,dll )
    Kondisi:
    Hadir tak kenal waktu dan musim, terutama jika berdekatan dengan tanaman pohon.
    Penanggulangan :
    Pemberian garam halus disekitar polibeg media tanam
    Pemberian kapur ajaib di polibeg bagian luar, rak tanaman atau lokasi sekitar polibeg
    Penyemptotan pestisida ( tidak di bahas )

    ( Belum ada photo )

    - Burung

    Serangan :
    Burung terutama jenis burung gereja memakan buah stroberi yang hampir masak hingga masak
    Kondisi:
    Burung memakan buah stroberi yang jauh dari jalur kontrol / akses manusia, sebagai contoh tanaman stroberi diletakan dilantai dua atau atap
    Penanggulangan:
    Pemberian jaring di sekitar tanaman stroberi

    ( Belum ada photo )

    - Ayam

    Serangan :
    Ayam memakan / mematuk buah stroberi yang masih hijau, putih hingga masak
    Ayam meginjak tanaman stroberi, sehingga menyebabkan tangkai, daun dan bunga stroberi jadi rusak dan tampilan nya tak menarik.
    Ayam mencakar dan membuat lobang di media tanam polibeg stroberi
    Kondisi:
    Ayam milik sendiri tidak dikurung dalam kandang
    Penanggulangan:
    Pembuatan kandang ayam lengkap dengan tempat bermainnya

    PhotoGrid_1460382219838%2000.jpg PhotoGrid_1460382373057%2000.jpg

    - Beberapa jenis serangga lainnya

    Saya tidak tahu persis namanya, mirip dengan kecoa dengan ukuran super kecil,, suka hidup di area lembab dan tidak suka terkena sinar matahari.
    Ada ketemu nyamuk
    Ada ketemu kumbang bertanduk
    Serangan:
    Belum menemukan bukti nyata serangan
    Kondisi :
    Hadir terutama di malam hari, pada cuaca hujan maupun tidak hujan
    Penanggulangan :
    Pangkas daun stroberi yang terlalu rimbun, agar media tanam tidak lembab
    Pemeriksaan disekitar polibeg
    Penempatan polibeg di rak tanaman, jauh kontak dengan tanah.
    Pemasangan jaring disekitar tanaman

    ( Tidak ada photo)

    - Musuh utama stroberi
    Serangan :
    Suka merusak / merobek daun stroberi
    Suka mengambil buah stroberi yang hijau s.d putih
    Kondisi :
    Hadir saat pagi s.d sore hari
    Saat tanaman kurang pengawasan
    Tanaman yang di datangi adalah yang tidak berada di rak tanaman
    Penanggulangan :
    Pengawasan di tingkatan
    Pemberian pengertian

    Kira kira seperti inilah tampilan musuh utama stroberi :p

    PhotoGrid_1452697967369 00.jpg
     
    • Lucu Lucu x 4
    • Setuju Setuju x 1
    Diubah terakhir kali: Jun 22, 2016
  8. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    Perawatan Buah ( Coming Soon )
     
    Diubah terakhir kali: Mei 26, 2016
  9. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    ...
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  10. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    ....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  11. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    ....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  12. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    ....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  13. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    .....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  14. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    .....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  15. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    ......
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  16. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    .....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  17. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    ....
     
    Diubah terakhir kali: Okt 13, 2016
  18. Kakak Z-A

    Kakak Z-A Embrioner

    Postingan:
    604
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    Pekanbaru
    Rating:
    +397
    Ditunggu kelanjutannya om ^^
     
    • Suka Suka x 1
  19. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    717
    Poin Piala:
    125
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +768
    Lagi dalam pengerjaan bu bun @Kakak Z-A@Kakak Z-A ... Lama juga y,, ngetik dngn hp :p
     
  20. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    2,657
    Poin Piala:
    245
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +1,859
    Kemarin ada niat mau beli pohon strawbery. Tapibga jadi. Blm ada space buat menamnya :cry:
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...