1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Kiat Sukses Budidaya Jeruk Nipis

Diskusi dalam 'Forum Pertanian & Agribisnis' dimulai oleh sigit, Mar 18, 2015.

  1. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,387
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,643
    Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah tanaman perdu yang memiliki banyak cabang dan berduri dengan tinggi sekitar 1,5 – 3,5 meter. Daunnya berbentuk bulat telur dengan ujung tumpul berwarna hijau tua mengkilat pada permukaannya dan berwarna hijau mudah pada bagian bawahnya. Bunganya kecil berwarna putih kekuning-kuningan, sedang buahnya yang memiliki diameter 3,5 – 5 cm mengandung banyak air berrasa masam dengan aroma yang sedap. Karena itulah jeruk nipis banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, disamping untuk bahan minuman, campuran jamu seduh, parfum, kosmetik, serta bahan obat-obatan.

    Jeruk tipis akan tumbuh dengan maksimal jika ditanam di daerah yang memiliki ketinggian 10 – 1000 meter dpl dengan derajat keasaman tanah pH 5 – 6, curah hujan 1000 – 2000 mm/tahun, kelembaban 70- 80%, kecepatan angin 40 – 48%, dan temperature optimal 25 – 30<sup>o</sup> Celcius. Jeruk nipis sangat membutuhkan sinar matahari, karena itu sangat baik jika ditanam di area terbuka tanpa naungan.

    [​IMG]

    Meski kondisi tanah dan kondisi alam cukup ideal untuk pertumbuhan jeruk nipis, tanaman ini tidak akan dapat tumbuh dengan baik jika tekhnik pembudidayaannya salah. Untuk itu, agar lebih praktis berikut kami ulas kiat sukses budidaya jeruk nipis sebagaimana tertulis di bawah ini :

    Pembibitan

    Tanaman jeruk nipis dapat dikembangbiakkan dengan 3 cara, yakni dengan cara generatif, vegetatif, serta gabungan dari kedua cara tersebut.
    • Cara generatif dilakukan dengan mengambil biji dari buah jeruk nipis yang sudah tua. Biji tersebut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari selama 2 - 3 hari sampai lender yang menyelimuti biji tersebut hilang. Biji yang sudah kering tersebut selanjutnya ditanam di ladang persemaian. Cara generatif ini memiliki kekurangan, yakni butuh waktu yang lama, sekitar 5 – 6 tahun, untuk menunggu tanaman jeruk nipis berbuah. Kelebihannya, batang pohon yang diperoleh dengan cara generatif ukurannya lebih besar dan lebih kokoh.
    • Cara Vegetatif dilakukan dengan mencangkok cabang atau ranting pohon jeruk nipis untuk ditanam di lahan tanam. Cabang atau ranting yang akan dicangkok harus dipilih yang umurnya sedang, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Kuliti cabang/ranting tersebut sepanjang 5 – 10 cm, dan kerat kambiumnya sampai bersih, lalu angin-anginkan selama 1 x 24 jam. Setelah itu, tutup bagian cabang/ranting yang telah dikuliti dengan tanah dan bungkus menggunakan sabut kelapa. Ikat kedua ujung sabut tersebut seperti mengikat permen, dan jaga kelembaban cangkokan dengan menyiramnya setiap hari. Setelah tumbuh banyak akar pada cangkokan, potong cabang/ranting yang dicangkok dan tanamlah di lahan tanam. Tanaman jeruk nipis yang diperoleh dari pencangkokan akan lebih cepat berbuah, namun memiliki batang yang rapuh, dan lebih mudah terserang penyakit.
    • Cara pembibitan dengan menggabungkan cara generatif dan vegetatif disebut juga okulasi. Cara ini dapat dilakukan jika ada tanaman jeruk nipis yang diperoleh dari pembibitan secara generatif yang memiliki batang kuat dan tahan penyakit. Untuk melakukan okulasi, ambillah mata tunas dari pohon jeruk nipis (bisa juga jenis jeruk lainnya) yang buahnya besar dengan cara mengirisnya dari batang sedalam 1,5 cm. Bersihkan ujung-ujung irisan tersebut hingga berbentuk segi empat. Buat pula lubang segiempat dengan ukuran yang sama pada batang induk dan masukkan irisan mata tunas tadi ke lubang batang induk. Saat memasukkan atau menempel irisan mata tunas ke batang induk, jaga agar tidak ada kotoran yang menempel pada kambium, karena akan mengganggu proses pertumbuhan mata tunas. Setelah mata tunas ditempelkan, ikat dengan tali plastik. Dua minggu setelah proses okulasi, hasilnya sudah bisa dilihat, apakah berhasil atau tidak. Jika berhasil, mata tunas tersebut akan berwarna hijau segar dan melekat dengan sempurna pada batang induk.

    [​IMG]

    Lanjut dibawah...
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Mei 16, 2016
  2. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,387
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,643
    Penanaman
    • Untuk proses penanaman bibit jeruk nipis, baik yang diperoleh dengan cara generatif maupun vegetatif dilakukan dengan terlebih dahulu mengolah lahan tanam. Pilihlah lokasi tanam yang baik, bersihkan dari rumput serta tumbuhan pengganggu lainnya.
    • Buatlah lubang tanam berukuran 80 x 80 x 80 cm, dan biarkan lubang tanam tersebut selama 2 – 4 minggu. Setelah itu masukkan pupuk dasar berupa kompos atau pupuk kandang sebanyak 20 kg untuk setiap lubang tanam, dan biarkan kembali selama 5 – 7 hari.
    • Selanjutnya bibit jeruk sudah dapat ditanam pada lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 5 x 5 meter atay 6 x 6 meter.
    Perawatan
    • Jika kondisi tanah tidak seberapa subur, pemupukan harus dilakukan secara kontinyu dan teratur setiap 2 – 3 bulan sekali berupa pupuk kandang atau kompos serta pupuk buatan seperti urea, TSP, KCL dan jenis pupuk lainnya. Jika kondisi tanah subur, pemupukan lanjutan dapat dilakukan setelah tanaman jeruk nipis berumur 4 tahun.
    • Penyiangan tanaman dari rumput dan tumbuhan pengganggu dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kondisi tanah di sekitar tanaman. Untuk membersihkannya dapat digunakan golok, koret atay cangkul.
    • Meskipun tanaman jeruk nipis menyukai tempat terbuka dengan sinar matahari yang cukup, tanaman ini juga membutuhkan air, terutama pada saat sedang berbunga dan berbuah. Disaat tanaman mulai berbunga, buatlah lubang di sekeliling pohon jeruk sedalam 10 – 15 cm dengan jarak sekitar 40 – 50 cm dari batang pohon dan gunakan lubang tersebut untuk menyiram tanaman dengan cara memasukkan air ke dalam lubang tersebut.
    • Agar tajuk pohon jeruk nipis memiliki bentuk yang simetris, lakukan pemangkasan. Dengan bentuk yang simetris, tanaman akan dapat menyerap sinar matahari dengan lebih optimal. Selain itu, pemangkasan juga dapat dipakai untuk mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Cara melakukan pemangkasan adalah dengan memotong batang tanaman setinggi 60 cm dari atas tanah. Pada batang yang terpotong tersebut, nantinya akan tumbuh tunas-tunas baru. Pilihlah 3 – 4 tunas untuk dijadikan cabang utama/primer, dan buang/pangkas tunas yang lain. Setelah tanaman berumur setahun dan cabang primer sudah terbentuk, lakukan kembali pemangkasan pada cabang tersebut hingga panjangnya hanya tinggal sekitar 20 cm. Dari cabang primer tersebut nantinya akan tumbuh cabang sekunder. Pilihlah 3 – 4 tunas yang akan dijadikan cabang sekunder, dan buang/pangkas tunas yang lain.
    [​IMG]
    Pemanenan
    • Tanaman jeruk nipis berbuah untuk pertama kalinya pada umur 3 tahun, hanya saja buah yang dihasilkan relatif masih sedikit. Saat berumur 4 – 5 tahun produktifitas jeruk nipis mencapai 20 kg buah untuk setiap batang pohon. Produktifitas tersebut meningkat pada umur 6 – 15 tahun dengan menghasilkan sekitar 50 kg untuk setiap batang pohon. Pada umur 16 tahun lebih produktifitas kembali menurun dengan hanya menghasilkan 30 kg perbatang pohon.
    • Sejak berbunga hingga bunga tersebut menjadi buah yang siap dipetik, dibutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 7 – 8 bulan. Buah yang sudah tua dan siap dipetik ciri-cirinya berwarna hijau kekuning-kuningan, tidak terlalu keras, dan bagian bawah buah sudah agak empuk saat ditekan.
    • Untuk memetik buah jeruk tipis dapat digunakan pisau tajam atau gunting pangkas. Cara memetiknya dengan memotong tangkai batang.
    • Buah jeruk nipis yang sudah dipetik, diletakkan dalam keranjang atau wadah lainnya yang diberi alas jerami atau kain yang lembut. Setelah proses pemanenan selesai, bersihkan buah jeruk nipis menggunakan air dan lap dengan kain halus sampai kering. Pisahkan buah jeruk yang berukuran besar dengan yang kecil, dan buang jeruk rusak/terserang penyakit. Masukkan jeruk ke dalam peti sebelum siap untuk dijual.
    Mengingat begitu banyaknya manfaat dari jeruk nipis, permintaan pasar setiap harinya tidak pernah berkurang. Itu sebabnya, budidaya jeruk nipis bisa dibilang memiliki prospek yang cukup cerah. (*)
     
    • Suka Suka x 2
  3. Aris Widianto

    Aris Widianto Aklimat

    Postingan:
    28
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Kota Batu
    Rating:
    +31
    informasi yang bagus pakbun @calvin@calvin kebetulan kemarin ada sisa batang bawah jeruk saya okulasi jeruk Nipis, Lemon, dan Purut. sekarang tinggi hasil okulasianya sudah 30 cm. awal musim hujan bisa ditanam di lapang dalam jumlah banyak, dengar dengar disini permintaan buahnya juga cukup tinggi.
     
  4. Insan Progresif

    Insan Progresif Endemis

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    31
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +1
    Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat bagi yang sedang mencari info <a href="Panduan & Cara Bertanam">pertanian dan bertanam cabai</a>. Potensi Indonesia sangat besar untuk <a href="Panduan & Cara Bertanam">mengembangkan agrobisnis</a> jika dikelola dengan dukungan sistem dan ilmu pengetahuan.
     
  5. SiCynthiaPhotos

    SiCynthiaPhotos Aklimat

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    20874
    Rating:
    +2
    Halooo... saya sedang coba2 menanam jeruk limau. Tdk punya pengalaman bercocok tanam sama sekali. Termotivasi krn pingin makan sambal yg enak. Hehehe! Pokoknya modal nekat. Krn jeruk limau ini ditanam di negara 4 musim dan saya tdk punya lahan kebun utk bercocok tanam. Hanya ada balkon dan pot2 seadanya.
    Ditanam dari biji dan stlh 9 minggu ada perkembangan... at least sudah keluar daun2. Hanya saya ketar ketir krn sebentar lagi musim gugur dan dingin. Gimana ini?! Tanaman mau saya pindahkan ke dlm ruangan dan pasang lampu khusus pengganti sinar matahari.
    Kira2 ada masukan gak?
    Terimakasih sblm nya....
     
  6. Khairil Anshari

    Khairil Anshari Anakan

    Postingan:
    4
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Saya cukup tertarik untuk menanam jeruk nipis. Selain okulasi, perkembangbiakan vegetatif untuk jeruk nipis ini apa lagi ya? Apakah bisa dilakukan sambung pucuk? Ditunggu jawabannya!
     
  7. najib1234

    najib1234 Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +1
    terima kasih atas infonya, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan,
    1. sebenarnya jenis dari jeruk nipis yang sering ditanam di Indonesia ada berapa?
    2. Kadang orang salah membedakan jeruk nipis dan Limun, apa beda dari keduanya?

    terima kasih, semoga dapat dijawab dengan baik.
    KONTAK KAMI
     
  8. Fahrur Roiq

    Fahrur Roiq Aklimat

    Postingan:
    2
    Poin Piala:
    11
    Rating:
    +0
    artikel ini sangat menarik, dan terimakasih atas artikel ini saya mungkin akan mencoba mempelajari teknik pembibitan jeruk nipis. tks yaa gan.. salam kenal dari djati mebel jepara.
     
  9. andijihad

    andijihad Endemis

    Postingan:
    60
    Poin Piala:
    38
    Lokasi:
    Dunia Hijau
    Rating:
    +19
    [​IMG]
    - Perbedaan Asal Usul, Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah spesies jeruk yang berasal dari daratan Asia Tenggara, sedangkan jeruk lemon (Citrus limon) -atau biasa disebut lemon saja- merupakan spesies jeruk yang berasal dari daratan Asia Timur. Meski demikian, kedua jenis jeruk ini sekarang telah menyebar dan banyak dibudidayakan sebagai tanaman unggulan terutama di daerah-daerah yang beriklim tropis.

    - Perbedaan Warna, Warna kulit jeruk lemon kuning, sedangkan kulit jeruk nipis umumnya berwarna hijau. Kendati demikian, menggunakan warna sebagai indikator pembeda jeruk lemon dan jeruk nipis kadang tidaklah akurat, mengingat ada pula beberapa spesies jeruk nipis yang memiliki warna kuning saat matang.

    - Perbedaan Bentuk Buah, Jeruk lemon umumnya berbentuk bulat lonjong sedangkan jeruk nipis umumnya bulat padat. atau dapat dilihat pada gambar diatas :D

    - Perbedaan Rasa
    P
    erbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis juga dapat diketahui dengan mencicipinya. Rasa jeruk nipis dan jeruk lemon jelas sangat berbeda. Rasa jeruk nipis umumnya sangat asam hingga sedikit pahit, sedangkan rasa jeruk lemon asam tapi ada rasa manis-manisnya meski hanya sedikit. Perbedaan rasa kedua jeruk ini dapat efektif dibedakan jika sudah matang.

    - Perbedaan Manfaat Karena memiliki rasa yang berbeda
    Dimasyarakat, Jeruk Nipis umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Jeruk nipis terutama bermanfaat untuk menghilangkan aroma amis pada masakan berbahan ikan. Adapun jeruk lemon umumnya cenderung lebih sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman sitrun. Terlepas dari manfaat umumnya, tak dapat dipungkiri juga bahwa keduanya juga memiliki manfaat-manfaat lain yang serupa.

    - Perbedaan Kandungan Kimia dan Nutrisi
    Jeruk Nipis umumnya mengandung senyawa kimia berupa pektin, bioflavonoids geraniol asetat, limonene, alpha-pinene, alpha-terpinene, beta-pinenefelandren, citral, koumarins, asam sitrat, linalil asetat, serta nutrisi yang antara lain vitamin A, B1, B2, C, dan mineral berupa fosfor, kalsium, besi, protein, serat, karbohidrat, dan lemak.
    Adapun jeruk lemon umumnya mengandung senyawa kimia berupa asam sitrat, triptofan dan lisin, sitral, felandren, limonen, lemon kamfer, Asam askorbat, gerani-lasetat, kadinen, linali-lasetat, nildehid, aktilaldehid, Glikosida, Asam sitrun, serta nutrisi yang antara lain Vitamin C, B1, dan mineral berupa Kalsium, Fosfor, Zat besi, dan belerang.

    - Perbedaan Khasiat
    Jeruk lemon, digunakan sebagai bahan antikanker, penurun kolesterol, mencegah pengerasan pembuluh darah, mengobati tekanan darah tinggi, dan batu empedu. Sedangkan Jeruk Nipis umumnya digunakan untuk meredakan amandel, ambeien, terlambat datang bulan, nyeri haid, perut mules. selain itu jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut.

    Kendati memiliki beberapa perbedaan, ada pula beberapa manfaat yang sama. Persamaan jeruk lemon dan jeruk nipis dalam hal khasiat pengobatan misalnya sebagai antioksidan (memperlambat penuaan) :D:D, membersihkan kulit, mencegah keriput, meningkatkan stamina, menghilangkan haus dan tidak nafsu makan (buat yang mau diet), menghilangkan lesu dan lelah, saluran nafas (bronchitis) dan radang tenggorokan (pharyngitis), batuk berdahak, serta masalah gangguan pencernaan (dyspepsia).

    untuk pertanyaan nomer 1 semoga yang di bawah saya bisa membantu :)
    semoga bermanfaat, salam
    @najib1234@najib1234
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Des 7, 2016
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini