1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Kenapa Tanaman Di Pinggir Tembok Bisa Subur?

Diskusi dalam 'Tips Berkebun' dimulai oleh Rendy Achmad, Des 1, 2016.

  1. Rendy Achmad

    Rendy Achmad Aklimat

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    DKI Jakarta
    Rating:
    +30
    Adakah yang pernah berpikir, kenapa banyak tanaman yang tumbuh dipinggir tembok itu rerata bisa tumbuh subur walaupun tidak pernah kita rawat???

    Apakah hanya mitos atau hanya isapan jempol belaka???

    Awalnya ane juga berpikir kalau itu hanya kebetulan, tapi ternyata setelah ane mencari di beberapa artikel mengatakan bahwa ada kandungan dari semen sebagai bahan yang digunakan dalam membuat tembok itu yang dapat membuat tanaman subur lho....

    Tau nggak bahan baku semen itu apa ?

    Dari beberapa literatur di internet menyebutkan bahan utama semen adalah batuan kapur. Namun tidak semua jenis batuan kapur bisa dijadikan bahan baku pembuatan semen. Hanya batuan kapur jenis “lime stone" lah yang bisa dijadikan bahan baku utama pembuatan semen. Tau nggak bahwa batuan kapur berupa “lime stone" itu sumber oksida dalam mengkonversi golongan fhosfat, yang umumnya tercampur magnesium oksida, dan magnesium sulfat ?

    Terus, Kenapa semen bisa mengeras???

    Jawabannya karena pabrikan semen punya zat aktif sendiri dengan mencampur pasir berkadar silika dan zat aktif berupa damdex dan sebagainya yang fungsinya mengikat. Bahan aktif damdex tersebut hanya bisa bereaksi 1 x dengan air, dan kenapa para pekerja bangunan selalu mengaduk dengan pasir bukan dengan tanah ? Karna pasir memiliki kadar silika tinggi dan berfungsi mengikat partikel-partikel lain. Semakin besar kadar silika dan besi oksida ( pada pasir ) maka semakin kuat daya ikat zat aktif tersebut. Ketika paska pengikatan atau tepatnya tembok ditandai dengan retak atau runtuh maka kadar zat aktifnya berangsur-angsur hilang dan tidak bisa bereaksi lagi. Kalau kita mau menjabarkan, berupa kandunganya yang telah teroksida ( artinya melepaskan ) maka di dalam tanah beserta mineral dalam tanah maka sebaliknya, akan terjadi proses reduksi artinya pengikatan karena limstone adalah sumber oksida dan silika adalah sumber pengikat. Sebenernya konsep ini rumit dijabarkan, tapi tentu kita bertanya-tanya apa sih kegunaan semen keras yang dibubukkan inibila di campur dengan tanah ?

    Berikut ini beberapa peran dan manfaat runtuhan tembok bagi tanah dan tanaman :

    1. Menyediakan unsur kalsium karbonat (karena kapur dan lime stone kaya kalsium dan masih ke dalam golongan ortofhosfat)

    2. Menyediakan unsur silika yang artinya bersifat mengikat mineral dalam tanah, dan ini bisa di katakan mineralisasi ( bila media anda kaya nitrogen maka ketersedian nitrogen bagi tanaman dalam jangka panjang akan terpenuhi,serta bisa bereaksi cepat dengan golongan ortofhosfat dalam tanah)

    3 . Menyediakan unsur besi Oksida Fe3 , ketika bereaksi dengan oksigen dan hidrogen maka membentuk rumus fe3(o4) sedang yang diserap tanaman dalam bentuk fe3+ dan fe2+ karena terlibat dalam reaksi redoks ( oksidasi dan reduksi). lon besi penting bagi pembentukan klorofil, zat karbohidrat, lemak, protein dan enzim. Akan tetapi meskipun Fe tidak menjadi komponen zat klorofil, namun berperan sebagai katalisator pada sintesa polisakarida.

    4. Magnesium sulfat terlibat dalam proses reduksi , karena masuk dalam bentuk mineral sulfat .Yang bisa diserap tanaman dari proses redoks magnesium sulfat ialah;

    - ion sulfat dalam bentuk hidrogen fhosfat
    - ion sulfur
    - anion oksida
    - ion mg++

    Dan fungsi keseluruhan magnesium sulfat adalah menarik (mereduksi) senyawa fhosfat organik dalam tanah dan menghasilkan enzim pyrophosfat organik serta merespon anakan buah secara keselurhan. Dan.. tak ayal tanaman yang tumbuh di pinggir tembok itu batangnya gede - gede , atau daunya lebar-lebar. Atau anda lihat tanaman besar ketika akarnya berhadapan dengan tembok rumah anda , tak ayal pula tembok anda yang kalah, karna 80% zatnya di serap akar dan menguras silika dalam jumlah besar. Semakin silika terkuras , maka zat aktif pada semen itu semakin menipis.

    Dan dalam sebuah grup pertanian "Belajar Bareng Berkebuh 3B" (grup di Facebook), ternyata sudah banyak pula yang mengaplikasikan runtuhan tembok ini sebagai pupuk untuk tanaman mereka. Walaupun teori dalam penjabaran secara kimiawi tentang runtuhan tembok untuk tanaman ini agak rumit untuk dijelaskan, tapi ternyata prakteknya sangat mudah padahal lho. Cukup menumbuk bongkahan tembok jadi agak halus dan dicampur dengan media tanam anda , atau bisa jadi top soil ( bagian atas media tanam anda). Jangan takut mengeras, kalau pun mengeras mungkin tanaman anda esok menjadi patung liberty ,heehehehehe :happy::roflmao::roflmao:

    Selamat mencoba,:happy:




    Catatan:

    - semenportland'. dominan dolomit

    - semen kujang, gresik: dominan unsur fhosfat

    - semen tigaroda. dominan silika

    - semen holcim: kalsium fhosfat dan magnesium sulfat

    -semenputih: setara dolomit dengan kadar kalsium oksida, senyawa-senyawa ortofhosfat dan silika dalam jumlah besar



    By: Diana Rizani Yuwana




    Sumber :
    Disini dan disini

    13775887_10210012932189552_363110818892766869_n.jpg
     
    • Suka Suka x 2
    • Jenius! Jenius! x 2
  2. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    manfaat banget nih infonya .. cuma dr segi estetika kurang enak dilihat .. usul : rontokan tembok ditutup pake batu2 hias ..
     
  3. Rendy Achmad

    Rendy Achmad Aklimat

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    DKI Jakarta
    Rating:
    +30
    Jika mengharapkan unsur estetikanya runtuhan tembok bisa dtumbuk hingga halus laludicampurkan ke media tanam pakbun..kalo digambar itu contoh dirumah ane..jangan ditiru..hihihi
     
  4. Budiono

    Budiono Kosmopolit

    Postingan:
    1,324
    Poin Piala:
    140
    Lokasi:
    Aix En Provence
    Rating:
    +842
    hehehe .. sipp gann ..
     
  5. Kartono

    Kartono Anakan

    Postingan:
    21
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Jambi
    Rating:
    +9
    Terima kasih infonya Pakbun @Rendy Achmad@Rendy Achmad, sesuatu yang selama ini kita anggap akan menggagu pertumbuhan tanaman ternyata sangat bermanfaat. patut untuk dicoba.
     
    • Setuju Setuju x 1
  6. Rendy Achmad

    Rendy Achmad Aklimat

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    DKI Jakarta
    Rating:
    +30
    Masama pakbun..jadi pertanyaan kita terjawab kenapa banyak tanaman yang tumbuh subur disela2 tembok yg retak..hehe
     
  7. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,066
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,142
    IMG20161201155257.jpg

    Saya sudah membuktikan saat ini tanaman terong dan sawi serta brokoli proses berbunga dan pertumbuhan

    Karena ditanah tersebut dulu nya untuk meraduk semen dan sisa semen dan pasir serta zat kapur masih keras ..saya coba gali dan hancurkan secara manual ..ampe tangan ngilu ngilu ... namun secara bertahap ...akhirnya jad petak lahan sesempit itu

    Kalau di lihat pertumbuhan bagus sekali dgn melihat kekokohan tanaman dari akar hingga bentuk

    Namun saya sertakan kompos jerami padi dan campuran tanah andosol ... setiap pagi pekerjaan saya kalau sengang nyingkirin kerikil dan batu an ... tp lihat proses pertumbuhan jd semangat untuk belajar berkebun diatas lahan yang penuh pasir serta sisa bangunan .

    IMG20161201154715.jpg

    Obat tangan ngilu apaan yah ?
     
    • Suka Suka x 3
  8. Rendy Achmad

    Rendy Achmad Aklimat

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    DKI Jakarta
    Rating:
    +30
    Hihihi..keren pakbun kebunnya..kalau obat cape dan ngilu c biasanya ane suja minum rebusan serai wangi..bisa juga utk rendaman badan..enak segar pakbun..hehe
     
    • Suka Suka x 1
  9. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,420
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,241
    Oh kalo ini saya percaya, soalnya kata seorg momod kebunpedia juga gitu. Secara ngga sengaja, cabe2 tumbuh subur dan lebat buahnya gara2 ditanam di samping bongkaran.
    Yg satunya malah sengaja naruh bongkaran tembok buat dasar polybag. :whistling:

    Thank's lengkap penjelasannya, pakbun @Rendy Achmad@Rendy Achmad :jempol:.
     
    • Suka Suka x 1
  10. Rendy Achmad

    Rendy Achmad Aklimat

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    23
    Lokasi:
    DKI Jakarta
    Rating:
    +30
    Sama sama Bu bund @Kmommy@Kmommy :inlove::inlove::inlove:
     
  11. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    2,858
    Poin Piala:
    400
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +2,031
    Dipijat Istri tercinta.
     
  12. Y@NTI

    Y@NTI Kosmopolit

    Postingan:
    2,858
    Poin Piala:
    400
    Lokasi:
    Subang
    Rating:
    +2,031
    Pantas saja. Dibekas reruntuhan rumah/rumah kosong. Tanamannya bisa penuh rimbun padahal tanpa perawatan.
    Coba aq hancurkan sisa puing bekas bangunan dan ditruh dibawah pot seperti modly @Kmommy@Kmommy :woot:
     
  13. muhadi

    muhadi Momod

    Postingan:
    377
    Poin Piala:
    63
    Rating:
    +176
    Tapi tolong utamakan tembok2 tua ya om...jangan tembok rumah baru di getokin....
     
  14. Ocha

    Ocha Anakan

    Postingan:
    18
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +1
    ini pertanyaan saya juga kmren2 pak bun @Rendy Achmad@Rendy Achmad ... terjawab sudah... :laugh::laugh:
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...