1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Penyebab dan cara mengatasi daun nepenthes yang mengecil

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Yusuf, Okt 7, 2016.

  1. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Nepenthes saya daunnya kok mengecil? Ini adalah daun baru kedua setelah saya beli 3 minggu lalu.....padahal setelah beli daun pertama yang membuka masih sehat n besar sama dengan ukuran daun lama. Apakah ini masih salah satu bentuk adaptasi lingkungan baru atau ada penyakit?
     
    Label:
  2. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,473
    Poin Piala:
    470
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +2,073
    Lebih bagus kayaknya kalo ada fotonya pakbun.
    Para pakar kayaknya lagi sibuk pacaran, atau sibuk patah hati ga jelas juga :D
    @Piko@Piko @danny57@danny57 @Ron@Ron
     
    • Lucu Lucu x 1
  3. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Mungkin juga tuh....hihihi
     
    • Lucu Lucu x 1
  4. danny57

    danny57 Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    484
    Poin Piala:
    103
    Rating:
    +278
    Selamat siang @Yusuf@Yusuf.. benar sekali seperti kata modis @Guradisu@Guradisu foto sangat dibutuhkan untuk melihat kondisi tanaman
    Nepenthes apa yang di beli pak @Yusuf@Yusuf?
    Kondisi tempat pak seperti apa? Maksudnya nepenya kena matahari jam berapa sampai jam berapa gitu.. hehe
     
    • Suka Suka x 1
  5. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Nepenya rafflesiana.....beberapa hari lalu saya jemur full sun mulai pukul 8 hingga pukul 2 siang. Selalu saya semprot pakai sprayer 2 kali sehari tapi juga saya siram 2kali. Sebenarnya ada kabar buruk sih. Waktu baru dua minggu di rumah nepenya abis diancurin sama ayam hingga 5 daun tinggal separo.....jadi malu mau postingnya hehehe.....
     
  6. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Saya tinggal di Ngawi......panasnya minta duit...dua hari ini saya ujan-ujanin semalam suntuk......sebenta saya coba posting nanti
     
  7. danny57

    danny57 Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    484
    Poin Piala:
    103
    Rating:
    +278
    Ohhh ia pak @Yusuf@Yusuf..
    Bagusnya juga pakai paranet, menghindari suhu yang terlalu ekstrem seperti sekarang ini pak.. penyebab daun menjadi kecil ada kemungkinan karna suhu terlalu panas atau masih adaptasi pak
    Selain itu air dan media tanam juga berpengaruh sihh.. pak pakai media apa sama airnya air ac atau air RO?
    Hehe.. tidak apa pak.. di posting saja, kan kebunpedia adalah tempat untuk saling belajar dan membagi pengalaman.. sama-sama masih pemula nih
     
    • Suka Suka x 1
    Diubah terakhir kali: Okt 11, 2016
  8. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    Pakai air hujan saya.....udah ditampung
     
  9. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
     
  10. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    1476232134392.jpg
    Sebenarnya waktu beli udah ada 2 kantong besar n 1 bakal kantong yang udah berbentuk.......karna lengah,terjadi penyerbuan ayam2 kecil yang baru dilepas....pot diinjek2 daun di patokin n dicacah2. Jadi ngenes sendiri liat nasib nepe ini. Di foto daun baru udah numbuh tapi daunnya lebih ramping....gara2 daun baru yang kemarin tinggal separo kelihatannya sulit deh dijadiin perbandingan......
     
    Diubah terakhir kali: Okt 12, 2016
  11. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
  12. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
    1476232376294.jpg
    saya baru umur 22 dipanggil pak..hihihi:jawdrop:
     
    • Lucu Lucu x 1
    Diubah terakhir kali: Okt 12, 2016
  13. danny57

    danny57 Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    484
    Poin Piala:
    103
    Rating:
    +278
    Wahhhh... aku lihat baik sih dari daun barunya pak @Yusuf@Yusuf.. tetap di jaga kondisinya ya, biarkan adaptasi dulu..
    Mungkin di taruh di tempat yang agak tinggi saja pak atau di gantung supaya aman.. hehehe
     
    • Suka Suka x 1
  14. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,473
    Poin Piala:
    470
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +2,073
    itu karena moddan @danny57@danny57 baru berumur 17 tahun, satu tahun lebih tua dari saya :D
     
    • Lucu Lucu x 1
  15. Yusuf

    Yusuf Aklimat

    Postingan:
    59
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +5
     
    • Setuju Setuju x 1
  16. danny57

    danny57 Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    484
    Poin Piala:
    103
    Rating:
    +278
    Hahahaa.. benar sekali tuh modis kita kan masih anak SMA nihhh
     
    • Suka Suka x 1
    • Lucu Lucu x 1
  17. danny57

    danny57 Moderator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    484
    Poin Piala:
    103
    Rating:
    +278
    Ia pak @Yusuf@Yusuf.. benar sekali aku masih anak sma lohhh.. modis @Guradisu@Guradisu adik kelas ku.. hehee...
     
    • Lucu Lucu x 1
    • Jenius! Jenius! x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...