1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Semai Biji Nepenthes yang Baik dan Benar (Ala Kadarnya)

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Ron, Mei 31, 2016.

  1. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +72
    permisi, newbie ingin sedikit sharing lagi...semoga kakak-kakak master sekalian berkenan...

    pada dasarnya perbanyakan / mengambang biakkan nepenthes (atau kita sebut saja nepe) ada beberapa cara, antara lain melalui biji, stek, cangkok, dan pemisahan bassal / anakan / tunas muda yg keluar dari batang utama.

    pada kesempatan ini, saya ingin sedikit sharing perbanyakan melalui biji
    seperti dari banyak literatur, bisa kita ketahui bahwa nepe adalah tanaman yg berumah 2, yang artinya dalm 1 bunga hanya ada 1 kelamin. entah itu jantan atau betina. sehingga untuk membuat nepe menghasilkan biji, kita akan memerlukan nepe yg berkelamin jantan dan betina. sehingga perkawinan butuh menggunakan penghulu serangga yg hinggap dari bunga jantan ke bunga betina, ataupun kita yang bantu penyerbukannya. setelah penyerbukan berhasil, maka bunga betina akan mulai menghasilkan biji yg ditandai menggelembungnya bunga betina (tapi perlu diperhatikan, ada beberapa tipe nepe juga yang walaupun penyerbukan gagal, dia akan tetap menghasilkan biji). setelah kulit bunga/buah sudah berwarna kecoklatan, biji siap dipanen. biji nepenthes beda dengan biji tumbuhan lainnya. biji nepe berupa sehelai benang yg ukurannya bisa antara 1-3cm dan di tengah benang tersebut ada embrio (mata biji). nah kecambah akan keluar dari mata biji tersebut. untuk penyemaian biji, saya biasanya melakukan :
    1. siapkan media, bisa berupa spaghnum moss + perlite (most recommended), bisa berupa spaghnum moss + pasir silica (most recommended) , dan bisa berupa cocopeat + sekam bakar (recommended). selain itu, saya kurang menganjurkan.
    2. Sterilkan spaghnum moss, cocopeat dan sekam bakar dgn cara direbus sampai air mendidih. Setelah air mendidih,matikan api dan biarkan spaghnum moss sampai dingin. Kalau pakai perlite atau pasir silica,jangan direbus krn akan merusak tekstur perlite/pasir silica!. Dalam merebus,gunakan air yg kurang mengandung mineral (TDS di bawah 50PPM). perlu diperhatikan, dalam merebus, masing2 media harus direbus terpisah, jangan dicampur, misalnya cocopeat dengan sekam dijadikan 1 wadah dan direbus bersamaan. hal ini akan membuat kita akan kesulitan pada saat meatakan campuran.
    3. Campur spaghnum moss dan perlite/pasir silica atau cocopeat + sekam bakar sampai rata,tata ke dalam pot.
    4. Tabur biji di atas media. Biji tidak perlu ditimbun!,cukup ditabur di atas media saja!!!.
    5. Siapkan nampan,letakkan pot ke dalam nampan. Isi air ke dalam nampan sampai mencapai 30% dari ketinggian media. Perlu diperhatikan,30% dari ketinggian media maksudnya: jika anda menggunakan pot dgn tinggi 12cm,lalu di dalam pot tersebut diisikan media setinggi 10cm. Maka air yg sebaiknya ada di nampan adalah setinggi 3cm (10cm x 30%). Perlu diperhatikam,gunakan air yg kurang mineral (TDS di bawah 50PPM).
    6. Simpan pot+nampan yg sdh ditaburkan biji di tempat yg mendapat sinar matahari 50% (gunakan paranet 50%) dan bisa mendapat sinar untuk waktu selama mungkin (±6-7 jam). pastikan kelembaban udara di lingkungan sekitar berada di angka 70% ke atas dan aliran udara lancar. Perlu diperhatikan,semaian wajib dihindarkan dari hujan!!,sebab hujan akan membuat biji masuk ke dalam media. Jika biji sudah tertimbun masuk ke dalam media,maka kemungkinan besar akan gagal tumbuh!!.
    6a.(jika dirasa perlu): spray halus fungisida sistemik di atas biji untuk menghindari jamuran. fungisida yg saya sarankan adalah topsin atau dithane. untuk takaran, gunakan takaran minimum seperti yg di anjurkan di kemasan.
    7. Perhatikan air yang ada di dalam tatakan!.jaga jangan sampai tatakan kering. Upayakan tiap sore menambah air di dalam tatakan sampai mencapai ketinggian 30% dari ketinggian media. Jangan menambah air dgn cara menyiramkan dari atas media!,cukup siram air di tatakan saja.
    8. Tunggu hingga biji berkecambah, dan jaga terus ketinggian air di dalam tatakan agar tidak kering.
    9. Biji biasanya akan mulai berkecambah di hari ke 18 – 21. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan biji bias tumbuh lebih cepat atau bahkan lebih lama hingga 2 bulan tergantung jenis nepenya. pastikan juga sebelum membeli seed nepe, cocokkan dgn lokasi anda...jika anda di LL, maka belilah seed nepe LL. jika beli seed nepe HL, kemungkinan kecambah kecil, selain itu, kecambah susah mencapai ukuran besar / mature karena keburu mati.
    10. setelah seed berkecambah, jangan terburu2 memindahkan lokasi. biarkan lokasi pot tetap berada di tempat yang sama hingga seed tumbuh dan berkembang hingga diameter 3-4cm
    11. setelah seedling berukuran 3-4 cm, seedling sudah bisa dipindahkan ke pot individual. media untuk pot individual bisa menggunakan alternatif seperti di point 1 di atas. jika dirasa perlu, media untuk pot individual juga bisa ditreatment seperti point 2 di atas.
    12. pastikan pada saat memindahkan ke pot individual, akar seedling nepe jangan sampai putus. usahakan media lama juga masih seliputi akar seedling nepe.
    13. nepe yg sudah dipindahkan ke pot baru, sebaiknya diperlakukan seperti ketika kita baru membeli nepe (silahkan merujuk ke thread yg bercerita tentang perlakuan nepe yg baru dibeli)

    demikian sedikit sharing saya, jika ada kekurangan, mohon para master sekalian berkenan meralat dan menambahkan.
     
    • Suka Suka x 2
    • Jenius! Jenius! x 1
    Diubah terakhir kali: Mei 31, 2016
  2. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +72
    kakak @calvin@calvin , sepertinya ini saya salah tempatkan thread...boleh dipindahkan ke bagian yg berhubungan, thnx...hehehe
     
    • Suka Suka x 1
  3. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,634
    Terimakasih laporannya. Sudah saya pindahkan Kakbun.. nice thread btw :jempol:
     
  4. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +20
    Mantappp report prof @Ron@Ron .... sedikit tambahan, untuk melakukan langkah-langkah dari nomor 10 ke nomor 11 bisa makan waktu sampai 1 tahun. So, harap sabar dan duduk yang manis sambil liat pertumbuhan nya... wakakakka.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini