1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan
  2. Seluruh Manajemen Kebunpedia mengucapkan:

    Selamat Idul Fitri 1438H

    Mohon Maaf Lahir dan Batin

    (menerima kiriman makanan dan kue) (becandaaa)

    Abaikan Pemberitahuan

Cara menyemai biji Venus Flytrap

Diskusi dalam 'Venus Flytrap' dimulai oleh danny57, Jan 25, 2017.

  1. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    Cara menyemai biji venus flytrap


    1. Mempersiapkan peralatan untuk menanam mulai pot, media, name tag dan tempat tanam yaitu kontainer
    18983289_479927312341949_1554624660_n.jpg

    2. Media tanamnya: media tanam yang biasanya dipakai adalah spaghnum moss atau peat moss.. langkah awalnya yang paling penting adalah mencuci media tanamnya, maksud mencuci adalah membersihkan kotoran-kotoran yang ada seperti ranting kayu, akar dan yang paling penting adalah membersihkan jika adanya mineral-mineral yang masih tersisa di moss.

    Jadi moss nya di letakan dalam ember lalu siram dengan menggunakan air non mineral seperti air hujan, air ac dan minuman dalam kemasan yang non mineral, setelah itu moss nya diperas, lalu kemudian di beri air lagi dan diperas lagi ulangi sampai 3 kali agar medianya benar2 benar bersih.
    Untuk penanaman kali ini memakai campuan peat moss, perlite dan pasir silica:
    a. peat moss
    18816870_479927325675281_1283931504_n.jpg
    b. pasir silica
    18903007_479927335675280_216067490_n.jpg
    c. kedua media tersebut di campur dengan perbandingan peat 60 dan silica 40
    18983360_479927439008603_1970845281_n.jpg

    2. Mempersiapkan bij Venus Flytrap dan pot untuk menanam
    18902639_479927455675268_1458022166_n.jpg
    3. Taruh campuran media kedalam pot guna menambah perlite dan pasir silica untuk membuat media tanamnya berongga dan porous.
    18902802_479927445675269_561537343_n.jpg
    4. Pada langkah nomer 3, terihat media tanam masih kering.. jadi sebelum menaruh biji vft terlebih dahulu memasukan air untuk menggenangi tatakan air tersebut kira2 tingginya1 cm selama setengah jam atau sampai medianya terlihat basah. Selanjutnya letakan biji Venus Flytrap di atas permukaan media tanam jika menanam beberapa kultivar venus flytrap sebaiknya diberikan label atau nama. poin penting biji venus flytrap cukupp diletakan diatas media dan tidak boleh ditutup dengan media.
    18944859_479927449008602_17819353_n.jpg
    5. Pot diletakan di tempat yang terang atau jangan kena sinar matahari langsung. saran paling aman menanam vft dari biji adalah memakai growlight untuk menghindari suhu yang terlalu panas. Jaga suhu selalu hangat kisaran 25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius.

    7. Poin penting berikut adalah media tanamnya harus dijaga selalu lembab atau basah tapi jangan terendam air karna dapat membuat biji busuk. Tipsnya jika menggunakan pot setinggi 5 cm boleh pakai tatakan air setinggi 1 cm.

    8. Pot di letakan di tempat yang agak lembab tapi dengan syarat sirkulasi udara lancar

    9. Biasanya biji Venus Flytrap akan mulai tumbuh dalam waktu sekitar 20 hari sampai 50 hari akan sangat berbeda biji yang satu dengan biji yang lainnya.
    18834581_479927482341932_1936831820_n.jpg 18902569_479927479008599_560720334_n.jpg

    Sekian dari pembuat thread ini.. apabila terjadi kekurangan langkah yang penting dalam menanam Venus flytrap boleh ditambahkan oleh para kebuner… :nyam::nyam:
     
    • Suka Suka x 4
    Diubah terakhir kali: Jun 4, 2017
  2. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,899
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,413
    Venus ini semua harus dari biji yah moddan? apa bisa ada cara lainnya? tumbuhnya 1-2 bulan :cry:
     
  3. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    hehehehe... ada cara lain modis yang lebih cepat yaitu memelihara indukan yang sudah besar seiring berjalannya waktu nanti akan ada anakan anakannya.. memang lama sihh tumbuhnya dan untuk mencapai dewasa butuh waktu beberapa tahunn.. hehhehe.. alternatif lainnya bisa juga dengan stek modis.. dengan stek ini venus flytrap akan lebih cepat tumbuh dewasa jika dibandingkan dengan menanam dari biji
     
    • Suka Suka x 1
  4. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,899
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,413
    Kalo hasilnya bagusan yang dari mana?

    Tapi yang indukan itu mahal mungkin cost nya yah. Kalo biji kan jauh lebih murah :D
     
  5. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    kalau ini sama-sama punya kelebihannya masing-masing modis.. kalau dari biji bisa didapatkan venus flytrap jenis-jenis baru jika dikawin silang dengan venus flytrap lainnya seperti venus flytrap sawtooth memiliki gigi dengan bentuk seperti gergaji.. hanya tumbuhnya agak lama.. hehehe
    kalau dari stek akan mendapatkan tanaman yang sama seperti indukannya dan lebih cepat tumbuh modis...
    hehehe.. ia siihhhh.. agak mahal apalagi di indonesia venus flytrap masih langka.. bagaimana modis mau coba nanam juga?:happy:
     
  6. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,910
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +1,374
    Trima kasih request saya dikabulkan di hari yg sama .. terkejut sedikit karena baru sadar ternyata yg aku mintain tolong buat thread seorang momod @danny57@danny57 .. hahahaha . Masih kepagian kalo sekarang ngurus flytrap .. jd aku Baru bongkar kardus dan menemukan iniiiiiiiii ..

    IMG_1225.JPG

    Perjalanan baru dimulai .. jrengggggg
     
    • Suka Suka x 1
  7. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    Wahhh.. Masih Momod newbie nihh.. Hehehhee... Sama-sama pakbun @Budiono@Budiono...
    Wowwww.. Ayo pakbun segera di coba nanam... Ohhh dalam kemasanny sudah ada media tanamnya ya pakbun... Bisa langsung nanam nihhhh
     
  8. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,910
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +1,374
    Media tanamnya vermiculite ... saja. Musti cari spagnum moss chile as saran modan @danny57@danny57
     
  9. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    Ohhhh kalau vermiculite bisa juga pakbun.. hanya untuk jangka panjang katanya vermiculite bisa terdegradasi dan menghasilkan mineral.. sedangkan untuk tavor kalau manerima mineral langsung dari akar kurang baik.. hehe... tapi ada juga yang bilang vermiculite baik untuk tavor dengan cara di ganti setiap beberapa bln atau satu tahun.. butuh percobaan nihhh pakbun
     
  10. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,910
    Poin Piala:
    230
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +1,374
    ngga mau coba2 modan @danny57@danny57 .. aku akan ikuti semua step2 diatas .. masih nyicil belanja bahan dulu ..
     
  11. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    Hehehe.. oke pakbun.. :haha:
     
    • Suka Suka x 1
  12. choi lee

    choi lee Anakan

    Postingan:
    19
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +4
    Salam kenal
    Baru gabung nih
    Pakbun mau tanya, setelah persiapan selesai benih ditaburin di pot
    apakah pot-nya harus ditutupin pake plastik?
    Apa pot yg ada benihx harus dikasih sinar matahari?
     
  13. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    halloo pakbun @choi lee@choi lee.. setelah itu dapat diletakan di tempat dengan kelembapan 60 % atau lebih.. atau pun dapat di taruh di kontainer untuk menciptakan kelembapan dan harus diperhatikan sirkulasi udaranya dengan membuat lubang di atas untuk menghidari tumbuhnya jamur pakbun.. cukup diletakan di tempat terang saja pakbun... kalau sudah mulai numbuh boleh diperkenalkan perlahan dengan sinar matahari seperti sehari 1 jam lalu sehari 2 jam dan seterusnya..
    Perlu juga menjaga suhu jangan lebih dari 32 derajat celcius
     
    • Suka Suka x 1
  14. choi lee

    choi lee Anakan

    Postingan:
    19
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +4
    Soal air hujan @danny57@danny57 :facepalm:air jatuh dr langit n jatuh dari talang sama aj t(dr atap rmh)
    Soalx org rmh tmbah makin ceriwis sejak mulai nanem vft soal prawatanx...:roflmao:
     
  15. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    856
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +513
    ia pakbun sama saja.. aku pernah baca air hujan yang baru ditampung harus dibiarkan beberapa jam kira-kira 8 jam an sebelm dipakai...
    oalaa.. haha.. pakai air ac juga bisa lohhh..
     
    • Suka Suka x 1
  16. choi lee

    choi lee Anakan

    Postingan:
    19
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +4
    hrs d endapin dahulu...
    Coba dululah mgkin sa bersemai bt pcobaan #1
    Yg lainx ud g sengaja diendapin airx
    Ok trimakasih pabun
     
  17. gowok

    gowok Anakan

    Postingan:
    24
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +13
    salam kenal.., saya juga baru nyoba2 nyemai tanaman ini, tepatnya baru dua minggu lebih usia semainya. yg mau saya tanyakan, apabila sudah 50 hari atau lebih belum berkecambah, apakah proses penyemaiannya gagal? dan harus nyemai ulang lagi dgn biji yg baru serta metan yg baru?
     
  18. choi lee

    choi lee Anakan

    Postingan:
    19
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +4
    Salam kenal juga, aq jg newbe
    Ditunggu aj, kl mrs benihx gagalsemai jgn dbuang dlu
    Mgkn memang btuh wkt lg bt brsemai
    Kl ad wkt cb streaming d youtube keywordx "venus flytrap time lapse"
    Mgkn bs membantu
     
    • Suka Suka x 1
  19. gowok

    gowok Anakan

    Postingan:
    24
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +13
    terima kasih infonya pakbun, nah kalo masalah air yg ada dalam tatakan untuk menampung pot itu diganti gak pa2 kan? gak mengganggu fase perkecambahan kan? soalnya air dalam tatakan kotor banget, banyak jentik2 dan serangga2 kecil yg mati.
     
  20. choi lee

    choi lee Anakan

    Postingan:
    19
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +4
    Gpp diganti, fungsi air cm buat menjaga media tetap lembab kan
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini