1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

[PANEN] dan Berkenalan Lebih Dekat dengan Bawang Dayak (Bawang Sabrang)

Diskusi dalam 'Tanaman Obat' dimulai oleh davidsubijanto, Des 24, 2016.

  1. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +21
    Panen itu capek, tapi sehat!

    Kenapa saya ajak Anda berkenalan lebih dekat? Karena tanaman ini adalah hasil panen dari kebun saya sendiri. Lihat saja lebih dekat:

    20161224_143549.jpg

    Apalagi, yang saya panen kali ini adalah Bawang Dayak (Eleutherine bulbosa) alias Bawang Sabrang (Bhs Jawa), Bawang Tiwai (Kaltim), Bawang Hutan (Pontianak), Bawang Berlian, Bawang Mekah, Bawang Arab (Melayu).

    Menurut saya, tanaman ini adalah salah satu tanaman obat yang paling layak ditanam sebagai TOGA (tanaman obat keluarga). Sejauh ini sudah 43 khasiat obat yang saya temukan (Googling saja). Terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu!

    Tanaman ini asalnya dari Hindia Barat (daerah di sekitar Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Amerika Selatan bagian Utara). Orang-orang Spanyol menyebutnya dengan nama lagrimas de la virgen ("air mata perawan"), entah kenapa. Yang jelas tanaman ini sudah mengalami proses naturalisasi sehingga banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Afrika.

    Bawang Dayak di tempat saya tumbuh di tempat terbuka dengan sinar matahari penuh sepanjang hari. Dari artikel yang saya baca, dia menyukai lokasi yang agak tinggi (600 m dpl sampai 1500 m dpl). Kebetulan tempat saya berketinggian 750 m dpl, jadi sudah sesuai. Di dataran rendah pun saya yakin bisa juga tumbuh. Tapi perbedaan khasiatnya (berdasarkan perbedaan ketinggian tempat) perlu diteliti lebih lanjut.

    Walaupun bentuknya hampir serupa dengan bawang merah, tanaman ini berbeda suku secara klasifikasi botani. Bawang Merah termasuk dalam suku Amaryllidaceae (bakung-bakungan), sedangkan Bawang Dayak termasuk dalam suku Iridaceae, satu suku dengan genus Iris.

    Perbedaan lain Bawang Dayak vs Bawang Merah, warna merah umbi Bawang Dayak lebih nge-jreng (lebih merah), cenderung lebih memanjang dan permukaannya lebih licin dibandingkan Bawang Merah. Umbi Bawang Dayak juga tidak bikin mata jadi perih, baunya tidak menusuk dan kalau dipegang, tangan kita akan 'ketularan' menjadi merah. Itu sebabnya kalau kita membuat minuman dari Bawang Dayak, air seduhannya akan berwarna merah terang.

    Khasiat obat Bawang Dayak tidak hanya digunakan oleh orang-orang Dayak. Di tempat asalnya (Amerika Latin), di Afrika dan wilayah Asia selain Kalimatan, Bawang Dayak sudah dipakai secara tradisional sebagai tanaman kesehatan.

    Bagian yang berkhasiat kesehatan adalah umbinya. Bisa dalam bentuk segar, dikeringkan, dibuat bubuk atau manisan. Cara yang paling mudah adalah membuat minuman seduhan dari umbi Bawang Dayak. Ini resepnya:

    Ambil 2-3 siung Bawang Dayak, cuci bersih dan potong kecil-kecil, lalu seduh dengan segelas air panas (220 ml). Minum air seduhan Bawang Dayak sehari 2 x untuk penyembuhan. Untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh, cukup diminum 2 hari sekali saja.

    20161224_155138_resized.jpg

    Saya juga minum air seduhannya. ini dia Minuman Bawang Dayak buatan saya. Rasanya cukup unik dan tidak pahit. Lebih enak ditambahkan sedikit jahe dan sedikit gula. Tidak seperti bayangan saya sebelumnya, sama sekali tidak ada bau menusuk seperti Bawang Merah.

    IMG_20161224_160202_645_resized.jpg

    Di internet ada banyak referensi mengenai khasiat Bawang Dayak, bahkan khasiat lain sebagai fungisida organik (antijamur).
     
    • Suka Suka x 3
    Diubah terakhir kali: Des 24, 2016
  2. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,205
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,286
    Terimakasih share-nya, pakbun @davidsubijanto@davidsubijanto Saya baru tau kalo bawang dayak ini bukan kerabat bawang merah.. padahal sepintas kayak saudara bawang lanang ya. Minumannya merah banget gitu ya, bisa 'kali ya.. dipake buat pewarna alami kue (mis red velvet cake)? :D

    Benar juga, ternyata tak kurang dari profesor farmasi ITB dan Unpad pernah menelitinya. Dan banyak lagi lainnya di jurnal2 kesehatan, mengupas kandungan senyawa2 dalam bawang dayak yg bermanfaat bagi kesehatan seperti antioksidan yg sangat tinggi, anti-inflamasi, anti-mikroba dll, mencegah pengentalan darah, dan overall melancarkan sistem metabolisme tubuh manusia.

    Nice info :jempol:.
    Keep sharing ya, pakbun..
     
  3. ningsihijot

    ningsihijot Endemis

    Postingan:
    192
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    tangerang
    Rating:
    +84
    Ma7 Dong umbinya pakbun. Satu aja.
     
  4. Gracia

    Gracia Endemis

    Postingan:
    180
    Poin Piala:
    38
    Rating:
    +67
    tapi ga seenak bawang bombay ditumis pake mentega, atau dibikin bawang berkaramel, zizizizizizizi.
     
  5. Gracia

    Gracia Endemis

    Postingan:
    180
    Poin Piala:
    38
    Rating:
    +67
    ga bisa tante. nanti cake na bau bawang.
    aku suka heran dech, kenapa orang2 suka pakein bit di red velvet buat pewarna alami. alasannya buat lebih sehat aja dibanding pewarna makanan. padahal aneh yach. gula tinggi, butter banyak, belom lagi krimchiz na. apa salahnya ditambahin aja dengan pewarna makanan? toh pake pewarna alami ga ngefek juga ke kesehatan kalaw kandungan red velvet kek itu.

    tante suka red velvet? aku ga suka. rasanya aneh.
     
  6. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    4,205
    Poin Piala:
    775
    Rating:
    +3,286
    Oh hehe... aromanya ngga cocok ya?
    Pernah coba red velvet beberapa kali, dari yg rasanya aneh sampai yg betul enak. But actually, saya bukan penggemar cake sih, satu potong more than enough.
     
    • Suka Suka x 1
  7. parasite

    parasite New Gardener

    Postingan:
    34
    Poin Piala:
    13
    Rating:
    +4
    saya juga mencoba membudidayakan...
    mumpung dapat bibit gratis hehe
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini