1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Hidroponik Organik, mungkinkah atau hanya mimpi ? - Sebuah Prakata

Diskusi dalam 'Forum Hidroponik' dimulai oleh Rudy The, Mar 19, 2017.

  1. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,285
    Poin Piala:
    1,500
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +3,482
    Debat panjang yg tidak berkesudahan mengenai sisyem hidroponik tanpa tanah apakah dapat menjadi organik secara lengkap. Terkadang debat itu menggiring ke arah ide yg mengundang argumentasi mengenai apa yg dimaksud organik itu sendiri. Bahkan dalam perdagangan hortikultura dunia pun masih menyisakan ruang tanpa kejelasan pasti mengenai yg mana termasuk organik dan yang mana tidak. Sebagian pembudidaya menganggap bahwa organik itu menghindar bahan2 beracun , pestisida kimia, dan bahan2 sintetis. Ini yg mempermalukan bagian pihak yg pro hidroponik konvensional.
    Lain pihak berpikir organik adalah menggabung nutrisi dari bahan2 organik dengan mikroba2 menguntungkan. Tetapi bukan hal yg mudah mengganti dari nutrisi basis pupuk garam mineral dengan sesuatu yg berbasis organik karena sejak awal hidroponik tidak dirancang untuk memakai sesuatu yg organik.
    Konvensional hidroponik memakai nutrisi dari pupuk yg terdiri dari Calcium nitrat, Kalium nitrat, mono kalium fosfat, senyawa besi yg terurai menjadi ion dalam air hingga tanaman bisa menyerapnya langsung. Hal ini yg memungkinkan pertumbuhan yang cepat dan berimbang.
    Tanaman tidak pernah mengalami kelaparan dan harus menunggu ion nutrisi tersedia. Tetapi ion2 nutrisi itu bukanlah berasal dari bahan organik tapi dibuat manusia dan tidak termasuk dalam sistem organik.
    Menggantikan pupuk garam mineral yg sangat effisien dan dihitung secara teliti dengan sesuatu yg berbasis organik bukan pekerjaan mudah.
    Sulit untuk bahan organik menggantikan pupuk yg diproduksi dengan sangat tepat sampai ke sepersejuta ion yg membuat pertumbuhan tanaman seimbang dan cepat. Banyak laporan kekurangan mineral dalam hidroponik organik, karena sulit untuk nutrisi bahan organik untuk bisa tepat sasaran.
    Kendala lain adalah bahan organik banyak mengandung senyawa karbon sedangkan nutrisi garam mineral (pupuk mix AB) tidak. Senyawa karbon ini makanan ideal bagi mikroba di larutan dan zona perakaran. Jika populasi yang ada diisi oleh mikroba menguntungkan maka senyawa karbon itu akan dirombak menjadi asam amino yg mampu membuat tanaman lebih baik, tapi jika ternyata mikroba patogen yg populasinya terbanyak maka kondisi yang muncul adalah sebaliknya zat beracun, air yg berlendir, kondisi anaerob, penyakit dan akhirnya mematikan tanaman.
    Sejauh ini hidroponik organik tersukses adalah aquaponik. Aquaponik memanfaatkan kotoran ikan sebagai sumber nitrogen. Nitrit diubah menjadi nitrat oleh bakteri nitrit sedangkan nitrat diubah menjadi nitrogen terlarut melalui proses yg disebut nitrifikasi. Tetapi aquaponik hanya sukses jika menggunakan tanaman yg memerlukan rendah mineral seperti selada dan sangat tergantung ratio populasi ikan dan bakteri nitrat dan nitrit.
    Kunci lain dari hidroponik organik adalah ketersediaan oksigen yg cukup. Oksigen penting untuk : pernafasan akar, memudahkan penyaluran nutrisi dari akar, dan menghambat pertumbuhan mikroba patogen yg biasa bekerja dalam kondisi anaerob. Oksigen yg tinggi dan air nutrisi yg tidak menggenangi perakaran (ada ruang cukup antara akar dengan air nutrisi menjadi kunci keberhasilan hidroponik organik.
    Lalu bagaimana dengan EC meter dan ph meter ? Berbeda dengan nutrisi berbasis pupuk garam mineral yg berbasis ion sehingga mudah diukur elektrical conductivitynya maka bahan organik banyak yg tidak menghantarkan listrik hingga sulit dideteksi dengan EC meter. Sedangkan ph juga akan mengatur sendiri menyesuaikan dengan mikroba yg digunakan. Mikroba2 yg digunakan akan mengatur kondisi keasaman disesuaikan dengan kondisi optimal untuk mereka bekerja.

    74f6dd5e925d42779e192b7be7691808.jpg Disadur dan diterjemahan bebas dari tulisan : Dr. Lynette Morgan holds a B. Hort. Tech. degree and a PhD in hydroponic greenhouse production from Massey University, New Zealand. Lynette is a partner with Suntec International Hydroponic Consultants and has authored several hydroponic technical books. Notes: ditambahkan beberapa pengertian dan ide penulis sendiri.

     
    • Suka Suka x 4
    • Jenius! Jenius! x 1
    Diubah terakhir kali: Mar 19, 2017
  2. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,096
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,199
    Sangat menarik, thank's share-nya coach @Rudy The@Rudy The :jempol:
    Walaupun masih bingung bagaimana caranya dan pakai apa (selain aquaponik yg sudah dijelaskan), gambaran ini menunjukkan: mimpi suatu saat bisa jadi kenyataan - menurut saya :joyful:. Someday...
    orang akan berpikir ke sana.

    Bubun @lullu@lullu .. marilah ke mari, ada komentar? :)
     
  3. lullu

    lullu Kimera

    Postingan:
    553
    Poin Piala:
    118
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +560
    aku nggak pemain hidroponik, modly @Kmommy@Kmommy ... kalopun iya nanti mungkin aquaponik, yg ada feeling2nya , masih yakin ada misteri kekuatan kotoran hewan yg belum bisa tergantikan. menurut aku hidroponik itu science sih, aplikasinya yg pasti2. pencetus ide hidroponik mungkin justru ingin membuat menanam jadi lebih praktis dan hasil maksimal, nggak kayak organik yg nggak bisa kejar waktu panen serentak dan maksimal. seperti kata coach @Rudy The@Rudy The , sulit untuk nutrisi organik bisa tepat sasaran. IMO bahan organik itu dalam bentuk paket, gabungan ini itu, kadang2 ada bahan yg nggak diperlukan di tanaman tertentu, yg jadi keunggulan hidroponik dia bisa memberikan nutrisi hanya yg dibutuhkan, sesuai dosis kebutuhannya.
     
    • Suka Suka x 1
  4. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,285
    Poin Piala:
    1,500
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +3,482
    Aquaponik merupakan hidroponik organik yg tersukses, karena apa ? Meniru dari alam. Itu kuncinya.
    Menurut aq sih akan ada sistem baru yg menyempurnakan hidroponik. Menengok ke belakang lahan pertanian juga revolusi hijau menggunakan pupuk kimia mirip dengan hidroponik saat ini. Perkembangan pertanian modern memungkinkan mikroba dimanfaatkan utk pertanian. Di masa depan pasti ada cara memanfaatkan mikroba untuk hidtoponik organik.
     
  5. gumalgamul

    gumalgamul Endemis

    Postingan:
    221
    Poin Piala:
    38
    Rating:
    +92
    aquaponik sepertinya lebih rumit lagi daripada hidroponik. tapi makanan ikannya organik apa buatan juga ya kalau mau aquaponik organik?
     
  6. Akardahan

    Akardahan Kimera

    Postingan:
    406
    Poin Piala:
    120
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +448
    Kalau dulu aku cukup kaku di hidroponik. Kalau sekarang sudah nemu dunia ngga ada hal yg ga mungkin. fishless aquaponic aja jalan, hidroponik organik juga bisa kok. Pakenya apa? FISHLESS aquaponic = ORGANIC hydroponic, nutrisinya pakai: kascing + trace mineral.

    Sebenarnya mineral itu ngga organik, tapi alami banget trace mineral yg digunakan, atau Coach bisa menanggapi soal trace mineralnya.

    video
     
  7. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,285
    Poin Piala:
    1,500
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +3,482
    Hahaha akhirnya ada 1 hydroponer yg bertobat. :laugh:.
    Masalah terbesarnya adalah : rata2 hydroponer itu terbiasa dengan skala ukur. Ada ppm, ada suhu, ada ph. Di satu sisi kebuner yg konvensional selalu gagal paham soal skala ukur ini. :laugh:.
    Problem terbesar di organik adalah bahan2 organik seperti kascing, bokashi itu sulit dideteksi ppm nya, karena jika dilarutkan, tidak terpecah menjadi elektrolit yg bisa dideteksi alat ukur. :laugh:. Blom lagi mikroba yg terlibat akan membuat fluktuasi kadar nutrisinya.
    Ide besarnya adalah :
    JIKA INGIN HIDROPONIK SECARA ORGANIK HARUS BERSAHABAT DENGAN MIKROBA2 BAIK.
    Mikroba itulah yg nantinya mengatur sendiri mulai dr ph, ppm, suhu. Logikanya jika mikroba2 baik hidup dan sehat, knapa tanamannya tidak ikut sehat dan tumbuh baik.
    Ini membalikkan logika hidroponik konvensional, yaitu merawat tanaman dgn cara memberi nutrisi yg teratur dan tepat pada waktu yg tepat.
    Menjadi memelihara ekosistem yg baik dan menjaga mikroba2 baik utk tetap seimbang, maka target panen tanaman yg baik bisa dicapai.:laugh:
     
  8. Akardahan

    Akardahan Kimera

    Postingan:
    406
    Poin Piala:
    120
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +448
    Memang mesti trial n error ya coach. Yang jelas tipe sistem hidroponik terbuka kayak saya di genteng itu kurang baik kayaknya buat si mikroba.. Harus dikasih bak yg ada hydroton juga buat pembiakan mikroba. Dan kascing, omg cari kascing di Jakarta napa sulit? Beli onlen aku takut dapetnya barang gaje, lol.

    Saya belom ada rencana pasang atap buat hidroponik, biar bayi-bayiku dikasih main hujan. Katanya anak kecil kalo dilarang hujan-hujanan bisa gampang alergi macem2. [alibi mode_on]

    Karena orang hidroponik nih kebiasa sama skala ukur, kayaknya saya wajib nanya jadinya... kira-kira bisa ada ngga perbandingan gimana yang failurenya rendah? terus sistemnya apakah sama aja kayak si aquaponic atau ada sistem lain yg kecilan? (Jakarta lahan terbatas) (beneran mau bikin kalo memungkinkan).
     
  9. Krisna Gernandus Kuse

    Krisna Gernandus Kuse Aklimat

    Postingan:
    85
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    Baubau
    Rating:
    +50
    saya pernah baca di salah satu grup FB, sudah ada yg pakai sistem Hidroponik versi Organik. Tanamannya adalah Padi, metannya sekam bakar + kompos dgn nutrsi pakai POC, Sistem DFT. hasil panennya 6 ons/rumpun.

    Kalau menurut saya, HidrOganik itu bisa dilakukan yg penting kita bsa paham dgn sistem kerja seperti di tanah. Saya rasa awal mula Penemuan Hidroponik itu berlandaskan bahwa "tanaman itu bisa tumbuh tanpa Tanah asalkan Kebutuhan akan Unsur Haranya terpenuhi, serta dikodisikan seperti di alam".

    Nah, tinggal tunggu nih siapa yang benar2 mau untuk mengembangkan Pertanian Hidroponik berbasis Organik.

    Ditunggu postingannya >>>>>
     
    • Suka Suka x 2
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini