1. Ayo beli Kaos Kebunpedia di sini. Bisa dipake mejeng di acara2 pameran tanaman, gath, atau untuk dijadiin profile pic di KP. Yang paling penting, biar kamu kekinian dan punya pengenal identitas sebagai kebuner untuk dunia luar, wkwkwkwk.

    http://www.kebunpedia.com/threads/ready-stock-official-t-shirt-kebunpedia.7034/#post-80036



    Abaikan Pemberitahuan
  2. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/


    Abaikan Pemberitahuan
  3. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Hidroponik Organik, mungkinkah atau hanya mimpi ? - Sebuah Prakata

Diskusi dalam 'Forum Hidroponik' dimulai oleh Rudy The, Mar 19, 2017 saat 8:23 PM.

  1. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,058
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,764
    Debat panjang yg tidak berkesudahan mengenai sisyem hidroponik tanpa tanah apakah dapat menjadi organik secara lengkap. Terkadang debat itu menggiring ke arah ide yg mengundang argumentasi mengenai apa yg dimaksud organik itu sendiri. Bahkan dalam perdagangan hortikultura dunia pun masih menyisakan ruang tanpa kejelasan pasti mengenai yg mana termasuk organik dan yang mana tidak. Sebagian pembudidaya menganggap bahwa organik itu menghindar bahan2 beracun , pestisida kimia, dan bahan2 sintetis. Ini yg mempermalukan bagian pihak yg pro hidroponik konvensional.
    Lain pihak berpikir organik adalah menggabung nutrisi dari bahan2 organik dengan mikroba2 menguntungkan. Tetapi bukan hal yg mudah mengganti dari nutrisi basis pupuk garam mineral dengan sesuatu yg berbasis organik karena sejak awal hidroponik tidak dirancang untuk memakai sesuatu yg organik.
    Konvensional hidroponik memakai nutrisi dari pupuk yg terdiri dari Calcium nitrat, Kalium nitrat, mono kalium fosfat, senyawa besi yg terurai menjadi ion dalam air hingga tanaman bisa menyerapnya langsung. Hal ini yg memungkinkan pertumbuhan yang cepat dan berimbang.
    Tanaman tidak pernah mengalami kelaparan dan harus menunggu ion nutrisi tersedia. Tetapi ion2 nutrisi itu bukanlah berasal dari bahan organik tapi dibuat manusia dan tidak termasuk dalam sistem organik.
    Menggantikan pupuk garam mineral yg sangat effisien dan dihitung secara teliti dengan sesuatu yg berbasis organik bukan pekerjaan mudah.
    Sulit untuk bahan organik menggantikan pupuk yg diproduksi dengan sangat tepat sampai ke sepersejuta ion yg membuat pertumbuhan tanaman seimbang dan cepat. Banyak laporan kekurangan mineral dalam hidroponik organik, karena sulit untuk nutrisi bahan organik untuk bisa tepat sasaran.
    Kendala lain adalah bahan organik banyak mengandung senyawa karbon sedangkan nutrisi garam mineral (pupuk mix AB) tidak. Senyawa karbon ini makanan ideal bagi mikroba di larutan dan zona perakaran. Jika populasi yang ada diisi oleh mikroba menguntungkan maka senyawa karbon itu akan dirombak menjadi asam amino yg mampu membuat tanaman lebih baik, tapi jika ternyata mikroba patogen yg populasinya terbanyak maka kondisi yang muncul adalah sebaliknya zat beracun, air yg berlendir, kondisi anaerob, penyakit dan akhirnya mematikan tanaman.
    Sejauh ini hidroponik organik tersukses adalah aquaponik. Aquaponik memanfaatkan kotoran ikan sebagai sumber nitrogen. Nitrit diubah menjadi nitrat oleh bakteri nitrit sedangkan nitrat diubah menjadi nitrogen terlarut melalui proses yg disebut nitrifikasi. Tetapi aquaponik hanya sukses jika menggunakan tanaman yg memerlukan rendah mineral seperti selada dan sangat tergantung ratio populasi ikan dan bakteri nitrat dan nitrit.
    Kunci lain dari hidroponik organik adalah ketersediaan oksigen yg cukup. Oksigen penting untuk : pernafasan akar, memudahkan penyaluran nutrisi dari akar, dan menghambat pertumbuhan mikroba patogen yg biasa bekerja dalam kondisi anaerob. Oksigen yg tinggi dan air nutrisi yg tidak menggenangi perakaran (ada ruang cukup antara akar dengan air nutrisi menjadi kunci keberhasilan hidroponik organik.
    Lalu bagaimana dengan EC meter dan ph meter ? Berbeda dengan nutrisi berbasis pupuk garam mineral yg berbasis ion sehingga mudah diukur elektrical conductivitynya maka bahan organik banyak yg tidak menghantarkan listrik hingga sulit dideteksi dengan EC meter. Sedangkan ph juga akan mengatur sendiri menyesuaikan dengan mikroba yg digunakan. Mikroba2 yg digunakan akan mengatur kondisi keasaman disesuaikan dengan kondisi optimal untuk mereka bekerja.

    74f6dd5e925d42779e192b7be7691808.jpg Disadur dan diterjemahan bebas dari tulisan : Dr. Lynette Morgan holds a B. Hort. Tech. degree and a PhD in hydroponic greenhouse production from Massey University, New Zealand. Lynette is a partner with Suntec International Hydroponic Consultants and has authored several hydroponic technical books. Notes: ditambahkan beberapa pengertian dan ide penulis sendiri.

     
    • Suka Suka x 4
    Diubah terakhir kali: Mar 19, 2017 saat 8:38 PM
    Label:
  2. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,632
    Poin Piala:
    660
    Rating:
    +2,406
    Sangat menarik, thank's share-nya coach @Rudy The@Rudy The :jempol:
    Walaupun masih bingung bagaimana caranya dan pakai apa (selain aquaponik yg sudah dijelaskan), gambaran ini menunjukkan: mimpi suatu saat bisa jadi kenyataan - menurut saya :joyful:. Someday...
    orang akan berpikir ke sana.

    Bubun @lullu@lullu .. marilah ke mari, ada komentar? :)
     
  3. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    477
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +428
    aku nggak pemain hidroponik, modly @Kmommy@Kmommy ... kalopun iya nanti mungkin aquaponik, yg ada feeling2nya , masih yakin ada misteri kekuatan kotoran hewan yg belum bisa tergantikan. menurut aku hidroponik itu science sih, aplikasinya yg pasti2. pencetus ide hidroponik mungkin justru ingin membuat menanam jadi lebih praktis dan hasil maksimal, nggak kayak organik yg nggak bisa kejar waktu panen serentak dan maksimal. seperti kata coach @Rudy The@Rudy The , sulit untuk nutrisi organik bisa tepat sasaran. IMO bahan organik itu dalam bentuk paket, gabungan ini itu, kadang2 ada bahan yg nggak diperlukan di tanaman tertentu, yg jadi keunggulan hidroponik dia bisa memberikan nutrisi hanya yg dibutuhkan, sesuai dosis kebutuhannya.
     
  4. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,058
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,764
    Aquaponik merupakan hidroponik organik yg tersukses, karena apa ? Meniru dari alam. Itu kuncinya.
    Menurut aq sih akan ada sistem baru yg menyempurnakan hidroponik. Menengok ke belakang lahan pertanian juga revolusi hijau menggunakan pupuk kimia mirip dengan hidroponik saat ini. Perkembangan pertanian modern memungkinkan mikroba dimanfaatkan utk pertanian. Di masa depan pasti ada cara memanfaatkan mikroba untuk hidtoponik organik.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...