1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Kenalan Yuk Dengan Pohon Kurma (Part II)

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh Pohonkurma, Agu 12, 2017.

  1. Pohonkurma

    Pohonkurma Anakan

    Postingan:
    17
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +15
    INTRODUCTION
    Apa itu Pohon Kurma ?

    Pohon kurma sudah tumbuh sejak zaman dahulu kala bahkan pohon ini sudah tumbuh sebelum manusia diciptakan. Kita mengenal kisah Nabi Adam ketika beliau turun ke bumi. Beliau sudah mendapati bumi ini dihuni oleh barbagai macam tumbuhan yang tentunya salah satunya adalah pohon kurma. Pada sebuah kuburan Mesir kuno ditemukan mumi yang ditutupi oleh tikar yang terbuat dari pelepah kurma. Selain itu ditemukan juga sebuah pohon kurma utuh disebuah kuburan kuno didaerah Shakra dan kuburan itu sudah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi. Bahwa di daerah yang menjadi ibukota Al-Wadi Al-Jadidi di Mesir ditemukan sisa-sisa pohon kurma dari zaman batu.

    Sampai sekarang para ilmuan masih berselisih pendapat tentang asal-muasal pohon kurma. Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem asal Italia yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, dalam bukunya Mausu’ah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau Ensiklopedia mukjizat ilmiah hadits nabi dijelaskan bahwa ada beberapa jenis kurma yang tidak tumbuh dengan baik kecauli di daerah subtropis yang memiliki curah hujan yang sangat jarang dan akar-akar pohon jenis tersebut membutuhkan air yang cukup sehingga ia berjuang melawan kadar air asin.

    Menurut Dr. Ahmad Syauki Ibrahim penjelasan Erdowardo tadi menunjukkan bahwa asal mula pohon kurma dari daerah teluk Arab karena karakteristik daerah yang disebutkan Erdowardo Bakari hanya terletak di daerah sepanjang pesisir teluk Arab dan selatan India atau yang beriklim serupa adalah lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai Nil.

    1. Macam-macam Jenis Kurma

    Terdapat lebih dari 500 jenis kurma yang ada tetapi ada 3besar yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dipasaran dikarenakan bentuk dan rasanya:
    1. Kurma Ajwa (Kurma nabi)
    KurmaAjwa (Nabi) varietas unggul yang paling mahal dipasaran Sekitar 450 ribu/Kg.
    2. Kurma Madjool
    KurmaMadjol. Varietas yang banyak berkembang dicalifornia. Ukuran buah besar dari yang lain dan rasa sangat manis kenyal.
    3. Kurma Tunisia (Deglet Noor)
    Kurma Deglet noor Banyak dibudidayakan ditunisia, Bentuk lonjong Semi kering dan rasa tidak terlalu manis.

    2. Fase-Fase Pembentukan Buah Kurma
    Lihat lampiran 17149
    Pada tahap “HABABOUK” yang memiliki Sinonim: Habbabok, Hababauk. penyebutan nama untuk klasifikasi dimulai setelah proses terjadinya pendebungaan / penyerbukan dengan ukuran sebesar pentul korek api dan berlanjut hingga awal fase kimri. Menurut beberapa sumber data, proses perkembangan buah pada tahap ini biasanya membutuhkan waktu 30 – 45 hari, namun pada tahap hababouk ini tergantung dari varietas, lokasi dan kondisi iklim setempat.
    FASE KIMRI
    [​IMG]
    Pemberian nama pada fase ini memiliki sebutan lain (Khimri, Jimri) tahap perkembangan buah di masa ini tergolong cukup sulit, tahap kimri memiliki ukuran kecil cenderung berwarna hijau muda. Dalam hal pertumbuhan dan perkembangan, pembagian di kalsifikasi fase ini menurut beberapa literatur Ini adalah tahap terpanjang. memakan waktu antara 60 – 98 hari, tergantung dari varietas, cuaca dan kondisi lingkungan sekitar.

    [​IMG]
    Pada tahap “KIMRI” buah belum cocok untuk dikonsumsi, namun untuk keperluan pengobatan menurut resep tradisional suku Arab Badui, kurma pada fase ini sudah diperdagangkan di pasar terbuka di beberapa bagian Arab Saudi. Kurma muda dengan warna hijau (dan ada juga yang dalam bentuk kering) dijual sebagai obat kesuburan pria dan wanita. Rasanya pahit kelat pada fase kimri sehingga kurang cocok untuk di konsumsi layaknya kurma kering .

    FASE KHALAL
    Secara fisik buah kurma pada tahap ini bisa dikatakan matang, dan ada beberapa varietas yang sudah layak di jual sebagai buah kurma segar. Tekstur daging masih keras atau renyah dan Fase khalal ditandai dengan terjadinya perubahan warna dari hijau muda ke kuning kehijauan, kuning, merah muda, merah atau ungu tergantung dari varietas buah kurma.

    [​IMG]
    Di tahap KHALAL ini juga terjadinya perubahan biji kurma dari warna putih menjadi coklat, proses perubahan dari Khalal menuju Rutab memerlukan waktu 21-30 hari, namun sekali lagi faktor varietas, cuaca dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi panjang pendeknya di tahap khalal.

    Di fase ini ada beberapa varietas yang sudah memiliki rasa buah manis dan sudah bisa di jual di pasaran, seperti Barhee, Khalas dan beberapa jenis kurma lainnya.

    FASE RUTAB
    Pada fase ini merupakan penampilan yang indah dari segi warna, terjadinya perubahan warna matang di mulai dari bagian pucuk buah, kombinasi warna antara coklat dan kuning pada varietas Barhee kuning akan semakin indah. Namun , perubahan warna adalah berbeda-beda tergantung dari varietas. Kurma pada fase ini umumnya memiliki harga jual yang bagus di toko kurma.

    [​IMG]
    Masa yang dibutuhkan dalam fase ini biasanya singkat antara 10 – 25 hari, tergantung juga dari varietas, faktor cuaca dan lingkungan setempat. Pada perkebunan komersial kadang sudah memanen buah untuk di jual dalam bentuk segar atau di jadikan kurma kering (tamr), yang melalui proses penjemuran di bawah terik matahari atau menggunakan mesin oven terlebih dahulu.

    FASE TAMAR / TAMR
    Pada tahap ini merupakan bagian akhir dari proses perkembangan buah kurma berdasarkan nama dan pengklasifikasian, pada fase tamar buah dinyatakan sudah matang sempurna di pohon. Perubahan warna paling drastis ada di tahapan ini dari warna kuning ke coklat kusam atau hampir hitam (tergantung dari varietas). Ciri paling umum dapat dikenali dengan mudah dari perubahan kulit yang semula kencang di fase rutab menjadi berkerut dan memiliki warna semakin gelap seiring waktu.

    [​IMG]
    Waktu yang diperlukan di akhir fase tamar lebih kurang 30 hari , dan dalam 1 tandan kurma tidak memiliki proses pematangan sempurna secara bersamaan. Umumnya perkebunan skala komersial sudah memasang jaring brongsong ketika buah sudah memasuki fase Khalal menuju Rutab, Jika tujuan perkebunan tersebut memanen buah kurma secara bertahap pada fase tamr yang biasa kita makan dalam puasa.
     
    • Suka Suka x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini