1. Halo, Selamat Datang!

    Kami adalah komunitas online tanaman Go Green Indonesia yang suka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berdiskusi apa saja tentang tanaman (tanaman hias, tanaman buah, sayuran, dll).

    Berbagai konsep berkebun yaitu bercocok tanam dengan tanah, tanpa tanah (hidroponik), aquascape, tanaman karnivora, bonsai, pertanian/agribisnis, juga dibahas disini.

    Kebunpedia terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, dan sangat mengharapkan Anda bergabung bersama kami. Ayo daftar sekarang untuk mendapatkan akun Kebunpedia gratis (proses singkat kurang dari 10 detik).

    Abaikan Pemberitahuan
  2. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru

    Admin dan segenap manajemen Kebunpedia mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi kebuners yang merayakan, semoga damai & kasih Natal ada pada kita semua.

    Dan happy new year 2017! Ayo songsong tahun 2017 yang lebih baik.. All the best!

    Abaikan Pemberitahuan

Istimewa Yuk Buat Pupuk Organik Bokashi!

Diskusi dalam 'Tips Berkebun' dimulai oleh juru_kunci, Mar 3, 2016.

  1. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    yuk membuat media tanam BOKASHI

    hai kawan2 sekalian yuk mari buat bokashi, apasih itu bokashi,
    Bokashi adalah pupuk organik yg di campur dengan dekomposer seperti EM4, PGPR dan moleses, penggunaan pupuk bokashi sangat penting bagi tanaman yaitu berfungsi sebagai penyubur tanah dan meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi tanaman, menurut perbandingan saya antara perbandingan bokashi dan kompos tingkat complatisitas kandungan masih tinggi bokashi. yuk mari kita belajar membuat pupuknya!

    bahan2 yang harus di siapkan
    1. arang sekam
    2. kapur pertanian atau dolomite
    3. KOHE (kotoran sapi,kambing,ayam) kalo saya pake sapi yg sudah tertimbun 1 tahun
    4. Dedak
    5. EM4
    6. PGPR
    7. Moleses jika tidak ada bisa di ganti gula
    8. pacul
    9. drum untuk penampung air campuran dari EM4, PGPR dan moleses
    10. terpal untuk melindungi dari terik hujan dan matahari agar proses fermentasinya berhasil

    oke selanjutnya kita bahas komposisinya
    1. KOHE (kotoran sapi,kambing,ayam) 1 ton = 1 bak mobil pickup
    2. kapur pertanian atau dolomite :2 gayung
    3. Dedak : 50 kg
    4. arang sekam : 10 za
    5. EM4 pake satu botol fungsinya sebagi dekomposer untuk munculnya microbanya atau memulai proses fermentasi
    6. PGPR 1 botol berfungsi untuk proses microbanya agar berkembang
    7. Moleses 1 botol kalu tidak ada bisa diganti dengan gula 1,5 kg
    2016-03-03_000604.png
     
    • Suka Suka x 8
    • Jenius! Jenius! x 3
    • Baik Baik x 1
    Label:
  2. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    @Guradisu@Guradisu hehe masih bergadang terus nih
     
    • Suka Suka x 1
  3. Mahendra

    Mahendra Endemis

    Postingan:
    48
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Bekasi
    Rating:
    +34
    itu selama proses pembuatan bikin bau ga?

    kendala kalo mau bikin pupuk kompos di komplek perumahan adalah diprotes sama tetangga karena bau pupuk yang semerbak :D
    mungkin ada yang punya solusi untuk ngurangin baunya
     
  4. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    tutup sama terpal om
     
  5. Caroline

    Caroline Anakan

    Postingan:
    9
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Cijantung jakarta timur
    Rating:
    +11
    Campurany harus pas..dan bila si kepal kepal ga hancur tanahy..ya meminimalis bau gitu deh
    Or gulanya jabgan pelit2 xixixi..
     
  6. yulli

    yulli Endemis

    Postingan:
    222
    Poin Piala:
    28
    Rating:
    +41
    Kalo PGPR nya yang bubuk, berapa gr?
     
  7. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    1 botol
     
  8. Caroline

    Caroline Anakan

    Postingan:
    9
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Cijantung jakarta timur
    Rating:
    +11
    pgpr sama dengan e476,, ya itu buat maknan ya
    belinya dmana mana mas bro,,,juru kunci hehhe enyway thank shering pupuky
    cuma klo pakai pgpr baru tau nih info bngt
     
  9. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    di toko pertanian biasa nya ada PGPR untuk masa generatif bagus buat cabenya sampean heheheh
     
    • Suka Suka x 1
  10. Caroline

    Caroline Anakan

    Postingan:
    9
    Poin Piala:
    3
    Lokasi:
    Cijantung jakarta timur
    Rating:
    +11
    Oh gitu ya ya makaaih deh info nya
    Saya udah lama ga fokus ke tanaman nih baru mulai lagi..
    And baca2 in di dirim lumayan ilmu gratis hehhe thank alot ya zixixix
     
  11. cottonseed

    cottonseed Endemis

    Postingan:
    126
    Poin Piala:
    28
    Lokasi:
    Jakarta
    Rating:
    +69
    @juru_kunci@juru_kunci pakbun nanya dong. aku bikin bokashi ini galau udah siap apa belum adonaanny. hasil gugel katanya tandanya baunya sedap. wah gimana tuh bau sedap mah bau rendang ahaha. kemaren sempet ada kaya jamur putih gitu kaya di tempe, yg artinya seharusnya baik. tapi masi bau asem gitu masi kuat bau em4-nya. nah kemaren2 ini uda ga terlalu bau, dan warnanya uda menggelap kaya tanah. tapi aku nemu belatung. ini gimana ya? :arghh: aku kepikiran, kalo uda ada organisme yg bisa hidup artinya pupuknya uda aman buat taneman. tp dipikir2 lg ini kn belatung bukan cacing tanh. belatung di tempat samph bnyaknya..

    pengen dijemur tapi takut malah kandungan nutrisinya ilang
     
    • Suka Suka x 3
  12. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    tandanya kalo jadi saat di pacul keluar asep kayak asep rokok, kalo fase pertama emang gitu saya pun banyk kepompong ulat malah tandanya banyak micro organisme yg terkandung dalam bokashi jadi tanaman sangan membutuhkan microorganisme itu kalau ada belatungnya menurut saya itu sudah jadi tidak apa2 kalau di gunakan
     
    • Suka Suka x 2
  13. juru_kunci

    juru_kunci Endemis

    Postingan:
    104
    Poin Piala:
    35
    Lokasi:
    jepara
    Rating:
    +69
    okay om
     
  14. Hezty AzZahra

    Hezty AzZahra Kosmopolit

    Postingan:
    1,222
    Poin Piala:
    165
    Lokasi:
    Jombang Jatim
    Rating:
    +854
    Hah..Belatung....:nailbiting:
    Aku kmarin buat kompos ala keranjang takakura, juga pada keluar belatung...
    serem....tapi kayaknya belatung dan pengkomposan tdk bisa dipisahkan.:)
     
    • Suka Suka x 2
  15. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,384
    Poin Piala:
    325
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,591
    iya benar tidak bisa dipisahkan, kan telur lalat hehe.. atau ada trik biar bisa bebas dari belatung Coach @Rudy The@Rudy The dan Pakbun @juru_kunci@juru_kunci ?
     
  16. Rudy The

    Rudy The Coach

    Postingan:
    2,684
    Poin Piala:
    1,385
    Lokasi:
    Tangerang
    Rating:
    +2,347
    1. Utk jaga belatung tdk keluar dr tong pembuatan, olesin sabun colek di lingkaran drum. Belatung mati terkena sabun basa kuat.
    2. Jika tdk mau ada belatung. Stop supply oksigennya. Belatung akan mati kekurangan oksigen. Tp jika proses pembuatan blom tuntas, kondisi anaerob/tanpa oksigen biasanya ideal utk bakteri2 patogen. Jd klau mau stop supply oksigen lakukan pada saat setelah proses selesai.
    3. Oleh karena yg digunakan utk proses itu adalah bakteri2 dan mikroorganisme yg masuk thermophyllic (hidup ideal dan tahan suhu tinggi) dan proses melibatkan suhu yg meningkat yg ditandai menghangatnya suhu ketika proses dimulai. Biasanya belatung mati pada suhu tinggi tersebut.
    4. Hindari kontaminasi bahan bokashi dgn lalat. Belatung biasanya larva lalat.

    Pengalaman saya produksi bokashi, justru point 1-3 membuat bokashi saya tdk didatangi belatung.
     
    • Jenius! Jenius! x 1
    Diubah terakhir kali oleh moderator: Mei 11, 2016
  17. calvin

    calvin Administrator Manajemen Kebunpedia

    Postingan:
    2,384
    Poin Piala:
    325
    Lokasi:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    Rating:
    +1,591
    Nah sudah terjawab kan bubun @Hezty AzZahra@Hezty AzZahra . ternyata dalam pembuatan bokashi, bisa alias mungkin kok terhindar dari belatung. thanks Coach :jempol:
     
    • Suka Suka x 1
  18. herbamart

    herbamart Embrioner

    Postingan:
    560
    Poin Piala:
    65
    Rating:
    +198
    pertanyaan penting:
    1. PGPR itu apa, bisa diganti yang lain?
    2. perlu pembalikan gak, apa dibiarkan sampai dingin tanpa dibalik.
    3. proses selesai berapa hari.
     
    • Suka Suka x 1
  19. Arman Respati

    Arman Respati Instar

    Postingan:
    33
    Poin Piala:
    48
    Lokasi:
    Makassar
    Rating:
    +28
    Makasih info'y, di kota kami bokashi dijual seharga Rp.3000 /kg. Adapun kompos dihargai RP.1000/kg. Sesuai pengalaman kami selama ini, bokashi lebih unggul dibanding kompos dalam hal menyuburkan tanah & tanaman.
     
  20. Дидк Кдмрциб

    Дидк Кдмрциб Aklimat

    Postingan:
    7
    Poin Piala:
    13
    Lokasi:
    Cikande Serang Banten
    Rating:
    +3
    Pernah bikin bokashi tp kurang pengalaman jadi gagal
     
Konsep telah disimpan Konsep telah dihapus

Bagikan halaman ini

Memuat...