1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Menyemai Benih Tanaman (biji) Yang Baik Dan Benar

Diskusi dalam 'Tips Berkebun' dimulai oleh Kmommy, Jun 17, 2015.

  1. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,420
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,241
    Pake alat/mesin press gitu deh. Ngga tau bisa bikin sendiri atau engga - coba colek pakbun @herbamart@herbamart ;)
     
  2. angga putra

    angga putra Embrioner

    Postingan:
    546
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +210
    Penyemaian menggunakam sekam mentah sja bsa ga ya?atau hanya mos sja bsa?
     
  3. adi fatwadi

    adi fatwadi Anakan

    Postingan:
    5
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Klo cara semai watercress ge mn...? minggu lalu ane beli biji watercress.. tapi gak tumbuh satu pun... padahal d semai pada media kompos lembab.. dan ada juga yg di semai d atas kapas.. mksi
     
  4. angga putra

    angga putra Embrioner

    Postingan:
    546
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +210
    @Kmommy@Kmommy benih ceri termasuk halus ga bun?
     
  5. kenzhikharisma

    kenzhikharisma Kimera

    Postingan:
    631
    Poin Piala:
    108
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +281
    sebelumnya, saya bingung mau search dengan keyword apa, jadi kalo dobel post monggo silahkan diapus aja ya min?

    jadi gini, seminggu ini saya mulai menyemai biji dengan media tisu dan kapan. yang membuat saya bingung adalah, saya menempatkan berbagai macam benih dalam satu wadah kotak..yang mana ada benih yang udah mulai sprout, dan ada yang belum. nah yang jadi pertanyaan saya, kan kalo sudah keluar calon daun tutup penyemaian harus dibuka agar tanaman muda mendapat cahaya, nah benih tanaman lain yang ternyata masa untuk sproutnya lebih lama gimana ya??kalo saya buka jadi nggak lembab, kalo saya tutup nanti yg sudah sprout malah mati...ada solusikah? terimakasih sebelumnya.
     
  6. Kynk

    Kynk Anakan

    Postingan:
    4
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Padang
    Rating:
    +1
    Wah, ini dia ni info yang dicari-cari, makasih yaa
     
    • Baik Baik x 1
  7. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,420
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,241
    Kalo sampe germinasi saja bisa.. pake kapas/tissue/rockwoll aja bisa koq. Kalo sekam + kompos, artinya kita ngga usah buru2 pindahin begitu keluar daun2 awalnya, karena makanan buat tumbuhnya (kompos) udah sekalian disediakan di metannya ;).

    Dari size, biji cherry bukan termasuk benih halus.
    Tapi karena bukan habitat tropis, cherry (prunus) jadinya "benih dengan perlakuan khusus" :)
     
  8. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,420
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,241
    [
    Pakbun (bubun kah?) @kenzhikharisma@kenzhikharisma .. dibawa ke sini pertanyaannya ya, istilahnya merger hehe.
    Beberapa jenis tanaman jangan disemai di satu wadah karena lama germinasi satu dan lainnya bisa sangat berbeda. Tapi gimana kalau terlanjur? terpaksa.. dengan sangat hati2 dan pelan2, pisahkan yg udah berdaun :). Itu makanya saya prefer tissue daripada kapas, utk kasus begini lebih mudah diambilnya.

    Atau semua satu jenis tanaman kah? Kalau satu jenis, tunggu satu dua hari lagi, ntar yg lainnya juga nyusul sprout ;).
     
  9. kenzhikharisma

    kenzhikharisma Kimera

    Postingan:
    631
    Poin Piala:
    108
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +281
    Mau dibilang pakbun masih blm bapak bapak..masbun aja deh..wkwkwkwkwk..makasih @Kmommy@Kmommy kebetulan beda beda jenis bun..ada 5 jenis....kalo tisu ntar dipotong gtu tisunya?kaya rockwool gitu dicacah cacah?..satu lg, rockwool itu sekali pake atau bisa berkali kali ya?:facepalm:
     
  10. angga putra

    angga putra Embrioner

    Postingan:
    546
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +210
    Hoho kan dlm nya rentan tuh bun tergores dkit aja busuk dia
     
  11. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,420
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,241
    Tissue gampang disobek kalo basah. Jadi misahin yg duluan sprout lebih mudah.
    Rockwool saya ngga familiar, masbun..
     
  12. helenresdiono

    helenresdiono Aklimat

    Postingan:
    7
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +2
    wah keren...... Terima kasih mbak @Kmommy@Kmommy. panduan dan ilmunya berguna sangat utk saya yg awam tp semangat utk mencoba soal tanam menanam dan berkebun.
     
    • Baik Baik x 1
  13. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Rockwool sekali pakai ... tidak disarankan beberapa kali pakai karena resiko jamur, lumut plus bakteri dr benih sebelumnya yg membusuk atau gagal kecambah. Semua metan dan peralatan untuk semai benih harus steril dan bersih. Sekian .. asalammualaikum. :angelic:
     
  14. kenzhikharisma

    kenzhikharisma Kimera

    Postingan:
    631
    Poin Piala:
    108
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +281
    Noted...makasih bubun @Kmommy@Kmommy ...btw, penggunaan rendaman daun bawang bisa dipake kesemua seed bun?

    Pakbun @Budiono@Budiono , rockwool yang bagus tu kaya gmna ya?karena saya lihat di marketplace harganya bervariasi, ada yg ribuan - ratusan..misalnya 1/4 sab ada yg 700-20.000..apakah ada yg palsu dan asli atau gmna?
     
  15. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Aku beli yg 20ribuan. Sepertinya ngga ada rockwool yg 700an. Rockwool yg bagus itu ya yang kekuningan dan nyerap air , ngga gampang rapuh .. aku pernah lihat rockwool aga coklat kusam dan butekk .. yg seperti itu jangan di beli.
     
  16. kenzhikharisma

    kenzhikharisma Kimera

    Postingan:
    631
    Poin Piala:
    108
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +281
    eh maaf salah tulis pak..7000 maksud saya..20ribu tu 1/4 sab?nah kan kalo beli online tu susah cek fisik rockwool klo cm dari foto..ada saran kah biar gk salah beli?
     
  17. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Aku juga selalu beli online. Kalo memang tokonya menyediakan semua perlengkapan hydro hampir pasti rockwoolnya bagus. Kalo ngga kan reviewnya kepengaruh juga kann .. kalo pemula banget seperti aku dulu experimen saja sebanyak2nya .. rockwool cocopeat hydroton compost pakis sekam bakar .. sampe nemuin yg cocok sesuai gaya hidup .. aku kebetulan ngantor 8 jam sehari dan cocok sm sistem hydro yg cuma perlu di cek beberapa hari sekali.
     
  18. kenzhikharisma

    kenzhikharisma Kimera

    Postingan:
    631
    Poin Piala:
    108
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +281
    Oke noted..jadi rockwool adalah media yang nggak ribet dalam pengecekan ya pakbun?kebetulan saya kerja lebih dari 12 jam sehari..jadi mungkin cocok...
     
  19. kenzhikharisma

    kenzhikharisma Kimera

    Postingan:
    631
    Poin Piala:
    108
    Lokasi:
    jakarta
    Rating:
    +281
    tanya lagi dongg...seminggu ini ada beberapa benih yang sudah sprout cuma saya cek tadi pagi kok membusuk ya??kalo boleh tau itu kenapa ya?dan ada biji yang sudah pecah dari 3 hari lalu saya cek pecahannya gitu gitu doang..nggak ad perubahan sama sekali...apakah ada yang saya lewatkan dalam proses penyemaian ini?thanks before..sumon pakbun @Budiono@Budiono , bubun @olabas@olabas dan @Kmommy@Kmommy ahhh
     
  20. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    dugaan Telat cahaya dan telat mindahin ... mungkin kalo ada foto bisa di observe bersama.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...