1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan

Syzygium aromaticum yg terampas dr bumi nusantara

Diskusi dalam 'Tanaman Obat' dimulai oleh Rudy The, Des 28, 2016.

  1. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    images.png
    Cengkeh (Syzygium aromaticum) adalah tanaman asli Indonesia. Terkenal sejak kolonialisasi Belanda. Banyak dibudidaya di kepulauan Mollusca (Maluku).
    Cengkeh dikenal sebagai cloves dalam bahasa Inggris. Asal katanya berasal dari "clou" (Perancis) yg artinya paku.
    Saat ini cengkeh banyak dibudidayakan di Indonesia, Madagaskar, Zanzibar, India, dan Srilangka. Cengkeh Zanzibar terkenal sebagai cengkeh terbaik di dunia.

    2016-12-28-16-31-13-828795399.jpeg
    Cengkeh merupakan tanaman tahunan yg tumbuh hingga mencapai tinggi 10-20 m. Mempunyai daun yg lonjong dan berbunga pada pucuknya. Tangkai bunga pada awal berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah saat bunga mekar (lihat photo). Bunga cengkeh akan dipanen saat mencapai panjang 1.5 - 2 cm.

    Sejarah singkat Cengkeh
    Kaisar Dinasti Han di China pernah memerintahkan kepada setiap orang yg menghadap kepada kaisar utk sebelumnya mengunyah cengkeh terlebih dahulu utk menghilangkan bau mulut. Perintah kaisar tersebut diikuti pimpinan di daerah2.
    Orang Romawi pun menggunakan rempah2 utk bumbu dapur. Termasuk pala, merica, dan cengkeh. Dampaknya harga cengkeh melambung tinggi. Cengkeh dicari orang. Pedagang2 Arab yg berjasa membawanya dari India masuk ke Eropa.
    Hingga akhir abad ke 15, Portugis mengambil alih jalan masuk rempah2 itu. Melalui perjanjian Tordesillas dicapai perjanjian antara Portugis, Spanyol dan Sultan Ternate. Portugis menguasai perdagangan cengkeh ke Eropa. Saat itu harga 1 kg cengkeh setara dgn 7 gram emas.
    Pada abad 17, Belanda masuk dan menjajah Indonesia termasuk kepulauan Maluku. Belanda melakukan perdagangan proteksi terhadap rempah2 termasuk cengkeh. Dikenal kapal hongi yg bertugas mengawasi penanaman cengkeh di daerah Banda dan Ternate. Pohon dibakar jika panen melebihi quota yg ditetapkan utk menjaga stabilitas harga yg tinggi.
    Hal ini membuat kecemburuan di antara negara2 penjajah di antaranya Perancis.
    Perancis berhasil menyelundupkan pohon cengkeh dari Maluku dan membawanya ke daerah jajahannya di Afrika, yaitu Zanzibar. Dari sanalah bermula Zanzibar menjadi penghasil cengkeh dunia. Merebut posisi Banda dan Ternate yg merupakan tempat asal bibit tanaman berasal. Ironis memang.
    Pohon cengkeh tertua yg masih hidup ada di kelurahan Tongole, Ternate Tengah. Berumur 416 tahun.

    Apa sih yg dikandung dalam bunga dan buah cengkeh ?
    Zat yg dikandung dalam cengkeh disebut eugenol, digunakan dokter gigi utk menenangkan syaraf gigi.
    Minyak cengkeh mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Oleh karenanya sering digunakan utk menghilangkan sakit gigi dan menghilangkan bau mulut.
    Selain itu sering juga digunakan oleh samurai jepang utk membersihkan pedang mereka.

    images-20.jpeg

    Jenis cengkeh yg lazim ada di Indonesia:
    1. Cengkeh si Putih: Produksi dan kualitas bunga rendah. Helaian daun relatif lbh besar.
    2. Cengkeh si Kotok: Produksi dan kualitas bunga sedang. Adaptasi lingkungan lbh baik dari si putih
    3. Cengkeh type Ambon: Produksi dan kualitas sangat rendah. Tdk disarankan utk dipilih.
    4. Cengkeh type Zanzibar: Tajuk daun rimbun, percabangan rendah, berbentuk kerucut. Mulai berbunga 4.5-6.5 tahun. Bunga gemuk bertangkai panjang. Produksi dan kualitas bunga terbaik.
    Mari kita rebut kembali posisi kita sebagai sumber cengkeh dunia mengalahkan Zanzibar.
    Anda berani ?
     
    • Suka Suka x 1
    Label:
  2. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,330
    Poin Piala:
    170
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +943
    Saya pernah dengar daun cengkeh kering bisa dijadikan pestisida... bener gak coach??

    Tapi saya jarang menemukan cengkeh di tanam di dat rendah..kebanyakan di dat tinggi...:angelic:
     
  3. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Sangat bisa. Daun cengkeh kering ditumbuk halus bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Dan efektif utk mencegah penyakit busuk fusarium.
    Masa sih. Kayanya aq sering lihat daerah pantai tuh. Sekitar pelabuhan ratu sampai ke bayah.
     
  4. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Di dataran tinggi bisa, tapi kurang produktif bunganya.
     
  5. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Sampai sekarang Indonesia masih penghasil cengkeh no 1 dunia (80%). Pengimpor dan pengguna cengkeh terbesar di dunia juga Indonesia. Apalagi kalau bukan karena rokok kretek.
     
  6. Kmommy

    Kmommy Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    3,459
    Poin Piala:
    510
    Rating:
    +2,270
    Engga harus dataran tinggi koq, @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra . Di Sukabumi - Bogor dulu banyak yg tanam di halaman rumahnya. Trus di tampah2 gitu jemur buah eh bunganya.
    Lagian masih kerabat sama si pucuk merah yg sekarang ditanam di mana-mana, ya kan coach @Rudy The@Rudy The ? Kenapa sekarang ngga banyak lagi yg tanam ya, apa ngga semahal dulu?
     
  7. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Mungkin karena penduduk tambah banyak, lahan makin terbatas.
    Dulu belum banyak apartemen, sekarang ada di mana-mana.
    Mau tanam pohon sudah sulit sekarang.
     
  8. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Kayanya ngga deh. Zanzibar pernah menguasai cengkeh dunia hingga tahun 1970. Tapi akibat pengelolaan pemerintah yg salah, kejayaan Zanzibar meredup. Itu yg jadi inspirasi thread ini. Betul memang Indonesia dinyatakan oleh FAO sebagai negara penghasil cdngkeh terbesar dunia (80 rb ton/tahun), tapi jgn dilupakan bahwa itu dipicu oleh industri rokok kretek dalam negeri. Jgn sampai kita terlena dan belajar dr pengalaman yg terjadi di Zanzibar: peran pemerintah penting di sini. Jangan sampai kualitas tdk terjaga. Regenerasi tanaman juga tdk disiapkan jauh hari. Hingga satu waktu Indonesia mengalami yg dialami Zanzibar.
    Jadi jangan hanya bangga dgn industri kretek belaka (cengkeh tdk melulu dipakai utk rokok kretek), hingga melupakan kualitas.
     
    • Setuju Setuju x 1
  9. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Klau dibaca dengan cermat, cengkeh itu adaptatif koq. Tp ada beberapa jenis yg tdk adaptatif.
    Data jenis tanaman cengkeh yg saya cantumkan itu data dari balitbang. Dari sana bisa dilihat bahwa cengkeh yg terbaik justru type Zanzibar. Justru type Ambon kurang baik.
    Apa yg bisa disimpulkan dari sana ?
    Walaupun asal cengkeh dari Ternate dan Banda (Maluku), kultivasi dan pengembangan yg baik akan menghasilkan bibit yg baik. Padahal cengkeh Zanzibar itu susah payah dicoba didomestika oleh org Perancis dari cengkeh Banda danTernate. Dan setelah berhasil, ternyata bisa menghasilkan varietas unggul. Itu alasannya kita jangan berpuas diri dan tetap mencari bibit yg lbh unggul.
     
    • Suka Suka x 1
    • Setuju Setuju x 1
  10. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Maksud saya, saat ini Indonesia adalah negara produsen cengkeh terbesar di dunia.
    Jadi artinya kita sudah berhasil merebut posisi itu dari Zanzibar. Hehe
     
  11. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Kalau di Indonesia, sebagian besar cengkeh memang dipakai untuk rokok. Itu pun masih belum bisa memenuhi permintaan dalam negeri sampai kita masih impor.

    Di luar negeri memang dipakai untuk kuliner, tapi dibanding pasar kretek dalam negeri (berapa ratus juta orang Indonesia yang merokok?), pasar kuliner cengkeh luar negeri itu relatif kecil.
     
  12. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Trus ...? Yg dimaksud koreksi atas thread ini atau konfirmasi atau apa ? Mohon utk tdk memberikan argumentasi samar. Thx
     
  13. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Utk kedua kalinya saya harus tegaskan. Trus kesimpulannya apa ?
     
  14. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Wah. Ok deh mungkin Anda yang benar.
     
  15. lullu

    lullu Embrioner

    Postingan:
    357
    Poin Piala:
    88
    Lokasi:
    padang, sumatera barat
    Rating:
    +335
    saya pernah sakit gigi, ada temen orang malaysia nyuruh rokok dihancurin, di jepit di gigi yang sakit. katanya resep dari neneknya. baru tau baca ini ternyata cengkehnya dari rokok itu yang berkhasiat
     
    • Suka Suka x 1
  16. davidsubijanto

    davidsubijanto Aklimat

    Postingan:
    95
    Poin Piala:
    8
    Rating:
    +19
    Apanya yang ditegaskan? Kesimpulannya: saya tidak setuju dengan pernyataan Bung ini: "Mari kita rebut kembali posisi kita sebagai sumber cengkeh dunia mengalahkan Zanzibar".
    Pernyataan ini samar, karena harus dijelaskan lagi: posisi kita dikalahkan sebagai apa? Karena kalau sebagai produsen, saat ini kita tidak kalah dari Zanzibar secara kuantitas produksi.
    Pernyataan saya di atas jelas: SAAT INI kita produsen cengkeh terbesar di dunia. Kalau secara kualitas, saya setuju mungkin saja Anda benar bahwa kita sebagai sumber cengkeh tetapi Zanzibar berhasil mengalahkan kita dalam kualitas. Apakah ada pernyataan saya yang menyinggung soal kualitas? Artinya untuk sementara saya bisa menerima pernyataan tsb.

    Tapi secara kuantitas produksi, saat ini kita tidak sedang dikalahkan Zanzibar. Saya punya data. Kita bicara saat ini bukan pra 1970. Ini tidak ada hubungan dengan apakah itu untuk rokok kek, untuk kuliner kek tidak ada urusan. Yang saya permasalahkan adalah pernyataan bung yang samar tadi.

    Saya juga mau tegaskan: Argumentasi saya soal posisi kita sebagai produsen terbesar saat ini bersifat MELENGKAPI informasi Anda. Bukan koreksi dan bukan konfirmasi.
     
  17. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Awal kp didirikan memang tujuannya utk saling melengkapi atau saling mengisi. Tidak ada org yg sempurna. Jadi jgn segan utk menyatakan koreksi. Jgn mengritik tp tdk jelas. Seingat saya pun saya juga tdk membantah bahwa Indonesia sdh menjadi produsen cengkeh terbesar saat ini. Bisa dilihat dari komentar saya selanjutnya. Yg saya bingung hanya anda membuat penegasan kembali.
    Terima kasih atas jawabannya
     
  18. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,818
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,472
    Sepanjang info yg saya tahu (yg berwenang tentunya dokter gigi), dalam jumlah sedikit memang sering digunakan minyak cengkeh. Tp jika dalam jumlah byk dan sering tentu ada efek samping yg tidak baik utk kesehatan gigi da gusi. Jafo utk preventif boleh digunakan, tp jika sakit berlanjut sebaiknya menemui dokter gigi.
     
  19. lilac

    lilac Kosmopolit

    Postingan:
    1,890
    Poin Piala:
    238
    Lokasi:
    semarang
    Rating:
    +1,127
    kemarin aku nemu pohin cengkeh juga di dataran tinggi
     
    • Bingung Bingung x 1
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...