1. Ayo beli Kaos Kebunpedia di sini. Bisa dipake mejeng di acara2 pameran tanaman, gath, atau untuk dijadiin profile pic di KP. Yang paling penting, biar kamu kekinian dan punya pengenal identitas sebagai kebuner untuk dunia luar, wkwkwkwk.

    http://www.kebunpedia.com/threads/ready-stock-official-t-shirt-kebunpedia.7034/#post-80036



    Abaikan Pemberitahuan
  2. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/


    Abaikan Pemberitahuan
  3. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Ciri Khusus Tanaman Tin / Fig / Ara varian Smith

Diskusi dalam 'Tanaman Buah' dimulai oleh RAKUGA, Jun 2, 2016.

  1. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Selamat malam para kebuners semua.

    Saya ingin bertanya mengenai tanaman yang lagi booming di pasaran saat ini, yaitu tanaman buah tin atau ara / fig. Namun bukan tin secara umum, tapi tin varian Smith.

    Info yang saya dapat tin jenis ini adalah jenis heirloom dari Louisiana. Buahnya tahan cracking / pecah, sangat manis & daging buah berwarna merah tua. Namun jika dilihat dari foto hasil googling, buahnya mirip dengan tin varian Green Yordan.

    [​IMG]

    Nah, yang ingin saya tanyakan, apa ciiri khusus yang dimiliki tanaman buah tin varian smith ini secara fisik supaya dapat dibedakan dengan tin varian lainnya?
    Mungkin para master buah tin bisa menjelaskan, summon master @Rudy The@Rudy The @calvin@calvin dll

    Terimakasih atas jawabannya :D
     
    • Suka Suka x 3
  2. Elik

    Elik Kimera

    Postingan:
    435
    Poin Piala:
    108
    Rating:
    +312
    pertamax.. hehee
    maaf cuma numpang gelar tikar ikut nyimak ya momod @RAKUGA@RAKUGA
    kebetulan jg lg hunting bibit tin mana yg paling oke
     
    • Suka Suka x 1
  3. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,730
    Poin Piala:
    660
    Rating:
    +2,489
    • Setuju Setuju x 1
    • Jenius! Jenius! x 1
  4. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,205
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,948
    Kgk ngerti :laugh:
     
  5. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Waduh, baru kali ini aq lihat Master @Rudy The@Rudy The bilang kgk ngerti......
     
  6. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,205
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,948
    Kita sama2 belajar kan. Dari kesadaran diri bahwa belum mengerti, maka kita akan mulai belajar.
    Tetap semangat :welcome2:
     
    • Setuju Setuju x 2
  7. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    green yordanku daunnya ga seijo itu
     
  8. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Itu bukan jenis green yordan, tapi jenis smith. berikut saya lampirkan foto penampakan beberapa daun tin. gambar tersebut saya dapatkan dari grup pecinta tanaman tin.
    Macam Daun Tin.jpg
     
    • Suka Suka x 3
  9. henri

    henri Embrioner

    Postingan:
    265
    Poin Piala:
    73
    Rating:
    +94
    Saya kepingin tahu, buah tin rasanya seperti apa ya, aromanya mirip apa/buah apa gitu. Kok populer sekali. Terimakasih.
     
  10. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Menurut saya sih biasa saja, hampir sama kayak waktu booming tanaman lain waktu dulu. Sekarang sih masih populer, entah 1-2 tahun ke depan bisa jadi sudah menjadi tanaman buah biasa seperti yang lainnya.

    Kalau soal rasa manis, mirip perpaduan pisang, pepaya & madu. Menurut grup pecinta tanaman tin, katanya sih tanaman ini berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit. Yang dimanfaatkan untuk obat herbal dari tanaman ini adalah buah, daun & getahnya.

    Kalau aromanya unik, terutama aroma daunnya sehingga minuman yang dibuat dari ekstrak daun tin ini sangat mudah dikenali dari aroma daunnya yang unik namun beberapa orang justru tidak suka dengan aroma daunnya ini.

    Untuk alasan boomingnya, menurut saya karena tanaman ini juga disebutkan dalam beberapa kita suci umat beragama. Karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai buah surga. Entah kebetulan atau tidak, hal ini dimanfaatkan oleh pedagang tanaman untuk mendongkrak popularitas dari tanaman ini.

    Beberapa penghobi terkadang menanam tanaman tin karena tanaman ini memiliki banyak varietas yang bisa dijadikan koleksi. Yang lumayan terkenal seperti jenis GY, PY, BT, BTM6, MD, MR, PN, BG, BGN, WG, RI/Khurtmani, HC, dan beberapa jenis lainnya. Sementara untuk yang paling mahal, saat ini masih dipegang jenis JTV.
     
    • Suka Suka x 3
    • Setuju Setuju x 1
  11. henri

    henri Embrioner

    Postingan:
    265
    Poin Piala:
    73
    Rating:
    +94
    Penjelasan yang sangat menarik dan lengkap. Terimakasih pakbun moderator @RAKUGA@RAKUGA . Sukses terus ya.
     
    • Suka Suka x 1
  12. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    bener tuh, aku beli juga karena penasaran ttg buah ini karena disebut dikitab suci plus, di tempatku blum ada yang punya (ada yang jual sih tapi muahal hihihi). kebetulan temen sekantor ada yang mau beli, jadi sekalian aja beli 2. cuma punya 3 jenis
     
  13. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Loh di Semarang banyak petani buah tin. Untuk harga mahal atau tidak itu kan tergantung jenis varietasnya. Kalau cuma sekedar pengen punya beli yang jenis rakyat aja kayak PY, GY, BT, Calimirna. Murah meriah & khasiatnya sama seperti jenis ningrat. Yang membuat mahal itu biasanya karena warna buahnya yang menarik, ketahanan buah (tidak mudah cracking / pecah), tingkat rasa manis buah, ukuran buah yang besar, warna daun yang cantik/unik & bentuk daun yang unik juga.
     
  14. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    iya, ada di daerah atas, maksud aku disekitar sini blum ada yang punya selain aku hihihi. aku beli cuma yang "katanya" ok di daerah tropis ky gy, py, bt. dah itu doang. btw semua pohon tin aku lagi berbuah nih. masih penasaran ciri2 buah udah tua n layak petik gimana ya min?

    nb: mungkin gara2 aku marahin si GY aku mulai berbuah nih hihihi.
     
  15. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    ntar aku barteran aja ma dosen aku kalo jenis ningrat. dia punya golden arabian atau apalah gitu namanya :v
     
  16. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Buah matang biasanya agak lembek ketika dipencet. Beberapa hari sebelum matang biasanya buahnya tiba2 membesar & berubah warna secara perlahan sampai menjadi warna terakhir dari varietas yang ditanam. Kalau terlalu matang biasanya akan pecah, tapi terkadang pecahnya buahnya bukan karena terlalu matang bisa juga karena faktor cuaca, iklim & jenis varietasnya. Yang mudah berbuah itu PY, tapi sangat rentan pecah buahnya jika terkena air hujan. Kalau jenis GY masih agak kuat buahnya meski sering kena air hujan, tapi kemampuan berbuahnya lebih lama jika dibandingkan dengan jenis PY. Buah tin kalau sering kena hujan, selain menyebabkan buahnya gampang pecah juga menyebabkan daunnya kena penyakit karat, sering juga menyebabkan akarnya busuk jika media tanamnya terlalu lembab & juga buahnya kadang busuk / rontok sebelum matang jika terlalu sering kena hujan. Disarankan untuk membungkus buahnya jika sudah mendekati masa pematangan buah.
     
  17. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    oh, pantes buahnya ijo semua. aku pikir kalo py ya keluarnya langsung ungu ternyata ungunya tanda2 mau mateng yah
     
  18. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    Iya, kalau buah muda keluarnya warna hijau semua. Warna matang tergantung jenis varietasnya, itupun juga dipengaruhi oleh iklim & intensitas cahaya matahari. Semakin full sun semakin bagus warna buah matangnya.
     
  19. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,878
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    somewhere i belong
    Rating:
    +1,156
    tinggal nungguin mateng nih. eh kalo GY gimana? masih ijo matengnya?
     
  20. RAKUGA

    RAKUGA Moderator

    Postingan:
    578
    Poin Piala:
    138
    Rating:
    +303
    GY biasanya matangnya berwarna kuning, sedangkan dagingnya kalau gak salah berwarna kuning madu. Beda GY dengan jenis Tena, terletak pada bentuk daun & ukuran buah. Jadi Tena itu versi gendutnya GY hehehehe
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus
Label:

Bagikan halaman ini