1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Kenalan yuk dengan pohon kurma (Part I)

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh Pohonkurma, Agu 8, 2017.

  1. Pohonkurma

    Pohonkurma Anakan

    Postingan:
    17
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +15
    Oke Selamat Malam.
    Seperti janji saya kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar pohon kurma. sebelum saya berbagi pengalaman. sedikit saya bercerita awal mula ketertarikan saya pada pohon kurma ini. pada awal 2012 saya menemukan beberapa tunas daun muncul di pot, ternyata itu biji kurma yang terbuang. dari situ saya pindahkan ke beberapa polybag polybag kecil. nah dari kisah itu saya berpikir kenapa di indonesia pohon kurma tidak bisa berbuah ya? kemudian dari situ saya mulai mencari tahu tentang si pohon kurma, mulai mencari berbagai literatur tapi sayangya awal 2012 begitu minim informasi seputar kurma di untuk yang berbahasa indonesia. kemudian saya menemukan berbagai laporan penelitian dari berbagai universitas luar yang membahas pohon kurma. dari situ saya tahu kalau pohon kurma berumah satu yang artinya satu pohon hanya menghasilkan bunga betina atau jantan. kemudian saya mulai menanam pohon kurma dari biji, mula 100 biji hingga kini mungkin sudah ngga kehitung lagi.

    Hingga sekitar awal 2015 Pohon Kurma Booming Lantaran ada beberapa postingan di media sosial pohon kurma berbuah lebat diNegara Gajah Putih Thailand, dengan tinggi tidak sampai 2 meter bisa menghasilkan 50 Kg pertandan dan satu pohon menghasilkan bisa 4-6 Tandan dalam Fase mengkal, FANTASTIS!
    1 Kg Kurma Mengkal di Pasar Tanah abang dan di berbagi pejual online rata-rata harga untuk 1 Kg Kurma Mengkal seharga Rp. 150.000-300.000. Jadi 1 Pohon kurma menghasilkan 300 Kg X Rp. 200.000 = 60.000.000,-. lagi-lagi membuat orang yang melihat angka ini pasti tergiur untuk menanam pohon kurma.

    Eitss Tunggu Dulu. Sebelum membayangkan berapa profit yang bisa didapatkan dari pohon kurma seperti thailand. Sejarah perkembangan pohon kurma di Thailand berawal dari 1997 salah seorang mahasiswa Jurusan Pertanian Magister S2. Mencoba mengembangkan pohon kurma sebagai bahan penelitian untuk tesisnya, hampir 5 tahun berjalan menemui banyak rintangan. hingga pada 2004 ia berhasil menemukan varietas unggulan dari berbagai biji yang ia tanam, menurut dia itu perkawinan antara kurma Tunisa (Deglet Noor) dan Madjol menjadi varietas yang kini dikenal Dengan sebutan Kurma Kolak 1/ KL1 yang diambil dari nama universitas yang dia tempuh. varietas yang ia temukan disebut-sebut kurma yang genjah (mudah berbuah). dari situ ia memperkenalkan dan memberi penyuluhan ke petani-petani thailand dan ditambah pemerintah thailand yang mendukung segala bidang dalam pertanian. dan juga masuk bibit tissue culture ke thailand yang mereka ambil dari Lab Tissue Culture Kurma yang Berpusat Di United Kingdom Inggris.

    Kesimpulanya Indonesia telah tertinggal hampir 18 tahun terhadap penggembangan budidaya pohon kurma dibanding dengan negara thailand tetapi kita bisa memangkas waktu tersebut dengan cara menanam pohon kurma walau dari biji semakin banyak berpikir semakin tertinggal.

    Secara Faktor Kondisi Cuaca dan Iklim negara thailand hampir sama mempunyai 2 Musim. Musim hujan dan kemarau dan juga lama siang dalam malam hampir sama 12 jam Siang dan 12 jam malam.
    Setelah ini kita tahu kenapa negara thailand sudah bisa menghasilkan buah kurma secara komersil.
    oke setelah ini kita akan bahas pada part II
    1. Sejarah Singkat Pohon Kurma
    2. Varietas kurma
    3. Fase buah kurma
    4. perbedaan jantan dan betina
    5. Teknik Perbanyakn Pohon Kurma
    - Biji
    - Tunas (offshot)
    - Tissue Culture (Kultur Jaringan)
    6. Syarat Faktor Iklim Pohon Kurma



    Screenshot_2017-08-07-23-27-03_1.jpg
     
    • Jenius! Jenius! x 2
  2. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,119
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,214
    Nah ini yg ditunggu.. thank's sharingnya pakbun @Pohonkurma@Pohonkurma :jempol:
    Ikut menyimak dan nunggu lanjutannya.

    Koreksi dikit, CMIIW..
    Yg dimaksud itu istilahnya: berumah dua - suami di sini, istri di sana (biar gampang ngapalinnya :roflmao:..). Tanaman berumah satu artinya bunganya lengkap jantan dan betina di satu pohon.
     
  3. Pohonkurma

    Pohonkurma Anakan

    Postingan:
    17
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +15
    Makasih koreksinya @Kmommy@Kmommy
    efek ngetik perut laper :cry:
     
  4. Anna Ariza

    Anna Ariza Instar

    Postingan:
    137
    Poin Piala:
    53
    Lokasi:
    depok
    Rating:
    +177
    ikutan nyimak lanjutannya :) soalny sempat tertarik juga ma kurma :)
    sekalian ntar dibahas pohon kurma yg bisa berbuah walo ga ada pasanganny pakbun.. kayak yg kejadian di beberapa tempat di Indonesia :)
     
  5. norma

    norma Anakan

    Postingan:
    8
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +20
    saya juga lagi tertarik kurma.kemaren coba menumbuhkan dari biji.lmyn pada berkecambah.
     
    • Suka Suka x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini