1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Fakta Mengenai Stevia Dan Truvia

Diskusi dalam 'Tanaman Obat' dimulai oleh Rudy The, Nov 20, 2015.

  1. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,099
    Poin Piala:
    695
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +2,493
    Aku ga tau sih.
    Apa Coach @Rudy The@Rudy The salah yah?
    Tar.. aku telp dulu :D
     
  2. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,809
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,464
    Penggunaan homemade ygsederhana biasanya menggunakan vodka atau rum atau brandy. Secara komersial biasa pake campuran air dan gycerol/glycerin. Free alkohol.
    Masing2 ada plus minusnya. Pemakaian brandy dgn cara merendam daun stevia segar sebentar dlm toples brisi brandy, kemudian dipanaskan utk menguapka alkoholnya. Mengurangi beberapa kandungan zat akibat pemanasan, to cukup tahan lama disimpan dlm suhu ruangan.
    Penggunaan air plus glycerol memiliki keuntungan sendiri. Selain free alkohol dan tdk ada zar yg hilang tdk perlu juga melewati proses pemanasa. Glycerin tdk berwarna dan tdk berbau. Tp tdk tahan disimpan di luar kulkas.
     
    • Baik Baik x 1
  3. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Dulu beli stevia karena dibilang bagus untuk pengganti gula bagi penderita diabetes .. setelah gabung KP baru tau kalo stevia ini ternyata horor . Kebanyakan konsumsi secara langsung ( tanpa pemurnian ) memicu kanker hati dan ginjal .. mau memanfaatkan secara benar harus melalui proses yg komplex ..

    Sepertinya stevia ini kurang cocok untuk hebs garden dirumah. Lebih cocok untuk skala komersil dengan fasilitas pemurnian yg memadai. Baca di internet kalau coca cola juga memakai pemanis dr bahan dasar stevia ini.
     
    • Suka Suka x 1
  4. Calvin_Rafael

    Calvin_Rafael Aklimat

    Postingan:
    50
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +23
    aku coba bantu jelasin ya, maaf kalo ada salah..

    alkohol itu sifatnya semipolar, dia bisa mengekstrak senyawa polar dan juga nonpolar, senyawa polar itu contohnya air, dan senyawa nonpolar contohnya minyak..
    jadi alkohol bisa mengekstrak banyak zat dalam stevia, termasuk glikosida itu..

    biasanya sih kalau ekstraksi itu tahapnya ada banyak, dan macamnya pun banyak banget..
    dulu jaman masih kuliah kalau ekstrak suka pake cara maserasi, yang direndam itu, biasanya sih ya pakai alkohol maserasinya..
    setelah itu dilakukan pemekatan, kalau bahannya tahan panas dipanasin langsung aja, kalau bahannya nggak tahan panas bisa didestilasi..
    destilasi itu tujuannya agar solute(terlarut)nya terpisah dengan solven(pelarut)nya..
    jadi pada saat destilasi suhunya diatur 70 derajat sampe 80 derajatan lah supaya alkoholnya menguap (titik didih alkohol 70 derajat celsius)
    alkoholnya bakal menguap lalu mengembun dan tertampung, sedangkan solutnya akan tetap tinggal di wadah awal
    yah ini hasilnya masih dalam bentuk cairan pekat sih..
    masih butuh banyak proses biar bisa jadi bubuk atau kristal cantik kayak yg dijual-jual itu..

    kalau yang dimaksud pakbun budiono itu mungkin destilasi uap..
    destilasi uap biasanya digunakan untuk mengekstraksi senyawa volatil (mudah menguap) seperti minyak atsiri/essensial oil..
    tapi kalau ambil glikosida pada stevia (steviosida, rebaudisida yang manis itu) kayaknya ngga bisa ya, soalnya glikosida tidak termasuk senyawa volatil..

    setuju sih, mending beli langsung..
    tapi buat penderita diabet hati-hati juga sih pakainya..
    setahuku dalam proses kristalisasinya ada penambahan maltodekstrin..
    maltodeskstrin itu masih turunan polisakarida (gula juga) yang bisa menambah kadar gula darah juga..

    maaf ya kalau ada salah :shy:
     
    • Suka Suka x 1
    • Jenius! Jenius! x 1
  5. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,809
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,464
    Setuju utk yg sdh dipaparkan di atas. Mungkin agak membingungkan jika diterangkan dgn polar dan non polar. Aq lbh suka mengatakan itu masalah rendemen (% hasil). Ada yg solvent yg menghasilkan rendemen bagus dan ada yg menghasilkan rendemen jelek. Tentu yg dicari adalah yg menghasilkan rendemen yg bagus kan.
    Koreksi sedikit utk maltodextrin.
    Ceritanya begini : karena stevia 300 x lbh manis dr gula, maka sulit utk mengaturnya dlm sehari2. Berapa takaran yg pas.
    Itu alasannya masing2 pabrikan menambahkan utk tujuan tertentu :
    • Inulin : serat yg tidak bisa dicerna. Ini membuat kadar manis menjadi 1:1 dengan gula.
    • Erythritol: fermentasi sayuran yg menghasilkan gula alkohol.
    • Maltodextrin : tidak menambah kalori, tapi tidak bisa dipakai utk yg alergi jagung.
    Kekurangan prooduk stevia :
    • Alergi : walau laporan tdk terlalu banyak tp ada kekhawatir utk org2 yg alergi
    • Menimbulkan gastritis utk yg erythritol karena hasil fermentasi mikroba. Dilaporkan gejala diare.
    • Rasa pahit setelah dikonsumsi. Ini akibat dr rasanya yg 300 x lbh manis dr gula
    • kekhawatiran menyebabkan kanker. Walau sdh dinyatakan aman, tapi penelitian mendalam utk produk stevia belum dilakukan.
    Semoga bermanfaat.
     
    • Suka Suka x 1
  6. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Wahh @Calvin_Rafael@Calvin_Rafael dulu kuliah apa kok ada acara destilasi dan ekstraksi stevia .. farmasi ya ..?? Hehehhe .berarti bener ya stevia kurang cocok ditanam rumahan kalo ngga tau ngolahnya.
     
    • Setuju Setuju x 1
  7. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Lahh kata modis coach lg keluar dan tgl 1 maret baru balik ... ( ngga tau keluar kemana dan balik ke mana :wtf:.. ambigu )
     
  8. Calvin_Rafael

    Calvin_Rafael Aklimat

    Postingan:
    50
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +23
    Iya sih, polar non polar itu ngaruh ke rendemen juga nantinya..
    Cuma mau jelasin alkohol itu bisa ambil banyak senyawa karena sifat semipolarnya..
    Sedangkan kalau ekstraksinya pakai air saja hanya bisa ambil senyawa tertentu (polar)..

    Maltodekstrin ini setahuku masih golongan polisakarida (karbo)..
    Setelah tanya ama om gugel, katanya sih rendah kalori..
    Dalam 1 sendok makan maltodekstrin mengandung 3,81 gram karbo dan 15 kalori..
    Tapi rasanya emang sedikit manis, hampir ngga berasa..
    Masih enakan ngunyah daun stevia, manis banget, walopun akhir2nya pahit juga..
     
  9. Calvin_Rafael

    Calvin_Rafael Aklimat

    Postingan:
    50
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +23
    Kuliah analis..
    Iya, kurang cocok, tapi aku lagi coba menanam stevia nih..
    Lagian kalo makan daunnya dikit aja kan gapapa..
    Dari jaman kuliah penasaran banget soalnya ama ini tanaman..
    Ntar klo udah besar stevianya mau dijadiin objek penelitian..
     
    • Jenius! Jenius! x 1
  10. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    Wahh keren .. baru tau ada jurusan analist ..
     
    • Suka Suka x 1
  11. Calvin_Rafael

    Calvin_Rafael Aklimat

    Postingan:
    50
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +23
    Analis ada banyak koq, seperti analis kimia, analis kesehatan..
    Kebetulan aku di analis farmasi dan makanan..
    Jadi sedikit2 pernah belajar tentang kegunaan stevia dan cara ekstraksinya skala lab..
     
    • Jenius! Jenius! x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...