1. PRODUK PERDANA KP - POT Tricho itu pupuk berinokulasi Trichoderma. Juga mengandung Bokashi, Kascing, Ehpsom Salt, Vitamins, dll (dll ini rahasia) :D
    Mari bawa pengalaman menanam anda ke level yang lebih tinggi ;)

    http://www.kebunpedia.com/threads/pupuk-booster-pot-tricho.8368/

    Kumpulan foto testimonies bisa dilihat di sini yah (akan terus di-update):

    http://www.kebunpedia.com/media/users/guradisu.66/



    Abaikan Pemberitahuan

Varietas Padi Inpari 4

Diskusi dalam 'Padi & Beras' dimulai oleh Ebenks, Feb 14, 2016.

  1. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,185
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,327
    Met siang pakbun @Rudy The@Rudy The ini soalan padi ... apakah benar padi inpari 4 itu keras ....katanya orang orang kalau panen harus diblower 2 x (perontok engine )... baru dia terlepas dr tangkainnya ....

    Sebab saya dah tanam banyak padi inpari 4 saat ini dah mulai jembul boso jowone ...(mekar ) tingal.menunggu hari inih ... harap harap bisa panen lah ...


    Nuhun
     
  2. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,904
    Poin Piala:
    1,777
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +4,013
    Inpari 4 saya blom pernah tanam. Tapi jika lihat karakteristik dr balitbang :
    1. Umur 115 hari. Lbh lama 15 hari dari umur inpari lain
    2. Amilosa 21.07 % berarti cukup pulen.
    3. Bobot 1000 butir : 25 gram. Berarti cukup besar utk uk butir beras.
    4. Rentan : tungro varian 13, 73, 31. Hati2 terhadap serangan tungro terutama musim hujan tinggi seperti sekarang ini. Pakai trichoderma utk antisipasinya. Waspadai wereng dan walang sangit yg bisa jadi vektor di udara.
    5. Rasa dan kualitas nasi seperti Ciherang. Berarti baik.
    6. Kerontokkan sedang. Hanya faktor rebah yg harus diperhatikan. Next perhatikan terowong udara yg dibentuk jajar legowo berfungsi mengurangi tekanan angin dan buat fondasi perakaran yg menghujam hingga mampu menahan angin (zpt aumsin dan PGPR).

    Mungkin yg dimaksud alot atau liat. Semua padi cere mudah dirontokkan. Sedang padi bulu agak alot. Liat apakah merunduk atau tegak. Merunduk berarti padi cere dan tegak berarti padi bulu. Yg harus diperhatikan lagi adalah ketebalan kulit gabah. Ini berkaitan dengan rendemen beras yg di dapat.
    Semoga bermanfaat
     
    • Suka Suka x 1
    • Baik Baik x 1
  3. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,185
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,327
    Terimakasih pakbun @Rudy The@Rudy The save infonya diserver otak kanan kalau otak kanan ...nggak mampu ..buka ini tread hahhaha
     
    • Suka Suka x 1
  4. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    Beberapa tanaman padi di ladang kampung kami terkena hama/penyakit, banyak yg bilang terkena hama kresek..apakah mungkin karena kebiasaan para petani yg selalu menaruh kotoran sapi/kambing yang masih baru langsung ke lahan, atau mungkin karena bibit padinya yang kurang bagus, mohon saran & bimbingannya...,!!? master @Rudy The@Rudy The & @Ebenks@Ebenks
     
    Diubah terakhir kali: Feb 19, 2017
  5. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
  6. Guradisu

    Guradisu Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    5,703
    Poin Piala:
    1,585
    Lokasi:
    Somewhere inside your heart
    Rating:
    +4,845
    • Suka Suka x 1
  7. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    3,904
    Poin Piala:
    1,777
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +4,013
    Penyakit Hawar Daun/Blight disebabkan oleh bakteri. Pertama gejalanya mirip sundep. Daun yg terkena berubah warna keabu2an dan lama kelamaan mengering. Ketika bersinggungannya dengan daun padi tetangga yg terkena juga saat tertiup angin menimbulkan suara seperti kantong kresek. Itulah kenapa disebut penyakit kresek.
    Cara menanganinya :
    1. Gunakan benih yang tahan penyakit Hawar Daun.
    2. Kurangi pupuk nitrogen/urea saat musim hujan. Imbangi dengan pupuk Kalium. Kadar Nitrogen yg tinggi memperburuk keadaan.
    3. Hindari penularan dari petak sawah satu ke petak sawah lainnya.
    4. Gunakan mikroba baik untuk membentuk koloni sehingga persaingan makanan akan menghambat mikroba patogen.

    Jika melihat foto (sayang kurang begitu jelas), menurut aq sih itu bukan hawar daun tapi terkena tungro. Dimulai dari ujung daun seperti tersiram air panas. Jika sudah parah, hampir seluruh ujung daun berwarna kekuningan. Penyebab tungro itu virus yang dibawa vektornya wereng hijau.
     
    • Baik Baik x 2
  8. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    Terima kasih penjelasannya coach @Rudy The@Rudy The, berarti kebiasaan petani disini yang suka menabur kotoran hewan diladang, trus dibajak...setelah itu dibiarkan beberapa Minggu...gak masalah ya, atau perlakuan itu bisa menjadi salah satu penyebab datangnya hama padi...?
    mungkin benar kalau salah satu penyebab adanya hama adalah kelebihan urea, karena dikampung kami stok pupuk lain sering telat, hanya urea yang stoknya banyak :(
     
  9. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,185
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,327
    Saya bantu jawab yah
    Pupuk kandang itu bagus untuk pondasi tanaman lebih lagi caranya sama seperti pakbun ungkapkan .. memang saat penamam pertama tidak sebagus yang di inginkan .. baru bagus saat tanaman berikutnya ..mengingat pupuk kandangnya belum terkompos dgn bagus .

    Jika tanaman itu banyak serangan hama ada hal yang perlu diperhatikan terutama lingkungan serta musim tempatan yang memunculkan beberapa vektor hama .

    Memang pusing kalau ada banyak permsalahan ... terutama soal hama apalagi jumlahnya hektaran .. yang mengakibatkan gagal panen .
    Kita perlu perhatikan teknis dan nonteknisnya .
    Teknisnnya meliputi mencegah,mengobati
    Nonteknisnya diri kita sendiri
    Bisa di baca baca disini

    www.kebunpedia.com/threads/the-spirit-of-farmers-uccesfuly.8109/
     
    • Suka Suka x 1
  10. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    Terimakasih sudah bantu jawab mod @Ebenks@Ebenks, inputan teknis & nonteknis bertaninya mantafff :jempol: :)
    itu beberapa faktor penting yang semestinya harus diperhatikan oleh semua petani'2 di dunia...:) :jempol:
    berarti adanya kegagalan panen di kampung kami bukan semata2 cuma karena disebabkan penaburan pupuk kandang yg belum matang itu tadi ya :), tetapi banyak faktor2 lain, lingkungan, cuaca, pemupukan, pengendalian hama yang kurang tepat, atau bahkan mungkin karena nasib sipetaninya yang lagi sobek, apes :D(gak beruntung) . :D
    Yang penting akan terus berusaha, tetap semangat, semoga panen2 berikutnya bisa meningkat.
    kotoran hewan (sapi & kambing) melimpah disekitar sini, yang biasanya cuma ditabur begitu saja diladang. sayang klo hasilnya gak begitu terlihat. makanya ini lagi proses belajar membuat kompos kotoran hewan, baca2 trik di KP...Untuk kemudian diterapkan dilahan.
    Trus seandainya kotoran hewannya itu tadi dikomposkan dulu trus disebar di ladang, saat penanaman pertama bisa langsung terlihat ya peningkatannya..?
    Ini dh mulai musim panen padi, setelah ini musim tanam jagung, untuk kotoran hewan yang sudah dikomposkan itu tadi gimana sebaiknya untuk lahan jagung, disebarkan begitu aja diladang ato sebaiknya dipake untuk menutup bekas lubang tanam jagung? (minta tolong sarannya) terimakasih
     
  11. Ebenks

    Ebenks Moderator

    Postingan:
    1,185
    Poin Piala:
    208
    Lokasi:
    Atas pohon
    Rating:
    +1,327
    Untuk tanaman jagung sytem tugal bisa diberikan kompos kohen yang bener bener menyerupai /menjadi tanah ..kalau bisa kompos tersebut dicampur abu kayu

    Abu kayu untuk menghindarkan jamur yang merugikan ..buat tanaman ..

    Jika musim hujan hindarkan menanam jagung ..karena susah tumbuh kecuali drainase air sangat bagus .
    Benih jagung akan sprout hari ke 4
    Haro pertama saat sebar benih hujan tidak mengapa asal jgn hari ke 4 atau 5 benih susah tumbuh karena air hujan membuat busuk benih dan kompos kohen yg berat oleh hujan ..

    Saat musim hujan baiknya mengunakan abu saja atau sekam bakar padi ..ini include untuk memerangi patogen yang merugikan buat tanaman terutama di daerah akar .

     
    • Suka Suka x 2
  12. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    Ini aku dah mulai percobaan membuat kompos dari campuran kotoran kambing, sapi, sekam bakar, dolomit, tetes tebu & EM4, tapi masih skala kecil dlu, rencana nanti memakai mol nasi basi klo jadi membuat kompos skala besar...biar lbh irit biaya :D
    masa panen padi sudah selesai, tetapi sesekali juga masih ada turun hujan. mungkin di awal2 bulan 4 akan memulai penanaman jagung, sekarang ini cuaca susah diprediksi, seandainya hujan masih tetap saja turun, mungkin keinginan untuk mencoba menutup lubang tanam jagung memakai kompos yang dicampur abu kayu seperti saran mods @Ebenks@Ebenks saya urungkan dulu, sementara nanti memakai sekam bakar limbah penggilingan tebu, liat2 dulu cuacanya nanti.
    sekali lagi terima kasih buat saran & masukan2 mods @Ebenks@Ebenks..sangat bermanfaat untuk saya :) :jempol: tmp-cam-260428782.jpg
     
    Diubah terakhir kali: Mar 20, 2017
  13. abdul majid

    abdul majid Embrioner

    Postingan:
    496
    Poin Piala:
    90
    Lokasi:
    tegal
    Rating:
    +187
    pakbun @benn@benn keren nih, tau ilmunya langsung praktek. Klo istilah belajar ta'lim ini namanya manfaat bi ilmi. Cakep banget dah,. saya sukses bikin bokasi, tapi belom kesampean buat praktek dilahan. Mentok lagi2 tabulapot. Soalnya terkendala sama lahan yg luas, jadi bingung butuh berapa kintal bokasi yag harus saya buat. Sedangkan untuk dapat kohe kambing walau mudah tapi tidak melimpah.
     
  14. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    Pakbund @abdul majid@abdul majid lebih keren lagi tuh, udah sukses duluan bikin bokhasi :jempol:, aku bikin kompos juga baru2 ini, setelah dapat ilmu dari sesepuh2 kp, dg rajin baca'2, tanya'2 trus aku coba :). aku juga belum mencoba bikin kompos skala besar, masih rencana :D, semoga nanti terlaksana :), meskipun sebenarnya bisa terwujud klo pengen ngumpulin kohe kambing/sapi skala besar, malah seneng peternak2 disekitar sini klo diambil/dibantu dibersihin kotoran2 ternaknya :)
     
  15. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    Pakbund @abdul majid@abdul majid lebih keren lagi tuh, udah sukses duluan bikin bokhasi :jempol:, aku bikin kompos juga baru2 ini, setelah dapat ilmu dari sesepuh2 kp, dg rajin baca'2, tanya'2 trus aku coba :). aku juga belum mencoba bikin kompos skala besar, masih rencana :D, semoga nanti terlaksana :), meskipun sebenarnya bisa terwujud klo pengen ngumpulin kohe kambing/sapi skala besar, malah seneng peternak2 disekitar sini klo diambil/dibantu dibersihin kotoran2 ternaknya :)
     
  16. abdul majid

    abdul majid Embrioner

    Postingan:
    496
    Poin Piala:
    90
    Lokasi:
    tegal
    Rating:
    +187
    Sedang berjuang nih,. Ngumpulan katung perkarung.. Biar bisa bikin bokasi sekala pekarangan.. Hahahah. Doakan saja bun
     
  17. benn

    benn Aklimat

    Postingan:
    35
    Poin Piala:
    18
    Lokasi:
    Tulungagung, jawatimur
    Rating:
    +18
    • Suka Suka x 1

Bagikan halaman ini