1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Mari Mengenal Kantong Semar

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Sukri Sudin, Feb 6, 2016.

  1. Sukri Sudin

    Sukri Sudin Endemis

    Postingan:
    114
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Kediri
    Rating:
    +46
    Selamat pagi kebuners..
    Selamat beraktivitas di pagi hari yang sejuk ini..

    Pada kesempatan pagi hari ini, Saya ingin berbagi kepada kebuners tentang salah satu tanaman yang digolongkan tanaman karnivora yaitu tanaman kantong semar. Nama latin dari tanaman ini adalah Nepenthes sp atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Tropical pitcher plant. Tanaman ini terdiri dari banyak spesies, setidaknya ada sekitar 103 spesies.

    [​IMG]
    Kantong semar memiliki keunikan tersendiri karena hampir semua spesiesnya adalah tanaman karnivora (pemakan daging). Selain itu keunikannya juga terdapat pada bentuk, ukuran dan corak dan warna kantongnya. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin merawan tanaman ini, bahkan tanaman ini banyak diburu oleh masyarakat karena jumlahnya yang sudah langka.
    Tanman ini hidup dan berkembang mulai dari wilayah Asia Tenggara, Australia bagian utara hingga Cina bagian selatan.Bahkan ada juga yang ditemukan di Madagaskar, India, Kelodia Baru dan Sri Lanka. Negeri Kita ini, Indonesia adalah merupakan wilayah yang memiliki paling banyak spesies kantong semar. Paling tidak ada sekitar 64 spesies kantong semar di Indonesia.

    [​IMG]
    Kantong semar memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa wilayah Indonesia. Kebuners mungkin bisa membantu untuk menambahkan. Diantara nama-nama kantong semar di beberapa daerah Indonesia adalah:
    - Di Jambi disebut sebagai Kantong Beruk
    - Di Riau disebut dengan Periuk Monyet
    - Di Jawa Barat disebut dengan Sorok Raja Mantri
    - Di Bangka disebut dengan Ketakung
    - Di Dayak Bakumpai disebut dengan Telep Ujung.
    - Di Dayak Katingan disebut dengan Ketupat Napu.
    - Di Dayak Tunjung disebut dengan Selo Belolongong

    Kantong semar biasanya hidup di hutan hujan tropik dataran rendah, hutan gambut, pegunungan, hutan meranggas, padang savana hingga gunung kapur . Kantong semar sebagian besar hidup secara empifit, yaitu dengan menempel di batang atau dahan pohon lain dengan batang yang memiliki panjang hingga mencapai 20 m. Secara umum, kantong semar memiliki sulur di ujung daunnya. Sulur ini akan bisa dimodofikasi membentuk kantong yaitu sebuah alat perangkap yang digunakan dengan tujuan menangkap mangsanya misalnya kodok dan serangga.

    Kantong semar termasuk kategori flora berumah dua. Maksudnya adalah bahwa tiap tanaman hanya memiliki satu macam kelamin bunga. Jadi agar bisa menghasilkan keturunan,tanaman ini harus melakukan perkawinan silang. Hal inilah yang menyebabkan banyak terdapat species kantong semar yang lahir dari hasil persilangan alami. Tanaman ini dapat juga berkembang biak dengan cara vegetatif (tunas).


    Sewaktu daun masih muda, Kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Lantas, membuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantung flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Maksudnya adalah agar proses pencernaan berjalan dengan baik serta tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah ia telah peroleh.

    Bibir lubang kantung dilengkapi dengan alat penipu. Organ itu berwarna merah serta mampu menebarkan aroma manis. Warna bibir Kantong Semar yang merona serta beraroma manis itu akan memikat dan membuat lengah calon mangsa. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantung antara yang licin. Cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantung tengah lalu mencerna tubuh mangsa itu. Tubuh mangsa naas itu kemudian diolah menjadi garam Posphat dan nitrat yang kemudian diserap oleh kantong Semar.

    Tidak semua jenis Kantong Semar memiliki mangsa favorit yang sama. Semut adalah menu kesukaan bagi Nepenthes mirabilis namun ada juga yang menyukai rayap seperti N. albomarginata. Ada pula species katung semar yang “vegetarian” alias tak suka menyantap daging tetapi melalap guguran dedaunan dari tumbuhan yang berada di atasnya (Nepenthes ampullaria). Bahkan ada Kantung Semar yang menyukai kotoran burung (Nepenthes lowii).

    [​IMG]

    Tanaman Kantong Semar yang Merupakan Karnivora

    Tidak semuanya kantong semar digolongkan karnivora, namun sebagian besarnya adalah karnivora.
    Ketika daun masih muda, Kantong pemangsa pada kantong semar tertutup. Kemudian, membuka ketika telah mencapai umur dewasa. Akan tetapi tidak berarti kantung tanaman ini menutup ketika masih muda saja. Kantong semar menutup diri ketika sedang menyerang mangsanya. Maksudnya adalah agar proses pencernaan berjalan dengan lancar dan tidak diganggu oleh sekelompok musuh yang siap merebut makanan yang telah ia peroleh.

    [​IMG]

    Kantong semar memiliki makanan favorit yang berbeda-beda. Bagi Nepenthes mirabilis makanan kesukannya adalah semut, berbeda dengan species N. albomarginata yang lebih menyukai rayap. Namun ada pula species dari tanaman ini yang tidak menyukai daging, makannya dengan cara melalap daun-daun yang berguguruan dari tumbuhan yang tepat ada di atasnya, nama speciesnya adalah Nepenthes ampullaria. Berbeda lagi dengan species Nepenthes lowii, species ini lebih suka makan dari kotoran burung. Sangat unik memang tanaman yang satu ini.

    Sekian yang dapat Saya sampaikan pada kebuners pada kesempatan kali ini.
    Semoga bermanfaat.
    Salam sekop !!!
     
    • Suka Suka x 1
    • Informatif Informatif x 1
  2. Agus Kurniawan

    Agus Kurniawan Endemis

    Postingan:
    199
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Jember
    Rating:
    +78
    Cantik juga ya si Kantong semar. Untuk wilayah sekitar Jember, dimana bisa beli bibitnya?
     
    • Suka Suka x 2
  3. yoh

    yoh Aklimat

    Postingan:
    32
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    situbondo
    Rating:
    +13
    Cb kerumah anggrek, sblum naik ke rembangan, terakhir kesana ad n.reinwardthiana beberapa
     
    • Suka Suka x 1
  4. Agus Kurniawan

    Agus Kurniawan Endemis

    Postingan:
    199
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Jember
    Rating:
    +78
    Thanks infonya. @Sukri Sudin@Sukri Sudin kok paham betul wilayah Jember, apa juga berdomisili di Jember?
     
  5. tokomojo

    tokomojo Kosmopolit

    Postingan:
    1,016
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang, Jawa Timur
    Rating:
    +867
    ternyata di singkawang, nepenthes jadi wadah kue lhoo
    [​IMG]
     
  6. orangdesa

    orangdesa Aklimat

    Postingan:
    60
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    desa
    Rating:
    +28
    di sini mitos nya disuruh minum air dari kantong semar bagi yang cadel atau yang nggak bisa ngomong R
     
    • Lucu Lucu x 1
  7. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,737
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,289
    aduh, itu aku :D
     
  8. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    Kalo dalam ketikan gak ketahuan ya cadel nggaknya hahahaha
     
    • Lucu Lucu x 1
  9. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,737
    Poin Piala:
    960
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +3,289
    hush. huahuahuahua..
     
  10. floris

    floris Aklimat

    Postingan:
    48
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    sumatera
    Rating:
    +13
    dikebun dekat hutan banyak kantong semar tapi nggak tau jenis apa..
     
  11. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    Ahemmm...kebunnya posisi dimana? Ketinggian berapa m DPL? hehehe kepo
     
  12. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    di tempat ane kek nya ada deh kang,sering di mainin anak2:D
     
  13. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    dimana nih? Jiaah...pada bilang ada tapi gak mau nyebut dimananya
     
  14. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    belitung ketinggian 0-100 dpl.besok di liat kalo ada,malahan waktu itu pernah iseng ane bilang ke anak coba buka dalam nya ternyata banyak bangkai semut,sama ulat:D
     
  15. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    Waduh golongan lowland nepenthes ya...kemungkinan itu Nepenthes ampullaria, yang daunnya nge-rosette. Cek potonya dok pakbun @ghaib@ghaib
     
  16. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    di sini nyebut nya tempidok kalo nggak salah ini tersangkanya
    kantong-semar1.jpg
     
  17. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    ada juga yang ngegantung di atas pohon kaya ngerambat,
     
  18. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    Nepenthes gracilis nih.
     
  19. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    kalo minat sih bisa diangkut,:D
     
  20. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    Wah nggak deh, disini ribet peliharanya soalnya kedinginan pakbun @ghaib@ghaib . Saya tinggal di dataran tinggi soalnya.

    Saya sudah coba pelihara beberapa spesies Nepenthes yang tergolong lowland. Ada yang rajin keluar daun tapi tidak bikin kantung, ada yang bikin kantung tapi gak awet, malah ada yang stagnan alias tumbuhnya lelet banget.
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini