1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

[SHARE] MENANAM ASAM DARI BIJI

Diskusi dalam 'Bonsai' dimulai oleh dek73, Nov 5, 2017.

  1. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Pohon asam merupakan salah satu favorit bagi pecinta bonsai, Membaca di grup bonsai fb, masih byk pertanyaan bagaimana menanam asam dari biji dan apakah biji yang biasa beli dipasar bisa ditanam? Tentu saja bisa. Dalam hal ini saya sangat mengapresiasi mereka, krn semangat mereka ingin memulai dari awal dengan cara yang baik. Knp? Tegas saya mengatakan sangat benci dengan pebonsai yang merasa hebat, master atau suhu padahal hasil karya alam yang mereka dongkel dan jarah, apakah layak mereka dapat penghargaan atau dihargai?? Tentu tidak. Mulailah kesadaran dgn memanfaatkan lahan sempit disekitar kita drpd merusak hutan.
    Ok secara singkat saya bagi pengalaman saya menanam asam dari biji.
    1. Ambil dan pilih biji yang besar dan baik fisiknya, msh terbungkus rambut halus dan kulitnya tidak retak
    2. Bersihkan biji asam tersebut dengan air.
    3. Buat lubang pada tanah sebesar biji asam sedalam 3-4 cm
    4. Masukan biji asam dan tutup dengan tanah
    5. Siram tanah jgn sampai kering dan juga jgn sampai menggenang.
    6. Asam akan tumbuh dlm. 3-4 minggu..
    7. Pindahkan ke pot setelah daun mulai mekar..usahakan tanah dan akar tetap menempel.
    8. Ingat hrs sabar jgn diutak utik hingga biji asam muncul keluar. Harus sabar.
    Selamat mencoba...

    IMG_20171105_090959.jpg

    IMG_20171105_091153.jpg

    IMG_20171105_090918.jpg

    IMG_20171105_091316.jpg
     
    • Suka Suka x 2
  2. Rhein

    Rhein Kosmopolit

    Postingan:
    401
    Poin Piala:
    138
    Lokasi:
    Galaxy Milky Way - Solar System - Earth
    Rating:
    +523
    Waaah.. Lama ga tumbuhnya? Berapa tahun ya.. Mau bikin sayur asem harus tunggu 5 tahun dulu gitohh, wakakaka..
     
  3. Rhein

    Rhein Kosmopolit

    Postingan:
    401
    Poin Piala:
    138
    Lokasi:
    Galaxy Milky Way - Solar System - Earth
    Rating:
    +523
    Ada bougainvillea tuh mau ikut kece dan femes ( famous ) xixixix...
     
  4. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Sayur asem ga usah pake asem, diemin aje 2 hari ga usah dipanasin ntar asem ndiri...
     
    • Setuju Setuju x 1
    • Doh! Doh! x 1
  5. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Ha ha ha... itu obat diabetes tau ga
     
  6. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    5,689
    Poin Piala:
    1,585
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +4,836
    Biar tambah rame, colek dukun KP: dek @Gracia@Gracia
     
    • Suka Suka x 1
    • Doh! Doh! x 1
  7. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Waduh ngerii ada dukunnya, bs dikritik abis nih...
     
    • Lucu Lucu x 1
    • Doh! Doh! x 1
  8. Rhein

    Rhein Kosmopolit

    Postingan:
    401
    Poin Piala:
    138
    Lokasi:
    Galaxy Milky Way - Solar System - Earth
    Rating:
    +523
    @dek73@dek73 modis juga berubah jadi dukun loh tapi tengah malam, awas kalo pabun disukain bakal dia datengin :mask: :alien:
     
  9. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Aku sdh aki2 jgn kan dukun kuntilanak, mak lampir aja dah ga doyan.
    Cie...Cie kamu nih tipe setia ya, cuma satu attn si modis @Guradisu@Guradisu
     
    • Bingung Bingung x 1
  10. Rhein

    Rhein Kosmopolit

    Postingan:
    401
    Poin Piala:
    138
    Lokasi:
    Galaxy Milky Way - Solar System - Earth
    Rating:
    +523
    Apa si? @dek73@dek73 masudnya apaan sik? Hih aku mah jawab siapa aja pak! :facepalm::banghead::capedeh::mad:
     
  11. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Ha ha aku jg bingung, knp si :laugh:modis jd dukun. Ntar pake baju hitam2 pake sunglass hitam ga lucu donk
     
  12. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    @Rhein@Rhein iya kamu kan Setia kawan sama Kebuners di kp :woot:....
     
  13. Rhein

    Rhein Kosmopolit

    Postingan:
    401
    Poin Piala:
    138
    Lokasi:
    Galaxy Milky Way - Solar System - Earth
    Rating:
    +523
    Okeeh... :smuggrin: :cautious:
     
  14. Budityas

    Budityas Embrioner

    Postingan:
    337
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    Semak2
    Rating:
    +231
    Yg sulit dr asem tu sbenarnya di antusiasme penanamnya, krn utk sampe ukuran layak bonsai, butuh waktu diatas 4 tahun, itupun belum umur utk berbuah... Awalnya tebar 100 benih, sebulan 80an lebih bisa numbuhlah. Setahun yg hidup tinggal separuh.. 2 tahun batang masih seukuran jari, mulai deh males2an, mulai ga keurus asemnya, antusiasme membonsainya drop.. sampe 4 tahun paling nyisa beberapa batang, itupun bentuknya dah ga karu karuan..  :laugh:

    Jd klo nanam asem, mungkin harus diniatkan dulu tdk utk bonsai.. klo niatnya utk proyek penghijauan atau dikebunkan dan punya lahan, dari 100 bibit, besar kmungkinan stlh 5 tahun lebih 50% selamat, krn ada lahan ground dan produk nyata produktif yg hasilnya berkelanjutan. Jd pohon asem memang perlu dilestarikan, tp antusiasme membonsaipun perlu dijaga juga, jd semua ada jalannya. Mulai dr biji ok, mencari dr alampun tdk mengapa.
     
  15. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Oh justru rawannya saatnya sudah berumur ya, krn penyakit apa tanaman nya manja pakbun?
     
  16. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    @Budityas@Budityas sempat hilang dipasaran, kayak garam. Apa krn. Sdh mulai berkurang petani asam.
     
  17. Budityas

    Budityas Embrioner

    Postingan:
    337
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    Semak2
    Rating:
    +231
    Sebenarnya tdk manja, tp klo budidayanya skedar krn hobi, bukan krn tuntutan ekonomi/mencari nafkah, biasanya tanaman mati krn pengabaian, disamping hama atau cuaca yg terkadang kurang bersahabat. Asem kan tanaman musiman dan ketersediaannya tdk terpantau spt beras, garam, dll yg merupakan komoditas primer. Klo lagi jauh dari musimnya, di daerah2 tertentu asem jd langka ya wajar2 saja, mungkin krn jauh dr sentra perkebunan/budidaya asem. Skr di tempat saya masih aman, dijual seribu seplastik kecil di tukang sayur. Klo yg gratis, di tepi2 jalan masih lmyan banyak pohonnya, tapi besar2. Klo populasi asem liar banyak berkurang, yg plg bertanggung jawab ya proyek pelebaran jalan, pembangunan bantaran dan pemukiman, dlsb. Dongkel mendongkel skedar utk mencari nafkah bagi para penghobi bonsai sih bisa diabaikan, krn selain volumenya kecil, mrk hanya memindahkan, tdk utk menebang dan mematikan.
     
  18. dek73

    dek73 Endemis

    Postingan:
    77
    Poin Piala:
    33
    Lokasi:
    cimahi selatan
    Rating:
    +118
    Soal dongkel mendongkel, yang saya kurang setuju maksudnya mengambil dari hutan yang bkn haknya, akan tetapi jika pebonsai mendongkel dari tanah atau kebun yang miliknya , atau dia beli Bonggol dari lahan petani itu sah sah saja. Alam sudah tumbuh dengan sendirinya merupakan karunia, kita saja yang berusaha menanam sesuatu dari biji merasakan susah.
     
  19. Budityas

    Budityas Embrioner

    Postingan:
    337
    Poin Piala:
    68
    Lokasi:
    Semak2
    Rating:
    +231
    Nah itulah problem masyarakat kita pakbun. Sangat beruntung orang2 yg punya tanahnya sendiri, tp banyak dr kita tdk seberuntung itu. Banyak dr mereka yg menambah penghasilan dgn cara dongkel dari alam, kemudian dijual ke orang2 yg mau membeli jerih payah mereka. Mendongkelpun bukan hal yg mudah. Kadang harus berhujan2 seharian berkubang lumpur dan sampah sungai utk menggali dan menggergaji akar2 yg besarnya selengan org dewasa,.. itupun kadang ga laku, atau ditawar amat sangat murah, belum klo ktemu ular.. hehe. Budidaya ikan, tanaman, atau jd nelayan atau tukang ngebolang.. sama2 ada susah senangnya kok. Empati kita pada alam, empati kita pada sesama, akan lebih baik jika sama kadarnya.
     
    • Suka Suka x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini