1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Percobaan Semai Biji Nepenthes

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Yogaa, Mar 25, 2016.

  1. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Hallo semua..
    Minta ijin buat thread ya.
    Thread yang ini saya ingin membagikan pengalaman percobaan ke-2 menyemai biji nepenthes.

    Oke langsung aja ya..
    Tempat persemaian saya tempatkan di kebun supaya sirkulasi udara lancar dan mendapat misting alami di pagi dan malam hari.
    Untuk tempat persemaian saya buat dari bekas kandang ayam yang dimodifikasi sedikit dan sekelilingnya (atas dan pinggir) saya tutup dengan paranet 65%, dan biar ga kena air hujan langsung bagian atas saya tutup memakai semacam fiber (gak tau namanya apa lupa lagi hehehe..)
    Untuk ketinggian tempat sekitar 950m dpl.
    Kalo buat suhu dan kelembaban belum bisa diukur soalnya gak punya alatnya hehehe..
    Ini tempat persemaian nya.
    tempat%20semai.jpg
    Bagian depan iti juga ditutup dengan paranet tapi bisa dibuka tutup biar ga repot pas mau nyiram..

    Ini waktu pas hari pertama semai.
    Jenis Nepenthes Sumatrana, disemai tanggal 5 Februari 2016.
    05feb2016.jpg
    Biasanya orang semai biji nepenthes itu cukup ditabur aja semua di satu wadah, tapi saya nyobain tiap wadah diisi 1 biji nepenthes (gak ada kerjaan banget yaa, tapi lumayan untuk melepas penak sepulang kerja, namanya juga percobaan hehehe)..
    Wadah persemaian menggunakan cup untuk puding yang sudah dilubangi dahulu dan disatukan dalam wadah semacam box yang terbuat dari papan kayu bekas.
    Media tanam menggunakan cocopeat dicampur sedikit lumut hutan (lumutnya dari gunung yang nempel di pohon).
    Untuk penyungkupan gak pake sungkup-sungkupan soalnya udah kapok di pengalaman pertama (gak ada bakat maen sungkup-sungkupan kayanya).
    Total semua biji yang disemai ada 75 biji.
    Penyiraman dilakukan setiap sore hari dan setiap hari sampe bijinya berkecambah.
    Kalo udah berkecambah penyiraman agak dikurangi, kalo udah keliatan agak kering aja baru disiram.
    Siramnya banyak-banyakin di sekitar tempat persemaian aja biar selalu lembab.
    Oh iya penyiraman menggunakan sprayer yang butiran-butiran air penyiraman yang keluar halus.

    Nah sekarang kondisi hari ini.
    25 Maret 2016.
    25mar2016.jpg

    Dan ini dia kondisi terkini si sumatrana yang berkecambah tanggal 11 Maret 2016.
    sumatrana%201.jpg
    sumatrana%202.jpg
    sumatrana%203.jpg
    Ketiganya berkecambah di hari yang sama dan yang paling pertama berkecambah dari 75 biji yang disemai.
    Dan setelah tadi pagi di cek ternyata ada 5 biji yang baru berkecambah (maaf mau difotonya susah ngeblur melulu maklum kamera hp seadanya dan sememaksakan mungkin hiks..)

    Oke deh segitu dulu aja yaa..
    Untuk perkembangan selanjutnya insya allah nanti saya postkan lagi.
    Do'akan aja ya teman-teman supaya seedling saya subur makmur hingga bisa melihat upper pitchernya hehehe..
    Makasih banyak dan mohon maaf banget kalo tulisan dan gambarnya kurang jelas..
    Masukan dan saran atau mungkin pertanyaan teman-teman sangat saya harapkan.
    Thanks.. :)

    Update setelah berbulan2 ga update, habis lama sih tumbuhnya masih kecil-kecil aja hehehe.. :swt2:

    Ini trio duluan tumbuh kondisi per hari ini..
    3 September 2016.
    P_20160903_061914.jpg
    P_20160903_061729.jpg
    P_20160903_061719.jpg
    Temen-temen nya yang lain.
    P_20160903_062048.jpg
    Yg survive ada sekitar 40 tanaman.
    Lama banget perkembangan nya sampe kalah sama lumutnya, yg subur malah lumutnya hahaha..
    Selama ini belum pernah dikasih pupuk cuma di spray air biasa aja tiap sore..
    Oke deh sekian dulu, kapan-kapan diupdate lagi deh..
    Happy growing :menyeringai:
     
    • Suka Suka x 3
    • Optimistis Optimistis x 2
    Diubah terakhir kali: Sep 3, 2016
  2. niea azzha

    niea azzha Instar

    Postingan:
    117
    Poin Piala:
    48
    Lokasi:
    Kota Bogor
    Rating:
    +44
    Wahhh banyak sekali pakbun @Yogaa@Yogaa
    Semoga tumbuh subur ea.. :):)
     
    • Suka Suka x 2
  3. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    • Suka Suka x 1
  4. nopitang

    nopitang Kosmopolit

    Postingan:
    811
    Poin Piala:
    153
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +619
    Biji nepenthes yg disemai masih fresh yah pakbun?
     
    • Suka Suka x 1
  5. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Lumayan fresh sih Bubun..
    Waktu belinya kata yg jual udah 2 mingguan disimpan dari waktu pemanenan.. @nopitang@nopitang
     
    • Suka Suka x 1
  6. Ahmad-H

    Ahmad-H Endemis

    Postingan:
    169
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    DI Yogyakarta
    Rating:
    +80
    Banyak sekali Pakbun @Yogaa@Yogaa , semoga jadi semua semaiannya :)
     
    • Suka Suka x 2
  7. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Iya sih Pakbun lumayan banyak juga..
    Amiiin
    Gak bakalan 100% jadi semua sih tapi ya semoga aja banyak yang jadinya, makasih ya do'anya @Ahmad-H@Ahmad-H
     
    • Baik Baik x 1
  8. Ahmad-H

    Ahmad-H Endemis

    Postingan:
    169
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    DI Yogyakarta
    Rating:
    +80
    Pakbun @Yogaa@Yogaa saya mau tanya biji nepenthes itu besarnya seberapa ya Pak ? Apakah hampir sama dengan biji sawi ? :)
     
    • Setuju Setuju x 1
  9. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,634
    Setahuku kecil banget, sawi berpuluh bahkan beratus kali lebih besar :)

    Venus flytrap aja masih lebih besar bijinya ketimbang biji nepenthes..
     
  10. Ahmad-H

    Ahmad-H Endemis

    Postingan:
    169
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    DI Yogyakarta
    Rating:
    +80
    Oh gitu ya Pakbun @calvin@calvin , kecil sekali berarti ya. Terima kasih atas infonya :)
     
  11. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Ini buat contohnya aja ya Pakbun.. @Ahmad-H@Ahmad-H
    Biji nepenthes gracilis
    nepgracilis.jpg
     
    • Suka Suka x 1
  12. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,634
    Oh maaf saya salah ternyata panjang-panjang halus :hehe: makasih pakbun @Yogaa@Yogaa :)
     
  13. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    semoga sukses kawan,kalo i tempat ane tinggal mindahin ke pot berhubung banyak di tepi hutan :)
     
  14. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Gpp Pakbun hehehe.
    Bentuknya hampir sama dengan rambut.
    Jadi ketika menyemai dilarang keras untuk bersin hehehe.. @calvin@calvin

    Amiiin deh, Makasih ya Pakbun..
    Pakbun tinggal di daerah mana kalo boleh tau? @ghaib@ghaib
     
  15. ghaib

    ghaib Kosmopolit

    Postingan:
    1,750
    Poin Piala:
    270
    Lokasi:
    everywhere
    Rating:
    +1,220
    sumatera bagian selatan pakbun:)
     
  16. magnum

    magnum Aklimat

    Postingan:
    30
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    sumsel
    Rating:
    +15
    lama juga ternyata proses tumbuh nya ya:inpain:
     
  17. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Wah pantesan..
    Masih banyak kalo disana tumbuh liar di hutan dan di rawa.. @ghaib@ghaib

    Iyaa nih..
    Benar2 nguji kesabaran hehehe. @magnum@magnum
     
  18. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +435
    Mantab pakbun @Yogaa@Yogaa atas sharingnya. Kalau ketinggian 950 mDPL itu enak tuh buat semai nepe jenis lowland maupun highland soalnya posisi di tengah-tengah :happy:

    Kalau boleh sekedar saran saja, untuk penyemaian Nepenthes sebenarnya tidak perlu modal sebesar itu meski bagus sih. Kalau punya ruang terbatas, cukup dengan kotak plastik yang biasa buat bungkus kue, dilubangi atas bawah sedikit (untuk aliran udara dan air), kemudian masukkan media yang lembab dan tebar biji di atasnya. Terakhir di kunci dengan staples dan jangan lupa dinamai.

    Nanti kalau sudah 4 -5 daun baru dipindahkan ke pot individu. Nah itu akan lebih hemat tempat. Yang penting dijaga saja kelembaban dan cukup teduh.

    Btw itu di poto ada tulisan "NAGA"...apakah semaian biji Nepenthes naga? Mau donk kalau ada hehehe
     
    • Suka Suka x 1
  19. Yogaa

    Yogaa Aklimat

    Postingan:
    62
    Poin Piala:
    8
    Lokasi:
    cinunuk,cileunyi
    Rating:
    +17
    Oh gitu yaa, kirain kurang bagus kondisinya kalo buat lowland di ketinggian 950 mdpl..
    Oke deh nanti saya mau hunting biji jenis lowland kalo gitu..

    Makasih banyak pak atas sarannya..
    Nanti mau dicobain deh kalo ada biji lagi..
    Waktu itu pernah pertama kali nyobain pake kotak plastik bening yang suka dipake bungkus nasi kuning atau makanan, pada mati semua kecambahnya kena rebah semai, makannya pake cara lain deh..
    Maksudnya sih buat sirkulasi udara lancar aja sama biar si nepenthes nya terbiasa dengan situasi lingkungan disini dari kecil hehehe..

    Oh harus nunggu dulu keluar 4 daun yg ada kantong kecilnya itu ya..
    Kemaren ada beberapa jenis yang saya pindah ke pot individu, tapi masih 2 daun (kotiledon) semoga aja gak knp2 ya..

    Kata yang jual sih jenisnya N.Naga, udah habis disemai semua soalnya ga akan kuat disimpan lama2, waktu itu cuma beli 1 pod, disemainya dihari yg sama dengan sumatrana, sampai hari ini belum ada yang berkecambah satu pun,..
    Kalah cepat sama maxima wavy, dubia, bongso dan yang terakhir kemaren pada berkecambah dari jenis aristochioides.. @Piko@Piko
     
  20. Ahmad-H

    Ahmad-H Endemis

    Postingan:
    169
    Poin Piala:
    43
    Lokasi:
    DI Yogyakarta
    Rating:
    +80
    Pakbun itu biji bijinya hunting dari mana Pakbun kalau boleh tau :)
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini