1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Kantong nepenthes berhenti tumbuh

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Yusuf, Des 10, 2016.

  1. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    69
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +6
    Nepenthes rafflesiana saya sudah barhasil menumbuhkan bakal kantong dan bersulur sekitar 15 cm setelah tumbuh 2 daun baru tanpa kantong.....tapi muncul masalah baru sekarang. Bakal kantong yang sebelumnya sangat nampak perubahannya hari ke hari sekarang malah berhenti numbuh. Ukuran n panjang segitu saja dalam 3 minggu ini daun baru tumbuh terus satu sdah terbuka tapi kantung gosong dan ada pucuk lagi....gimana solusinya agar bakal kantong bisa jadi kantong besar?
     
  2. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    5,703
    Poin Piala:
    1,585
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +4,845
    • Suka Suka x 1
  3. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    941
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +668
    Selamat siang pak @Yusuf@Yusuf... dari keterangan pak.. keadaan tidak mau mengantong nepenthes ini biasanya karena kurangnya kelembapan.. sehingga kantong susah terbntuk atau kantongnya kecil...
    Kalau ada foto bisa sangat membantu menemukan masalahnya..
    1. coba pak ukur kelembapan pakai alat ukur
    2. penyinaran matahari berapa jam? apakah pakai paranet?
    3. media apa yang di pakai?
    Kalau kantong gosong mungkin kepanasan
    Untuk memperbesar kantong butuh kelembapan dan memakai paranet agar tidak terlalu panas
     
    • Suka Suka x 2
  4. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    69
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +6
    Kalau lembab kelihatannya sudah cukup soalnya di Ngawi hujan bisa sore sampai tengah malam dan bagusnya lagi siang dapet sinar matahari mulai jam 8 hingga jam 1. Padahal ni kantong udah setengah jalan..kantongnya sudah berbentuk dan panjangnya sekitar 1 cm. Kalau sulurnya kisaran 8 cm(edit dari yang 15 cm).....tapi sekarang gak numbuh. Saya beri tatakan air kalau siang dan ada paranet 60 persen...medianya pake spaghnum mos tapi kelihatannya udah menyusut gitu tapi ditumbuhi paku rame banget....potnya diameter 20 cm an.....mohon pencerahannya.....
    Fotonya menyusul ya......
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Des 13, 2016
  5. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    941
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +668
    Ohhhj ia pak.. kalau sering hujan.. berarti intensitas mataharinya kurang.. saat hujan seperti ini penyiramannya d kurangi atau jangan pakai tatakan.. biasanya kalau kelebihan air daun nepenthes bisa menguning dan lembek, kalau dibiarkan lama2 akar bisa membusuk...
    Ada juga faktor lain dengan kurangnya matahari karema musim hujan dapat membuat pertumbuhan nepenthes melambat, mengenai tumbuhan paku sebaiknya di kurangi pak kalau terlalu bnyak akan mempengaruhi perebutan air dengan nepenthes yamg dpat berpengaruh terhadap gosongnya kantong pak..
    Kalau musim hujan paranet nya mungkin bisa di ganti dengan lebih rendah dari 60 % karena intensitas matahari bisa berkurang..
    Ia pak.. boleh fotonya supaya bisa lebih membantu.. hehe
     
  6. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    69
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +6
    Oalah pantesan masbun @danny57@danny57 daun nepenthes saya ada 3 yang cepet sekali kuningnya...terimakasih infonya
     
  7. danny57

    danny57 Moderator

    Postingan:
    941
    Poin Piala:
    178
    Rating:
    +668
    Ia pak @Yusuf@Yusuf.. sama2 pak.. happy growing
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini