1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Jurnal: PENGALAMAN MENANAM LAVENDER DARI BENIH

Diskusi dalam 'Tanaman Hias Bunga' dimulai oleh Budiono, Sep 21, 2016.

  1. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    2,038
    Poin Piala:
    235
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +1,516
    Teruskan .. masih sibuk urusan kantor ... saya titipkan thread jurnal menanam lavender ke @Harry@Harry .. tolong dihandle customer baru broh. Thanksss :finger:
     
  2. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Ampun shifu, ilmu kanuragan ane masih rendah.. Mana bisa dititipin thread seramai ini.
    Ayo jangan kerja melulu pak @Budiono@Budiono.. Apa kabar lavender yg hasil semai nya?usianya sudah mau 1 tahun ya? Sudah ada tanda2 bakal bunga belum?
    :):)

    Asik banyak teman baru disini.. Saya temenin ngobrol dan tukar pengalaman aja. Sambil nunggu ilmu tingkat atas dari @Budiono@Budiono, @Raden Arfan Rifqiawan@Raden Arfan Rifqiawan dan @Rahpan@Rahpan.
     
  3. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    Oh iya, lavender nya pabun @Budiono@Budiono kan ada yg pink, sy penasaran sama bunga nya..
    :woot:
     
  4. Lenny

    Lenny Aklimat

    Postingan:
    28
    Poin Piala:
    21
    Lokasi:
    Samarinda, Kalimantan Timur
    Rating:
    +20
    bad news... ga tau kenapa satu per satu lavender-nya pada mati hiks....
    sejak dipindah ke pot masing-masing sepertinya pertumbuhannya stagnan, daun-daunya jadi agak keriting... lalu satu-satu mati dan kering...


    nyemai lagi aaahhh.....
     
    • Suka Suka x 2
  5. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Semangat @Lenny@Lenny

    Pas mindahin kudu hati2 dan cepat.
    Hati2 jangan sampai akarnya pada putus..
    Ini kenapa sebaiknya misahnya sebelum daun sejatinya tumbuh terlalu banyak.
    Pot ungu itu kekecilan buat di isi puluhan benih.. Begitu mereka tumbuh agak besar akarnya jadi semrawut dan kusut. Untung vermiculite gampang di urai, Goyang2in dikit udh rontok

    Kemarin saya agak kesulitan misahin yg rombongan terakhir.. akarnya udah agak semrawut, saya juga lupa lantai teras masih panas, pas misahin saya taruh dibawah..meskipun udh cepet2 tetep ada yg layu, jadi ada beberapa yg mati.

    Kalo saya biasanya siapin dulu pot atau polybag yg udh di isi metan, colok pake jari telunjuk beberapa lubang untuk tanaman yg dipindahin baru bongkar dari pot ungu.. Pilih beberapa bibit yg paling besar dan sehat, langsung masukkan ke lubang, tekan sedikit saja tanahnya supaya agak padat..setelah semua ditanam spray dibagian sekitar tanaman, sampai agak basah, tapi jangan terlalu banyak air
     
    • Suka Suka x 2
  6. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Ini hasil mindahin kemarin..dari 55 yg dipindahin sisa 48 yg hidup, itu di polybag tengah ada 3 yang layu, 3 keinjek sama anak, 1 layu duluan..
    Mudah2an yg ini bisa tumbuh sampai besar

    DSC_1546.JPG
     
    • Suka Suka x 2
  7. Lenny

    Lenny Aklimat

    Postingan:
    28
    Poin Piala:
    21
    Lokasi:
    Samarinda, Kalimantan Timur
    Rating:
    +20
    saya sih curiga ga cocok sama metan-nya.... di awal-awal setelah dipindah tanam masih ok... baru seminggu terakhir ini makin layu ...
    mau cari vermiculite di tempat saya kayaknya ga ada yg jual..
    kemaren metan-nya pake tanah yg dijual kemasan di ac*hardw*re, kemudian dicampur pasir dan pot + tricho... mungkin kualitas pasirnya yang jelek

    yang penting saya belum kapok nyoba hahahaa... mau nyemai lagi
     
    • Suka Suka x 1
  8. Lenny

    Lenny Aklimat

    Postingan:
    28
    Poin Piala:
    21
    Lokasi:
    Samarinda, Kalimantan Timur
    Rating:
    +20
    wah, sehat-sehat kelihatannya ombun @Harry@Harry .. ini metannya pake apa kalau boleh tau?
     
  9. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Boleh, ini cuma pakai metan siap pakai yg sudah di mix kompos, kohe kambing dll.. Nanti saya kirim fotonya, saya belinya cuma di tukang kembang pinggir jalan.
    Bagian dasar saya kasih sekam mentah kurang lebih 2cm.. Terus di atasnya langsung metan siap pakai ini. Setelah baby lavendernya ditanam, saya taburin lagi pakai vermiculite sisa bongkaran dari pot.. Sayang kl dibuang
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Sep 14, 2017
  10. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    pabun, itu semua seumuran? gedenya koq beda2
     
  11. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Hahahaa.. Jeli juga nih pak bun @alfifanni@alfifanni, nggak seumuran, yang polybag sebelah sini duluan tanamnya, kira2 selisih 1 bulan dgn polybag tengah dan paling ujung..
     
  12. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    keliatan banget bedanya soalnyahilarious
    btw itu vera semua pabun?
     
  13. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Iya, semuanya vera.. Mudah2an yg hidcote sama munstead menyusul
     
  14. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    Pabun bubun need help....:capedeh:
    ini sdh berhasil sprout lavender, tapi setelah umur 5 harian, koq daunnya berubah gelap & layu ya, kira2 diagnosis kenapa ya...
    gambar trlampir...

    2017-09-18_22.28.59.jpg
     
  15. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Terlalu basah nggak rockwool nya? Kalo bisa di jaga lembab aja, jangan basah banget..
    Ini nanti mau ditanam dgn metode hidroponik ya?
    Coba colek pak @Budiono@Budiono pakar lavender hidroponik kita.. master, mohon turun gunung sebentar dong :laugh:
     
  16. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    gak untuk hidroponik si pabun...
    itu rockwool, saya bolongin dikit, sy kasih vermiculite bawaan vera, dgn harapan, biar nutrisi nya dr vermi-nya, nanti rencana ada yg sy taruh di tanah biasa klo udah muncul daun sejati.
    klo basah jadi berjamur gitu?
    itu lumayan lembab sih, box nya tertutup, tapi tiap sore sy buka, biar ganti udara
     
  17. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    Kalo mau ditanam ditanah pakai pot kecil aja pak bun, tanam pakai vermiculite. Lebih mudah dan kelebihan airnya bisa turun kebawah..

    tebakan saya bukan berjamur, tapi mungkin terlalu basah..coba di cek dulu

    Pakai vermiculite bongkarnya enak, Goyang2in dikit udah lepas.. Minim resiko akar putus.
     
    Diubah terakhir kali: Sep 19, 2017 saat 12:39 PM
  18. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    gitu ya pabun...mending pake vermi aja ya, gampang dibongkar tanpa merusak akar ya... icic

    sy yg ini mikirnya biar gampang dipindah2, jadi pake rockwool
     
  19. Harry

    Harry Embrioner

    Postingan:
    318
    Poin Piala:
    78
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +214
    :) nggak salah juga sih pake rockwool, pak bun..

    kalo saya karena kebiasaan aja pakai vermiculite.. saya pernah tanam basil di kapas, akarnya nyangkut sama serat kapas dan pas dipindahin malah mati.. Makanya sejak itu saya langsung tanam ditanah atau vermiculite
     
  20. alfifanni

    alfifanni Aklimat

    Postingan:
    46
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +10
    klo kapas memang berserat, jadi sy dr awal dah coba hindari. Trus sy taruh di kain flanel, eh setelah sprout, nyangkut akarnya mw sy pindah, tapi untung gak jadi mati
    ini terakhir nanti saya taruh di tisu makan , trus atasnya saya tutup pake plastik bening...setelah sprout dikit, langsung sy pindah,biar gak keburu nempel
     
    • Suka Suka x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini