1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Cara Stek Nepenthes Yang Baik dan Benar (Ala Kadarnya)

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Ron, Mei 31, 2016.

  1. Ron

    Ron Instar Expert Staff

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +69
    permisi, newbie ingin sedikit sharing lagi...semoga kakak-kakak master sekalian berkenan...

    pada dasarnya perbanyakan / mengambang biakkan nepenthes (atau kita sebut saja nepe) ada beberapa cara, antara lain melalui biji, stek, cangkok, dan pemisahan bassal / anakan / tunas muda yg keluar dari batang utama.

    nah, pada kesempatan ini saya ingin sedikit membahas mengenai cara stek berdasarkan pengalaman sendiri dan masukan para pakar.

    sebelum memulai menyetek nepenthes, kita perlu ketahui dulu, apakah nepe tersebut tipe penyuka air atau tipe penyuka lembab saja?. jika tipe penyuka air, treatmentnya akan lebih mudah karena sisa diguyur air di medianya, beres. sedangkan jika dia hanya penyuka lembab (beberapa jenis LL dan biasanya nepe jenis intermediate - HL), media gak boleh terlalu becek. cukup lembab2 saja.
    berikut beberapa langkah yg saya pelajari dan bisa menghasilkan kemungkinan berhasil hingga 80-90% di tempat saya:

    1. siapkan media, bisa berupa spaghnum moss + perlite (most recommended), bisa berupa spaghnum moss + pasir silica (most recommended) , dan bisa berupa cocopeat + sekam bakar (recommended). selain itu, saya kurang menganjurkan. perbandingan moss + perlite/silica atau cocopeat + sekam bakar harus disesuaikan dengan tipe nepe. jika peyuka air, moss atau cocopeat boleh 50%. tapi jika tipe penuya lmebab saja, maka kuantitas perlite / silica/ sekam bakar sebaiknya di kisaran 70% dan kuantitas moss / cocopeat di 30% saja.
    2. Sterilkan spaghnum moss, cocopeat dan sekam bakar dgn cara direbus sampai air mendidih. Setelah air mendidih,matikan api dan biarkan spaghnum moss sampai dingin. Kalau pakai perlite atau pasir silica,jangan direbus krn akan merusak tekstur perlite/pasir silica!. Dalam merebus,gunakan air yg kurang mengandung mineral (TDS di bawah 50PPM). perlu diperhatikan, dalam merebus, masing2 media harus direbus terpisah, jangan dicampur, misalnya cocopeat dengan sekam dijadikan 1 wadah dan direbus bersamaan. hal ini akan membuat kita akan kesulitan pada saat meatakan campuran.
    3. Campur spaghnum moss dan perlite/pasir silica atau cocopeat + sekam bakar sampai rata,tata ke dalam pot.
    4. siapkan batang nepe yg akan distek. batang nepe bisa 1 ruas, bisa 2 ruas. 1 ruas artinya dalam 1 batang, ada 1 daun. panjang batang 1 ruas sebaiknya 2cm ke bawah dari pangkal pertemuan batang-daun dan 2 cm ke atas dari pangkal pertemuan batang-daun.
    5. potong melintang batang nepe. setelah batang dipotong melintang, belah 4 bagian bawah batang berbentuk tanda +. belahan tidak perlu terlalu panjang, cukup 0,5cm saja.
    6. potong daun 1/4 - 1/2 bagian terluar. hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan.
    7. tancapkan batang yg telah dibelah 4 dan daun sudah dipotong sebagian ke dalam media yg sudah disiapkan.
    7.a. (jika diperlukan): celup batang ke dalam campuran fungisida selama 5mnt sebelum ditancap ke media. untuk takaran fungisida, gunakan takaran minimal sesuai yg disarankan di bungkusnya.
    8. untuk nepe yg kuat air, Siapkan nampan,letakkan pot ke dalam nampan. Isi air ke dalam nampan sampai mencapai 30% dari ketinggian media. Perlu diperhatikan,30% dari ketinggian media maksudnya: jika anda menggunakan pot dgn tinggi 12cm,lalu di dalam pot tersebut diisikan media setinggi 10cm. Maka air yg sebaiknya ada di nampan adalah setinggi 3cm (10cm x 30%). Perlu diperhatikam,gunakan air yg kurang mineral (TDS di bawah 50PPM). untuk nepe yg tidak suka air, hindari penggunaan nampan. sebagai gantinya, pastikan tiap pagi dan sore media dispray supaya lembab tapi tidak sampai basah.
    9. Simpan pot+nampan yg sdh ditancapkan batang di tempat yg mendapat sinar matahari 50% (gunakan paranet 50%) dan bisa mendapat sinar untuk waktu selama mungkin (±6-7 jam). pastikan kelembaban udara di lingkungan sekitar berada di angka 70% ke atas dan aliran udara lancar. Perlu diperhatikan,untuk stekan nepe yg tidak kuat air, wajib dihindarkan dari hujan!!,sebab hujan akan membuat media terlalu basah dan akan membuat nepe busuk. jika nepe kuat air, boleh dihujan2kan.
    10. Perhatikan air yang ada di dalam tatakan!.jaga jangan sampai tatakan kering. Upayakan tiap sore menambah air di dalam tatakan sampai mencapai ketinggian 30% dari ketinggian media. Jangan menambah air dgn cara menyiramkan dari atas media!,cukup siram air di tatakan saja karena penyiraman dari atas akan membuat media terlalu padat dan akan menyulitkan akar tumbuh dan berkembang.
    11. stekan biasanya akan mulai mengeluarkan tunas baru di minggu pertama - minggu ke 2. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan tunas bisa tumbuh lebih cepat atau bahkan lebih lama hingga 1 bulan tergantung jenis nepenya. kecuali pada stek pucuk, daun baru akan lebih cepat berkembang.
    12. setelah stekan mengeluarkan tunas baru dan daun baru, jangan terburu2 memindahkan lokasi. biarkan lokasi pot tetap berada di tempat yang sama hingga akar tumbuh dan berkembang. karena biasanya tunas baru dan daun baru sudah bagus perkembangannya, tapi terkadang akar masih belum terbentuk.
    13. setelah daun baru sudah terbentuk dan akar sudah bagus (cara memastikan akar sudah tumbuh atau tidak, batang stekan bisa digoyang pelan. kalau batang susah goyang, artinya akar sdh terbentuk, tapi klau batang mudah goyang, artinya akar belum kuat). sudah bisa dipindahkan ke pot individual. media untuk pot individual bisa menggunakan alternatif seperti di point 1 di atas. jika dirasa perlu, media untuk pot individual juga bisa ditreatment seperti point 2 di atas.
    14. pastikan pada saat memindahkan ke pot individual, akar stekan nepe jangan sampai putus. usahakan media lama juga masih seliputi akar stekan nepe.
    15. nepe yg sudah dipindahkan ke pot baru, sebaiknya diperlakukan seperti ketika kita baru membeli nepe (silahkan merujuk ke thread yg bercerita tentang perlakuan nepe yg baru dibeli)
    16. ada baiknya stekan sejak awal sudah diberikan pot individu, sehingga tidak perlu dipindah2kan lagi potnya dan tidak perlu stress.

    demikian sedikit sharing saya, jika ada kekurangan, mohon para master sekalian berkenan meralat dan menambahkan.
     
    • Suka Suka x 5
    • Jenius! Jenius! x 2
    • Baik Baik x 2
    Diubah terakhir kali: Jun 1, 2016
    Label:
  2. Pualam

    Pualam Embrioner

    Postingan:
    359
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    Pangkalpinang
    Rating:
    +228
    Ok, thx infonya. Meski di Pangkalpinang banyak juga jenis nepe, Pu belum pernah pelihara nepe apalagi sampai bertanam dari stek. Hm, x dengan artikel ni, nanti pengen juga nyari nepe liar di hutan. X dapet juga yang unik dan bagus. Hehehe....
     
    • Suka Suka x 1
  3. Ron

    Ron Instar Expert Staff

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +69
    mohon jangan dicabut nepenthes yg ada di habitat, pak. kalo mau, cukup potong batangnya 3-4 ruas dan stek sendiri. supaya tetap lestari di alamnya. perawatan nepe cabutan juga susah, kemungkinan matinya cukup besar. jd drpd mati sia2 kalau dicabut, mending distek saja. jadi ketika stekan gagal, bisa kembali kapan saja ke habitat untuk stek lagi. sedangkan klo sdh dicabut & mati,, kembali ke habitat pun sudah susah dapatnya.
     
    • Suka Suka x 2
    • Jenius! Jenius! x 2
  4. Pualam

    Pualam Embrioner

    Postingan:
    359
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    Pangkalpinang
    Rating:
    +228
    S7 namun kondisi di beberapa t4 di Pangkalpinang kurang bisa menerapkan saran Pakbun @Ron@Ron. Jika kita 'terlambat', maka t4 tumbuh nepe keburu dilindas mobil pengeruk tanah dan truk pasir. Maklum, lahan akan dijadikan perumahan, kebun, dsb.
    Ah, Pu milih 'memindahkan' nepe beserta tanah t4 tumbuhnya dengan cangkul ke pot or samping rumah, nantinya.
     
    • Suka Suka x 1
    • Setuju Setuju x 1
  5. genzizu

    genzizu Endemis

    Postingan:
    225
    Poin Piala:
    33
    Rating:
    +68
    nice thread
    thx buat pengetahuan cara steknya. i need to exp this
     
    • Suka Suka x 1
  6. dikel 12

    dikel 12 Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Nice, saya sangat berminat untuk menanam nepenthes dirumah, tapi jika daerah tempat saya tinggal panas apa ttidakakan membuat nepenthes atau mati bubun?
     
  7. youniqe_garden

    youniqe_garden Endemis

    Postingan:
    195
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    EXO - Planet
    Rating:
    +74
    great thread pakbun :kiss: bisa nih dicoba entar. Saya ada punya satu tanaman nepenthes, masih kecil tapi, sepertinya belum bisa di stek yah P_20160708_085707.jpg
    P_20160708_085713.jpg
     
  8. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    41
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +17
    ISTIMEWAHHH Prof Ron... nanti di praktekkan ahh.
     
  9. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    41
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +17
    Udah bisa distek tuh @youniqe_garden@youniqe_garden . Saran saya, tanaman induk sebaiknya di pindahkan ke pot yang lebih besar.

    Drosera Indica nya sebaiknya juga pindahkan ke pot lebar, jadi bijinya bisa jatuh n tumbuh lagi. Nanti kalo drosera indica nya dah kecambah dan besar, seru liatnya di pot lebar karena bakal banyak nangkap nyamuk n serangga.
     
  10. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    61
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Nepenthes tinggi 20 cm apakah sudah aman untuk dilakukan stek?
     
  11. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    61
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Nepenthes kalo dilihat2 batangnya lentur juga....terus apa bisa dilembangkan dengan cara merunduk? Mohon penjelasannya pak senior
     
  12. danielferdian

    danielferdian Aklimat

    Postingan:
    41
    Poin Piala:
    18
    Rating:
    +17
    Bisa banget pak, merunduk salah satu cara perbanyakan nepenthes juga. Batangnya dilukain dikit di tempat yang dirundukkan untuk memancing tunas keluar.
     
    • Suka Suka x 1
  13. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    61
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Terimakasih jawabannya.....wah jangan pak lah...baru 20 tahunan saya hehehe
    ...
     
  14. jorales

    jorales Aklimat

    Postingan:
    4
    Poin Piala:
    11
    Lokasi:
    yogyakarta
    Rating:
    +0
    asalamualaikum,,, saya jorales, mahasiswa politeknik lpp jogja, saya mau minta info tentang bagaimana cara penggunaan ZPT rootone f yang benar pada bibit tebu bud chips,, mohon info nya mas/ mbak untuk penelitian saya,, terimakasih,,
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...