1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Jamur apakah ini?

Diskusi dalam 'Tanaman Obat' dimulai oleh afrizal yanto, Jun 9, 2016.

  1. afrizal yanto

    afrizal yanto Kimera

    Postingan:
    468
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    Karawang
    Rating:
    +260
    [​IMG]
    Seperti jaring bungkus tudung buah pir,

    2016-06-11--04_16_58.jpg
     
    • Suka Suka x 2
    Diubah terakhir kali: Jun 11, 2016
    Label:
  2. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,066
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,142
    Jamur Phallus indusiatus

    Jamur ini banyak tumbuh dihutan basah atau kebun keadaan lembab ..

    Saya sendiri kadang menyebut jamur pesta ..karena dilihat seperti melihat putri mengunakan bawahan / rok yang mengembang ...hehehhe

    Meskipun rok berenda nya lah yang menarik mata kita, topi mereka dilapisi dengan lendir yang mengandung spora, berwarna coklat kehijauan yang menarik serangga, yang kemudian membantu menyebarkan spora. Jamur ini dapat dimakan dan menyehatkan, dan kadang-kadang digunakan dalam masakan Cina.
     
    • Jenius! Jenius! x 1
  3. afrizal yanto

    afrizal yanto Kimera

    Postingan:
    468
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    Karawang
    Rating:
    +260
    Oh begitu pabun @Ebenks@Ebenks :) brrti bs d makan ya, lumayan buat lauk mkn...yo :)
     
  4. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,066
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,142
    Iyaa enak itu ...yg penting bunbunya yah ..lezatos
     
  5. feyfairy

    feyfairy Kosmopolit

    Postingan:
    780
    Poin Piala:
    148
    Lokasi:
    Kota Makassar
    Rating:
    +644
    Jamur tudung pengantin

    Nama ilmiah: Phallus indusiat

    Jamur tudung pengantin adalah bagian dari tubuh jamur yang tumbuh pada saat jamur sudah berusia matang. Jaring ini tumbuh dari bagian atas kepala jamur dan akan terus bertambah panjang. Semakin ke bawah, lubang pada jaring akan semakin kecil. Panjang tudung atau jaringnya dapat mencapai 12 cm, sedangkan jamurnya sendiri tingginya mencapai 20 cm. Waktu hidup jamur yang mulai langka ini cukup singkat, yaitu hanya sampai 30 hari.

    Pada bagian kepala mirip kerucut terdapat lendir berwarna coklat kehijauan yang merupakan sumber pakan bagi lalat. Lendir tersebut memiliki bau yang sangat disukai oleh lalat sehingga lalat sering hinggap di kepala jamur untuk memakan lendir tersebut serta membantu perkembangbiakan pada jamur. Setelah itu, lalat tersebut akan terbang dengan membawa spora jamur tudung pengantin. Jika lalat tersebut membuang kotoran di suatu tempat, maka spora dalam kotoran lalat ikut tersebar dan menjadi jamur tudung pengantin yang baru.

    Ada dua jenis : Tudung putih dan tudungjingga
     
    • Suka Suka x 2
    Diubah terakhir kali: Jun 9, 2016
  6. afrizal yanto

    afrizal yanto Kimera

    Postingan:
    468
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    Karawang
    Rating:
    +260
    Oh ada jenis nya juga dua macam ya, hmmm:)
    Kalo kita budidayakan bisa ga yah,, pabun bubun @Ebenks@Ebenks dan @feyfairy@feyfairy kan lumayan, kaya jamur dr serabut kayu pohon kelapa, jamur jerami, jamur dr kotoran sapi, bisa kan ya kita konsumsi bahkan jd bahan pengobatan.
     
    • Suka Suka x 1
  7. feyfairy

    feyfairy Kosmopolit

    Postingan:
    780
    Poin Piala:
    148
    Lokasi:
    Kota Makassar
    Rating:
    +644
    Iya niiih pakbun @afrizal yanto@afrizal yanto ada dua jenis...yg jingganya spt ini

    Tudung pengantin.jpg
     
    • Suka Suka x 2
  8. afrizal yanto

    afrizal yanto Kimera

    Postingan:
    468
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    Karawang
    Rating:
    +260
    Bagus yah, mirip mie mie, jajajanan ponakan ku,, hhee
     
    • Setuju Setuju x 1
  9. feyfairy

    feyfairy Kosmopolit

    Postingan:
    780
    Poin Piala:
    148
    Lokasi:
    Kota Makassar
    Rating:
    +644
    pak bun @afrizal yanto@afrizal yanto jamur ini sedap dipandang mata, tapi gak sedap dihidung :dead::depressed::yawn::wtf:..baunya mirip BOM kucing:whistling:
     
  10. afrizal yanto

    afrizal yanto Kimera

    Postingan:
    468
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    Karawang
    Rating:
    +260
    Oh bgitu, yahahaa..
    Mungkin ada kandungan apa bisa menyengat tak sedap di hidung begitu yaya bun @feyfairy@feyfairy duh...
     
    • Setuju Setuju x 1
  11. Akardahan

    Akardahan Kimera

    Postingan:
    340
    Poin Piala:
    110
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +349
    ih lucu banget mirip spons pelapis buah. Nambah wawasanku nih :) Thanks sudah berbagi.
     
    • Suka Suka x 1
  12. afrizal yanto

    afrizal yanto Kimera

    Postingan:
    468
    Poin Piala:
    98
    Lokasi:
    Karawang
    Rating:
    +260
    Sama sama buners @Akardahan@Akardahan salam kenal yo, sampean lbh brpengalaman :)
     
    • Baik Baik x 1
  13. Tania Erniaty

    Tania Erniaty Aklimat

    Postingan:
    4
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +4
    C360_2016-10-12-08-57-52-637.jpg
    Dear master pakbun dan bubun.. kalau ini jamur apa ya selalu muncul di permukaan tanah pot2ku. Apakah mengganggu pertumbuhan tanaman? Aku pake metannya kompos, kohe kambing, cocopeat dan sekam bakar. Terimakasih atas jawabannya..
     
  14. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,066
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,142
    Jamur payung ( Collybia)
    Habitatnya :
    – merupakan jenis jamur liar yang banyak menempel pada batang kayu yang telah lapuk atau mati atau media tanam yang yanag mengunakan arang kayu atau sekam padi ...
    Karena terlalu lembab muncul nya jamur tersebut
    Ciri-ciri :
    – berbentuk seperti payung, berwarna kekuning-kuningan atau kecoklat- coklatan.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus
Label:

Bagikan halaman ini

Memuat...