1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Menanam Papirus

Diskusi dalam 'Tanaman Hias Daun' dimulai oleh Hegarini (Ega), Des 28, 2016.

  1. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Minta masukkannya. Seperti dimana belinya yang sudah pasti murah, ditanam dimana. Apa akarnya harus dikubur dengan tanah supaya tanamannya tidak banyak gerak atau ada cara lain?
    Tolong bantuannya.
     
    Label:
  2. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    yang ini ya?
    IMG_0148.JPG

    (melati airnya ikut kefoto) kalo bener yang ini, tanahnya nggak perlu banyak kok malah kadang2 dia tumbuh sampai ke lumut2 di pinggir kolam/pot itu. supaya tetap tegak aja perlunya ember buat papyrus, terus diikat batangnya. tapi kalo udah rame, yang puncaknya itu saling menguatkan kayak sapu lidi, bersatu kita teguh :senyum3:.
     
    • Suka Suka x 3
    Diubah terakhir kali: Des 28, 2016
  3. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Yang ukuran giant juga kayak gitu? Aku pingin nanamnya didalam got karena kubaca diwebsite dapat menyerap polusi didalam air.
     
  4. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    astaga... di got? tapi keren juga ya di got cuma dia ini cukup invasif lho ntar kalo lagi sibuk nggak sempat ngurusnya udah ke mana2. baru tau bisa ngurangin polusi di air, pantesan air kolamku lama banget kotornya walaupun nggak dibersihin
     
    Diubah terakhir kali: Des 28, 2016
  5. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Kalau pakai ember seharusnya tidak mneyebar kemana-mana, atau tetap bisa? Berarti tanaman papirus itu mirip kayak eceng gondok ya?
     
  6. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,809
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,464
    Rata2 tanaman air seperti teratai, lotus, maupun papyrus hidup di media lumpur. Seperti lumpur sawah. Itu alasannya sebaiknya memakai ember. Ketika zat makanannya habis, tanaman airnya akan merana. Jika memakai ember, pupuk bisa dibenamkan ke dalam lumpur. Biasanya memakai pupuk slow release berbentuk tablet yg tdk mudah larut di air.
    Kegunaan lain dari ember adalah : kebanyakan tanaman air berkembang biak dari akar rimpangnya. Jika tdk menggunakan wadah seperti ember, akar rimpang itu akan ekspansif. Menjalar ke mana mana. Tp jika menggunakan ember lbh terbatasi ruang tempat tumbuhnya.
    Klau yg menyerap polusi biasanya apu apu. Bukan papyrus.
    Klau utk keindahan kolam saya lbh menyukai jenis typha seperti di foto bawah.
    images-11.jpeg
     
    • Baik Baik x 1
  7. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +18
    Untuk tanaman air, kenapa banyak yg bilang lumpur lebih baik dari tanah ya?
    What is the logic behind that?
     
  8. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Apu apu itu eceng gondok ya? Aku pingin anti mainstream, pakai papirus dibanding eceng gondok. Lagipula, kalau pakai eceng gondok bukankah pertumbuhannya sulit dikendalikan? Bisa mengapung kemana-mana?
     
  9. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    papyrus ini harus rajin di rapiin, soalnya ntar di atas juga tumbuh tunas yang bisa ditanam lagi jadi kayak bertingkat gitu tanamannya. apalagi kalo ada ikan, subur banget.
     
    • Baik Baik x 2
  10. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Tunasnya bentuknya kayak apa ya?
     
  11. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,809
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,464
    2016-12-28-22-54-58--548563623.jpeg
    Ini bentuk apu apu /Pistia stratiotes, si pembersih air.
     
  12. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +18
    Papirus di Mesir memang ditanam sebagai filter logam berat yang mencemari air tanah, danau, dsb.
    Limbah industri yang mengandung logam berbahaya seperti timbal, cadmium dan tembaga, banyak mencemari Delta Sungai Nil. Ikan-ikan banyak yang mati, makin banyak kasus gagal ginjal, kanker dll.
    Solusinya, memanfaatkan jutaan rawa Papirus sebagai filter logam2 berat tadi. Inisiatif ke arah itu sudah dimulai Pemerintah Mesir.
     
  13. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    ooh gitu
    karena akarnya kah? kayak sunflower di jepang yang ditanam membersihkan radiasi ya... ma'ap jadi OOT dikit
     
  14. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    apu2 nggak menjulang ya, typha nya coach tadi asik, ada merah2nya lagi *tergantung selera masing2 sih :senyum:
     
  15. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,809
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,464
    Apu2 mirip dengan enceng gondok. Tp keunggulannya jija enceng gondok membuat pendangkalan danau. Apu2 tidak. Biasa digunakan utk di kolam2 ikan utk melindungi sinar matahari yg membuat algae berkembang biak. Satu keunggulannya yg lain: jika sudah terlalu banyak, apu2 tinggal diangkat dr kolam dan bisa dijadikan pupuk.
    Typha bentuknya seperti alang2. Yg menariknya adalah bunganya. Ada yg menyebutkan bunganya cat tail/ekor kucing.
     
  16. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    kayak gini tunasnya

    IMG_4712.JPG
     
  17. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Tunasnya tinggal dipotong dan ditanam bisa jadi tanaman baru?
    Kira-kira pertumbuhan papirus itu berapa lama ya? Aku dengar dia salah satu tanaman yang pertumbuhannya cepat sekali.
     
  18. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    bisa bangeeettt tumbuh lagi jadi tanaman baru. awal2 dulu aku tanam lagi. sekarang jadi dibuang aja. pertumbuhannya cepat gila heheee... beneran bun @Hegarini (Ega)@Hegarini (Ega)
     
    • Setuju Setuju x 1
  19. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    15
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Sama satu lagi untuk sekarang... Lullu beli tanaman ini dimana?
     
  20. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    350
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +332
    aku belinya udah lama banget @Hegarini (Ega)@Hegarini (Ega) udah lupa, udah tahunan. sampe lupa beli atau minta hihiiii
     
    • Lucu Lucu x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...