1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Menanam Strawberry Dari Stolon (sulur)

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh Edi Surya, Apr 26, 2016.

  1. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    773
    Poin Piala:
    160
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +828
    Itu bagaimana cara agar daunnya tidak keunguan lagi bu bun?
    Bagi trik nya dunk :)

    Btw ... Saya pernah tengok stroberi jenis ini di rumah salah seorang sanak saudara saat silaturahmi kemarin, cukup dengan media tanam yang lebih besar trus pupuk cukup dengan pupuk kandang ( kotoran ayam ) dan disiram rutin tiap hari ... Buah stroberinya besar, merah dan manis
     
  2. sri rahayu w

    sri rahayu w Instar

    Postingan:
    135
    Poin Piala:
    58
    Lokasi:
    boyolali
    Rating:
    +46
    kalau punya saya buahnya kadang ada yg besar banget, tp juga ada yg kecil, gk tentu. daunnya saya potong, kalau dulu diberi pupuk bokashi. Tp skr cm air kolam lele, tp daunnya lebih bagus dari yg dulu sih malah. Buahnya jg banyak yg besar. Kalau petik sore sih, pasti manis. Tp gk tau ngaruh atau tdk, kalau petik siang emang kadang lebih asam
     
    • Suka Suka x 1
  3. Edi Surya

    Edi Surya Kosmopolit

    Postingan:
    773
    Poin Piala:
    160
    Lokasi:
    Lindungan Kabut
    Rating:
    +828
    Saya dulu juga pernah siram dengan air yang mengalir dari persawahan (padi) , hasilnya daun dan pertumbuhannya lebih bagus.
    Biasanya dan sekarang disiram dengan air ledeng saja.

    Berarti kalau dipetik malam hari,buahnya lebih manis tuh bu bun :p
     
  4. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    mohon pencerahan nya lg dong uda @Edi Surya@Edi Surya :)
    strawberry saya abis rajin dipangkas bunga nya, sekarang keluar sulur/ stolon nya.
    nah sesuai tips sebelumnya, tolong dijelasin lg sedikit perbanyakan vegetatif dari stolon :
    1. Stolon bagian mana yang dipotong;
    2. Penanganan yang baik buat stolon pasca dipotong (bisa langsung ditanam atau di simpan kulkas dulu);
    3. Media dan wadah tanam yang sesuai untuk bibit hasil potong stolon;
    4. Perawatan setelah tanam stolon;
    5. Tolong diberi ilustrasi di fotonya.
    maaf kalo saya kepo banget yah, maklum lg semangat '45 nih.. hehee :smuggrin:
    makasie sebelumnya

    image.jpeg
     
    • Lucu Lucu x 1
  5. sri rahayu w

    sri rahayu w Instar

    Postingan:
    135
    Poin Piala:
    58
    Lokasi:
    boyolali
    Rating:
    +46
    Gampangnya, anda letakkan di tanah sulur tadi sampai tumbuh akarnya, dan muncul daun baru, setelah itu dipotong. Atau ditunggu, nanti akan tumbuh akar, setelah akar banyak(kira-kira panjang 1cm) dan muncul daun baru setelah itu dipotong. Berkali-kali saya seperti itu, berhasil semua, langsung berbunga dalam 1 bulan, tp bunga pertama dipotong dulu. tanahnya sama spt tanaman sebelumnya, jgn byk air, tp jgn kering.

    12341105_427243260799596_1880996483715621747_n.jpg

    download (3).jpg

    download (2).jpg
     
    • Baik Baik x 2
    Diubah terakhir kali: Sep 5, 2016
  6. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    siap, terimakasih tips nya bubun @sri rahayu w@sri rahayu w
    oh ya, gmn klo tanpa ditanam ditanah tapi udah keluar akarnya, atau bisa gak diganti alternatif media lain, seperti media air misalnya
     
    • Suka Suka x 1
  7. bRay

    bRay Endemis

    Postingan:
    208
    Poin Piala:
    43
    Rating:
    +150
    Yang di-bold pakbun

     
    • Suka Suka x 2
  8. sri rahayu w

    sri rahayu w Instar

    Postingan:
    135
    Poin Piala:
    58
    Lokasi:
    boyolali
    Rating:
    +46
    Kalau akarnya sudah panjang. Pengalaman, lebih aman tumbuhnya kalau akar sudah panjang untuk pemula. jgn lupa telaten beri pupuk tuk hidroponik. Media hidroponik saya, tuk media tanamnya (diatas airnya) tanah daan sekam(soalnya pernah pake rockwoll, tp gk berhasil, atau mungkin saya yg gk telaten y.) Beberapa hari saya jg tanam langsung di tanah(tanpa pot), tp pake mulsa, biar klo berbuah, buahnya tdk membusuk
     
    • Setuju Setuju x 1
  9. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    ok sippp... nanti dicoba deh bubun @sri rahayu w@sri rahayu w :jempol:
     
    • Suka Suka x 1
  10. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,928
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,260
    sy juga lagi nanem strawberi lagi. mudah2an kali ini ga mati :D (udah insyaf saya nya)
     
    • Suka Suka x 1
  11. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,928
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,260
    pakbun @Edi Surya@Edi Surya strawbery sy keluar sulur n bunganya. ini kali pertama berbunga dari waktu saya beli. waktu itupun sudah berbuah dan bersulur. kira2 perlu dipangkas ga ya?
     
    • Suka Suka x 1
  12. sri rahayu w

    sri rahayu w Instar

    Postingan:
    135
    Poin Piala:
    58
    Lokasi:
    boyolali
    Rating:
    +46
    bunga pertama dari tanaman awal yg dipangkas.
     
    • Setuju Setuju x 1
  13. Donny Sitompul

    Donny Sitompul Aklimat

    Postingan:
    7
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    give up.. di Ciganjur terlalu panas ya.. serba salah.. kepanasan, kekeringan, disiram malah busuk.. :(
     
  14. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    waduh.. don't give up yet pakbun @Donny Sitompul@Donny Sitompul
    saya deket kok dari Ciganjur, langitnya masih sama kan.. hehee
    nih buktinya bisa tumbuh, banyak anakan nya jg dari sulur/stolon :jempol:
    kalo gak mau busuk daunnya jangan sampai kena tanah

    image.jpeg
     
    • Suka Suka x 3
  15. bRay

    bRay Endemis

    Postingan:
    208
    Poin Piala:
    43
    Rating:
    +150
    Itu pakai PB gantung pakbun?
     
  16. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    sorry, PB itu maksudnya Planter Bag kan pakbun @bRay@bRay ?
    gak digantung kok, sama ky planter lainnya, memang yg ini khusus di desain untuk tanaman strawberry dibuat berlubang tempat calon anakan dari sulur, total ada 8 kantong.
     
    • Suka Suka x 1
  17. bRay

    bRay Endemis

    Postingan:
    208
    Poin Piala:
    43
    Rating:
    +150
    Iya planter bag. Saya cuma pernah liat yang pake saku gitu pb gantung. Ternyata ada yang buat di ground juga
     
  18. sri rahayu w

    sri rahayu w Instar

    Postingan:
    135
    Poin Piala:
    58
    Lokasi:
    boyolali
    Rating:
    +46
    si[p y, jd rapi. krn sibuk kerja,bbrp minggu gk ngurus kebun, sulur saya ampe pada ke tanah(dibawah pot), bingungnya, mah dah pada berbunga.
     
    • Suka Suka x 1
  19. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    ada pakbun @bRay@bRay namanya strawberry planter, cari aja di toped
     
  20. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +316
    iya rapi sih, tapi lumayan banyak juga ngisi media tanamnya (40-50 liter) sampe tangan saya lecet waktu ngambil tanah :dead:
    boleh sini saya yg ngurusin sulur2 nya bubun @sri rahayu w@sri rahayu w :roflmao:
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini