1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Syarat Tumbuh Kantong Semar (nepenthes) Dan Apa Saja Yang Harus Diperhatikan

Diskusi dalam 'Kantung Semar Nepenthes sp.' dimulai oleh Ron, Mei 19, 2016.

  1. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +73
    mumpung ada waktu untuk sharing.

    tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dan rangkuman yang saya pahami dari membaca pengalaman para pakar nepenthes.
    sebenarnya cukup simpel dalam merawat nepenthes. sebelum kita memulai akan merawat nepenthes, apa yg sebaiknya kita perhatikan dan persiapkan??.

    1. pastikan dulu anda berada di lokasi mana?, apakah Lowland (dataran rendah) atau highland (dataran tinggi)?. patokan daratan rendah : 0 - 300mdpl, dataran menengah (intermediate): 301 - 800 mdpl, dataran tinggi : 800 mdpl ke atas

    2. perhatikan intensitas sinar matahari dan lamanya sinar matahari yg bisa didapatkan tempat yg akan dipakai untuk memelihara nepe. pastikan tempat yg akan digunakan bisa mendapatkan sinar matahari 100% dengan lama penyinaran 6-8 jam. sebagian besar nepe Low Land (LL) butuh intensitas sinar matahari yang banyak dan dalam waktu lama untuk menunjang pertumbuhan, pembentukan dan pembesaran kantung, dan warna kantung . untuk nepe LL yg tidak membutuhkan cahaya terlalu banyak dan nepe High Land yg juga tidak butuh cahaya terlalu banyak, bisa diakali dengan memakai shading net/paranet atau pohon di sekitar lingkungan untuk membatasi cahaya matahari. bagi rekan2 yg tertarik dengan nepe tapi tidak bisa memenuhi faktor intensitas dan interval paparan sinar matahari, jangan langsung berkecil hati. nepe tetap bisa dipelihara dgn menggunakan lampu khusus untuk tanaman yang banyak dijual di pasaran seperti HPL growlight, lampu LED, dll, cengan catatan penggunaan lampu harus benar2 terang dan lebih lama dinyalakan karena bagaimanapun paparan sinar lampu tidka akan bisa menyamai sinar matahari. kekurangan dari penggunaan growlight dan lampu lainnya adalah borosnya biaya listrik, tapi itu tidak akan sebanding dgn kepusan melihat nepe kita bisa tumbuh baik :D :D .

    3. perhatikan intensitas kelembaban udara di tempat yg akan dipakai untuk memelihara nepe. semakin lembab tempat, semakin bagus untuk nepe. jika dilihat dari pengalaman master2 nepe, nepe Lowland memerlukan kelembaban minimal 50% siang dan di atas 90% di malam hari sedangkan untuk nepe Highland, membutuhkan kelembaban minimal 70% di siang hari dan di atas 90% di malam hari untuk tumbuh optimal. kelembaban bisa diukur dgn 2 cara, yaitu dgn memakai hygrometer dan patokan alam yg ditandai dengan banyaknya lumut yg tumbuh di area sekitar (tembok, lantai dll) . perlu diperhatikan, lembab berbeda dengan basah. lembab berarti keadaan udara yg jenuh dengan partikel air. bagi rekan2 yg memiliki lahan dgn tingkat kelembaban rendah, jangan juga langsung berkecil hati...kelembaban bisa diciptakan dengan misting, humidifier, dan pembuatan kolam di sekitar area yg akan dipakai untuk pemeliharaan nepe.

    4. perhatikan aerasi lingkukan sekitar. berhubung nepe memerlukan tempat yg lembab, maka untuk mencegah timbulnya penyakit akibat kelembaban (jamur,cendawan,dll) maka diperlukan sistem aerasi yang bagus. aerasi yg diperlukan adalah perputaran "udara lama" diganti dengan "udara baru", bukan udara itu2 saja yg terputar di lingkungan sekitar...

    5. perhatikan media yg akan dipakai. campuran standard untuk nepe biasanya cocopeat+sekam bakar....tapi tidak menutup kemungkinan harus dengan campuran lain tergantung jenis nepenya apakah LL terrestrial atau epifit, apakah HL terrestrial atau epifit....

    6. setelah kondisi di atas terpenuhi, saatnya pilih dan konsentrasilah dulu memelihara sebanyak2nya nepe dengan jenis yg paling umum sesuai lokasi dan seusai dengan lingkungan anda (apakah LL atau HL). jangan over confidence (terlalu percaya diri),takabur dan kalap. seperti yg saya alami sendiri, terlalu PD membawa kebingungan sendiri.....disebabkan kondisi di atas belum saya penuhi dan mentang2 sudah berhasil menumbuhkan kantung beberapa jenis nepe LL di bulan2 awal, dan akhirnya saya mengambil kesimpulan takabur dan kalap sendiri bahwa HL pun pasti bisa...akhirnya setelah nepe HL datang kebingungan dan kepusingan pun akhirnya melanda karena nepe dlm sekejap langsung sekarat dan akhirnya mati... [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    NB:
    selain 6 point di atas, hampir lupa 1 point cukup penting juga....yaitu pemilihan pot...
    kenapa pemilihan pot bisa menjadi urgensi??, ada apa???. alasannya adalahhh.........nepe seneng akar lembab, tapi juga wajib dapat sirkulasi udara, terutama untuk nepe2 highlander dan beberapa nepe lowland yang habitatnya adalah bebatuan atau epifit. selain penggunaan media yg porous, pemilihan pot juga penting membanti sirkulasi udara. pot untuk nepe highland dan lowland epifit, sebaiknya gunakan pot yg banyak lubang2nya, pilihan bisa pake tempat sampah atau keranjang yg penuh lubang supaya aerasi udara dijamin lancar dan akar tidak terlalu becek karena dgn mengalirnya udara, air di media bisa cepat menguap....

    bagi rekan2 yg mempunyai pengalaman, silahkan meralat dan menambahkan jika ada yg salah dan tidak cocok dengan tulisan saya....akhir kata, semoga pengalaman saya ini bisa memberi masukan tersendiri bagi rekan2 yg baru akan memulai debutnya di dunia nepe.... [​IMG] [​IMG] [​IMG] .
     
    • Jenius! Jenius! x 2
    • Setuju Setuju x 1
    Diubah terakhir kali: Mei 24, 2016
  2. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,639
    nice thread :jempol: mungkin bisa dibuatkan thread tersendiri untuk jenis-jenis nepenthes low land (LL) dan high land (HL) Pakbun @Ron@Ron? keren ulasannya :jempol:
     
  3. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +73
    siap kakak...begitu waktu memungkinkan, sy posting lg deh...soalnya ngarang kata2nya kudu alon2....huahuahua
     
    • Lucu Lucu x 1
  4. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    Nah, ini dia nih guru saya akhirnya masuk ke Kebunpedia. Salam sungkem sambil sujud nungging-nungging hilarious

    Welcome pakbun @Ron@Ron

    Nambahin aja yang poin 5, kalau duitnya banyak pakai aja media mix spaghnum moss : perlite biar keren. Hahahaha

    Untuk nepenthes yang tergolong HL, kalau saya biasa pakai seperti yang pakbun @Ron@Ron sarankan, hanya ditambah: pot saya bolong-bolongi sebanyak dan sebisa kemampuan saya, trus dasar pot saya kasih coco fiber (bahasa ilmiahnya adalah sabut kelapa), sedangkan cocopeat : sekam bakarnya saya campur lagi dengan sedikit pakis cacah atau cacahan kulit pinus (kalau ada) agar semakin berongga.
     
  5. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +73

    sungkem nungging2 itu bijimane modelne, kakak???, potoin duongg...penasaran tingkat dewa nih...

    nah, klo masalah pot, sy hampir lupa....nanti sy edit dulu di postingan awal syarat pot...
     
    • Lucu Lucu x 1
  6. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    hahahaha...pokoknya gitu deh :laugh::laugh::laugh:
     
  7. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,639
    Kalau medianya sphagnum moss + perlite itu keren bagaimana momod Piko? Apakah semua nepenthes sudah pasti cocok dengan media tersebut? 50:50 kah ? hehe..
    Bukannya momod Piko tinggal di dataran rendah, bisa kah menanam nepenthes highland di lowland? :D
     
  8. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +73
    hampir semua nepe cocok dgn moss+perlite, hanya sisa dimainkan sj perbandingannya...bagi nepe yg suka basah, boleh 50:50, tpi bagi nepe yg gak suka basah, bahkan bisa 10 : 90 (10 moss: 90 perlite)

    kakak piko tiggalnya di HL sekitar 1000an MDPL,jadi beliau enak bisa rawat nepe2 HL yg mayoritas cakep2 dibanding nepe2 LL
     
  9. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,639
    kasihan dong kayak kakak Ron dan kayak saya yang tinggal di lowland, nepenthesnya gitu-gitu aja ya? haha.. oh i see, jadi sebelum beli pastikan bertanya:
    • kebutuhan sinar mataharinya, berapa jam sehari
    • suka basah atau suka kering. kalau suka basah mossnya banyakan karena mengikat air

    Benar begitu kakak?
     
  10. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    Hehehe...iya betul, makanya cuma orang Makasar yang bisa pelihara drosera pteliolaris dan nepe-nepe LL yang super gede kantungnya.

    Di tempat saya sulit perawatannya. Cuma sebaliknya, untuk nepe HL, heliamphora dan darlingtonia sangat mudah sekali perawatannya.

    Maaf nih jadi agak OOT merembet ke tavor jenis lainnya :woot:
     
  11. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +73
    hmmm....mungkin lebih tepatnya sebelum beli yg ditanya jenisnya dulu....dari jenisnya ini kita bisa tau bahwa dia tipe pecinta sinar ato bukan, apakah jenis penyuka air ato bukan....
     
  12. Ron

    Ron Instar

    Postingan:
    44
    Poin Piala:
    45
    Rating:
    +73
    pameeerrrrr...........punya heli & darling...pameeerrrr..........
     
    • Lucu Lucu x 1
  13. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    :nailbiting::nailbiting::nailbiting:
     
    • Lucu Lucu x 1
  14. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,639
    ciyee.. kapan-kapan buat ulasannya disini dong kakak @Piko@Piko (kok jadi style om Ron ya balasnya)

    nah ini dia yang perlu ketahuan. request 1 thread untuk nepenthes species 140an (berdasarkan jawaban di thread sebelah), biar nanti bisa diraba-raba dong kebutuhan air untuk nepenthes. Thread untuk kebutuhan matahari sudah dibuat, thread kebutuhan air juga dong :kiss:
     
  15. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    Serius mod @calvin@calvin request membahas spesies nepenthes satu persatu? Wow...bakal banyak banget nih
     
    • Setuju Setuju x 1
  16. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,639
    Serius dong Mod Piko. Ngapain ada forum karnivora kalau tidak membongkar semua misteri alam akan tavor hahaha..
     
  17. Piko

    Piko Kimera

    Postingan:
    601
    Poin Piala:
    105
    Lokasi:
    Bandung
    Rating:
    +436
    gubraaak...nulisnya bakal pegel deh tuh :nailbiting::nailbiting::nailbiting::nailbiting::nailbiting::nailbiting:
     
  18. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,389
    Poin Piala:
    340
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,639
    Kan dicicil Modpik hahaha.. 1 hari 1 thread kan nanti tuntas juga :p kebuners kan haus akan ilmu Modpik hahaha..
     
    • Setuju Setuju x 1
  19. Indrnugrha

    Indrnugrha Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Malam.
    Maaf sy indra. Pemain baru.
    Sya punya n. Raflesiana sudah 5 blnan. Media memakai 50:50 cocopeat pakis cacah.
    Sinar matahati full plus tatakan pot 5% air.
    Sy tinggal di dataran rendah (tangerang).
    Apa metode pemeliharaan sy sudah benar?
    Mohon refrensinya sedulur2.
    Salam kantung.
    Thx
     
  20. Indrnugrha

    Indrnugrha Anakan

    Postingan:
    3
    Poin Piala:
    1
    Rating:
    +0
    Malam.
    Maaf sy indra. Pemain baru.
    Sya punya n. Raflesiana sudah 5 blnan. Media memakai 50:50 cocopeat pakis cacah.
    Sinar matahati full plus tatakan pot 5% air.
    Sy tinggal di dataran rendah (tangerang).
    Apa metode pemeliharaan sy sudah benar?
    Mohon refrensinya sedulur2.
    Salam kantung.
    Thx
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini