1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Papyrus Project

Diskusi dalam 'Tanaman Hias Daun' dimulai oleh Hegarini (Ega), Okt 10, 2016.

?
  1. Iya

    0 suara
    0.0%
  2. Tidak. Kalau tidak, kenapa dan apa alternatif lain untuk proyek ini?

    50.0%
  3. Tidak tahu. Kalau tidak tahu, kenapa?

    50.0%
  1. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    13
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Apa kalian pernah mendengar project hatchery? Inti dari project ini adalah membuat sesuatu yang inovatif untuk menolong sekitar kita, entah produk atau projek. Kelompokku memilih tema air bersih untuk orang miskin. Kelompokku berencana membuat proyek menanam papirus untuk mengurangi polusi di sungai atau danau. Projek ini sayangnya tidak akan direalisasikan, setidaknya tidak sekarang karena kami masih anak kuliah semester satu yang tidak tahu apa-apa.

    Seandainya kita terus melanjutkan proyek ini, aku perlu tahu hal-hal untuk dapat menjalankan proyek ini dimasa depan. Seperti berapa harga papyrus perbatang, cara menanamnya... Dulu kecil aku pernah mencoba menanam papirus digot rumahku tapi mereka tidak bisa berdiri tegak dan terus jatuh.

    Lalu juga cara membuat orang tertarik untuk menanam papirus karena mendapat manfaatnya. Aku baca papirus bisa dibuat menjadi obat dan makanan, setidaknya dijaman egypt. Rhizoid yang berisi zat tepung diambil lalu dibuat menjadi makanan. Dan katanya abunya dipakai untuk menyembuhkan bisul dimulut. Sayangnya, aku hanya dapat info ini di satu post jadi aku tidak bisa membuktikannya.
    Papyrus: A Blessing Upon Pharaoh, Occasional Paper | McClung Museum
    Kalau kalian punya saran lain, tulis saja dikomen.
    Ikutan juga ya polling yg menyertai thread ini.

    Terima kasih.
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali oleh moderator: Okt 10, 2016
    Label:
  2. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,235
    Poin Piala:
    465
    Rating:
    +2,061
    Ijin nambahin introduction ya.. picture, siapa tau masih ada yg belum tau papyrus itu yg seperti apa sih tanamannya :woot:.

    [​IMG]
    Cyperus papyrus - wikipedia
     
    • Suka Suka x 1
  3. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,035
    Poin Piala:
    198
    Lokasi:
    Jombang
    Rating:
    +1,072
    Apakah baiknya sebar enceng gendok atau tanaman air yang secara cepat berkembang biak ..karena enceng gondok bertugas mengikat beberapa zat diair disamping itu enceng gondok bisa dimanfaatkan untuk sebuah kerajinan tangan dgn cara cara yng sederhana ,bisa juga dibuat tepung juga dan dibuat makan .

    Untuk mensuport kebutuhan air masyarakat alangkah bagusnya dibuatkan sanitasi air system kerjanya dgn filter filter air yang biasa kita pelajari sejak kita awal belajar
    Disekolah .
    IMG_20160604_181752.jpg
    Terimakasih
     
  4. Hegarini (Ega)

    Hegarini (Ega) Anakan

    Postingan:
    13
    Poin Piala:
    3
    Rating:
    +1
    Entahlah jika aku diperbolehkan berargumentasi ketika membahas projek, but here I go...

    Papirus juga termasuk tanaman yang cepat sekali tumbuhnya. Bahkan dipercaya sebagai salah satu tanaman yang tumbuh tercepat didunia.
    Papyrus: The Plant that Changed the World: From Ancient Egypt to Today's Water Wars

    Aku barusan meresearch Eceng gondok dan ternyata kau benar. Seperti papirus, eceng gondok juga punya kemampuan untuk menyerap polutan logam berat. Juga dapat diubah menjadi kerajinan tangan.
    Tapi kau tidak membahas sisi negatif menggunakan eceng gondok. Seperti membantu pendangkalan danau dan sungai, menganggu lalu lintas air, dan seterusnya.
    Eceng gondok - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Kalau papirus, setidaknya tanaman ini hanya perlu ditanam dipinggir sungai dan tidak membuat sampah menumpuk kalau seandainya sampah masih dibuang kesungai.

    Bukan berarti tumbuhnya eceng gondok tidak bisa dikontrol. Kalau pertumbuhannya bisa dikontrol, mungkin mereka bisa sama bergunanya dengan papirus.

    Bagaimana soal harga eceng gondok? Atau apa aku bahkan tidak perlu beli eceng gondok karena sudah banyak?

    Untuk ide sanitasi air dengan filter air juga ide bagus, bisa buat projek sampingan untuk mendamping projek papirus. Dan seumur hidup aku tidak pernah diajarin soal filter air waktu disekolah, setidaknya yang mendetail.

    Terima kasih untuk masukannya. :)
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...